Camping Ground di Bogor dan Tempat Wisata Bernuansa Pegunungan

Sebagian besar camping ground di Bogor minus yang berada di kawasan pariwisata Puncak1)baca di artikel : Tempat camping di Puncak dan Wisata Alam pegunungan Puncak yang bernuansa pegunungan dan hutan, lokasinya berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan zona-zona penyangganya, Berada di kaki Gunung Gede Pangrango serta berada dalam kawasan Perum Perhutani. Tempat berkemah sekaligus sebagai kawasan wisata alam yang menghadirkan suasana hutan pegunungan, pesona lanskap alam serta kekayaan biodiversitas, lokasinya terkonsentrasi diwilayah Bogor Barat, disekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Dan, yang berada di Bogor timur yang sebagian besarnya ada kawasan Perum Perhutani. Sementara itu lokasi Camping Ground di Bogor Selatan yang sebagiannya berbatasan dengan Sukabumi, letaknya berada di Kaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Keterjangkaun dari Jakarta membutuhkan waktu tempuh sekitar 3-4 jam untuk ke Bogor selatan dan Bogor timur, sementara keterjangkauan untuk tempat berkemah yang berada di wilayah Bogor barat dapat ditempuh sekitar 4-5 jam, dan yang terjauh yaitu Campsite Citalahab yang dapat ditempuh sekitar 6-7 jam perjalanan dengan menggunakan mobil roda empat.

Persoalan akan keterjangkauan yang banyak menghabiskan waktu tempuh jika dari Jakarta, hal ini memberikan gagasan pada Highland Indonesia Group untuk mengembangkan Miniatur Halimun di Kawasan Pariwisata Alam Curug Panjang, berada di Punggungan Barat Gunung paseban, Megamendung, Bogor. Miniatur Halimun dapat dijangkau dengan durasi tempuh sekitar 2-3 jam dari Jakarta.

Dalam buku Jelajah Kawasan Pariwisata Puncak untuk Wisata Minat Khusus, diuraikan bahwa “Miniatur Halimun merupakan tempat wisata alam untuk wisata minat khusus, dimana didalamnya terdapat sebuah camping ground bernuansa bumi perkemahan yang ada dalam kawasan Taman Nasional di pegunungan Halimun, dengan lingkungan hutan yang dipertahankan secara alami dengan ditambahkan sentuhan-sentuhan pada faktor kenyamanan dan keamanan untuk berkemah lintas strata sosial, pendidikan dan lembaga”.

H o t l i n e

+62 819-1005-4000

Whatsapp

Camping Ground di Bogor dalam Nuansa Alam Pegunungan

Bumi perkemahan di Bogor2)sebagian besar artikel tentang tempat wisata di Bogor ini bersumber dari situs Highland Indonesia Group, yaitu wisatahalimun.co.id dan highlandindonesia.com3)tidak semua bumi perkemahan di Bogor Barat dan Bogor selatan Bumi tercantum dalam artikel ini, banyak camping ground yang tersebar di kabupaten Bogor, baik yang dikelola oleh swasta, Desa Wisata, Taman Nasional dan perum perhutani tidak di masukan dalam artikel ini. Barat, sebagian besar lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak serta zona-zona penyangganya, seperti : 1. Camping Ground Ciputri; 2. Camping Ground Citalahab; 3. Bumi Perkemahan Sukamantri ; 4. Campground Gunung Bunder; 4. Bumi Perkemahan Curug Ciputri; dan lainnya. Tempat berkemah tersebut dapat dimasuki dari pintu masuk Desa Malasari dan Tenjolaya dan Gunung Bunder.

Sementara itu,  tempat berkemah yang berada di Bogor selatan, berbatasan dengan kabupaten Sukabumi dalam nuansa pegunungan, terletak di kaki gunung Gede Pangrango yaitu Bumi Perkemahan Suaka Elang Cigombong. dan yang berada di Bogor  timur adalah Bumi Perkemahan Gunung Pancar.

Bumi Perkemahan Sukamantri Tamansari Bogor

Bumi perkemahan Sukamantri di Berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Tamansari, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610, pada ketinggian 870 Mdpl, disebelah selatannya kota Bogor. Tempat camping ini berada di kaki gunung salak dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Suasananya sejuk dan teduh dengan dengan dua view yang mempesona ketika anda camping di bumi perkemahan Sukamantri.

Curug Ciputri Camping Ground Bogor

Curug Ciputri Camping Ground berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, sebagian besar kawasannya berundak dan tertutup oleh tegakan pohon pinus merkusi, memiliki kapasitas tampung lebih 400 orang pengunjung untuk berkemah. Tempat camping yang berlokasi di Desa Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini berada di bagian Barat daya, tebingan Puncak Salak- 2. Curug Ciputri Camping Ground adalah tempat berkemah dengan pesona air terjun dengan karakter yang berbeda pada setiap terjunan airnya, serta pesona keindahan hutan pegunungan.

Camping Ground Gunung Bunder Bogor

Tempat camping Gunung Bunder berada pada kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Di bumi perkemahan ini terdapat banyak camping ground, salah satunya untuk berkemah ala Glamping dalam nuansa hutan pegunungan yang sejuk dan alami yaitu Pondok Rasamala. Pondok Rasamala berada Kawasan Wisata Gunung Bunder, di Jl. Raya Gn. Salak Endah Jl. Gn. Bunder, Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810.

Kawasan wisata yang identik dengan tempat berkemah ini merupakan salah satu pintu masuk untuk melakukan pendakian ke Kawah Ratu, atau menuju puncak Gunung Salak. Di bumi perkemahan gunung Bunder terdapat beberapa campsite atau spot berkemah dengan berbagai fasilitasnya untuk beragam kegiatan, seperti gathering, outbound, adventure atau sebatas kemah mandiri atau camping keluarga. Beberapa fasilitas pendukung yang tersedia dalam kawasan adalah rute tracking atau Hiking menuju air terjun,  dan beberapa curug dengan airnya yang menyejukan. Bumi Perkemahan Gunung Bunder berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak,  Gn. Bunder-2, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Bumi Perkemahan Gunung Pancar Bogor

Gunung Pancar adalah gunung yang terletak di Kecamatan Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat., pada ketinggian 300–800 mdpl dengan puncak tertinggi adalah puncak Gunung Pancar 800 m dpl dan Pasir Astana 700 m dpl. Taman Wisata Gunung Pancar memiliki luas areal 447.5 ha yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 156/kpts-II/1988, tanggal 21 Maret 1988.

Bumi Perkemahan Gunung Pancar Bogor berada di Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810. Terdapat banyak camping ground dengan fasilitas alam yang menjadi daya tariknya seperti Camping Ground Bukit Batu Hijau, Camping Ground Bukit Batu Gede, Camping Ground Bukit Batu Pandan, Camping Ground Bukit Batu Gajah, Camping Ground Lembah Hijau, Camping Ground Lembah Pakis. dan lainnya lainnya.

Bumi Perkemahan Suaka Elang Cigombong Bogor

Camping ground dengan dominasi tegakan pohon pinus mekusii  ini berada di Ciburayut, Cigombong, Bogor, Jawa Barat 16110. Dari samping pintu masuk perkemahan terdapat jembatan canopy trail, dari sini sudah terlihat pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang yang menghiasi bumi perkemahan. Bumi perkemahan suaka alam elang adalah solusi tepat untuk wisata keluarga bertajuk camping untuk mengenalkan pada anak-anak tentang kehidupan di alam yang dipenuhi oleh kekayaan hayati. 

Baca Juga :
Tempat camping di Puncak dan Wisata Alam pegunungan Puncak

Tempat Wisata di Bogor yang Bernuansa hutan dan Pegunungan

Wilayah Bogor dilingkar oleh 2 Taman Nasional yaitu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango berada dibagian timur ke selatan Bogor dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak disebelah baratnya. Dengan kekayaan biodiversitas kawasan Taman Nasional, fisik bumi dan lingkungan yang masih asri, Bogor memiliki beragam obyek daya tarik wisata (ODTW) alam yang cukup baik dan terjaga dengan apik, seperti hutan, air terjun, pemandangan pegunungan dan lainnya.

Penangkaran Elang Loji Bogor

Suaka elang Loji merupakan destinasi wisata di ujung selatan kabupaten Bogor bergendre eduwisata dengan menyuguhkan keunikan hewan langka serta di lindungi. Suaka Elang Loji ini merupakan tempat persinggahan burung Elang sebelum dilepas ke alam bebas, bertujuan agar burung elang tersebut dapat beradaptasi dengan alam atau habitatnya. Selain mendapatkan pengetahuan tentang seluk beluk elang, dalam kawasan Suaka Elang Loji yang merupakan hutan alam terdapat tempat wisata yang menarik seperti Curug Cibadak, jembatan gantung dan area berkemah dengan huansa hutan. Penangkaran Elang Loji berada di Cijeruk, Kec. Cijeruk, Bogor, Jawa Barat 16740.

Desa Wisata Tapos-1  Bogor (wisata alam Curug Ciputri) 

Keindahan yang dimiliki kawasan desa wisata Tapos -2 adalah kekayaan biodiversity kawasan, keindahan fisik bumi, situs-situs peninggalan kebudayaan tua dan pesona alam pegunungan, Desa Wisata Tapos -2 (Wisata Curug Ciputri) berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370.

Di Desa Wisata Tapos satu terdapat Setu Kigandul, merupakan danau buatan yang berada di tengah kawasan camping ground Ciputri yang bernuansa aroma pinus. Inilah salah satu daya tarik camping ground yang berada di Desa Wiata Tapos-1. Lokasinya berada di tengah-tengah kawasan hutan pinus dengan tingkat kerapatan vegetasi yang masih dapat di masuki cahaya matahari.

Disebelah utara camping ground, terdapat air terjun yang terkenal dengan Curug Ciputri, Curug Ciputri memiliki dua susunan ngarai dengan air berwarna hijau tosca. Curug Ciputri hanyalah satu diantara surga air terjun yang berada di Desa Wisata Tapos satu, ada 27 air terjun lainnya yang sudah ditemukan dan diketahui di Desa Wisata Tapos-1. Aliran air sungai yang berada di aliran sungai Ciampea, Cinangneng, Padalarang dan Cisalada, Keempat sungai tersebut akhirnya menyatu dalam dua sungai besar yaitu sungai Ciampea dan sungai Cinangneng, Curug yang tersebar di Desa Tapos-1 dan menjadi syurga para pencinta Air wisata air. (sumber : wisatahalimun.co.id)

Wisata Alam Gunung Pancar Bogor

Tempat wisata alam gunung Pancar memiliki kekhasan pepohonan pinus merkusi ini banyak menyajikan destinasi dan atraksi wisata gunung pancar seperti Giri Tirta Hot Spring Resort and Spa yang merupakan pemandian air panas untuk untuk merilekskan tubuh dan melepas penat, bersepeda, jogging, camping atau hanya sebatas santai di bawah tegakan pinus merkusi. Berada di Gunung, Pancar Karang Tengah Kec. Babakan Madang Bogor Jawa Barat.

Wisata Alam Gn. Bunder, Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor

Kawasan wisata gunung bunder terletak di  Jl. Gn. Bunder, Gn. Bunder 2, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan zona penyangganya, menyuguhkan wisata alam dengan pemandangan pegunungan yang indah dan suasana lingkungan yang sejuk dan asri. Di sekitar kawasan wisata, terdapat obyek daya tarik wisata curug/air terjun yang bisa dinikmati para pengunjung, seperti Curug Pangeran, Curug Cigamea, Curug Seribu dan Curug Ngumpet. Lainnya terdapat fasilitas penginapan / pondok menginap selain tempat berkemah, yaitu Villa Pakis Asri, Kawah Ratu House, Pondok Rasamala, Villa Betawi, dan The Michael Resort. 

Desa Wisata Malasari Bogor

Dalam buku sebaran Pariwisata Desa Wisata Malasari Bogor “Desa Wisata Malasari merupakan bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung pariwisata yang didalamnya terjadi interaksi antara penduduk Malasari dengan wisatawan dan dikelola oleh sebuah sistem yang diakui” (Zaenal Mutaqin. A4)merupakan salah satu penulis aktif pada situs highlandcamp.co.id, highlandindonesia.com dan wisatahalimun.co.id(2015) Doi: 10.17605/OSF.IO/DW9Q4), Desa Wisata Malasari sebagian besar nya dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, pintu masuk Bogor Barat terletak di Jl Resimen Mahawarman no 1 Kp. Malasari rt 001/001, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Malasari, Nanggung, Bogor, Jawa Barat 16650.

Keelokan kondisi geografis dan fisik Desa Wisata Malasari yang banyak memiliki air terjun serta aliran sungai dengan berbagi variasinya berpadu padan dengan lanskap buatan berupa pesawahan terasering yang indahnya laksana terasering di Bali dan perkebunan teh Nirmala Agung yang ditata sedemikian rupa oleh para leluhur penduduk Malasari dan Pemerintah kolonial Belanda, Desa Wisata Malasari menampilkan Pesona wisata alam, wisata budaya, dan wisata perdesaan untuk wisata minat khusus.

Miniatur Halimun merupakan camping ground di Bogor sekaligus tempat wisata alam dalam balutan hutan pegunungan dan taburan air terjun

Miniatur Halimun yang berada di punggungan barat gunung Paseban Puncak merupakan salah satu obyek wisata di Bogor dengan menguatkan karater wisata alam pegunungan dan kekayaan yang terkandung didalamnya seperti air terjun, hutan dan lainnya. Terdapat 5 terjunan air disekitar Miniatur Halimun yaitu Curug Naga, Curug Orok, Curug Barong, Curug Bulao dan Curug Panjang.

Adapun tempat berkemah dalam kawasan Pariwisata Curug Panjang seperti Highland Camp merupakan sarana untuk menginap guna mendukung terjadinya aktivitas pariwisata disekitar kawasan wisata alam curug panjang. Hal inipun terjadi dalam kawasan pariwisata alam lainnya, seperti bumi perkemahan suaka elang Cigombong untuk mendukung destinasi wisata penangkaran elang, Curug Ciputri Camping Ground sebagai sarana untuk menfasilitasi wisatawan ketika berwisata ke lerengan kaki salak-2 yang bertabur air terjun, Camping Ground Gunung Bunder, Bumi Perkemahan Gunung Pancar dan lainnya merupakan fasilitas yang disiapkan oleh swasta maupun pemerintah guna terbangunnya aktivitas wisata berbasis outdoor dan adventure

Catatan kaki   [ + ]

1.baca di artikel : Tempat camping di Puncak dan Wisata Alam pegunungan Puncak
2.sebagian besar artikel tentang tempat wisata di Bogor ini bersumber dari situs Highland Indonesia Group, yaitu wisatahalimun.co.id dan highlandindonesia.com
3.tidak semua bumi perkemahan di Bogor Barat dan Bogor selatan Bumi tercantum dalam artikel ini, banyak camping ground yang tersebar di kabupaten Bogor, baik yang dikelola oleh swasta, Desa Wisata, Taman Nasional dan perum perhutani tidak di masukan dalam artikel ini.
4.merupakan salah satu penulis aktif pada situs highlandcamp.co.id, highlandindonesia.com dan wisatahalimun.co.id