Amenitas

Highland camp curug panjang didesain sebagai miniatur Halimun, adalah sebuah campground bernuansa bumi perkemahan yang ada dalam kawasan Taman Nasional di pegunungan Halimun, dengan lingkungan hutan yang yang dipertahankan secara alami dengan ditambahkan sentuhan-sentuhan pada faktor kenyamanan dan keamanan untuk berkemah lintas strata sosial, pendidikan dan lembaga. Pengembangannya berpijak pada pendekatan ekologi (ecological approach) dengan prinsip wisata ramah yang menjadi nilai dalam aktivitas kepariwisataannya.

Bumi perkemahan dibawah pengelolaan Highland Indonesia group terbentuk dari keindahan lanskap buatan diantara pesona lanskap alam yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan elemen air, terbagi menjadi dua pembagian fasilitas yang dapat digunakan oleh wisatawan ketika melakukan aktivitas wisata di bumi perkemahan Highland camp, yaitu fasilitas alam berupa hutan dan sungai yang didalamnya terdapat jalur-jalur treking hutan dengan beragam karakter dan tantangan yang berbeda antara satu dengan lainnya, dan 3 jalur telusur sungai yang berujung dirute pendakian curug Saimah.

Kedua, berupa fasilitas buatan, yaitu 9 campsite yang berada pada zona Halimun dan Ciputri yang dapat menampung +600 orang berkemah, tiga diantaranya dikhususkan untuk camping keluarga. Setiap zonanya dilengkapi oleh unit-unit kamar mandi, lapangan parkir dan jembatan rawayan /sasak sebagai penghubung antar zona dan antar campsite.

Fasilitas lainnya adalah kolam, taman kunang-kunang, jalur interpretasi, penanda jalan dan campsite untuk memudahkan aksebilitas dalam kawasan, tenda yang didesain untuk menghadapi hujan dan cuaca buruk dan menghindari tetesan embun akibat kondendasi sebagai tempat tinggal sementara selama berkemah dan perlengkapan lainnya yang mendukung aktivitas luar ruangan.

Highland camp yang memiliki daya tampung lebih dari 600 orang, didesain untuk menfasilitasi kegiatan rekreasi, edukasi, pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia bergendre kemah berbasis petualangan dengan elemen hutan, sungai dan air terjun sebagai daya dukung penguat setiap aktivitasnya. .

Selain sebagai pelayanan akomodasi, kemah merupakan aktivitas utama yang menjadi penciri usaha pariwisata highland camp. Program berkemah terbagi dalam beberapa genre, terpopuler adalah kegiatan berkemah yang dikhususkan untuk keluarga atau camping keluarga, yang mana aktivitasnya didesain sebagai wisata keluarga pro-edukasi dalam kenyamanan fasilitas berkemah yang berbeda dengan glamping, lainnya adalah educamp yang kependekatan dari program educational camping atau berkemah edukasi.

Event-event gathering perusahaan / lembaga / komunitas dengan muatan outbound plus journeydalam nuansa berkemah merupakan alur aktivitas gathering yang menjadi pakem kegiatan untuk skala kelompok, kegiatan yang memadu padankan ke-khas-an setiap muatan program dengan lingkungan yang tersaji dimulai dengan fun games outbound, perpormence dalam hangatnya api unggun, aktivitas journey dan diakhiri dengan wisata air terjun.

Aktivitas lainnya adalah Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Experiential Learning sebagai metode dalam penyampaian pembelajaran, kegiatan outing dan jelajah air terjun yang kegiatan nya dilakukan di wanawisata curug Naga.

Highland camp yang berada dalam kawasan pariwisata curug panjang terbentuk dari keindahan lanskap buatan diantara pesona lanskap alam yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan elemen air untuk wisata minat khusus dan pendidikan berbasis petualangan alam bebas, berada pada ketinggian 949-1086 mdpl dengan tiga aliran anak hulu sungai Cirangrang yang yang mengitarinya.

Mutaqin, A Zaenal. (2020).Jelajah Kawasan Pariwisata Puncak Dalam Wisata Minat Khusus. ; hal 37; OSF. May 11. doi:10.17605/OSF.IO/ZU9RW.

Go Explore

tempat camping di bogor

Campsite

Terdapat delapan campsite di dua zona dengan karakter yang berbeda pada setiap campsite nya, empat campsite di zona Halimun memiliki daya tampung +400 orang, didesain untuk kegiatan dalam skala kelompok. Di zona Ciputri yang sebagian besar campsitenya berada dibawah tajuk tegakan, suasananya terasa lebih sejuk dan teduh bercampur dengan aroma pinus merkusi, berdaya tampung +200 orang. Sementara itu, campsite kendeng dan kitjabud didesain guna memenuhi kebutuhan camping keluarga.

Go Explore
tempat camping

Journey Track

Adalah tiga anak sungai dan hutan pada lerengan barat gunung Paseban yang dimanfaatkan sebagai jalur treking dan susur sungai. Bentuk kegiatan wisata bergenre petualangan ini adalah menjelajah hutan dan menyelusuri sungai menuju air terjun dengan tingkat tantangan yang berbeda pada setiap jalurnya. Pada genre wisata edukasi, journey track dapat dimanfaatkan sebagai jalur interpretasi untuk melakukan pengamatan terhadap kekayaan hayati hutan dan air yang ada di dalam kawasan.

Go Explore
Taman kunang kunang

Taman dan Hutan

Highland camp merupakan zona pemanfaatan untuk kegiatan berkemah dan wisata minat khusus pada kawasan yang di desain sebagai Miniatur Halimun, sebagian lainnya adalah hutan yang dipenuhi oleh dinamika ekologi pembentuk kehidupan hutan pegunungan, zona edukasi dan konservasi. Taman Kunang-Kunang merupakan zona edukasi & konservasi bagi ribuan serangga bercahaya bernama latin lampyridae. Taman & hutan di punggungan barat gunung Paseban ini merupakan daya dukung wisata minat khusus.

Go Explore
tempat camping di bogor

Fasilitas dan aksesibilitas

Adalah unit-unit tenda dome pangrango yang didalamnya terdapat kasur, selimut dan bantal, lengkap dengan penerangan sebagai sarana menginap ketika berkemah di highland camp, fasilitas pendukung lainnya adalah unit-unit tolilet yang tersebar disetiap zona, lapangan parkir yang berada di dua pintu masuk, jembatan rawayan dan sasak sebagai penghubung antar zona, jalur interpretasi, kolam ikan dan petunjuk jalan untuk memudahkan pengunjung menuju highland camp curug panjang.

Go Explore
Tempat Wisata di Bogor
Tempat Wisata di Bogor
Tempat Wisata di Bogor

Curug Saimah

Curug Saimah merupakan satu-satunya air terjun yang berada di dalam kawasan Highland camp yang tidak memiliki kolam terjun untuk direnangi. Curug yang merupakan rute journey ini mempunyai tiga terjunan air dengan ketinggian +/- 8 s.d 11 meter setiap terjunannya, dan empat terjunan air lainnya berkisar kurang dari tujuh meter, patahan tebingan dengan kemiringan mencapai 80-90 derajat yang membentuk lompatan air terjun ini semuanya aman untuk aktifitas pendakian. Lompatan-lompatan air yang berada disepanjang aliran sungai situhiang ini merupakan satu kesatuan utuh curug saimah.

Go Explore

Blog

get your experience !

Highland camp terbentuk dari keindahan lanskap buatan yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan elemen air, perkemahan kami adalah pilihan cerdas guna melepas rutinitas kehidupan kota modern dengan kegiatan camping, outing dan gathering berbalut petualangan dalam nuansa Taman Nasional Halimun...