Aktivitas dalam Wisata Minat Khusus

Perkembangan kebutuhan manusia terhadap pariwisata telah melahirkan berbagai jenis kegiatan wisata, dari wisata massal (mass tourism) yang fokus hanya sebatas pada bersenang-senang (piknik/tamasya), sampai pada bentuk wisata minat khusus (special interest tourism) yang memiliki fokus kegiatan yang lebih spesifik dan menekankan kepada aspek penghayatan dan penghargaan lebih terhadap kelestarian alam, keindahan lingkungan dan pesona budaya (enviromentally and cultural sensitives). Pada aspek enriching, dimana kegiatan pariwisata memasukkan peluang terjadinya pengkayaan atas pengetahuan, pada aspek learning, yaitu kegiatan wisata yang mengarah pada unsur pembelajaran, dan pada aspek adventuring, merupakan aktivitas pariwisata yang dirancang sebagai wisata petualangan.

bumi perkemahan bogor camp ciputri
Tempat Wisata di Bogor
Tempat Wisata di Bogor
camping ground bogor

Wisata minat khusus merupakan jenis wisata yang dilakukan atas dasar minat atau mempunyai motivasi khusus dalam berpariwisata, dilakukan pada obyek daya tarik wisata atau lokasi yang memiliki atribut fisik tertentu dengan menekankan pada unsur tantangan, rekreatif dan pencapaian atas keinginan seorang wisatawan melalui keterlibatan / interaksi dengan unsur-unsur alam, diperuntukan bagi wisatawan yang memiliki kecenderungan minat, tujuan dan motivasi khusus dalam berwisata dan atau guna pemenuhan atas kebutuhan sensasi dan minat terdalam wisatawan dalam aktivitas berpariwisata.

Wisata minat khusus kerap disebut juga sebagai perjalanan aktif yang dapat memberikan pengkayaan pengalaman, pengetahuan dan sensasi petualangan yang fokus pada aspek alam, sosial dan budaya, merupakan “bentuk kegiatan dengan wisatawan individu, kelompok atau rombongan kecil yang bertujuan untuk belajar dan berupaya mendapatkan pengalaman tentang suatu hal di daerah yang dikunjungi”. (fandeli, 2002:107).

Dan menurut wall and weiler “the special interest traveller wants to experience something new, whether it is history, food, sport, customs or the outdoors. Many wish to appreciate the new sights, sound, smell, tastes and to undertsand the place and it’s people” . – smith, (4:1992)

Aspek alam dalam wisata minat khusus berupa kekayaan flora fauna (bodiversitas), gejala geologi, ke-eksotikan taman nasional atau taman hutan raya, pesona hutan, sungai, air terjun, pantai, laut dan segala kekayaan yang terkandung didalamnya, serta perilaku ekosistem tertentu dalam sebuah kawasan. Dan aspek budaya meliputi kearifan lokal dalam sebuah komunitas masyarakat, tarian/musik/seni tradisional, kerajinan/griya etnik, arsitektur, pola tradisi masyarakat, aktivitas ekonomi yang unik dan spesifik, sejarah dan arkeologi, dls.

Pada umumnya wisatawan minat khusus memiliki motivasi dan keingintahuan yang tinggi terhadap sesuatu hal untuk dipelajari (learning) dan diikuti/dijalani sehingga menghadirkan pengalaman baru dalam aktivitasnya berpariwisata. Terdapat dua kelompok wisatawan dalam aktifitas wisata minat khusus, yaitu kelompok yang berkeinginan sebatas mencoba aktifitas baru. Pada kelompok ini, tantangan keterlibatan akan cenderung di tingkat ringan sampai pada menengah, dan yang kedua, adalah kelompok yang memandang keikutsertaannya dalam wisata minat khusus sebagai tujuan atau motivasi terdalam guna pemenuhan atas kebutuhan sensasi seorang wisatawan dalam aktivitas berpariwisata, sehingga keterlibatan wisatawan dalam kelompok ini akan cenderung lebih aktif serta menjurus pada level tantangan yang lebih tinggi.

Dalam wisata minat khusus, pembangunan kawasan pariwisata dan produk-produknya harus berdasarkan kriteria keberlanjutan, dapat didukung secara ekologis dalam waktu yang lama, layak secara ekonomi, adil secara etika dan sosial, dapat memberikan kebermanfaatannya secara berkelanjutan terhadap alam dan lingkungan sosial.

Dalam kawasan pariwisata curug panjang, wisata minat khusus memiliki kaitan erat dengan wisata petualangan dan wisata edukasi, bentuknya berupa aktivitas berkemah (educamp, family camp), birwatching, trekking hutan, susur sungai, hiking, journey, jelajah air terjun, body rafting, cliff jumping, dan rappelling di tebingan air terjun, dls.

Go Explore Activities

Tempat Camping di Puncak

Berkemah

Camping merupakan aktifitas wisata minat khusus yang pro edukasi dengan beragam kegiatan bertajuk alam dan petualangan dengan tenda sebagai tempat tinggal sementara. Kegiatan berkemah yang sebelumnya identik dengan kepanduan, kepencinta alaman dan identik dengan para penggiat alam bebas, saat ini mulai digemari oleh masyarakat lintas kalangan, sosial dan lintas lembaga seperti untuk event gathering, outing dan kegiatan yang melibatkan banyak orang dengan tenda sebagai akomodasi untuk tempat menginap, hal ini terkait dengan banyaknya perusahaan jasa penyedia tempat camping dengan beragam fasilitas dengan layanan yang menyeluruh..

Go Explore
Outbound Bogor

Outbound

Mancakrida atau biasa dikenal dengan sebutan Outbound di Indonesia adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen yang dilakukan di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan efektif. Metode pendidikan outbound ini sarat dengan pembelajaran yang dihadirkan dari pengalaman secara langsung melalui permainan-permainan edukatif dengan menerapkan elemen-elemen yang mendasar dan bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif. Adalah team building dan character building menjadi program yang mendasar dilakukan pada saat anda melakukan kegiatan outbound.

Go Explore
Family Gathering perusahaan

Gathering & Outing

Dewasa ini gathering dan outing telah menjadi budaya tahunan yang dilakukan oleh komunitas, perusahaan dan lembaga-lembaga swasta ataupun pemerintah untuk membangun nilai-nilai kebersamaan diantara sesama, penghargaan dan relaksasi. Gathering merupakan aktifitas pertemuan dan sosial yang dilakukan disuatau tempat dengan tujuan tertentu, ragamnya adalah family gathering, employe gathering, customer gathering, dls. Sementara itu outing merupakan perjalanan atau kunjungan kesuatu tempat untuk tujuan rakreasi / plesir / kesenangan ataupun perjalanan pendidikan yang populer dengan sebutan outing class.

Go Explore
Training and Development

Training & Development

Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dengan menggunakan metodelogi Experiential Learning (EL) dan medium aktifitas luar ruang mulai berkembang diawal abad 19-an. Tokoh-tokoh pencetusnya seperti Kurt Hahn yang mendirikan Outward Bound, John Dewey menulis buku berjudul Experience and Education,dll meyakini bahwa pendidikan luar ruang berbasis pengalaman merupakan metode yang baik dalam membangun sumber daya manusia. HEXs Indonesia merupakan divisi khusus Highland Indonesia yang membidangi pelatihan dan pengembangan SDM dengan Experiential Learning sebagai metode dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Go Explore
Tempat Wisata di Bogor
Tempat Wisata di Bogor
Training and Development

Adventure

Menemukan jalur penjelajahan dengan berbekal kompas untuk mencapai curug panjang dari tempat berkemah merupakan satu dari banyak aktifitas petualangan yang dihadirkan ketika anda berkemah di Highland camp. Beragam tantangan dan keseruan yang dapat memacu adrenalin akan ditemukan ketika menelusuri arus sungai melewati trek hutan dan berenang di air terjun sebagai penutup aktifitas jouney. Kegiatan yang sedikit akan berbeda tantangannnya ketika anda mengikuti jelajah air terjun yang sebagian besar aktifitasnya dilakukan di air. Adalah body rafting, river trekking, cliff jumping dan free falling akan menjadi suguhan keseruan sekaligus tantangan ketika mengikuti jelajah air terjun.

Go Explore

Blog

Wisata Minat Khusus

Wisata minat khusus atau wisata alternatif diperuntukan bagi wisatawan yang memiliki kecenderungan minat, tujuan dan motivasi khusus dalam berwisata dan atau guna pemenuhan atas kebutuhan sensasi dan minat terdalam wisatawan dalam aktivitas berpariwisata.