Curug Naga sebagai tempat tereksotis untuk wisata alam dan camping di Puncak Bogor

Curug Naga merujuk pada komplek terjunan air disepanjang hulu sungai Ciesek untuk wisata minat khusus dan petualangan, serta merujuk pada nama bumi perkemahan yang berada di sekitar kawasan wisata air terjun curug Naga yaitu Curug Naga Camping Ground, Highland Camp Curug Panjang dan Zona Campervan Ground TAM serta Highland Camp Samara.

Terdapat empat air terjun dalam komplek curug Naga yang merupakan bagian terintegrasi dalam kawasan wisata curug panjang yang berada dilerengan barat gunung Paseban, desa Megamendung Puncak Bogor.  Aktivitas wisata minat khusus yang dapat dilakukan di komplek curug Naga adalah classic camping, Camper Van, hiking/trekking hutan, susur sungai, cliff jumping dan body rafting, dls.

Whatsapp

Baca juga :
Wisata Alam Curug Naga


Curug Naga – Wanawisata curug naga merupakan satu kesatuan utuh dari empat terjunan air yang sangat eksotis. Wanawisata Curug Naga berada dihilirnya wisata curug panjang, dialiran sungai Ciesek Cirangrang, ditebingan barat gunung Paseban dalam kawasan pariwisata curug Panjang.

Curug Naga merupakan tempat Wisata berbasis petualangan, hal ini berbeda dengan obyek daya tarik wisata curug panjang dan curug cibulao yang di peruntukan bagi wisata umum / wisata massal. Wanawisata curug naga diperuntukan untuk wisata minat khusus bagi wisatawan yang memiliki kecenderungan minat serta tujuan dan motivasi khusus dalam berwisata.

Keempat terjunan air yang keseluruhannya dikelilingi oleh tebingan-tebingan yang tinggi serta pepohonan rindang yang menghiasi sepanjang aliran sungai Ciesek Cirangrang itu adalah curug orok, curug priuk, curug barong dan curug naga, Setiap air terjun  masing-masing karakter jatuhan air nya berbeda antar satu dengan air terjun dengan air terjun lainnya dalam komplek curug Naga.

Disisi tenggara dan utara air terjun curug naga merupakan komplek bumi perkemahan untuk camping keluarga, campervan, outing maupun gathering, yang terbesar adalah Highland Camp Curug Panjang terletak disisi tenggara dan Highland Camp Samara yang berada di sisi utara Curug Naga.

Komplek Air Terjun Curug Naga

Terdapat empat terjunan air dalam komplek curug Naga yaitu 1. Curug Perik, Curug Barong, Curug Orok dan Curug Naga yang menjadi penanda tempat wisata alam di komplek air terjun Curug Naga. Komplek air terjun curug Naga diperuntukan bagi wisata minat khusus, sementara itu destnisasi wisata curug panjang di peruntukan bagi wisata massal atau mass tourism berbasis alam.

Curug Barong

Figure -2 : di Curug Barong

Curug Barong merupakan surga tersembunyi dari keempat terjunan air di komplek air terjun curug naga, Curug Barong memiliki terjunan air setinggi 20 meter.

Suasana lingkungan curug Barong terasa lebih dingin, sunyi, dan sangat personal (private), inilah kesan yang ditampilkan oleh curug yang memiliki nama makhluk dari berkaki empat atau berkaki dua dengan kepala singa dalam mitologi Bali dan Jawa.

Curug Orok

Figure -3 : Berenang di Curug Orok

Sebutan Curug Orok yang merujuk pada air terjun dikomplek curug naga itu karena bentuk curug dan kolaman terjunan airnya yang kecil jika dibandingkan dengan 3 saudaranya dalam komplek air terjun curug Naga. “Curug orok merupakan saudara terkecil atau bayi yang berada dalam jajaran di sepanjang sungai Cirangrang Ciesek” (bayi dalam padanan bahasa sunda berarti Orok).

Curug Orok yang berada di salah satu cekungan sungai Cirangrang Ciesek memiliki kolam terjunan air yang cukup dalam. Kabarnya, di Curug Orok terdapat gua tempat air masuk, lokasinya berada di tebingan curug. 

Curug Priuk

Figure – 4 : Curug Periuk

Masyarakat sekitar mengenalnya dengan sebutan curug Priuk atau Periuk, penyebutan ini merujuk karena bentuk air terjun ini terdapat kemiripan dengan alat yang biasa digunakan untuk menanak nasi pada masyarakat sunda, lat ini biasanya yang terbuat dari tanah atau logam.

Curug Periuk memiliki ketinggian terjunan air sekitar 5 meter, dengan kolam yang cukup dalam. Curug periuk memiliki tebingan-tebingan untuk melakukan cliff jumping, aktifitas melompat dari ketinggian tebingan memiliki sensasi yang sungguh luar biasa bagi para pencinta olahraga cliff jumping ketika berenang adan terjun bebas.

Sebelum terjun bebas (cliff jumping), wisatawan akan terlebih dahulu harus menaiki tebingan bebatuan yang cukup licin, selanjutnya melompat pada kolam yang cukup luas dan tenang.

Curug Naga

Figure – 5 : Curug Naga

Dari ke empat air terjun dalam komplek sungai Cirangrang Ciesek, Curug Naga menjadi identitas penciri nama  untuk tempat wisata yang berada di Desa Megamendung, selain curug Panjang yang berada di utarnya.

Curug Naga yang mempesona memiliki terjunan air sekitar 28 meter dan kedalamaan nya mencapai 12 meter. Curug Naga diapit dengan tebing yang tinggi, tebingan di Curug Naga merupakan spot alami untuk melakukan loncat bebas. Di Curug Naga pengunjung bisa uji adrenalin dengan terjun bebas (free falling) dari ketinggian 7-8 meter.

Untuk menuju Curug Naga, wisatawan terlebih harus melalui curug priuk, lalu menyusuri aliran sungai Cirangrang dengan cara berenang (body Rafting), selanjutnya menapaki jalanan setapak menuju lokasi yang lebih atas dengan menyusuri hutan, kemudian menuruni tebing yang cukup curam. Kemiringan tebing hampir mencapai 80 derajat dengan kontur tanah bercampur batu cadas. Untuk mencapai curug naga ini banyak sekali titik-titik bahaya (Hazard spot) sehingga perlu ekstra kehati-hatian dalam melintasinya.

Beberapa aktifitas yang menjadi fovorit di  komplek wisata curug Naga adalah berkemah dan jelajah air terjun, kegiatan ini merupakan aktifitas wisata minat khusus yang diperuntukan bagi wisatawan yang ingin mendapatkan sensasi petualangan air terjun dan berkemah secara dalam .

Bumi Perkemahan di Curug Naga

Disekitar komplek air terjun curug Naga terdapat beberapa tempat berkemah yang berada disisi utara maupun tenggara, disisi tenggara terdapat Highland camp Curug Panjang dan Highland camp zona Campervan yang dikenal dengan TAM Camping Ground, sementara disisi utaranya adalah Camp Curug Naga dan Highland Camp Samara.

Highland Camp Samara

campervan samara camp
Figure – 6 : Highland Camp Samara

Highland camp Samara merupakan camping ground yang dapat menanpung pekemping s.d 300 orang. Tempat camping terluas yang berada disisi utara komplek air terjun Curug Naga dan destinasi wisata curug Panjang diperuntukan sebagai tempat untuk family camp, campervan maupun untuk kegiatan gathering, outing dan outbound dengan tenda sebagai akomodasinya.

Samara camping ground berada di Citamiang, desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ketika camping di Samara camp adalah hiking/trekking hutan, susur sungai, jelajah air terjun, wisata curug, dll.

Baca selanjutnya :
Highland Camp Samara

Curug Naga Camping Ground

camp curug naga puncak
Figure – 7 : Curug Naga Camping Ground

Camp curug naga atau camping ground curug naga merujuk pada tempat berkemah yang berada disebelah utara komplek air terjun curug naga. curug Naga Camping Ground yang memiliki suasana “Nyaman, Personal dan Menenangkan” dengan aroma pinus merkusii.

Selain sebagaimana aktivitas camping classic, sebagian banyak kegiatan pekemping ketika berkemah di camp curug naga adalah wisata air yang dilakukan di komplek air terjun curug naga dan curug panjang.

Kegiatan lainnya ketika berkemah di curug naga camp adalah jelajah curug naga, cliff jumping, body rafting, berenang di air terjun curug panjang dan journey yaitu wisata petualangan yang meliputi aktivitas jelajah hutan dan menyusuri sungai.

Baca selanjutnya :
Curug Naga Camping Ground

Highland Camp Curug Panjang

Tempat Camping keluarga
Figure – 8 : Highland camp zona Ciputri

Highland camp curug panjang adalah tempat berkemah terluas di kawasan pariwisata Puncak Bogor untuk gathering, outing berbasis adventure dan wisata minat khusus dengan tenda sebagai tempat menginapnya. Highland camp curug panjang terbentuk dari keindahan lanskap buatan diantara pesona lanskap alam yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan bawah (sub-montana) dan element air.

Bumi Perkemahan Highland camp curug panjang merupakan tempat berkemah terbesar di Puncak Bogor dalam nuansa hutan pegunungan yang dilingkar oleh aliran sungai dan 5 air terjun yang eksotis. Berlokasi dalam kawasan Pariwisata Curug Panjang di Jl. Curug Panjang, Paseban Megamendung Puncak Bogor – Jawa Barat.

Dengan kelengkapan fasilitas alam dan fasilitas buatan sebagai sarana pendukung aktivitas berkemah, yang di desain guna memberikan kenyamanan bagi para pengunjung, ditambah lagi dengan aksesibilitas yang mudah di jangkau dari Bogor dan Jakarta, Highland camp curug panjang menjadi pilihan terbaik tempat wisata alam di Puncak Bogor untuk kemah keluarga, camping mandiri, acara family gathering, outing, wisata air terjun dan aktivitas wisata petualangan seperti treking hutan, susur sungai, jelajah air terjun, dls..

Baca selanjutnya :
Highland Camp Curug Panjang

Zona Campervan TAM Camp

tempat campervan di puncak
Figure – 9 : Zona Camper Van Highland

TAM camping Ground memiliki beberapa campsite yang didesain untuk genre kemah campervan atau tenda dapat dibangun di samping mobil pekemping.

Bumi perkemahan yang berada di enclave dalam kawasan pariwisata alam curug panjang ini memiliki keberagaman campsite campervan dengan daya tampung mencapai 30 unit tenda dengan mobil disamping nya dan beberapa tenda dapat didirikan untuk camping keluarga serta fasilitas pendukung untuk kegiatan berkemah.

Sebuah campsite yang menghadap gunung salak dengan pemandangan kemeriahan lampu kota pada malam harinya (citylight) telah menjadi identitas penciri yang diunggulkan di TAM camping Ground, campsite lainnya memiliki keunggulan pemandangan hutan, perbukitan dan lembahan yang menjadi daya tariknya.

Ruang terbuka hijau yang hadir diantara perbukitan dan lembahan yang mengitarinya, di desain untuk memberikan kenyamanan pada camping keluarga ataupun memarkirkan kendaraan-kendaran canvervan, juga pada saat event gathering, outing dan outbound dalam suasana berkemah disebuah taman buatan yang dikelilingi oleh hijaunya hutan pegunungan dan aliran sungai yang mengapit dikedua belah sisinya.

Baca selanjutnya :
TAM Camping Ground

Aktifitas Wisata Curug Naga

Komplek curug Naga merupakan destinasi wisata minat khusus yang berada di punggungan barat gunung Paseban. Beberapa aktifitas wisata minat khusus yang dapat dilakukan di komplek curug Naga dan sekitarnya adalah jelajah curug naga, body rafting, cliff jumping, hiking dan trekking, river trekking atau susur sungai, classic camping, camper van dan lainnya.

Jelajah Curug Naga

Jelajah curug naga puncak bogor
Figure – 10 : Jelajah curug Naga

Jelajah air terjun curug naga merupakan wisata berbasis petualangan (adventure based) yang kegiatannya dilakukan pada 4 air terjun dengan lingkungan yang eksotis yang berada pada kawasan pariwisata alam curug panjang, di punggungan barat daya gunung Paseban, Puncak Bogor.

Beragam sensasi petualangan dapat anda rasakan ketika berjelajah di curug Naga, seperti sensasi cliff jumping, body Rafting, mendaki bebatuan hitam berlumut, rappeling, dan sensasi menjelajah jalanan setapak dibawah rimbunan tajuk tegakan dan menyusuri dinginnya arus sungai.

Jelajah curug naga dapat diikuti oleh rentang usia antara 17 – 50 tahun atau usia diatas 14 tahun dengan postur tubuh yang layak dan dianggap mampu melewati rintangan-rintangan dalam penjelajahan air terjun naga oleh leader. Jelajah Curug Naga memiliki durasi petualangan antara 2-4 jam tergantung pemilihan paket penjelajahan. Ada 2 ragam paket yang menjadi pilihan ketika ingin merasakan sensasi berpetualang yaitu pilihan jelajah 2 curug dan jelajah 3 curug.

Baca selanjutnya :
Jelajah Curug Naga

Body Rafting

Wisata Bogor
Figure – 11 : Formasi Body Rafting

Body Rafting adalah kegiatan pengarungan sungai dan jeram dengan menggunakan tubuh atau badan yang dilengkapi pengaman diri berupa life jacket, helm, body protector, dan lainnya. Di curug Naga, pengarungan sungai dilakukan di badan sungai Ciesek Cirangrang dimana terdapat komplek air terjun dan lingkungan alam yang eksotis disepanjang aliran sungainya.

Cliff Jumping

Tempat Wisata di Bogor
Figure – 12 : Cliff Jumping

Cliff Jumping merupakan kegiatan olahraga air dengan melompat pada ketinggian menuju kolam lompatan. Di komplek curug Naga terdapat banyak spot lompatan dari atas tebing yang mengarah kolam terjunan dengan rentang ketinggian yang berbeda pada setiap spot nya, berkisar antara 7 s.d 15 meter.

Hiking dan trekking

Tempat Wisata di Bogor
Figure -13 : Trekking hutan

Hiking adalah aktivitas perjalanan untuk kesenangan, rekreasi dan olahraga, biasanya hanya ditempuh dalam waktu singkat, bahkan hanya dalam hitungan jam atau kurang dari 1 hari perjalanan. Di kawasan wisata alam curug Panjang, Jalur hiking telah dipersiapkan secara baik, aman dan nyaman sebagai rute yang menghubungkan antara satu venue / destinasi Highland Camp dengan venue lainnya seperti curug Panjang, Curug Naga, dls.

Baca selanjutnya :
Hiking dan Trekking

Susur sungai

susur sungai
Figure -14 : River trekking

River trekking adalah kegiatan menyusuri sungai sepanjang aliran sungai cirangrang / ciesek dimulai dari curug orok dan berakhir curug barong serta menikmati keindahan sungai dan kolam terjunan air yang masih alami, atau menyusuri aliran sungai yang berada di kawasan Highland camp menuju curug Panjang.

Classic camping

camping di bogor
Figure – 15 : Classic camp

Classic camping adalah genre camping dengan tenda sebagai tempat menginap sementara, classic camping dilakukan di Taman Hutan Raya, Taman Nasional ataupun bumi perkemahan yang didesain untuk camping classic. Classic camping sangat berbeda dengan Glamour camping ataupun campervan yang belakangan ini banyak di gandrungi oleh para pekemping.

Camper Van

tempat campervan di puncak
Figure – 16 : Berkemah disamping kendaraan

Campervan adalah kendaraan dengan rumah yang menyatu dengan bagian kemudi namun beberapa campervan juga memiliki pembatas sendiri di bagian dalamnya. Campervan juga sering disebut RV dengan van yang cukup panjang. Untuk isian rumah tidak berbeda jauh dengan caravan hanya saja ukurannya memang sedikit lebih kecil. Namun saat ini sudah banyak campervan dengan ukuran yang luas bahkan ada 2 tingkat.

Zona Campervan atau Camper Van Ground yang berada dalam kawasan bumi perkemahan Highland camp curug panjang berada disebelah barat laut zona Halimun, Ciputri dan situhiang. Zona ini memiliki pemandangan gunung salak dan citylight pada malam harinya. Dengan kontur berundak, Zona Campervan di Highland camp memungkinkan setiap pekemping tidak bercampur dengan pekemping lainnya.

Zona ini merupakan sebuah enclave yang dikelilingi oleh hutan pegunungan bawah, zona dengan keberagaman campsite dan memiliki daya tampung mencapai 30 unit kendaraan dengan tenda berada disampingnya. Sebuah campsite yang menghadap gunung salak dengan pemandangan kemeriahan lampu kota pada malam harinya telah menjadi daya tarik bagi para camper, campsite lainnya memiliki keunggulan pemandangan hutan, perbukitan dan lembahan.

Baca selanjutnya :
Camper Van Ground

Simpulan Wisata Curug Naga dan tempat camping di sekitar air terjun

Selain merujuk pada destinasi air terjun dengan terjunan air dan lingkungan yang eksotis, Curug Naga merupakan komplek air terjun yang memiliki 4 terjunan air yaitu curug barong, curug periuk, curug orok dan curug naga itu sendiri sebagai pendanda idetintas destinasi wisata di Megamendung Puncak Bogor.

Beragam aktifitas wisata alam dan petualangan dapat dilakukan di komplek curug naga dan sekitarnya seperti jelajah air terjun curug naga, camping classic, campervan atau kegiatan berkemah disamping kendaraan, body rafting, cliff jumping, susur sungai, hiking ataupun trekking dan banyak lagi aktifitas wisata minat khusus ketika anda berkunjung ke curug naga.


This entry was tagged in curug naga and wisata curug naga, camp curug naga, air terjun curug naga, bumi perkemahan curug naga, curug naga camping ground, wisata air terjun curug naga, air terjun curug naga, wanawisata curug naga, curug naga megamendung, lokasi curug naga, rute ke curug naga, tiket curug naga, wahana curug naga, lokasi wisata curug naga, body rafting di curug naga, paket curug naga, camping ground curug naga, campervan curug naga, classic camp curug naga.
.