Citra Alam Riverside ; tempat camping di puncak untuk family gathering dan outbound

Sebelum mereview Citra Alam Riverside secara detail baik menyangkut fasilitas camping / tempat wisata maupun aktivitas gathering dan outbound nya, sedikit mengulas tentang Highland camp yang genre-nya memiliki keindetikan dengan Citra Alam Riverside, sama-sama menfasilitasi akomodasi berkemah dan wisata minat khusus.

Tempat berkemah yang didesain sebagai miniatur halimun ini berjarak 4,8 kilometer disebelah timur laut Citra Alam Riverside, menfasilitasi beragam kegiatan berbasis luar ruang (outdoor activities) seperti family gathering / gathering perusahaan, outbound, edukasi, serta pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia dengan metode experiential learning (EL), dan beragam aktivitas wisata minat khusus.

Highland camp berada pada kawasan pariwisata curug panjang, dipunggungan barat daya gunung Paseban Megamendung. Highland camp terbentuk dari keindahan lanskap buatan yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan elemen air. Camping ground dilintasi oleh 3 (tiga) aliran anak sungai untuk kegiatan telusur sungai dan edukasi bioversity lingkungan air. Dan, disekitar camp terdapat komplek air terjun curug naga yang memiliki 4 (empat) terjunan air yang eksotis untuk wisata minat khusus dan ODTW curug panjang untuk wisata umum. Pun, di Highland camp terdapat satu air terjun yang merupakan salah satu jalur yang dalam aktivitas journey, selain jalur jelajah hutan dan interpretasi serta jalur telusur sungai.
.

Whatsapp

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Review Citra Alam Riverside untuk camping perusahaan dan umum

Citra Alam adalah sebuah lembaga pelatihan dan pendidikan untuk karyawan, mahasiswa, sekolah tingkat dasar dan menengah (kelompok TK, SD, SMP dan SMU dan sederajat) dan untuk umum, didirikan di Bogor, berada di Desa Jogjogan RT03/RW01, Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Citra Alam Riverside berada pada areal seluas 5 hektar, meliputi tempat berkemah dan tempat wisata dalam nuansa sejuknya hawa pegunungan untuk relaksasi, gathering, outbound, berkemah, agrowisata, seminar / workshop, pelatihan sumber daya manusia, LDKS, MOS kegiatan rohani dan lainnya.

Tempat camping dan wisata yang berada di tepi sungai (riverside) Tjiliwung, disekitarnya merupakan pesawahan dan ruang terbuka hijau yang memiliki fasilitas untuk kegiatan outbound, wahana high ropes dan flying Fox, penginapan dengan pilihan tenda dan villa, aula, mushola, kolam ikan, areal pesawahan, kebun strobery, saung-saung, play ground, lapangan berkemah dan kegiatan, area games outbound, toilet, kolam terapi ikan dan lainnya.

Area berkemah dan lapangan kegiatan di Citra Alam Camp

Tempat berkemah di Citra Camp Riverside merupakan area hijau terbuka yang disekitarnya terdapat lintasan permainan ketinggian (high ropes) dengan tebingnya-tebingnya diareal camp di perkuat oleh batu pondasi. alas tempat berdirinya tenda terbuat dari tembokan kotak (lantai tembok).

Campsite yang dikelilingi oleh tembokan dan bangunan ini, ditengahnya terdapat selokan, airnya mengalir menuju kolam ikan. Sementara itu, satu campsite lainnya berada tepat di tepi kali sungai Tjiliwung dengan badan yang sudah di pondasi oleh batu kali sebagai penguat dari terpaan air sungai. Sebagain area hijau terbuka yang berada di komplek Citra Alam Riverside di gunakan untuk tempat berkemah dan lokasi permainan low ropes.

Tenda berkemah dan penginapan di Citra Alam

Terdapat dua pilihan menginap ketika kegiatan yang dilakukan berdurasi 2 hari (2D1N) atau tiga hari (3D2N) yaitu menginap dengan tenda dome atau dengan villa tenda.

    1. Tenda Dome ; tenda dome memiliki ukuran standar 3,5 x 2 meter dengan tinggi sekitar 1,8 meter, dapat di fasilitasi dengan 4 unit kasur dan perlengkapan tidur untuk 4 orang, dan jika difasilitasi oleh matras dan sleeping bag, tenda dome dapat menampung maksimal s.d 7 orang dewasa. 
    2. Villa tenda: didalamnya terdapat dua ruang kamar tidur, villa bernama citra ini (villa citra) merupakan alternatif pilihan menginap ketika berkegiatan di komplek wisata Citra Alam Riverside selain menginap dalam tenda dome.
    3. Room dan Bungalow ;

Area low ropes dan wahana high ropes games

Wahana High ropes merupakan lintasan yang didesain untuk aktivitas permainan diketinggian yang terdiri dari banyak model permainan pada setiap lintasannya. Dan, low ropes adalah permainan yang terdiri dari serangkaian rintangan nyata ataupun imajiner yang dirancang pada kegiatan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia berbasis experiential learning (EL), sebagai media dalam mentranformasikan pembelajaran (learning) terhadap kelompok maupun individu yang terlibat dalam pendidikan agar mampu untuk bekerjasama dan mencapai tujuannya

    1. Flying Fox di Citra Alam Riverside memiliki titik peluncuran pada ketinggian sekitar 15 meter dengan panjang lintasan mencapai 300 meter yang melintasi sungai tjiliwung, setiap pengunjung yang melakukan pengalaman peluncuran, akan di fasilitasi dengan pengamanan standar pada aktivitas ketinggian seperti full body harness, helmet, dan lainnya.
    2. Rangkaian dari beberapa permainan ketinggian yang ada di Citra Alam Riverside dilakukan dengan cara berjalan diatas tali, merayap dan meluncur, lintasannya memiliki ketinggian +6 meter dengan panjang rentang lintasan antar tiap permainannya yang beragam. Terdapat 2 (dua) rangkaian lintasan permainan higropes, yaitu rangkaian ke-1 meliputi spiderweb, rail wood, balance beam, fly board, middle flying fox. Dan, rangkain high ropes kedua adalah tapak kuda, sky ring, long flying fox dan elvis walker.
    3. Low ropes dapat di install pada spot-spot area yang kosong baik di campsite ataupun lokasi lainnya.

Area wisata agro dan rekreasi

Area wisata agro dan rekreasi meliputi areal pesawahan lengkap dengan kerbau sebagai alat pembajak sawah, kebun sayur mayur, kebun strobery dan areal apotik hidup. Sementara untuk rekreasinya meliputi .play ground, arena berkuda, miniatur rumah adat dan rumah Kebangsaan Pancasila, kolam terapi ikan, kantin dan galeri, kolam renang, dan lainnya.

Fasilitas pendukung kemping, gathering, metting dan outbound di Citra Alam 

Fasilitas yang disiapkan oleh Citra Alam Riverside dalam menfasilitasi kegiatan metting, gathering dan outbound dan lainnya meliputi segala fasilitas yang ada untuk mendukung acara termaksud seperti kolam tangkap ikan, kolam renang, spot api unggun, tempat ibadah, toilet/WC, kantin, dapur umum, area lapangan, aula pertemuan (tertutup dan terbuka) dan segala kelengkapannya.

    1. Aula pertemuan (outdoor) ; terdapat 4 (empat) unit aula terbuka, dengan dominasi kayu sebagai material pembangunnya, memiliki dukungan audio sistem, proyektor, pencahayaan yang baik, dan fasilitas perlengkapan untuk mendukung beragam kegiatan dalam ruangan seperti untuk pelatihan hingga seminar atau workshop.
    2. Aula pertemuan (Indoor); sebagai fasilitas ruang pertemuan (metting) dan ruang seminar, aula indoor ini diperlengkapi oleh kursi citos, projector dan sound system.

Baca Juga :
Amenitas dan Fasilitas Highland Camp Curug Panjang

Aktivitas Family Gathering, Outbound, Camping perusahaan, LDKS, Agrowisata dan rekreasi di Citra Alam

Beragam aktivitas bertajuk luar ruang yang mendominasi, merupakan produk-produk yang selenggarakan ketika berkunjung ke Citra Alam Riverside, kegitatan tersebut meliputi outbound, family gathering dalam nuansa berkemah, camping, field trip, agrowisata dan pelatihan sumber daya manusia dengan beragam bentuk pendekatan.

    1. Berkemah ; kegiatan yang menjadi penciri dari kepanduan dan kepencinta-alaman dengan tenda sebagai tempat tinggal sementara sewaktu beraktivitas di luar ruang, saat ini banyak diminati oleh masyarakat lintas kalangan dan lembaga dan  merupakan solusi wisata pro edukasi.
    2. Gathering perusahaan dengan muatan outbound : merupakan fasilitas jasa yang difasilitasi oleh Citra Alam Riverside guna untuk rekreasi keluarga besar dari sebuah perusahaan, terkadang gathering dengan muatan outbound dilakukan dalam nuansa berkemah ketika berdurasi 2 hari 1 malam (2D1N)
    3. Field Trip ; kegiatan  ini bertujuan untuk mengajak siswa berpikir kreatif, menambah wawasan, serta pengalaman baru melalui kegiatan diluar sekolah dengan cara mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Kegiatannya berupa pelatihan Keramik, pelatihan membatik, pelatihan angklung, pelatihan membuat wayang dan kelas memasak.
    4. LDKS ; merupakan Latihan dasar kepemimpinan siswa untuk mendalami dan memahami tentang konsep atau dasar–dasar sebuah organisasi (terutama OSIS). Kegiatan LDKS ini guna menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada siswa.
    5. Pelatihan Seni dan Budaya ; beragam pelatihan dan kegiatan seni budaya dalam rangka menanamkan rasa cinta terhadap kebudayaan Indonesia, menjadi produk jasa Citra Alam, kegiatannya meliputi pelatihan keramik, pelatihan batik, pelatihan angklung dan pelatihan wayang
    6. Agrowisata : didefinisikan sebagai sebuah bentuk kegiatan pariwisata yang memanfaatkan usaha agro (agribisnis) sebagai objek wisata dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, pengalaman, rekreasi, dan hubungan usaha di bidang pertanian. Agrowisata merupakan bagian dari objek wisata yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai objek wisata. Tujuannya adalah untuk memperluas pengetahuan, pengalaman rekreasi, dan hubungan usaha di bidang pertanian. Melalui pengembangan agrowisata yang menonjolkan budaya lokal dalam memanfaatkan lahan, diharapkan bisa meningkatkan pendapatan petani sambil melestarikan sumber daya lahan, serta memelihara budaya maupun teknologi lokal (indigenous knowledge) yang umumnya telah sesuai dengan kondisi lingkungan alaminya (http://database.deptan.go.id). Di Citra Alam Riverside beragam pertanian dikenalkan pada anak-anak dan remaja melalui kegiatan yang menyenangkan seperti cara mengolah sawah, simulasi merawat dan menanam berbagai tanaman buah, tanaman obat dan sayuran.

Baca Juga :
Beragam aktivitas di Highland Camp

Aksesibilitas ke Citra Alam Riverside Camping Ground

Dari pertigaan gadog dapat di jangkau sekitar 10,1 kilometer jika melewati jalan desa Cilember dan sekitar 10,8 kilometer jika melewati jalan Hamkam.

Baca Juga :
Alur kegiatan Family Gathering Perusahaan dan Outbound

Resume Citra Alam Riverside Campground untuk camping perusahaan, Family gathering dan Outbound

Semenjak zaman kolonialis Belanda, Kawasan puncak telah menjadi pusat kunjungan pariwisata berbasis alam dan pegunungan, lingkungan yang sejuk dan asri telah menjadi daya tarik utama kelompok borjuis berkulit putih dan sebagiannya adalah sawo matang. Setelah kemerdekaan, puncak tetap menampakan geliatnya nya dalam dunia pariwisata dengan citra rasa kemerdekaan.

Adalah Citra Alam Riverside, sebuah lokasi wisata di Puncak dengan citra rasa kemerdekaan, cita rasa ini tertampilkan dari pernak-pernik dan identitas kebangsaan yang dihadirkan disetiap sudut venue Citra Alam. Beragam aktivitas luar ruang yang diselengarakan dilingkungan sejuk nan asri, sebagian besarnya bergenre edukasi dan adventure, diantaranya adalah aktivitas gathering perusahaan / family gathering, camping LDKS, outing kantor, outbound, seni budaya, field trips, dan lainnya.
.