Suaka Elang Loji Camping Ground | Review Bumi Perkemahan di Bogor Jawa Barat

Nuansa dan suasana camping ground Elang Loji memiliki keindetikan dengan Highland Camp Curug Panjang, Kedua camping ground ini memiliki elemen air untuk wisata minat khusus terutama wisata petualangan yaitu sungai dan curug atau air terjun, berada di hutan pegunungan bawah (sub-montana) dalam kerimbunan vegetasi dengan dominasi pinus merkusii.

Jika di Wisata Elang Loji yang menjadi penciri adalah Raptor Sanctuary (Tempat penangkaran burung elang),dimana terdapat kandang yang digunakan untuk merehabilitasi raptor Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), Elang Brontok (Nisaetus cirrhatus) Elang Ular Bido (Spilornis cheela) dan Elang Hitam (Ictinaetus malaiensis). Sementara, di Highland Camp Curug Panjang terdapat Taman Kunang-kunag.

Taman kunang-kunang merupakan satu dari keanekaragaman kakayaan hayati yang berada dalam kawasan perkemahan, dan merupakan rumah bagi ribuan serangga bercahaya dengan bernama latin Lampyridae. Zona dengan tingkat vegetasi yang rapat dengan dominasi pohon kaliandra ini sangat kaya dengan bahan-bahan organik, dipertahankan keasliannya guna melestarikan populasi serangga malam yang dapat menghasilkan cahaya dari sinar dingin berwarna merah pucat, kuning dan hijau untuk kepentingan pariwisata (Wisata Minat khusus / wisata alternatif), pendidikan dan kepentingan penelitian.

Whatsapp

Baca Juga :
Taman Kunang-Kunang dan Hutan di Highland Camp

Review Bumi Perkemahan Suaka Alam dan Obyek Wisata Alam Loji

Bumi Perkemahan Suaka Elang berada di Objek Wisata Alam Loji (Loji merupakan nama sebuah kampung yang berada di Desa Ciburayut Kecamatan Cigombong, di punggungan tenggara puncak salak-2), dan merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Gunung Salak I, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Bogor. Sedangkan secara administratif, Suaka Elang Camping Ground Loji berada di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Lokasi berkemah dengan luas sekitar 0.5 hektar merupakan area bermain dan belajar pengunjung dan sebagai lokasi untuk aktivitas luar ruang seperti kegiatan outbound dan lainnya. Dari lapangan parkir (pintu masuk) menuju camping ground Suaka Elang Loji dapat ditempuh dengan berjalan kaki / treking menyusuri jalan setapak dan kemudian mendaki menuju kawasan bukit.

Struktur vegetasi bumi perkemahan dan Obyek Wisata Alam Loji didominasi oleh hutan homogen dari jenis Pinus (Pinus merkusii), dengan beberapa satwa liar yang masih dijumpai disekitar hutan homogen seperti Monyet ekor panjang (Macaca fasicularis), Jelarang (Ratufa bicolor) beragam burung dan lainnya. disebelah barat laut bumi perkemahan menuju jalur hiking ke air terjun Cibadak, akan dijumpai suasana hutan belukar alami khas pegunungan tropis. Pada area ini masih dapat dijumpai satwa-satwa liar yang lebih beragam, baik secara visual, dari jejak maupun suaranya, diantaranya Surili (Presbytis comata), monyet ekor panjang (Macaca fasicularis), Owa Jawa (Hylobathes moloch), Lutung (Trachypithecus auratus), dan Macan Tutul atau Macan Kumbang (Panthera pardus melas), dan beragam suara khas serangga dan berbagai burung kecil1)Referensi ; Buku Panduan 5 Destinasi Alam di Taman Nasional Gunung Halimun Salak; (2016) Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak; Jalan Raya Cipanas, Kec. Kabandungan Kab. Sukabumi.

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Wisata Alam Bogor ; Objek Wisata Alam Suaka Alam Loji

Bumi perkemahan Suaka Elang atau Camping Ground Suaka Alam Loji adalah salah satu obyek wisata alam yang berada di Loji, obyek wisata lainnya adalah Suaka Elang, Air Terjun Cibadak dan fasilitas buatan untuk mendukung aktivitas wisata alam di Loji seperti jembatan dan lainnya.

Suaka Elang ; Menyuguhkan pengalaman berinteraksi dengan predator udara

Suaka Elang atau biasa juga disebut Raptor Sanctuary (Tempat penangkaran burung elang), merupakan gugusan kandang yang digunakan untuk merehabilitasi raptor. Pun,  Suaka Elang Loji merupakan sebuah tempat wisata berbasis edukasi di punggungan gunung Salak Taman Nasional gunung Halimun Salak yang menyuguhkan pengalaman berinteraksi secara langsung dengan salah satu predator terbesar di udara yang masuk dalam kategori terancam punah.

Suaka Alam Loji  memiliki (biasanya) 4 spesies Elang, yaitu Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), Elang Ular Bido (Spilornis cheela), Elang Hitam (Ictinaetus malaiensis) dan Elang Brontok (Nisaetus cirrhatus). Kandang ini sering dikunjungi oleh para peneliti, mahasiswa pelajar ataupun umum yang ingin mengetahui lebih jauh tentang keempat jenis raptor tersebut. Selain Suaka Elang, di lokasi terdapat kantor Resort Salak I, yang dilengkapi dengan bangunan dan pelataran kayu terbuka yang dibangun diatas sungai.

Air Terjun Curug Cibadak ; Tampak seperti selendang putih di hijaunya kawasan

Curug Cibadak memiliki ketinggian terjunan air sekitar 30 meter dengan air yang cukup deras dan terjunan airnya yang berundak-unduk. Kondisi lingkungan air terjun Cibadak masih sangat asri dan alami, hal ini karena belum banyak orang yang berkunjung.

Untuk mencapai Curug Cibadak, wisatawan akan melewati jalur treking hutan yang sebagiannya terbuat dari kayu-kayu yang dipasang dipinggiran tebingan, dan diperlukan waktu sekitar 30 menit berjalan kaki dari lokasi camping ground Loji atau suaka Elang. Dari jauh, air terjun ini tampak berbentuk seperti selendang berwarna putih.

Jembatan Gantung dan lainnya

Jembatan gantung yang melintasi ngarai yang banyak ditumbuhi bambu (Bambuseae) dan tumbuhan paku, bermaterialkan baja sling dengan lantainya adalah kayu dilengkapi pengaman dinding yang terbuat dari anyaman kawat. Selain sebagai penghubung, jembatan gantung yang berlatar pepohonan pinus merkusi ini ini merupakan obyek swa-photo yang pengunjung ketika berwisata di Suaka Elang Loji.

Aksesibilitas camping ground suaka alam Loji

Jika menggunakan mode transfortasi umum, dari terminal Baranang Siang, Bogor dapat menggunakan angkutan colt mini jurusan sukabumi dan jika dari sukasari dapat menaiki angkutan kota jurusan Cicurug (angkot 02) lalu berhenti di pasar Caringin, dan dilanjutakan dengan menggunakan trasfortasi motor (ojek) menuju Perkemahan Suaka Alam Loji.

Dan, jika menggunakan kendaraan pribadi dapat melewati TOL Jagorawi dan dilajutkan tol BOCIMI lalu keluar di gerbang pintu tol Caringin Cimande. Dari Pintu tol Caringin menuju Camp Saka ALam Loji memiliki jarak tempuh sekitar 8.1 km, melewati jalan raya sukabumi lalu belok kanan dipasar Caringin seterunya menuju Bumi Perkemahan Suaka Alam Loji.

Baca Juga :
Kawasan Pariwisata Alam Curug Panjang

Resume Bumi Perkemahan dan Obyek Wisata Alam Suaka Alam Loji

Sebagian besar bumi perkemahan yang berada di Bogor, dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun salak dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (pada zona pemanfaatan ) serta zona penyangganya, baik yang langsung oleh Taman Nasional, Perum Perhutani, lembaga swasta maupun masyarakat memiliki keindetikan antara satu camping ground dengan yang lainnya, dengan identitas penciri yang berbeda. Keindetikan nya yaitu 1. Nuansa dan suasana karena berada dalam lingkungan hutan pegunungan bawah, 2. Element air berupa sungai dan air terjun, 3. Kekayaan biodiversitas, dan 4. Ceruk yang dibangun sebagian besarnya untuk pariwisata minat khusus.

Bumi perkemahan dan Obyek Wisata Alam Suaka Alam Loji memiliki identitas penciri nya adalah tempat penangkaran burung elang, selain untuk dilepasakan kembali ke alam bebas, elang-elang yang ditangkarkan di suaka elang Loji  menjadi daya tarik untuk  kepentingan pariwisata dan pendidikan / penelitian.

Catatan kaki   [ + ]

1.Referensi ; Buku Panduan 5 Destinasi Alam di Taman Nasional Gunung Halimun Salak; (2016) Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak; Jalan Raya Cipanas, Kec. Kabandungan Kab. Sukabumi