Camping Ground Curug Ciputri dalam Balutan Pesona Air Terjun

Zona Ciputri merupakan salah satu zona untuk berkemah yang berada di Highland Camp Curug Panjang, namanya terinspirasi dari bumi perkemahan Curug Ciputri Tapos-1, Tenjolaya Bogor, hal ini karena adanya kesamaan lingkungan fisik pembentuk bumi perkemahan, seperti vegetasi pinus merkusii yang menutupi sebagain besar camping ground dan elemen air, yakni banyaknya aliran sungai dan air terjun di sekitar Highland Camp, begitupun di bumi perkemahan curug Ciputri yang berada dipunggungan barat puncak salak-2, kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Disebelah barat daya zona Ciputri terdapat air terjun “Curug Saimah” yang aliran airnya mengitari zona Ciputri. Dan, disekitar bumi perkemahan Highland Camp menyebar 4 air terjun yang eksotis untuk kepentingan wisata minat khusus yaitu curug Naga, Curug Barong, Curug Orok dan Curug Priuk, lainnya adalah air terjun yang diperuntukan untuk wisata umum yaitu Curug Panjang dan Curug Bulao yang memiliki air seperti warna bulao.

Seperti halnya dengan Highland camp, bumi perkemahan Curug Ciputri merupakan surga nya air terjun yang berada di punggungan sebelah barat daya puncak gunung Salak 2. Di camping ground Curug Ciputri terdapat 27 air terjun yang menyebar di sepanjang aliran sungai Ciampea, Cinangneng, Padalarang dan Cisalada yang sudah diketahui, dan terdapat 4 air terjun populer yang kerap di kunjungi para pekemping ketika berkemah di bumi perkemahan yang lokasinya berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, ke empat air terjun ini ada yaitu Curug Padalarang, Curug Ciputri, Lewi Goong, dan beberapa air terjun lainnya yang dapat dijelajahi dengan kekhususan dalam penjelajahannya.

H o t l i n e

+62 819-1005-4000

Whatsapp

Review Bumi Perkemahan Curug Ciputri

Bumi perkemahan Ciputri berada di Desa Tapos I di Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor – Jawa Barat. Dibumi perkemahan yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini terdapat Situ Kigandul. Setu ini merupakan danau buatan yang berada di tengah kawasan camping ground dan menjadi salah satu daya tarik bumi perkemahan Curug Ciputri. Disebelah utara camping ground terdapat air terjun Curug Ciputri, perjalanan menuju Curug Ciputri dapat ditempuh sekitar 30 menit dengan menelusur jalanan setapak dan menjelajah hutan pinus. Curug Ciputri memiliki dua susunan ngarai dengan airnya berwarna hijau tosca.

Ditimur laut camping ground Ciputri terdapat situs Cibalay. Situs Cibalay merupakan punden berundak dan tatanan batu datar pipih dengan menhir di kiri kanannya yang diduga berasal dari tahun 2000-3000 SM, untuk menuju situs ini wisatawan dapat menempuh 1 jam perjalanan dengan menjelajah hutan pinus merkusii. Di sepanjang perjalanan menuju situs Cibalay, wisatawan akan diperlihatkan sembilan sembilan curug berair jernih yang meluncur sangat indah dari tebing-tebing disekitar Hutan.

Dinamai Camping Ground Curug Ciputri karena pada sekitar kawasan berkemah terdapat curug Ciputri, lokasinya berada di sebelah barat camping ground. Tidak hanya curug ciputri, disekitar perkemahan terdapat Curug Padalarang dan 27 air terjun lainnya yang ada dan menyebar dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak punggungan barat Puncak Salak-2.

Fasilitas Campground Ciputri

Bumi perkemahan Curug Ciputri memiliki kontur berundak, satu lokasinya berada sekitar 100 meter dari pintu masuk kawasan camping ground Ciputri. Sementara itu, Bumi Perkemahan zona 2 berada di ujung utara campground zona-1. Biasanya, zona-2 digunakan sebagai tempat berkemah untuk program-program pelatihan mahasisawa dan anak-anak sekolah, dan zona-1 untuk camping mandiri dan keluarga.

Di sekitar bumi perkemahan Ciputri terdapat warung-warung yang dikelola oleh masyarakat sekitar, terdapat toilet / WC, sarana ibadah yang bermaterialkan bambu (mushola), lapangan pakir kendaraan roda empat maupun roda dua yang cukup luas, dan sebuah kantor pengelola yang berada tepat di pintu gerbang masuk camp, bersebelahan dengan lapangan parkir. .

Aksesibilitas ke bumi Perkemahan Curug Ciputri

Air Terjun di sekitar Camping Ground Curug Ciputri

Air terjun Curug Ciputri dan Curug Padalarang hanyalah dua diantara banyak air terjun dalam kawasan Taman Nasional Nasional Gunung Halimun Salak. Di punggungan barat puncak salak-2, terdapat sekitar 27 air terjun lainnya yang sudah ditemukan dan diketahui yang berasal dari aliran sungai Ciampea, Cinangneng, Padalarang dan Cisalada, Keempat sungai tersebut akhirnya menyatu dalam dua sungai besar yaitu sungai Ciampea dan sungai Cinangneng, Curug yang ada disekitar camping ground curug Ciputri dan menjadi surga para pencinta wisata air ini, yaitu :

    • Curug Ciampea yang berada sungai Ciampea, Curug ini memiliki 4 lompatan air.
    • Curug Ciputri -1, saat ini dikenal sebagai Curug Ciputri-1 yang berada dalam aliran sungai Cisalada, namun sebenarnya Curug Ciputri-1 dahulunya bernama curug nangka karena ada petanda 2 pohon nangka.
    • Curug Ciputri-2 yang berada di Sungai Putri yang mengalir ke sungai Padalarang
    • Curug Kiara, Curug Kiara ditandai oleh adanya pohon kiara di sekitar curug di aliran sungai Cisalada
    • Curug Cigogok berada dalam aliran sungai Cisalada
      Curug Padalarang berada dalam aliran sungai padalarang
    • Curug topi 1 yang berada dalam aliran sungai Padalarang merupakan curug tertinggi di Desa Wisata
    • Curug Tenjolaya-1, Ketika tiba di dipertengahan badan curug, air yang meluncur dari patahan sungai akan menjadi uap atau embun setibanya di bawah air terjun
    • Curug topi 2 berada di sungai Padalarang tepat di bawah Curug Topi 1
    • Curug Limus berada di badan sungai Padalarang yang lebih dikenal dengan sebutan leuwi kekek
    • Curug Goong berada di sungai Padalarang, disebut curug Goong karena ketika ada ada air bah, disekitar curug akan terdengar suara goong dalam instrumen gamelan
    • Curug Awi berada di sungai Padalarang
    • Curug Batu Panjang berada sungai Padalarang
    • Curug Pasir Buntung terdapat di gunung buntung
    • Curug Cipetey 1 berada dalam aliran sungai Cipetey yang alirannya menyatu ke sungai Cinangneng
    • Curug Cipetey-2 atau yang lebih dikenal dengan curug Tugu,
    • Curug ini berada tepat di bawah curug Cipetey 1
    • Curug pasir manggis 1 dan 2 berada di aliran sungai pondok walanda, inilah kawasan gunung paling angker di Tapos-1
    • Curug Sembilan pasir manggis yang memiliki 9 lompatan air sungai Cimanggis. Sungai pasir manggis menyatu dengan sungai Cianangneng
    • Curug Puspa berada pada bagian anak sungai pasir manggis
    • Curug Pasir Buntung berada di sungai pasir buntung yang akhirnya sungai tersebut menyatu ke sungai Padalarang.

Potensi wisata Kawasan Bumi Perkemahan Ciputri

Bumi perkemahan Ciputri tidak sebatas diperuntukan untuk berkemah, ada beberapa aktivitas wisata minat khusus yang dapat dilakukan di sekitar kawasan perkemahan Curug Ciputri, hal ini karena adanya potensi wisata yang disediakan oleh alam maupun oleh budaya masyarakat lama yang masih terjaga dengan apik. Adalah situs Cibalay yang merupakan warisan peradaban tua yang merupakan obyek daya tarik wisata budaya selain kekayaan hayati yang mendiami sekitar kawasan berkemah .

Baca Juga :
Camping Ground di Bogor dan Tempat Wisata Bernuansa Pegunungan

Situs Cibalay ; punden berundak dari tahun 2000-3000 SM

Sebuah tumpukan batu besar dari situs megalitikum berada di ujung puncak bukit, itulah situs Cibalay. Situs ini merupakan punden berundak dan tatanan batu datar pipih dengan menhir di kiri kanannya yang diduga berasal dari tahun 2000-3000 SM. Situs Megalitukum Cibalay memiliki 7 situs yaitu situs Endong Kasang, situs Balekambang, situs Arca Domas, situs Jamipaciing, situs Batu Gores, situs Pasir Manggis dan situs Cipangantehan.

Untuk mencapai situs Cibalay, wisatawan harus berjalan kaki menembus Hutan, menelusuri jalanan setapak dari bumi perkemahan Curug Ciputri. Perjalanan ini dapat memakan waktu tempuh sekitar satu jam. Sepanjang perjalanan wisatawan akan diperlihatkan sembilan curug berair jernih yang meluncur sangat indah dari tebing-tebing disekitar Hutan.

Hutan dan Kekayaan Biodiversity

wisatawan yang berkunjung / berkemah ke camping ground Ciputri memanfaatkan suasana alami kawasan pegunungan dengan cara menikmati panorama serta keindahan alam, hutan dan kekayaan biodiversity  di sekitar bumi perkemahan. Camping Ground Curug Ciputri berada dalam hutan pegunungan yang ditumbuhi beragam jenis tumbuhan penciri hutan pegunungan bawah (sub-montana), sebagian nya lagi adalah hutan perkebunan yang dahulunya di tanam sebagai hutan industri oleh Perum Perhutani dengan dominasi pohon pinus merkusii.

Seperti pada umumnya kekayaan fauna yang mendiami hutan pegunungan di kawasan Nasional Gunung Halimun Salak yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata dan tempat berkemah, seperti di bumi perkemahan Sukamantri, camping ground Gunung Bunder dan lainnya, beragam fauna dari tipe ekosistem pegunungan bawah menjadi daya tarik kunjungan.

Perkemahan di Bogor ini menjadi surganya air terjun

Terdapat kesamaan antara bumi perkemahan yang berada dalam kawasan wisata Curug Panjang Megamendung Puncak dan camping Ground Curug Ciputri di Tenjolaya Bogor, irisannya terletak pada 1. terdapatnya banyak air terjun yang merupakan surga nya para pencinta wisata air, 2. kawasan perkemahan yang berada dipegunungan dengan kekayaan biodiversitas dan kesegaran udara pegunungan, dan 3. tersedianya fasilitas berkemah yang cukup baik yang disiapkan oleh pengelola kawasan.