Camp Hulu Cai : Hotel di Puncak untuk gathering dan outbound Bogor

Kata “Camp” yang disematkan di depan Hulu Cai sehingga menjadi frasa “Camp Hulu Cai”, itu tidak merujuk pada sebuah lokasi bumi perkemahan / camping ground / camp / campground / tempat berkemah pada umumnya sebagai sebuah lokasi yang didesain dan diperuntukan sebagai tempat berkemah dengan tenda sebagai tempat tinggal sementaranya. Dalam Oxford English Dictionary kata camp mengandung arti “a place where people live temporarily in tents or temporary buildings”. Camp Hulu Cai merujuk pada sebuah lokasi hotel di Puncak berbintang tiga yang terletak di Kecamatan Ciawi, di zona penyangga Kawasan Pariwisata Puncak Bogor.

Beberapa camp yang ada disekitar hotel Hulu Cai atau kawasan Pariwisata Puncak yang kental untuk aktivitas Gathering, outboud dan adventure berbalut nuansa berkemah dalam dialam yang masih asri adalah Eagle Hill Outbound Camp, Gayatri Adventure Camp, Highland camp, dan lainnya.

Highland Camp yang berada dalam kawasan Pariwisata Curug Panjang, terbentuk dari keindahan lanskap buatan yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan elemen air, didesain untuk menfasilitasi camping, kegiatan outbound, outing dan gathering perusahaan berbalut petualangan dalam nuansa Taman Nasional Halimun.

Tidak seperti Hotel Hulu Cai Camp yang menonjolkan sisi fasilitas buatan dengan akomodasi untuk menginapnya yang lengkap, dan menghadirkan beragam bentuk ruang-ruang buatan yang sangat indah dan mempesona, Highland camp Curug Panjang menghadirkan kemewahan hutan pegunungan bawah dengan segala pesona fasilitas bentang alam dan fisik bumi yang terkandung didalamnya dan sedikit sentuhan fasilitas buatan untuk event Gathering, Outing dan wisata petualangan dalam nuansa camping.

Whatsapp

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Review Camp Hulu Cai ; Hotel di Puncak untuk Family Gathering dan Outbound

Menurut google map place dan traveloka, Camp Hulu Cai dikatagorikan sebagai hotel bintang tiga. Hotel yang didesain sebagai destinasi wisata berwawasan alam ini berada di kaki gunung Gede Pangrango, di Jl. Veteran III, Cibedug, Kec. Ciawi, Bogor, Jawa Barat, untuk beragam kegiatan yang sifatnya dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor) dengan berbagi macam fasilitas alam maupun buatan sebagai pendukung kegiatan.

Area hijau yang ditumbuhi pepohonan multikultur, terletak di tengahnya Hulu Cai Camp dan dilintasi oleh aliran sungai, menghadirkan kesegaran. Pepohonan hijau itu seolah menjadi pembatas antara Hotel Hulu Cai disebelah barat daya nya dengan dominasi fasilitas utama berupa perkantoran, cabin-cabin  hall, dan lainnya dengan Taman Layla yang berada di sebelah timur lautnya.  

Fasilitas Camp Hulu Cai

Di Hotel Hulu Cai terdapat beragam fasilitas dan amenitas seperti cabin, kamar / room, restaurant, kolam renang, dan lainnya, dengan taman buatan sebagai fasilitas wisata alam nya. Baik fasilitas menginap ataupun amenitasnya didesain guna mendukung kegiatan Outbound, Gathering, Outing. metting dan wisata berwawasan alam. 

1. Cabin.

Terdapat 16 Cabin di area Hotel Hulu Cai, dengan total daya tampung standar sebanyak 317 orang dan sebanyak 349 orang untuk daya tampung maksimal. Cabin yang berada di Hulu Cai Camp keseluruhannya diperlengkapi dengan televisi, siaran parabola dengan tayangan lokal maupun internasional, electric water / water dispenser, AC, Telepon dan Kamar mandi didalam, khusus cabin duren kamar mandinya berada di luar.

2. Kamar / Room

Room yang yang diperlengkapi dengan fasilitas AC, televisi, siaran parabola dengan tayangan lokal maupun internasional, memiliki tiga katagori yaitu Superior Room, Deluxe Room dan Standard Room yang keselurannya berjumlah 50 kamar. Daya tampung standar sebanyak 100 orang dan maksimal daya tampung sebanyak 200 orang. Setiap ruang kamar disediakan kamar mandi, pemanas air, tempat tidur dan telepon.

3. Taman dan Amenities

Taman Layla adalah sebuah taman buatan berwawasan alam dengan pusat taman adalah kolam air mancur. Taman yang banyak ditumbuhi oleh bunga-bunga dengan jalanan setapak bermaterialkan batu alam yang tertata apik, memiliki fasilitas cafe bambu disebelah selatannya, dan disebelah tenggaranya adalah Nursery Area. Sementara itu, disebelah barat laut terdapat mini market Balebat dan Cafe mayon. Fasilitas lain yang terdapat disekitar taman layla  adalah kolam renang dan lainnya. 

Di sekitar taman terdapat kolam yang ditumbuhi teratai dan perkebunan. Beberapa ruang terbuka hijau yang berada Hulu Cai Camp kerap dipergunakan sebagai area berkemah dengan tenda sebagai tempat menginapnya.

Keterjangkauan Hotel Hulu Cai

Aksebilitas Hotel Hulu Cai mudah di jangkau dengan kendaraan pribadi ataupun bus dari  sukabumi, Bogor maupun Jakarta. Jika dari Bogor atau Jakarta dan sekitarnya akan melewati jalan TOL Jagorawi dan keluar di gerbang tol Ciawi, dilanjutkan menuju arah Ciawi ataupun Gadog lalu mengikuti jalan raya Veteran III dilanjutkan melewati jalan raya Tapos lalu belok kiri ke arah Cibedug. Dari Gerbang Tol Ciawi ke Camp Hulu Cai dapat dijangkau sekitar 11 kilometer.

Baca Juga :
Gahtering dan outbound dalam suasana berkemah di Highland Camp

Camp Hulu Cai ; Hotel di Puncak untuk outbound dan gathering  dalam resume

Camp Hulu Cai merupakan hotel di Puncak berbintang tiga (versi google map place dan traveloka) yang didesain dengan lanskap berwawasan alam untuk kegiatan outbound, gathering, outing, petualangan dan edukasi. Suasana sejuk dan keindahan lingkungan Hotel Hulu Cai yang berada dikaki Gunung Gede Pangrango, dipadu-padankan dengan fasilitas buatan menghadirkan suasana rilek bagi para pengunjungnya.

Penyebutan kata “Camp” pada hotel berbintang tiga ini tak lepas dari awal pendiriannya di tahun 2004. Tempat yang berada di Hulu Cai atau dalam padanan bahasa Indonesia adalah sumber mata air terhulu ini didesain sebagai tempat pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia berbasis alam terbuka.