49 Curug di Bogor, Puncak dan Sukabumi, 4 air terjun yang paling EKSOTIS

Curug di Bogor – Di Bogor terdapat curug dengan lingkungan dan terjunan yang paling eksotis, itu adalah komplek air terjun curug Naga dengan memiliki 4 air terjun yang berada disepanjang aliran sungai Cirangrang. Setiap air terjun dan kolam terjunannya memiliki karakter bendera antara satu dengan lainnya. Keempat air terjun dalam komplek curug naga itu adalah curug Barong, curug Orok, curug Periuk dan curug Naga itu sendiri yang telah menjadi identitas dari nama brand wisata yang dikenal pada publik. Berbeda dengan curug lainnya di Bogor yang sebagian banyaknya diperuntukan bagi wisata massal, komplek air terjun curug Naga hanya diperuntukan untuk wisata minat khusus berbasis petualangan.

Beberapa aktifitas wisata yang dapat dilakukan pada komplek air terjun curug Naga Bogor dan kawasannya yaitu jelajah air terjun, body rafting, cliff jumping, susur sungai, hiking, berenang, mendaki tebingan air terjun dan banyak lagi lainnya. Rute penjelajahan dan petualangan curug Naga dapat diakses dengan melewati ngarai-ngarai dan hutan pegunungan bawah di lerengan barat gunung Paseban. 


Whatsapp

Baca juga :
Komplek air terjun Curug Naga

Curug di Bogor – Air terjun yang dalam padanan bahasa sunda nya adalah curug, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang saat ini banyak dikunjungi oleh para pepiknik dari berbagai kelompok sosial, ekonomi dan pendidikan yang berbeda. Karena kepopulerannya, belakangan ini air, terjun banyak dikelola oleh pebisnis pariwisata, Lembaga pemerintah seperti Perhutani maupun Taman Nasional, lembaga swasta dan masyarakat yang menetap di sekitar curug untuk dijadikan sebagai obyek daya tarik wisata (ODTW) berbasis alam.

Bogor dan Sukabumi memiliki wilayah yang di lingkar oleh dua Taman Nasional dengan 4 gunung yang menjulang yaitu gunung Halimun dan Salak, gunung Gede dan Pangrango. Dan, salah satu potensi pariwisata alam dari kedua Taman Nasional itu adalah air terjun.

Air terjun atau curug terbentuk karena terjadinya patahan bumi sehingga adanya terjunan air, dapat juga disebabkan oleh adanya aktivitas erosi aliran air yang mengalir diatas lapisan batuan sehingga terjadinya pengikisan, itu karena air merupakan agen yang bisa memicu pengikisan atau air memiliki daya pengikisan (erosi) yang tinggi terhadap apa yang dia lewati.

Air yang mengalir di air terjun tersebut didapat dari curahan air hujan yang turun secara terus menerus di sungai pegunungan dan kemudian bermuara di kolam terjun (plunge pool).

Pembentukan air terjun berlangsung secara terus-menerus oleh air dan terjadi dalam jangka waktu yang lama, ketersediaan air di curug berhubungan dengan siklus Hidrologis atau pola pergerakan air yang terjadi secara kontinu di permukaan bumi.

Terdapat beberapa jenis / kelompok air terjun yang dikenal oleh masyarakat, seperti Block Waterfall yaitu air terjun yang aliran airnya berasal dari aliran sungai yang sangat lebar, Cascade adalah rangkaian air terjun yang menuruni serangkaian tangga batu dan bertemu di satu kolam terjun, Cataract waterfall adalah air terjun yang sangat besar, dan lainnya. Dan, jenis air terjun apakah yang sering anda kunjungi di Bogor dan Sukabumi ?

Pada wilayah Bogor dan Sukabumi terdapat banyak air terjun yang menyebar di kaki gunung dan pegunungan serta zona-zona peyangganya, hal itu dikarenakan topografinya dari kedua wilayah ini sebagian besarnya berada di kaki gunung dan pegunungan, dengan Bogor yang memiliki intentitas hujan curah tinggi setiap tahunnya yang dakibatkan oleh hujan di daerah pegunungan.

29 Curug di Bogor

Curug di Bogor – Sebagain besar curug di Bogor yang eksotis berada di gunung Salak punggungan sebelah barat dan pegunungan Halimun dari pintu-pintu Bogor Barat. Sementara itu curug-curug yang berada dalam kawasan puncak itu berada di sebelah utaranya Gunung Gede Pangrango dalam kawasan penyangga Taman Nasional, Curug-curug di Puncak berada dalam satu hamparan pegunungan yang sama dengan curug-curug yang berada dalam kawasan wisata Sentul. 

Baca juga :
Curug tereksotis untuk wisata alam dan camping di Puncak Bogor

Curug Padalarang

curug di bogor
Image -2 : Penulis dalam ekspedisi curug Padalarang

Di sepanjang perjalanan menuju air terjun Curug Padalarang, di pojokan-pojokan batu yang berbatas dengan aliran sungai, mengepul asap tipis dari kerasnya bebatuan yang menghiasi sepanjang aliran sungai. Kepulan asap yang tersembul tipis dari kerasnya bebatuan itu di karenakan dinginnya bebatuan yang tersorot oleh hawa hangat mentari pagi terbit dari arah barat.

Kiade

Curug di Bogor – Air terjun Padalarang merupakan satu dari 27 pesona wisata tirta (wisata air) yang berada di sekitar camping Ground Ciputri, dapat ditemput sekitar 30 menit perjalanan dari camping ground. Terletak tepat di bawah megahnya puncak salak-2 yang memiliki ketinggian 2180 Mdpl, aliran nya pun bersumber dari anak-anak sungai yang mengalir dari tebingan barat laut puncak salak-2 yang menyatu dalam sungai Padalarang.

Untuk mencapai Air terjun Curug Padalarang-1, dari Camping Graund Ciputri Desa Wisata Tapos-1, wistawan terlebih dahulu diajak menembus hutan pinus dengan jarak tempuh sekitar 10 menit perjalanan kaki, selanjutnya wisatawan akan diajak menyusur aliran sungai yang memiliki bebatuan hitam cerah keputihan yang sebagian kecil bongkahan batunya yang berwarna merah hati menjadi ornamen warna penghias jalur sungai.

Tidak berselang lama, wisatawan pun akan di perhadapkan dengan karakter bebatuan besar hitam berlumut sebagai penghias perjalanan di sepanjang aliran sungai padalarang. Beberapa kolam kecil dengan kedalaman sepinggang orang dewasa menjadi perintang yang harus dilewati sebelum sampai di air terjun curug Padalarang. Kolam kecil tersebut ada di karenakan terdapat curugan air yang ketinggiannya berkisar 1 s.d 2 meter. Jalur yang berada di antara tebing ini berhawa sejuk karena vegetasi tumbuh padat diantara dua tebingan dan dipuncaknya.

Setengah perjalanan, wisatawan akan di hadapkan pada sulur-sulur akar yang menggantung di antara tebingan yang berwana hitam kecoklatan, akar yang menjulur ke aliran sungai itu menjadi pemandangan yang jarang ditemukan di tempat wisata air lainnya. Beberapa spot tebingan dan dari celah celah bebatuan yang menempel diantara tebingan sepanjang aliran sungai Padalarang banyak memancarkan air, itulah pancuran alami yang kesegaran airnya bisa menjadi pelepas dahaga.

Curug Padalarang-1 hanyalah satu diantara surga air terjun yang berada di Desa Wisata Tapos satu, ada 27 air terjun lainnya yang sudah ditemukan dan diketahui di Desa Wisata Tapos-1. Aliran air sungai yang berada di aliran sungai Ciampea, Cinangneng, Padalarang dan Cisalada, Keempat sungai tersebut akhirnya menyatu dalam dua sungai besar yaitu sungai Ciampea dan sungai Cinangneng, Curug yang tersebar di Desa Tapos-1 dan menjadi syurga para pencinta air wisata air adalah :

  • Curug Ciampea yang berada sungai Ciampea, Curug ini memiliki 4 lompatan air.
  • Curug Ciputri -1, saat ini dikenal sebagai Curug Ciputri-1 yang berada dalam aliran sungai Cisalada, namun sebenarnya Curug Ciputri-1 dahulunya bernama curug nangka karena ada petanda 2 pohon nangka.
  • Curug Ciputri-2 yang berada di Sungai Putri yang mengalir ke sungai Padalarang
  • Curug Kiara, Curug Kiara ditandai oleh adanya pohon kiara di sekitar curug di aliran sungai Cisalada
  • Curug Cigogok berada dalam aliran sungai Cisalada
  • Curug Padalarang berada dalam aliran sungai padalarang
  • Curug topi 1 yang berada dalam aliran sungai Padalarang merupakan curug tertinggi di Desa Wisata
  • Curug Tenjolaya-1, Ketika tiba di dipertengahan badan curug, air yang meluncur dari patahan sungai akan menjadi uap atau embun setibanya di bawah air terjun
  • Curug topi 2 berada di sungai Padalarang tepat di bawah Curug Topi 1
  • Curug Limus berada di badan sungai Padalarang yang lebih dikenal dengan sebutan leuwi kekek
  • Curug Goong berada di sungai Padalarang, disebut curug Goong karena ketika ada ada air bah, disekitar curug akan terdengar suara goong dalam instrumen gamelan
  • Curug Awi berada di sungai Padalarang
  • Curug Batu Panjang berada sungai Padalarang
  • Curug Pasir Buntung terdapat di gunung buntung
  • Curug Cipetey 1 berada dalam aliran sungai Cipetey yang alirannya menyatu ke sungai Cinangneng
  • Curug Cipetey-2 atau yang lebih dikenal dengan curug Tugu, Curug ini berada tepat di bawah curug Cipetey 1
  • Curug pasir manggis 1 dan 2 berada di aliran sungai pondok walanda, inilah kawasan gunung paling angker di Tapos-1
  • Curug Sembilan pasir manggis yang memiliki 9 lompatan air sungai Cimanggis. Sungai pasir manggis menyatu dengan sungai Cianangneng
  • Curug Puspa berada pada bagian anak sungai pasir manggis
  • Curug Pasir Buntung berada di sungai pasir buntung yang akhirnya sungai tersebut menyatu ke sungai Padalarang.

Lokasi Curug Padalarang :

Curug Padalarang terletak di Desa Tapos I desa Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/zLUHHkD5nf6na2Gv6
8PH7+F8J, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370.

Sumber : Kawasan Ciputri ; Surga air terjun di Bogor Barat ; oleh Ade Zaenal Mutaqin

Curug Cipetey

curug di bogor
Image -3 : Faizal Mardiansyah dalam expedisi curug Cipeutey

Curug di Bogor – Kubangan air sepanjang sekitar 10 meter dan lebarnya berkisar 5 meter itu berair jernih, berwarna hijau tua dan memiliki kedalaman bervariasi, yang terdalam tidak lebih dari 2 meter. Kolam yang sudah tertata apik ini berada tepat di bawah camping ground Arca Domas sebelah utara Desa Wisata Tapos satu.

Lompatan air setinggi 5 (lima) meter itu meluncur dengan deras nya, tidak banyak menghasilkan banyak buih putih dari lompatan air yang jatuh bertubrukan dengan air yang menggenang di kubangan kolam. Itu pertanda bahwa aliran air sungai sungai Cipetey yang ujungnya menyatu ke sungai Cinangneng itu masih bersih.

Tidak hanya keindahan lompatan air utama yang menjadi pesona Curug Cipetey-1, namun di sela-sela bebatuan tepat diatas kolam, keluar banyak air yang menggucur laksana hujan dan pancuran-pancuran alami menyembur diantara bebatuan dinding yang berkanopi, penduduk sekitar menyebutnya cai cikaracak dan curugan.

Bebatuan yang menghiasi tebing-tebing Curug Cipetey berwarna coklat keemasan, sebagiannya merah bata berlumut, patahan-patahan batu yang tersusun secara alami, tertata apik menyemburkan air diantara selanya, hal itu menambah kesan magis yang seolah pada zaman dahulu kala itu adalah pemandian para putri kerajaan pajajaran yang bermukim di gugusan hutan Halimun.

Untuk mencapai Air terjun curug Cipetey satu dari camping ground Ciputri, dapat ditempuh dengan berpetualang diantara kanopi, di bawah tegakan hutan pinus perkusi, menembus hutan, menanjak dan melewati lembah, hingga akhirnya wisatawan akan mendapati hamparan luas dan datar yang digunakan sebagai tempat camping diengah hutan pinus, itulah camping ground Arca Domas.

Lokasi Curug Cipetey :

Curug di Cipetey terletak di Desa Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/1VGjzUhK8ioWhMgFA
8PH7+F8J, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370.

Sumber : Curug Cipetey di Desa Wisata Tapos satu ; oleh Ade Zaenal Mutaqin.

Curug Bulao

curug di bogor
Image -4 : Adih sedang menikmati terjunan air curug Bulao

Curug di Bogor – Terjunan air curug Cibulao berada dilembahan yang sekelilingnya dilingkar oleh hutan pegunungan. Obyek dengan daya tarik wisata alam ini memiliki pesona pemandangan hutan dan lembahan yang sangat indah dengan daya tarik utamanya adalah kesegaran air yang berwarna kebiru-biruan seperti warna bulao dikolam terjun curug Cibulao untuk direnangi.

Inilah air terjun terhulu dari ke-enam deretan air terjun yang barada dalam satu aliran hulu sungai Cirangrang, curug cibulao memiliki nama aslinya adalah curug hulu, disebut curug hulu karena air terjun ini berada dihulu / terhulu atau letaknya paling girang (hulu dalam padanan bahasa Indonesia berarti awal /permulaan / pangkal / sungai girang / sumber air / bagian atas yang merujuk pada sungai) jika dibandingkan dengan kelima air terjun lainnya yang berada dalam satu aliran hulu sungai Cirangrang

Curug cibulao memiliki tiga buah air terjun dengan karakteristik yang unik pada setiap lompatan terjunan airnya. Terjunan air yang ketiga membentuk lerengan (slope) dengan ketinggian 2 meter, memiliki lompatan air terpendek yang langsung jatuh kolam terjun dengan diameter + 5 meter, curug kedua dan pertama memiliki lompatan air sekitar 5 – 7 meter dengan terjunan air yang vertikal.

Untuk menuju terjunan air yang kedua dan pertama, terlebih dahulu harus berenang melewati kolam terjun pada curug ketiga (penduduk kampung paseban menyebutnya leuwi). Pemandangan kedasar kolam terjun / leuwi / cekungan tempat mengumpulnya air dari curug pada komplek curug cibulao ini sangat jernih berwarna hijau kebiru-biruan.

Lokasi Curug Bulao :

Curug di Cibulao terletak Kp. Citamiang Paseban desa di Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770.
Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/curug-cibulao?share
9X32+W8 Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Zaenal Mutaqin, Ade ; Jelajah Kawasan Pariwisata Bogor dalam Wisata Minat Khusus; DOI:10.17605/OSF.IO/ZU9RW; DOI:10.17605/OSF.IO/ZU9RW; May 2020.

Curug Panjang

curug di bogor
Image -5 : Wisatawan di curug Panjang Bogor

Curug di Bogor – Selain merujuk pada obyek daya tarik wisata yang airnya meluncur dari lerengan (slope) sepanjang +20 meter, curug panjang merupakan komplek air terjun yang berada di aliran sungai Cirangrang dengan 5 terjunan air yang sangat eksotis, yaitu curug naga, curug barong, curug priuk, curug orok dan curug panjang. “Curug terbentuk karena terjadinya patahan bumi sehingga adanya terjunan air, dapat juga disebabkan oleh adanya aktivitas erosi aliran air yang mengalir diatas lapisan batuan sehingga terjadinya pengikisan”.

Disepanjang aliran sungai Cirangrang terdapat enam air terjun atau air yang terjun / jatuh / meluncur dari ketinggian yang kemudian bermuara di kolam terjun (plunge pool) yang dalam padanan bahasa sunda dikenal dengan sebutan curug, salah satunya adalah curug panjang.

Berbeda dengan air terjun lainnya yang ada disepanjang aliran sungai Cirangrang, yang pada umumnya memiliki terjunan air yang vertikal, curug panjang membentuk lerengan (slope) sepanjang +20 meter dengan debit air yang cukup deras dan konstan, memiliki ketinggian terjunan air +4 meter, dengan kedalamannya mencapai 7 meter dan kolam terjunnya berdiameter +10 meter, curahan air yang sejuk dan berwarna hijau tosca itu membentuk kolam besar yang dapat direnangi.

Lokasi Curug Panjang :

Curug Panjang terletak di Desa Megamendung Kp Citamiang – Paseban, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/zKkHCY9nH1o
6° 38′ 46.54″ S 106° 56′ 42.02″ E.

Zaenal Mutaqin, Ade ; Jelajah Kawasan Pariwisata Bogor dalam Wisata Minat Khusus; DOI:10.17605/OSF.IO/ZU9RW; DOI:10.17605/OSF.IO/ZU9RW; May 2020..

Curug Naga

curug di bogor
Image -6 : Curug Naga di Bogor

Curug di Bogor – Curug Naga yang mempesona memiliki ketinggian terjunan air sekitar +28 meter dengan kedalamaan kolam terjun mencapai 12 meter, diapit oleh tebing-tebing tinggi yang atapnya tertutup oleh rimbunya pepohonan, sebagiannya adalah langit. Tebingan di Curug Naga adalah batuan keras dan cadas merupakan spot alami untuk melakukan lompatan bebas untuk menguji adrenalin dengan melakukan terjun bebas (free falling) dari ketinggian 7-8 meter.

Untuk menuju terjunan air dalam jelajah curug naga, terlebih harus melewati curug priuk, lalu menyusuri aliran sungai Cirangrang searah air mengalir dengan berenang (body Rafting), selanjutnya menapaki jalanan setapak dan mendaki bebatuan cadas menuju lokasi yang lebih tinggi, dilanjutkan dengan menyusuri hutan, kemudian menuruni tebing (rappelling) dengan kemiringan hampir mencapai 80 derajat yang berkontur tanah bercampur batuan cadas dengan menggunalan karmantel / tambang.

Lokasi Curug Naga :

Alamat curug Naga berada di Desa Citamiang Megamendung Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16110, dan untuk mencapai curug Naga wisatawan dapat menempuh perjalanan melewati jalan desa Cilember atau jalan Pusdikresintel Megamendung.

Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/curugnaga?share
9W2V+H3 Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Sumber : Wanawisata curug Naga ; Zaenal Mutaqin, Ade

Curug Barong

curug di bogor
Image -7 : Curug Barong di Bogor

Curug di Bogor -Inilah air terjun yang paling eksotis diantara saudara berlima nya, curug barong adalah surga air terjun yang tersembunyi yang berada di sepanjang aliran sungai Cirangrang, curug ini memiliki terjunan air setinggi lebih dari 20 meter, lingkungannya yang tertutup oleh rapatnya vegetasi dengan tebingan batuan cadas yang membentenginya, memberikan nuansa sangat personal (private), suasananya yang dingin, sunyi dan senyap adalah kesan yang dihadirkan oleh curug yang memiliki nama sebuah mahluk imaginer berbentuk samaran binatang, berkaki empat atau berkaki dua dengan kepala singa dalam mitologi bali dan jawa.

Curug barong memiliki karakter yang hampir mirip dengan curug naga baik dari lingkungan maupun karakter terjunan airnya, perbedaannya terletak pada ketinggian curug barong yang lebih rendah + 8 meter dibandingkan curug naga dan kolam terjunan airnya lebih dalam untuk melakukan cliff jumping atau free falling dari atas tebingan batuan keras dan cadas.

Lokasi Curug Barong :

Curug Barong berada di Kp. Citamiang Paseban; desa Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16110, dan untuk mencapai curug Naga wisatawan dapat menempuh perjalanan melewati jalan desa Cilember atau jalan Pusdikresintel Megamendung.

Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/curugbarong?share
No Data Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Sumber ; Air terjun di Puncak Bogor yang tereksotis ; Zaenal Mutaqin, Ade

Curug Orok

curug di bogor
Image -8 : Curug Orok di Bogor

Curug di Bogor – Masyarakat disekitar Megamendung dan Cilember mengenalnya dengan sebutan curug orok, identitas yang disematkan pada air terjun ini merujuk pada bentuk dan karakter terjunan airnya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kelima curug lainnya yang berada disepanjang aliran sungai Cirangrang. Orok berakar dari padanan kata dalam bahasa sunda yang mengandung arti bayi, dengan kata lain “curug orok merupakan saudara terkecil atau bayi yang berada dalam jajaran air terjun di sepanjang aliran sungai Cirangrang”. Curug orok berada disalah satu cekungan aliran sungai Cirangrang yang merupakan hulu sungai ciesek yang airnya mengalir menuju sungai Ciliwung. Curug orok memiliki terjunan air setinggi +4 meter dengan kolam terjunan air yang cukup luas untuk direnangi dan dalam.

Kabarnya, di curug orok terdapat gua, dimana didalamnya ada air mengalir dengan deras, posisinya berada di tebingan bebatuan. Kendatipun curug orok tidak sepopuler curug bulao, curug panjang, curug naga, curug priuk dan curug barong, namun eksotisnya tidak kalah dengan ke-5 saudara lainnya..

Curug Periuk

curug di bogor
Image -9 : Curug Periuk di Bogor

Curug di Bogor – Bentuk kolam terjunan airnya ini mirip seperti peralatan dapur berbahan tembaga, logam atau tanah yang banyak digunakan oleh masyarakat sunda pada masa lampau untuk menanak nasi /ngaliwet, yaitu periuk. Sehingga, masyarakat yang bermukim disekitar air terjun yang bersembunyi dibalik lebatnya pepohonan, mengenalnya dengan sebutan curug periuk, identitas periuk yang merujuk pada curug ini melekat sampai saat ini. Curug periuk letaknya berada disebelah hulu curug Barong yang merupakan satu dari 8 air terjun dalam komplek curug panjang, memiliki ketinggian terjunan air sekitar 8 meter, dengan kolam terjunan yang cukup tenang dan luas untuk direnangi, berdiameter +8 meter.

Tebingan dengan batuan keras dan cadas yang menjadi benteng alam curug periuk merupakan tempat yang ideal untuk melakukan lompatan bebas (free falling) atau cliff jumping dengan kolam terjunan sebagai tempat jatuhnya. Sebelum melakukan terjun bebas, terlebih dahulu harus menapaki tebingan bebatuan hitam berlumut yang cukup licin ketika pada musim penghujan.

Curug Cikuluwung

curug di bogor
Image -10 : Curug Cikuluwung Bogor

Curug di Bogor – .

Lokasi Curug Cikuluwung :

Curug Cikuluwung terletak Kp. Suka asih, RT.01/RW.08, Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810.
Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/Cikuluwung?share
9J4V+G9 Cibitung Wetan, Bogor, Jawa Barat.

Curug Leuwi Hejo

curug di bogor
Image -11 : Curug leuwi hejo di Bogor

Curug di Bogor – Konon menurut cerita yang berkembang di masyarakat, Leuwi Hejo dijaga Mbah Barong dan Aki Jawa, kedua orang ini mereupkan sesepuh yang menetap disekitar leuwi hejo. Pun ada yang mengaitkan bahwa leuwi Hejo terkait erat dengan Nyi Blorong dan Mbah Uyud Marsinah, bahkan petilasan Mbah Uyud Marsinah berada disekitar curug Leuwi Hejo. Namun itu hanyalah sepenggal cerita mitos yang berkembang di masyarakat dan belum tentu benar adanya.

Disekitar Leuwi Hejo terdapat  beberapa curug dan leuwi yang jumlahnya ada lima, dengan lingkungan masih asri dengan pemandangan yang menyejukkan, kelima curug disekitar leuwi hejo adalah Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Liek, Curug Leuwi Ciung, Curug Leuwi Cepet dan Curug Baliung. Curug Leuwi Hejo memiliki terjunan air yang tidak tinggi, dengan aliran sungai yang airnya cukup deras serta jernih dan kolam terjunan airnya yang berwarna hijau atau hejo dalam padanan bahasa sunda.

Lokasi Leuwi Hejo :

Curug Leuwi Hejo berlokasi di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor. Curug ini berjarak sekitar 10 kilometer (km) dari pusat kota Bogor, Jawa Barat, dengan memakan waktu lebih kurang 45 menit hingga 1 jam perjalanan.
Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/Leuwihejotriptrekking?share
CX43+XX Karang Tengah, Bogor, Jawa Barat.

Curug Bidadari

curug di bogor
Image -12 : Curug Bidadari di Bogor

Curug di Bogor – Curug Bidadari yang yang sebelumnya dikenal sebagai curug Bojong Koneng sarat akan mitos yang berkembang, masyarakat sekitar mempercayai bahwa curug bidadari dahulunya merupakan pemandian para bidadari. Kepercayaan masyarakat inipun tidak lepas dari pengakuan warga sekitar yang kerap mendengar suara perempuan di sekitar curug bidadari, kendatipun setelah di lakukan pengecekantidak ditemukan tampak wujud siapapun.

Curug Bidadari memiliki ketinggian sekitar 50 meter, kesegaran air dan panorama alam yang eksotis banyak menarik wisatawan mancanegara maupun wsiatawan domestik. Curug Bidadari memiliki aliran air yang deras dengan kolam dengan kedalaman yang aman untuk direnangi bagi wisatawan. Disekitar terjunan air curug Bidadari terdapat Batu besar yang berada tepat di bawah air terjun, batu tersebut dibelah menjadi dua bagian sebagai akses jembatan menuju air terjun.

Lokasi Curu Bidadari :

Curug Bidadari berada Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/UwtcdLtQZQ9VkH8RA
9WP5+99 Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat.

Curug Cigamea

curug di bogor
Image -13 : Fose wanita di Curug Cigamea Bogor

Curug di Bogor – Curug Cigamea memiliki dua air terjun yang berdampingan dengan ketinggian terjunan air yang berbeda antara satu dengan lainnya, kedua terjunan air curug Cigamea memiliki ketinggian 30 meter dan 50 meter. Curug Cigamea berada dekat dengan pintu masuk utama Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, akses dari pintu masuk menuju curug dilengkapi oleh pagar pembatas kendatipun ketika hujan pengunjung tidak diijinkan masuk ke area air terjun, hal itu karena debit air yang besar dengan penambahan volume air curug dalam waktu yang singkat.

Kendatipun masih minim fasilitas (catatan september 2021), curug Cigamea banyak dikunjungi oleh wisatawan yang menikmati terjunan air dan lingkungan alam disekitar terjunan air. Beberapa fasilitas yang sudah ada disekitar curug Cigamea adalah loaksi parkir kendaraan pengunjung, warung makan dan jajanan wisata, Gazebo, spot foto, toilet dan kamar mandi.

Lokasi Curug Cigamea :

Curug Cigamea berada di Jl. Curug Cigamea, Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jika dari pusat kota Bogor berjarak lebih kurang 31 km atau jika menggunakan kendaraan bermotor dapat di tempuh dengan waktu sekitar 90 menit perjalanan.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/HdGemRRf9w7SppSt6
8M4P+4G Gn. Picung, Bogor, Jawa Barat.

Curug 7 Cilember

curug di bogor
Image -14 : Curug 7 Cilember Puncak Bogor

Curug di Bogor – Destinasi dengan 7 terjunan air atau curug ini berada di tengah hutan lebat yang tenang dan dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Curug yang mengambil asal nama dari kata dalam bahasa Sunda yaitu lember, yang merujuk pada jenis jamur berwarna kecoklatan yang tumbuh di pepohonan atau batang kayu yang sudah mati yang dalam bahasa Indonesiadikenal dengan nama jamur kuping, mulai dikelola sejak tahun 1990 an oleh Perusahaan Umum Perhutani.

Curug Cilember memiliki tujuh terjunan air yang bertingkat-tingkat, sehingga dikenal juga dengan sebutan curug 7 Cilember. Air terjun ketujuh ini jaraknya hanya 300 m dari tempat parkir kendaraan. Untuk menuju ke ari terjun, wisatawan akan melalui jalanan setapak, melewati hutan pinus yang hanya cukup untuk berjalan berjajar berdua dan Jika berpapasan dengan pengunjung lainnya dari arah berlawanan maka harus berjalan menyemut satu per satu.

Mitos yang berkembang di masyarakat setempat, konon  curug 7 Cilember merupakan tempat putri Kerajaan Pajajaran mandi mandi, Masayrakat mempercayai bahwa dengan mandi di curug Cilember akan membuat awet muda, keluarga menjadi bahagia, enteng jodoh, karier meninggi, dan menyehatkan tubuh.

Lokasi Curug Cilember :

Jl. Raya Puncak – Gadog No.KM. 15, Cisarua, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16750
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/iMqQxoQf6t9GPsUt7
8WQW+PF Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Curug Ciherang

curug di bogor
Image -15 : Curug Ciherang Bogor

Curug di Bogor – Kawasan wisata bukit batu Curug Ciherang Puncak-2 memiliki luas 73 hektar, Kawasan wisata alam dan Agrowisata dengan salah satu obyek daya tarik wisatanya adalah air terjun Curug Ciherang ini berlokasi di Desa Warga Jaya Kecamatan Sukamakmur, Bogor Jawa Barat, Terjunan air Curug Ciherang memiliki tiga tingkatan, dimana terdapat beberapa pohon dan tanaman sisi kiri dan kanannya.

Curug Ciherang memiliki ketinggian terjunan air setinggi 30 meter, dalam kawasan wisata curug Ciherang terdapat dua air terjun bernama curug Ciherang dan curug Ciguntur, Kedua curug tersebut perlu diakses dari tempat parkir kendaraan dengan berjalan kaki, layaknya menelusuri jalur pendakian karena lokasinya berada di atas bukit.

Lokasi Curug Ciherang :

Curug Ciherang berada di Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/xsw5m3Qy8GaouwKU8
9X7X+79 Wargajaya, Bogor, Jawa Barat

Curug Pangeran

curug di bogor
Image -16 : Curug Pangeran Bogor

Curug di Bogor – Curug Pangeran berada dalam Kawasan Wisata Gunung Bunder, Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Air terjun dengan ketinggian sekitar 5 sampai 6 meter dengan kedalaman air mencapai 4 meter ini berada di bagian hulu mata air Gunung Salak, airnya sangat jernih dengan pantulan cahaya hijau kebiruan. Curug Pangeran diyakini oleh masyarakat setempat dahulunya sebagai petilasan sahabat Pangeran Kiansantang dari kerajaan Padjajaran, sehingga nama curug Pangeran merujuk pada mitos tersebut, dengan kata Pangeran melekat pada air terjun yang sering terdengar suara gamelan yang mengiringi sinden atau orang yang bernyanyi pada setiap malam jumat.

Lokasi Curug Pangeran :

Curug Pangeran berlokasi di Taman Wisata Gunung Bunder daerah Pamijahan, Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810.
Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/curug-pangeran?share
8M2R+VH Gn. Sari, Bogor, Jawa Barat

Curug Cibaliung

curug di bogor
Image -17 : Curug Cibaliung Bogor

Curug di Bogor – .

Lokasi Curug Cibaliung :

Curug Cibaliung berada di Kampung Wadung, Karangtengah, Babakan Madang, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16810.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/4azEeErHpsLKy6rS9
CX25+G6P, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16810.

Curug Ciputri

curug di bogor
Image -18 : Curug Ciputri Bogor

Curug di Bogor – Curug Ciputri berada di kaki Gunung Salak memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan kolam air yang tidak terlalu besar

Lokasi Curug Ciputri :

Lokasi Curug Ciputri terletak di kaki Gunung Salak. Adapun alamat Curug Ciputri berada di Desa Tapos, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/GgGM9jsXm3quAnkZ8
Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370.

Curug Balong Endah

curug di bogor
Image -19 : Curug balong endah Bogor

Curug di Bogor – .

Lokasi Curug Balong Endah :

Curug di Balong Endah GSE terletak di Jl. Curug Pangeran, Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/35ijb5CxjsoUBpFz6
8M3R+39 Gn. Picung, Bogor, Jawa Barat.

Curug Nangka

curug di bogor
Image -20 : Curug Nangka Bogor

Curug di Bogor – .

Lokasi Curug Nangka :

Curug Nangka terletak di Sukajadi, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16370.
Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/curugnangka?share
8PJG+9H Sukajadi, Bogor, Jawa Barat

Curug Piit

curug di bogor
Image -21 : Erik Prasetya dalam ekspedisi curug piit Bogor

Curug di Bogor – Curug pi’it berada di Kampung Hanjawar. Konon menurut cerita, dinamakan curug pi’it itu karena disekitar air terjun banyak dihuni burung pipit, dalam dialek sunda disebut manuk pi’it. Pipit adalah nama umum bagi sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian yang menyebar di wilayah tropis Afro-Eurasia dan Australasia. adapun disebut leuwi batu ngampar karena posisi aliran sungai yang terhampar panjang dengan sudut kemiringan berkisar 60 derajat.

Curug Pi’it memiliki ketinggian + 70 meter, curahan airnya yang sejuk berwarna hijau tosca membentuk kolam besar berdiameter 12 meter dengan kedalamnya mencapai empat meter, Areal Curug yang memisahkan Leuweung (red : hutan dalam bahasa sunda) Hanjawar dan Leuweung si Kabayan ini dihiasi Batu – batuan berukuran besar. Karena Desa wisata Malasari wilayahnya dikelilingi oleh dua aliran sungai besar yaitu sungai Cikaniki dan sungai Cidurian dengan puluhan anak sungai yang melintas didalamnya, maka selain curug pi’it masih terdapat 20 curug lainnya yang memiliki karakteristik yang beragam seperti curug Macan, Curug Cisarua, Curug Cikeris, dll. Semua air terjun tersebut menyebar dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak & Nirmala Agung yang pada umumnya terbentuk karena terjadinya patahan kulit bumi sehingga aliran air terpotong dan membentuk loncatan.

Lokasi Curug Piit :

Curug di Piit terletak Desa Malasari, Kecanatab Nanggung, Bogor, Jawa Barat 16650.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/dLPAa1f2kuWpmTGE8
7GQM+XM Malasari, Bogor, Jawa Barat.

Curug Macan

curug di bogor
Image -22 : Ekspedisi curug Macan Bogor, Halimun Adventure Journey

Curug di Bogor – Dengan debit yang tidak terlalu keras dan airnya masih jernih, Curug macan yang berada dalam kawasan Cikaniki research centre dan canopy trail Halimun, dilengkapi oleh dek dan sheltar serta jalur menembus belantanta yang relatif mudah untuk dilewati. Sungai Cikaniki yang berada tepat didepannya merupakan tempat wisata air yang banyak di renangi oleh wisatawan.

Lokasi Curug Macan :

Curug di Macan terletak Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Malasari, Nanggung, Bogor, Jawa Barat 16650
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/djzWUsHrsarbPJPQA
7G3Q+6F Malasari, Bogor, Jawa Barat.

Curug Cipamingkis

curug di bogor
Image -23 : Curug Cipamingkis Bogor

Curug di Bogor – .

Lokasi Curug Cipamingkis :

Curug di Cipamingkis terletak di Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830.
Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/curugcipamingkis?share
9256+G6 Wargajaya, Bogor, Jawa Barat.

Curug Ngumpet

curug di bogor
Image -24 : Curug Ngumpet Bogor

Curug di Bogor – Air terjun yang mengalir ke kolam berbatu di tengah hutan rindang dengan area berkemah simpel di dekatnya..

Lokasi Curug Ngumpet :

Curug di Ngumpet terletak di Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/uLFaSsMHLEJhbuGH7
8M4R+JQ Gn. Picung, Bogor, Jawa Barat.

Curug Jaksa

curug di bogor
Image -25 : Curug Jaksa Bogor

Curug di Bogor – .

Lokasi Curug Jaksa :

Curug di Jaksa terletak di Jl. Syaikh Muhammad Al-Khidhir, Cibeureum, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/4RPYndrh7HnuC3dk6
7X93+QM Cibeureum, Bogor, Jawa Barat.

Curug Luhur

curug di bogor
Image -26 : Curug luhur Bogor

Curug di Bogor – .

Lokasi Curug Luhur :

Curug di Luhur terletak Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/t6ejJJFyb4tG7WZUA
8PQ4+X8 Tapos I, Bogor, Jawa Barat

Curug Seribu

curug di bogor
Image -27 : Curug seribu Bogor

Curug di Bogor – .

Lokasi Curug Seribu :

Curug seribu terletak di Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/X3hZyNBopBV59Drs7
7MRM+67 Gn. Sari, Bogor, Jawa Barat.

Curug Cikaracak

curug di bogor
Image -28 : Curug Cikaracak Bogor

Curug di Bogor – .

Lokasi Curug Cikaracak :

CurugCikaracak terletak di Jl. Cinagara, Tangkil, Kec. Caringin, Bogor, Jawa Barat 16730.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/KJ2bfLqfchGh2icz8
6VWF+2H Tangkil, Bogor, Jawa Barat

Curug Cadas Ngampar

curug di bogor
Image -29 : Curug Batu Bogor

Curug di Bogor – Curug Batu Ampar atau Curug Cadas Ampar .

Lokasi Curug Cadas Ngampar :

Curug Cadas Ngampar terletak di Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/KJoBf5Ms7XE4zrgG7
8M6J+PP Gn. Sari, Bogor, Jawa Barat.

Curug Hordeng

curug di bogor
Image -30 : Curug Hordeng Bogor

Curug di Bogor – Jalur hiking & berenang di kolam alami di air terjun yang terkenal dengan efek alirannya yang seperti tirai.

Lokasi Curug Hordeng :

Curug di Hordeng terletak di Jl. Gunungwangun, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830.
Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/curug-hordeng?share
9XV7+7V Cibadak, Bogor, Jawa Barat.

17 Curug di Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Air Terjun Cikaso

curug di bogor
Image -31 : Air Terjun Cikaso Sukabumi

Curug di Sukabumi – Air Terjun Cikaso atau curug, (Curug dalam padanan bahasa Sunda yang artinya air terjun)  merupakan salah-satu curug yang berada di Kabupaten Sukabumi bagian selatan.Air terjun ini dikenal sebagai Curug Luhur karena terjunan air nya yang tinggi (lugur dalam bahasa sunda yang berarti tinggi). Nama Curug Cikaso lebih dikenal oleh masyarakat sekitar, hal ini dikarenakan karena aliran airnya yang berasal dari anak Sungai Cikaso yaitu Sungai Cicurug.

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan antara satu dengan lainnya yang berada dalam satu lokasi, di bagian bawah air terjun ini terdapat kolam terjunan air dengan warna air hijau kebiru-biruan. Kedua air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebingnya yang menghadap ke arah timur.

Masing-masing air terjun Cikaso memiliki namanya masing-masing, yang sebelah kiri bernama Curug Asepan, sementara air terjun yang berada ditengah bernama Curug Meong dan kanan yang disebelah kanan bernama Curug Aki. Ketiga curug dalam aliran sungai Cikaso ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m. Aliran air di kolam terjunan ini mengalir ke Sungai Cikaso hingga menuju muara dekat Samudra Hindia yang berada di perbatasan Kecamatan Cibitung dengan Kecamatan Tegal Buleud. Kolam terjunan air dengan kedalaman mencapai 15 meter dapat digunakan untuk berenang, dengan adanya pengawasan penjaga. (Wikipedia).

Lokasi Curug Cikaso  :

Curug Cikaso terletak di pesisir barat daya pulau Jawa, berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/PAby9zewpWm4PdATA
JJQ9+R28, Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, West Java 43172.

Air Terjun di Situ Gunung

curug di bogor
Image -32 : Curug Sawer Sukabumi

Curug di Sukabumi – Air terjun atau curug terbentuk dari aliran dataran tinggi seperti pegunungan melalui tebing atau bebatuan. di Taman Wisata Alam Situ Gunung terdapat Curug Sawer dan curug Cimanaracun yang merupakan ekosistem perairan yang memiliki fungsi ekologi, sosial dan ekonomi seperti curug pada umumnya. Curug tersebut dimanfaatkan sebagai penyedia air dan sarana rekreasi oleh pengunjung dan warga sekitar.

Lokasi Situ Gunung :

Curug di Situ Gunung Sukabumi berada di Sukamanis, Kadudampit, Sukabumi Regency, Jawa Barat Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/ehvaF4jL7hJq4pGG6

Curug Cimanaracun

Curug di Sukabumi – Terletak dipinggiran danau Situ Gunung pada ketinggian 900 m dpl, dengan ketinggian terjunan airnya berkisar 15 meter, lompatan air terjun yang sebagiannya mengalir di relief-relief tebing bebatuan ini merupakan sumber air bagi danau Situgunung.

Lokasi :

Curug Cimanaracun berada di Sukamanis, Kadudampit, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43153.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/LPREH786w6ThWaJJA
5W9G+CG4, Sukamanis, Kadudampit, Sukabumi

Curug Sawer

Curug di Sukabumi – Agak ke sebelah timur dari danau situ gunung akan di jumpai air terjun Curug Sawer pada ketinggian 1.025 m dpl yang airnya berasal dari aliran Sungai Cigunung Guruh ini mengembun terkadang melahirkan pelangi, Curug Sawer memiliki keindahan yang sangat khas yaitu dindingnya di khiasi oleh bekas aliran lava vulkanik yang mengalir di ratusan tahun silam. Dinding curug sawer memiliki ketinggian sekitar ± 35 meter ditumbuhi lumut kerak yang khas menambah keindahan kompleks air terjun ini.

Lokasi :

Air terjun dengan kolam alami, yang dicapai dengan jembatan gantung & dikelilingi area piknik di hutan hujan. terletak Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43153.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/o7wqrKGpswjNhKsc6

Curug Cibeurem TNGGP

curug di sukabumi
Image -33 : Curug Cibeurem Taman Nasional Gede Pangrango

Curug di Sukabumi – Air terjun yang lebih dikenal dengan sebutan Curug Cibeureum ini merupakan obyek wisata air yang cukup populer dikaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Untuk mencapai curug Cibeurem, dapat ditempuh dengan berjalan sekitar 2 – 2.5 km dari Camping Ground Pondok Wisata Halimun Sukabumi melewati jalanan setapak dalam kawasan Hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Curug Cibeureum memiliki tiga tingkatan terjunan air dengan lompatan air curug utama membentuk kolam yang cukup besar dengan airnya berwarna hijau tosca, disinilah pengunjung dapat menikmati segarnya air dengan berenang dan berendam atau merasakan langsung kucuran air terjun dari atas batu.

Selain air terjun utama Curug Cibeureum, terdapat dua air terjun lain yang lebih kecil, yaitu Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Curug Cibeureum adalah air terjun terbesar dan paling pendek di kawasan ini, letaknya yang lebih terbuka dan dekat shelter sehingga lebih banyak dikerumuni. Nama Cibeureum berasal dari bahasa sunda yang berarti sungai merah, nama ini diambil dari nuansa merah dinding tebing yang terbentuk dari lumut merah yang tumbuh secara endemik di sana (Wikipedia).

Lokasi Curug Cibeurem TNGGP :

Secara perwilayahan, curug Cibeurem berada di Kabupaten Cianjur, berlokasi di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, penulis memuat artikel curug Cibeureum dalam materi 49 air terjun dan Bogor dan Sukabumi, karena curug Cibeurem dapat di tempuh dari jalur Sukabumi. Pada sub judul lainnya penulis membuat u;asan curug Cibeurem yang berada di Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/BBTUWJyj6yzxYwcj8
6XWP+8F Cimacan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Curug Cikanteh

curug di sukabumi
Image -34 : Curug Cikanteh Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Lokasi Curug  Cikanteh :

Curug Cikanteh terletak di Ciwaru, Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/R8oh4aFnnFqhFXn79
RG82+4VW, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat

Curug Cibeurem

curug di sukabumi
Image -35 : Curug Cibeurem Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Lokasi Curug Cibeurem Sukabumi :

Curug Cibeurem terletak di Kabandungan, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43368
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/npqutsDMJUgFUtKP8
6JCW+WWJ, Kabandungan, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43368.

Curug Cimarinjung

Image -36 : Curug Cimarinjung Sukabumi

Curug di Sukabumi – Air terjun jatuh dari ketinggian berbatu dengan kolam rendam, paling dramatis di musim hujan.

Lokasi Curug Cimarinjung  :

Curug Cimarinjunga terletak Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43177
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/AkAZN9gdVtNhJ3dA7
RFHF+X8 Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat.

Curug Sodong

Image -37 : Curug Sodong di Sukabumi

Curug di Sukabumi – Air terjun ganda indah yang dikelilingi vegetasi lebat dan memiliki beberapa cerita rakyat..

Lokasi Curug  Sodong :

Curug Sodong terletak di Komplek Geopark Ciletuh, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43177.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/12rbDyG6iWpQn6iW8
RF8X+26 Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat.

Curug Sawer Manglid

Image -38 : Curug Sawer Manglid di Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Lokasi Curug Sawer Manglid :

Curug Sawer Manglid terletak Manglid, Cidahu, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43358.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/MtpyKeVQSizZyM5a7
6PXG+C6 Cidahu, Sukabumi Regency, Jawa Barat.

Curug Bibijilan

Image -39 : Curug Bibijilan di Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Lokasi Curug Bibijilan :

Curug Bibijilan terletak di Unnamed Road, Cimerang, Purabaya, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43196.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/z48MDWhxrLuiqyYM7
XWF4+QQ Cimerang, Sukabumi Regency, Jawa Barat.

Curug Pareang

Image -40 : Curug Pareang di Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Lokasi Curug Pareang :

Curug Sukabumi terletak di Sindangresmi, Jampang Tengah, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43171
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/6E7xRLTVSaGxozVWA
XQ7H+4QF, Sindangresmi, Jampang Tengah, Sukabumi Regency, Jawa Barat

Curug Cigangsa

Image -41 : Curug Cigansa di Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Lokasi Curug Cigangsa :

Curug Cigangsa terletak di MGFV+973, Pasiripis, Surade, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43179.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/b7jaoR1xfvtBG8YNA
MGFV+973, Pasiripis, Surade, Sukabumi Regency, Jawa Barat.

Curug Gentong

Image -42 : Curug Gentong di Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Lokasi Curug Gentong :

Curug Gentong terletak di cibalok waluran, Waluran Mandiri, Waluran, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43175
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/eSoRdgkjHbn2eXNj8
RJ78+GJ Waluran Mandiri, Sukabumi Regency, Jawa Barat.

Curug Cikaret

Image -43 : Curug Cikaret di Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Lokasi Curug Cikaret :

CurugCikaret  terletak di Mekarjaya, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43177.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/YZKsPZw9FRPnm1hb7
QGR8+6QC, Mekarjaya, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat.

Curug Cirajeg Purabaya

Image -44 : Curug Cirajeg di Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Lokasi Curug Cirajeg Purabaya :

Curug Cirajeg terletak di Neglasari, Purabaya, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43171.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/CP2cAWA7SDjSDUuNA
VRFJ+88 Neglasari, Sukabumi Regency, Jawa Barat.

Curug Awang

Image -45 : Curug Awang di Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Lokasi Curug  Awang :

Curug Awang terletak di Cibenda, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43177
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/Cp8uTAtnDzR5nk1A9
PGR6+55 Cibenda, Sukabumi Regency, Jawa Barat.

Curug Cibeureum Kabandungan

Image -46 : Curug Cibeurem Kabandungan Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Lokasi Curug Cibeureum Kabandungan :

Curug Central terletak di  Kabandungan, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43368
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/AX8jw2w3vaCrxqXf9
6JCW+WWJ, Kabandungan, Sukabumi Regency, Jawa Barat

Curug Batu Tapak

Image -47 : Curug Batutapak Sukabumi

Curug di Sukabumi – Curug Batu Tapak merujuk pada tempat nya yang berada di tempat berkemah di Cidahu Sukabumi yang bernama Batu tapak, sehingga air terjun mini tersebut disebut sebagai curug Batu Tapak.

Lokasi Curug  Batu Tapak :

Curug Batu Tapak  terletak di Jl.Cangkuang Km.12 , Cidahu Cidahu, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43358.
Peta dan Koordinat GPS:
https://g.page/Camping-Ground-Batu-tapak?share
6PWF+44 Cidahu, Sukabumi Regency, Jawa Barat.

Baca juga :
Batu Tapak Camping Ground Sukabumi

Curug Puncak Manik

Image -48 : Curug Puncak Manik Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Lokasi Curug Puncak Manik :

Curug Puncak Manik terletak di Cibenda, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43177
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/t3cArqBatG8GR3dFAh
PGV3+J3 Cibenda, Sukabumi Regency, Jawa Barat

Curug Puncak Jeruk

Image -49 : Curug Puncak jeruk; sumber photo triptrus.com

Curug di Sukabumi – .

Lokasi Curug Puncak Jeruk :

Curug Puncak Jeruk terletak di Sukabumi Regency, Jawa Barat 
Peta dan Koordinat GPS:

Curug Tengah

Image -50 : Curug Tengah Sukabumi

Curug di Sukabumi – .

Lokasi CurugTengah :

Curug Tengah berada di Cibenda, Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43177
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/SDVKUcUh6Cgm4pVT8h
PGR5+V86, Cibenda, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat

Simpulan curug di Bogor dan Sukabumi

Curug di Bogor dan Sukabumi – Bogor dan Sukabumi yang dijuluki dengan wilayah seribu curug dengan karakteristik terjunan dan kolam airnya yang beragam, mulai dari yang dangkal hingga kedalaman belasan meter, dari mulai terjunan airnya yang pendek hingga luncuran air ratusan meter, belakangan ini telah banyak di kelola sebagai obyek daya tarik wisata berbasis alam

Dengan daya dukung fasilitas yang beragam, wisata air terjun di Bogor dan Sukabumi telah menyasar wisatawan kelompok sosial, ekonomi dan pendidikan yang berbeda, begitupun kelompok-kelompok pengelola air terjunnya. Para pebisnis pariwisata lokal maupun Nasional, swasta maupun lembaga negara telah memanfaatkan curug sebagai komoditi bisnis yang menjanjikan. Dan pada akhirnya, curug di Bogor dan Sukabumi telah menjadi primadona alam bagi wisatawan dan pebisnis pariwisata.


This entry was tagged in curug di bogor and curug di sukabumi, curug, wisata curug, air terjun di bogor, air terjun di sukabumi, sukabumi waterfall, bogor waterfall, tiket curug, bogor, tiket curug sukabumi, wisata curug bogor, wisata curug sukabumi, liburan di curug bogor, liburan di curug sukabumi, fasilitas curug di bogor, curug di bogor yang mudah di jangkau, rute ke curug bogor, curug di bogor untuk keluarga, curug di bogor yang bisa berenang, curug gratis di bogor.