3 Paket Rafting Bogor Terpopuler 2023, Satunya Family Rafting…

paket rafting di bogor

Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan sensasi arung jeram yang menyenangkan dan menantang dengan memilih satu dari 3 paket rafting Bogor terpopuler di tahun 2023. Dengan menghubungi kami saat ini!, dapatkan pengalaman pengarungan riam jeram yang tidak akan terlupakan.


Whatsapp


Paket Rafting Bogor – Rafting merupakan salah satu aktivitas yang menarik dan dapat diikuti dalam tiga pendekatan, yakni sebagai aktivitas mandiri, paket rafting plus, dan paket rafting dalam acara gathering atau outing perusahaan.

Dalam konteks paket rafting dalam acara gathering atau outing, aktivitas rafting merupakan bagian integral dari rangkaian kegiatan lainnya, seperti outbound, offroad, paintball, serta perencanaan akomodasi dan lain sebagainya.

Harga paket rafting dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kualitas peralatan pengarungan, brand perusahaan penyelenggara rafting, Sumber Daya Manusia (SDM), muatan dalam paket rafting, tempat rafting, dan kualitas pelayanan.

Misalnya, harga paket rafting di Sungai Cisadane dengan titik luncur pengarungan di Cimande, Kecamatan Caringin, atau paket rafting di Sungai Kalibaru di Sentul, ditentukan oleh masing-masing operator atau perusahaan jasa perjalanan wisata yang menawarkan paket-paket pengarungan jeram.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih paket rafting yang sesuai dengan kebutuhan dan menikmati pengalaman arung jeram yang menyenangkan. Highland Indonesia Group sebagai perusahaan jasa perjalanan wisata dan operator arung jeram dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Dalam kesimpulan, rafting merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan dan dapat diikuti dalam berbagai pendekatan. Harga paket rafting dipengaruhi oleh berbagai faktor dan sangat penting untuk memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan. Highland Indonesia Group dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai perusahaan jasa perjalanan wisata dan operator arung jeram.

PaketHarga
Paket Family Rafting (7 Km)
Include :
– Star point di Cisadane Caringin Bogor
– Peminjaman peralatan rafting
– Transfortasi lokal
– Makan siang dan snack break
– Kelapa muda
– Guide / Pemandu
Rp. 250.000,- / orang
Paket Family Rafting (8 Km)
Include :
– Star point di Basecamp Kalibaru Sentul Bogor
– Peminjaman peralatan rafting
– Transfortasi lokal
– Makan siang dan snack break
– Kelapa muda
– Guide / Pemandu
Rp. 250.000,- / orang
Paket Adventure Rafting (12 Km)
Include :
– Star point di Cisadane Caringin Bogor
– Peminjaman peralatan rafting
– Transfortasi lokal
– Makan siang dan snack break
– Kelapa muda
– Guide / Pemandu
Rp. 275.000,- / orang
Table-2 : Paket Rafting Cisadane Bogor tahun 2023

Rafting sebagai kegiatan wisata

Tempat dan Paket Rafting di Bogor

Kegiatan wisata atau rekreasi rafting menawarkan beragam manfaat bagi para wisatawan. Salah satunya, wisata rafting di Bogor dapat menjadi pilihan yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman, serta menjelajahi alam dan menikmati pemandangan yang indah.

Selain itu, kegiatan rafting juga dapat meningkatkan kondisi fisik dan koordinasi tubuh. Rafting memerlukan kerja sama tim, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kerja sama dan komunikasi antar anggota tim. Selain itu, kegiatan rafting juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional, karena dapat mengurangi stres dan kepenatan dari aktivitas sehari-hari.

Meski demikian, sebelum melakukan kegiatan rafting di Bogor, diperlukan persiapan yang matang dan pemahaman akan kondisi sungai serta keselamatan diri. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain mempersiapkan perlengkapan yang sesuai, mengetahui tingkat kesulitan arus sungai, serta memahami tata cara keselamatan yang benar.

Dalam kesimpulan, kegiatan rafting di Bogor dapat menjadi pilihan rekreasi yang menyenangkan serta memberikan manfaat bagi kondisi fisik, mental, dan emosional. Namun, perlu dilakukan persiapan dan pemahaman yang baik tentang kondisi sungai dan keselamatan diri sebelum melakukan kegiatan rafting tersebut.

Bogor sebagai lokasi populer untuk rafting

Tempat dan Paket Rafting di Bogor

Bogor merupakan salah satu kota/kabupaten di Indonesia yang terkenal sebagai lokasi wisata alam yang populer. Kota ini dikelilingi oleh hutan hijau dan berbagai sungai yang mengalir melintasi perkotaan. Wisata rafting menjadi salah satu kegiatan rekreasi yang cukup populer di Bogor.

Kegiatan rafting di Bogor dapat dilakukan di beberapa sungai yang terletak di sekitar wilayah kota kabupaten Bogor seperti sungai Cisadane, sungai Cianten, sungai Ciliwung, dan sungai Kalibaru di Sentul. Sungai-sungai ini memiliki arus yang cukup deras dan berbatu, sehingga sangat cocok sebagai tempat rafting. Kegiatan rafting sangat cocok untuk orang-orang yang mencari sensasi adrenalin dan ingin menikmati keindahan alam.

Selain itu, Bogor juga dikenal sebagai lokasi yang aman dan nyaman untuk melakukan rafting. Beberapa perusahaan yang menyediakan jasa rafting di Bogor telah memiliki lisensi resmi dari pemerintah dan instruktur yang berpengalaman dan profesional, yang menjamin keselamatan para pengunjung yang ingin mencoba kegiatan rafting di Bogor.

Kegiatan rafting di Bogor terbuka untuk berbagai kalangan, mulai dari pemula hingga profesional. Beberapa perusahaan yang menyediakan jasa rafting di Bogor juga menyediakan paket yang sesuai dengan tingkat kesulitan yang diinginkan.

Selain itu, kegiatan rafting di Bogor juga dapat menjadi pilihan yang menyenangkan untuk bersantai dan menghilangkan stres. Kegiatan ini dapat meningkatkan kondisi fisik, koordinasi tubuh, kerja tim, dan juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional.

Sebelum melakukan kegiatan rafting di Bogor, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti petunjuk dari instruktur yang berpengalaman agar dapat menikmati kegiatan rafting dengan aman dan nyaman. Sebagai wisatawan, kita perlu memahami kondisi sungai dan keselamatan diri saat melakukan kegiatan rafting.

Dalam kesimpulan, Bogor sebagai lokasi wisata rafting yang menarik di Indonesia menawarkan kegiatan rekreasi yang menyenangkan dan menantang dengan keindahan alam yang mempesona. Namun, keamanan dan keselamatan harus diutamakan dalam setiap kegiatan rafting. Semoga artikel ini membantu membuka wawasan tentang kegiatan rafting di Bogor.

Mengenal Rafting

Tempat dan Paket Rafting di Bogor

Kegiatan rafting merupakan salah satu olahraga air yang dilakukan di sungai dengan arus deras dan berbatu. Kegiatan ini menjadi populer karena memberikan pengalaman alam yang menantang dan sensasi adrenalin yang memacu keseruan. Rafting juga dapat dijadikan sebagai olahraga yang melatih kekuatan fisik dan koordinasi tim, dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.

Namun, sebelum melakukan kegiatan rafting, persiapan yang matang dan pemahaman yang memadai mengenai kondisi sungai dan keselamatan diri sangat diperlukan. Selain itu, kegiatan rafting juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Kondisi fisik dan koordinasi tubuh dapat ditingkatkan melalui kegiatan ini, serta kerja tim dapat lebih diperkuat. Selain itu, kegiatan rafting juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional dengan menghilangkan stres dan memberikan pengalaman baru yang menyegarkan.

Oleh karena itu, bagi yang ingin mencoba kegiatan rafting, penting untuk mempersiapkan diri dengan matang dan memperoleh pemahaman yang memadai mengenai kondisi sungai dan keselamatan diri. Dengan persiapan yang matang dan keselamatan yang terjamin, kegiatan rafting dapat memberikan pengalaman alam yang menarik serta manfaat kesehatan yang berharga.

Rafting adalah…

Arung jeram atau rafting merupakan kegiatan berlayar di sungai menggunakan perahu karet yang dilakukan dengan tujuan untuk menikmati pengalaman alam, sensasi adrenalin, serta sebagai olahraga. Kegiatan ini biasanya dilakukan di sungai yang memiliki arus cepat dan berbatu.

Rafting dapat dianggap sebagai aktivitas manusia yang memanfaatkan keterampilan dan kekuatan fisik untuk mendayung perahu karet melintasi arus sungai yang bervariasi, mulai dari arus lambat hingga arus yang sangat deras. Oleh karena itu, rafting diklasifikasikan sebagai olahraga air yang mengandalkan kekuatan fisik dan koordinasi tim. Istilah “arung jeram” digunakan sebagai standar terminologi untuk menyebut kegiatan ini.

Perahu karet dilengkapi dengan pemandu dan pelampung, yang memainkan peran penting dalam menjaga keselamatan para peserta. Pemandu akan memberikan instruksi pada anggota tim untuk mengatasi arus sungai yang deras. Pelampung juga sangat penting dalam menjaga keselamatan para rafter.

Sebelum melakukan kegiatan rafting, persiapan yang baik dan pemahaman mengenai kondisi sungai dan keselamatan diri sangat diperlukan. Dalam hal ini, kegiatan rafting dapat memberikan manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kondisi fisik, koordinasi tubuh, dan kerja tim. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional.

Dalam kesimpulannya, kegiatan rafting merupakan suatu aktivitas yang mengandung unsur olahraga, rekreasi, petualangan, dan edukasi. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang tua, tanpa memandang keterbatasan usia atau kemampuan berenang. Kelelahan dan tantangan melewati jeram-jeram besar dan liar akan terasa indah seiring dengan kenikmatan berpetualang di sungai dan menikmati indahnya panorama alam.

Jenis-jenis rafting

Arus sungai yang digunakan dalam arung jeram bervariasi, mulai dari arus lambat hingga arus yang sangat deras. Karena itu, tingkat kesulitan dalam arung jeram juga bervariasi, dari tingkat pemula hingga tingkat profesional.

Tingkat kesulitan arung jeram ditentukan oleh beberapa faktor, seperti kecepatan arus sungai, tingkat keterampilan, kondisi fisik peserta, dan karakteristik sungai itu sendiri. Arung jeram dapat dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung pada tingkat kesulitan dan kondisi sungai yang digunakan.

Beberapa jenis arung jeram yang umum dikenal di antaranya adalah arung jeram tingkat pemula, arung jeram tingkat menengah, arung jeram tingkat profesional, arung jeram saat hujan, dan arung jeram musim dingin. Setiap jenis arung jeram memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang berbeda-beda.

  • Arung jeram tingkat pemula: Arung jeram tingkat pemula biasanya dilakukan di sungai dengan arus yang relatif lambat dan stabil. Aktivitas ini cocok untuk pemula atau bagi mereka yang ingin menikmati sensasi arung jeram tanpa harus terlalu khawatir dengan tingkat kesulitan. Biasanya, arung jeram tingkat pemula tidak memerlukan persiapan khusus, tetapi para peserta disarankan untuk menggunakan alat keselamatan seperti jaket pelampung.
  • Arung jeram tingkat menengah: Arung jeram tingkat menengah biasanya dilakukan di sungai dengan arus yang lebih deras dan bergejolak. Tingkat kesulitan dalam arung jeram ini lebih tinggi dibandingkan tingkat pemula, sehingga peserta harus memiliki sedikit pengalaman dan kemampuan fisik yang memadai. Selain itu, persiapan yang lebih matang dan penggunaan peralatan keselamatan yang lebih lengkap juga diperlukan.
  • Arung jeram tingkat profesional: Arung jeram tingkat profesional dilakukan di sungai dengan arus yang sangat deras dan berbahaya. Kegiatan ini hanya cocok untuk para ahli atau peserta yang sudah berpengalaman dalam arung jeram. Tingkat kesulitan yang tinggi dalam arung jeram ini memerlukan keterampilan, kemampuan fisik, dan pengalaman yang cukup. Selain itu, persiapan dan peralatan keselamatan yang lebih lengkap juga diperlukan.
  • Arung jeram hujan: Arung jeram saat musim hujan adalah aktivitas yang dilakukan di sungai dengan arus yang lebih deras dan air yang lebih dalam selama musim hujan. Kegiatan ini memerlukan persiapan dan peralatan keselamatan yang lebih matang karena tingkat bahaya lebih tinggi daripada arung jeram pada umumnya.

Pada negara yang memiliki empat musim seperti europa, terdapat arung jeram musim dingin dimana arus sungai yang digunakan cenderung lebih lambat dan air yang lebih dingin dibandingkan dengan arus normal, karena pengaruh cuaca dingin yang membuat air sungai menjadi lebih dingin.

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk rafting

Tempat dan Paket Rafting di Bogor

Arus sungai yang digunakan dalam kegiatan rafting bervariasi, dari yang berarus lambat hingga sangat deras. Tingkat kesulitan dalam rafting juga bervariasi, tergantung pada kecepatan dan kondisi air yang akan dihadapi. Oleh karena itu, setiap rafter perlu mempersiapkan perlengkapan yang sesuai dengan tingkat kesulitan tersebut.

Beberapa perlengkapan yang diperlukan untuk rafting termasuk perahu karet, pelampung, helm, jaket pelampung, sepatu bot, tali pengaman, dan peralatan pengatur air seperti dayung dan pedel. Perlengkapan tersebut harus memenuhi standar keselamatan dan kualitas yang ditetapkan.

Untuk tingkat kesulitan yang lebih tinggi, seperti rafting di sungai yang sangat deras atau dengan arus yang bergejolak, perlengkapan yang lebih canggih dan aman harus digunakan. Rafter juga harus memenuhi persyaratan khusus, seperti memiliki keterampilan fisik dan teknis yang memadai serta memahami cara bertindak dalam situasi darurat.

Pemilihan perlengkapan yang tepat dan mematuhi prosedur keselamatan selama kegiatan rafting sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan dan menjaga keselamatan para peserta. Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan rafting, pastikan bahwa semua perlengkapan telah disiapkan dan memenuhi standar keselamatan.

Berikut adalah beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk kegiatan rafting:

  • Perahu raft: adalah perahu yang digunakan untuk aktivitas arung jeram, terbuat dari bahan lunak seperti karet atau PVC, perahu ini memiliki beberapa kamar bermuatan air untuk menjaga stabilitas dan memastikan perahu tidak tenggelam. Perahu raft biasanya dikendalikan oleh beberapa orang dengan menggunakan dayung, dan dapat menampung beberapa orang sekaligus. Perahu raft digunakan untuk berbagai aktivitas air, seperti arung jeram, eksplorasi sungai, dan sebagai perahu tur.
  • Pelampung: adalah alat pengaman tubuh pada aktivitas air seperti berenang atau arung jeram yang digunakan untuk membantu menjaga stabilitas dan menjaga dari tenggelam. Pelampung harus sesuai dengan ukuran tubuh dan harus dalam kondisi baik sebelum digunakan.
  • Helm: Helm digunakan untuk melindungi kepala dari benturan dan kerusakan saat terjadi kecelakaan di sungai. 
  • Jaket pelampung: Jaket pelampung digunakan untuk melindungi dari dingin dan untuk memberikan dukungan pada saat terjadi kecelakaan agar tetap mengambang di air. Jaket pelampung harus sesuai dengan standar keselamatan yang ditentukan.
  • Sarung tangan: Sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dari gesekan dan terkilir saat menggenggam tali perahu atau dayung. Sarung tangan harus nyaman digunakan dan sesuai dengan standar keselamatan yang ditentukan.
  • Sandal karet: Sandal karet digunakan untuk melindungi kaki dari kerikil dan batu saat berada di air. Sandal karet harus nyaman digunakan dan sesuai dengan standar keselamatan yang ditentukan.
  • Perlengkapan keselamatan lainnya: Perlengkapan keselamatan lainnya seperti tali pengaman, peluit darurat, dan GPS harus dibawa saat melakukan rafting.
  • Perlengkapan pribadi: Perlengkapan pribadi seperti kamera dan air minum harus dibawa saat melakukan rafting.

Sebagai catatan, Perlengkapan yang dibutuhkan untuk rafting harus memenuhi standar keselamatan yang seperti yang disarankan oleh Federasi Arung Jeram Indonesia dan harus selalu dalam kondisi baik sebelum digunakan. 

Mengapa harus rafting di Bogor?

Tempat dan Paket Rafting di Bogor

Bogor dikenal akan keindahan alamnya yang memukau dan dikelilingi oleh gunung-gunung serta pegunungan yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan suasana yang sejuk. Gunung Gede, Gunung Salak, Gunung Pangrango, dan Pegunungan Halimun menjadi pengeliling kota ini.

Kota Kabupaten Bogor juga terkenal dengan hutan pegunungan bawah yang luas dan menawan. Hutan pegunungan bawah ini memberikan lingkungan yang sejuk dan segar bagi para wisatawan. Selain itu, kota ini memiliki berbagai taman yang indah serta tempat wisata populer seperti Kebun Raya Bogor (Botanical Garden), Taman Safari Indonesia, Highland Camp Curug Panjang, Taman Wisata Matahari, dan sebagainya.

Selain hiking, trekking, dan paralayang, wisata petualangan (Adventure Tourism) berbasis alam lain yang dapat ditemukan di Bogor adalah arung jeram atau rafting. Aktivitas pengarungan jeram di sungai Cisadane, sungai Ciliwung, sungai Kalibaru, dan sungai Cianten dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menantang bagi para wisatawan yang ingin mencoba petualangan baru.

Banyak pilihan sungai dan star point rafting

Karena banyaknya sungai yang dimanfaatkan sebagai lokasi pengarungan, dibutuhkan titik peluncuran atau star point yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung kegiatan wisata rafting seperti restoran, kamar mandi, lapangan kegiatan, dan area parkir yang luas dan nyaman serta fasilitas wisata lainnya.

Titik peluncuran atau star point rafting adalah titik awal aktivitas pengarungan yang diberikan pengarahan oleh pemandu dan operator rafting sebelum memulai aktivitas. Di titik ini, dilakukan pemeriksaan alat dan perlengkapan rafting untuk memastikan keselamatan peserta selama aktivitas.

Sejak awal 2010-an, pengusaha operator rafting di Bogor bersaing dalam membuat basecamp dengan perlengkapan pengarungan yang baik. Terdapat empat konsentrasi tempat pengarungan di Bogor yaitu Caringin dan Cimande untuk pengarungan di Sungai Cisadane, Sukaraja sebagai pusat peluncuran rafting Sungai Kalibaru, Cisarua, Megamendung, dan Katulampa sebagai base peluncuran Sungai Ciliwung. Sementara itu, untuk pengarungan di Sungai Cianten, star point rafting terpusat di Ciaruten, Kecamatan Rumpin.

Keindahan alam dan pemandangan

Bogor, dengan keindahan alamnya yang memukau, terletak di tengah pegunungan dan dikelilingi oleh gunung-gunung yang memberikan pemandangan yang menakjubkan dan udara yang sejuk. Selain Pegunungan Halimun, Gunung Gede, Gunung Salak, dan Gunung Pangrango merupakan gunung-gunung yang mengelilingi kota ini.

Kota Kabupaten Bogor juga dikenal dengan keberadaan hutan pegunungan bawah yang luas dan indah. Hutan pegunungan bawah, atau submontane, menyediakan lingkungan yang sejuk dan menyegarkan bagi para wisatawan. Selain itu, kota ini juga memiliki berbagai taman indah dan tempat wisata populer seperti Kebun Raya Bogor (Botanical Garden), Taman Safari Indonesia, Highland Camp Curug Panjang, dan Taman Wisata Matahari.

Selain hiking, trekking, dan paralayang, Bogor juga menawarkan wisata petualangan berbasis alam lainnya seperti arung jeram atau rafting. Aktivitas pengarungan jeram atau wisata rafting di Sungai Cisadane, Sungai Ciliwung, Sungai Kalibaru, dan Sungai Cianten dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menantang bagi para wisatawan yang ingin mencoba petualangan baru.

Ketersediaan pemandu profesional dan Operator

Ketersediaan pemandu profesional dan operator rafting di Bogor dapat dianggap memadai. Beberapa operator rafting di Bogor bahkan telah menyediakan pemandu yang berpengalaman dan memiliki sertifikat. Dalam pelaksanaan wisata rafting, keberadaan pemandu profesional sangatlah penting untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan selama beraktivitas pengarungan. Selain itu, pemandu juga akan memberikan instruksi yang jelas dan memastikan bahwa wisatawan mengikuti prosedur keselamatan yang telah ditentukan.

Dalam hal pemilihan pemandu profesional, perusahaan jasa perjalanan wisata, dan operator rafting, sebaiknya dipertimbangkan dengan baik. Hal ini akan menjamin kualitas peralatan yang digunakan dan penanganan aktivitas arung jeram sehingga wisata rafting dapat memberikan kesan yang baik dan tak terlupakan bagi para wisatawan.

Persiapan untuk wisata rafting di Bogor

Tempat dan Paket Rafting di Bogor

Agar dapat menikmati kegiatan wisata arung jeram di Bogor dengan aman dan nyaman, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan.

  • Pertama-tama, pastikan untuk mengetahui lokasi dan jenis aliran sungai yang akan dilalui. Terdapat beberapa sungai di Bogor yang cocok untuk kegiatan arung jeram, seperti Sungai Cisadane, Sungai Ciliwung, dan Sungai Kalibaru. Sebaiknya pilihlah sungai yang sesuai dengan tingkat keahlian Anda dan pelajari kondisi aliran sungai sebelum melakukan kegiatan.
  • Selanjutnya, siapkan peralatan yang dibutuhkan. Peralatan yang diperlukan antara lain perahu arung jeram, helm, dan jaket pelampung. Pastikan peralatan tersebut berfungsi dengan baik dan dalam kondisi yang aman sebelum digunakan. Jika Anda tidak memiliki peralatan sendiri, sebaiknya sewa peralatan di tempat yang menyediakan layanan sewa peralatan arung jeram. Alternatif lainnya adalah membeli paket wisata arung jeram di perusahaan penyelenggara kegiatan wisata yang menjual paket wisata arung jeram atau pada operator arung jeram.
  • Ketiga, pastikan bahwa Anda sudah mempersiapkan fisik dan mental dengan baik sebelum melakukan kegiatan arung jeram. Kegiatan ini membutuhkan tenaga yang besar dan dapat menimbulkan stres, sehingga persiapkan diri dengan baik sebelum melakukan kegiatan. Jangan lupa untuk membawa air minum dan makanan ringan untuk menjaga stamina selama kegiatan.
  • Keempat, sangat penting untuk mengikuti aturan dan petunjuk yang diberikan oleh pemandu wisata atau pendamping wisata arung jeram. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan Anda dan orang lain yang ikut dalam kegiatan. Jangan abaikan aturan atau memaksakan kehendak sendiri, karena hal tersebut dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Setelah melakukan persiapan yang cukup, Anda dapat memulai kegiatan arung jeram dengan percaya diri dan aman. Nikmati sensasi mengarungi aliran sungai yang deras dan menantang sambil menikmati keindahan alam di sekitar Anda. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk menangkap momen-momen indah yang akan dialami. Dengan melakukan persiapan yang matang dan mengikuti aturan yang berlaku, Anda dapat menikmati kegiatan arung jeram di Bogor dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.

Persiapan fisik dan persyaratan kondisi fisik

Paket Rafting Bogor – Sebelum mengikuti wisata rafting, ada beberapa persiapan fisik yang perlu dilakukan agar wisatawan dapat menikmati wisata dengan maksimal dan aman.

  • Pertama, Anda harus memiliki kondisi fisik yang baik. Rafting memerlukan kekuatan fisik yang cukup untuk mengayuh perahu dan melewati arus sungai yang deras. Anda harus memiliki stamina yang baik dan berolahraga secara teratur sebelum mengikuti wisata rafting.
  • Kedua, Anda harus memiliki kemampuan berenang yang baik. Meskipun Anda akan dibekali pelampung saat rafting, tetap saja kemampuan berenang merupakan hal yang penting untuk menjamin keselamatan Anda.
  • Ketiga, Anda harus memiliki mental yang kuat. Rafting memerlukan ketahanan mental yang cukup karena Anda akan menghadapi arus sungai yang deras dan mengalami beberapa rintangan selama perjalanan.
  • Keempat, Anda harus mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Beberapa perlengkapan yang harus dibawa saat rafting diantaranya sepatu yang cocok untuk aktivitas di air, pakaian yang nyaman dan tidak mudah terkena air, serta perlengkapan pelampung yang dibutuhkan.
  • Kelima, Anda harus mengetahui dan memahami aturan yang berlaku saat rafting. Pemandu wisata akan memberikan instruksi yang perlu diikuti selama perjalanan, seperti cara mengayuh perahu dan cara reaksi saat terjadi keadaan darurat.

Jika Anda sudah mempersiapkan semuanya dengan baik, maka Anda akan dapat menikmati wisata rafting dengan lebih aman dan menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keselamatan dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh pemandu wisata rafting.

Rekomendasi pakaian dan peralatan

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan baik sebelum melakukan kegiatan wisata rafting di Bogor. Salah satunya adalah pakaian dan peralatan yang digunakan saat beraktivitas.

  • Untuk pakaian, disarankan menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman seperti celana pendek atau bermuda serta kaos oblong. Sebaiknya, jangan lupa untuk membawa jaket atau sweater untuk menghangatkan tubuh setelah selesai melakukan rafting. Selain itu, sangat penting untuk menggunakan sepatu atau sandal yang tidak mudah lepas saat mengarungi sungai.
  • Selain pakaian, peralatan yang harus dibawa saat melakukan wisata rafting di Bogor adalah pelampung, helm, dan tali pengikat (safety rope). Peralatan tersebut sangat penting untuk menjamin keselamatan selama rafting. Jika belum memiliki peralatan tersebut, maka bisa menyewa dari perusahaan penyedia jasa rafting atau membelinya di toko peralatan olahraga air. Atau jika ingin lebih mudah, dapat memilih untuk membeli paket rafting di Highland Adventure.
  • Selain peralatan, sebaiknya juga membawa perlengkapan pribadi seperti sunblock, kacamata hitam, topi, dan botol air untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan selama kegiatan wisata rafting.

Sebagai tambahan, sebelum melakukan rafting, disarankan untuk melakukan persiapan fisik yang cukup seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Hal ini akan membantu untuk menghadapi aktivitas yang menantang dan melelahkan.

Dalam keseluruhan, persiapan pakaian dan peralatan yang baik serta persiapan fisik yang cukup akan membuat Anda dapat menikmati kegiatan rafting dengan selamat dan nyaman. Selalu memperhatikan kondisi cuaca dan mengikuti petunjuk dari guide atau pemandu wisata yang menemani selama kegiatan rafting sangatlah penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama berwisata.

Dimana tempat rafting di Bogor ?

Tempat dan Paket Rafting di Bogor

Tempat Rafting Bogor – Di Bogor terdapat empat pusat rafting yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin mencoba kegiatan arung jeram. Setiap lokasi tersebut memiliki banyak operator rafting dengan beragam harga dan paket wisata yang ditawarkan.

Keempat lokasi tersebut adalah Caringin yang terletak di Bogor Selatan dengan sungai Cisadane sebagai tempat arung jeramnya, Kalibaru Sentul yang berada di sebelah utara kota Bogor, Puncak yang memiliki sungai Ciliwung sebagai lokasi arung jeramnya di timur, dan Sungai Cianten yang terletak di barat Kabupaten Bogor. Wisatawan dapat memilih lokasi dan operator rafting yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka untuk mendapatkan pengalaman arung jeram yang menyenangkan dan aman.

Sungai Cisadane Caringin

Tempat Rafting Bogor – Sungai Cisadane menawarkan kecepatan arus yang tinggi dan kondisi batu-batu yang menantang, sehingga cocok untuk para penggemar arung jeram yang mencari sensasi dan tantangan. Selain itu, pemandangan alam yang memukau di sekitar lokasi pengarungan juga menambah keindahan pada kegiatan rafting.

Di Caringin dan Cimande, terdapat beberapa perusahaan jasa perjalanan wisata, basecamp rafting, dan operator arung jeram yang menyediakan fasilitas pengarungan yang memadai bagi para wisatawan. Dengan fasilitas yang baik, wisatawan dapat menikmati kegiatan rafting secara aman dan nyaman, seperti:

Nama Perusahaan Alamat
Al Hajar Rafting Jalan Raya Mayjen HE Sukma KM. 16, Ciherang Pondok, Caringin, Lemah Duhur, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730, Telepon: 085720445056
Al Nassr Signature Rafting Jl. Raya Sukabumi No.1, RT.02/RW.03, Cimande Hilir, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730, Telepon: 085216615499
Alamanda Rafting Cisadane Cimande Hilir, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730, Telepon: 087870523337
Al-Hajar Cisadane Rafting Jalan Raya Mayjen HE Sukma KM. 16, Ciherang Pondok, Caringin, Lemah Duhur, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730, 085720445056
Arhan Rafting Cisadane  Jl. Raya Sukabumi No.2A, Cimande Hilir, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730, Telepon: 082125099905
Bantar Rafting Jl. Muara, Muara Jaya, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810, Telepon: 085777632019
Batok Rafting Jl. Muara Jaya, Muara Jaya, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16110, Telepon: 087770219001
Bogor Rafting Plus Jl. Pasir Muncang, Muara Jaya, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730, Telepon: 089522808961
CR ONE Group Rafting Cisadane Jl. Kolonel Bustomi No.1, Gintung maseng, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730, Telepon: 082125409909
Green Rafting Adventure Jl. Kolonel Bustomi No.16, Cimande Hilir, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730, Telepon: 081288568898
Hadena Adventure Rafting Muara Jaya, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Highland Adventure Rafting Jl. Muara Jaya No.4, Muara Jaya, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16110, Telepon: 08111200996
Maseng Rafting Jl. Kolonel Bustomi, Maseng, Ciadeg, Kec. Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16740, Telepon: 081808863876
Nagare Rafting Cisadane Muara Jaya No 4, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16110, 081213703635
Papalidan Jl. Raya Bogor – Sukabumi Desa No.1, RT.02/RW.03, Cimande Hilir, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730, Telepon: 087872187412
Rafting Cisadane Adventure Jl. Pasir Muncang, Muara Jaya, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Telepon: 08989699559
Rafting Pro Cisadane Muara Jaya, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16110, Telepon: 082111119438
Rafting Cisadane Bogor l Jl. Gg. Muara, Muara Jaya, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810, 082310197321
bogorrafting.co.id Jl. Kolonel Bustomi No.1A, RT.002/RW.001, Maseng, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730, Telepon: 081212533521

Sungai Kalibaru Sentul

Tempat dan Paket Rafting di Bogor

Tempat Rafting Bogor – Kalibaru merupakan anak sungai dari Ciliwung di Bogor yang mengalir melalui bendungan Katulampa sehingga alirannya dapat dikontrol. Lokasi pengarungan di Kalibaru terletak di sungai Kalibaru dengan basecamp yang terletak di Jalan Sukaraja Nomor 15, Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sungai Kalibaru berasal dari sungai Ciliwung, dimana setelah melewati bendungan Katulampa, aliran Ciliwung terbagi menjadi dua, satu menuju Kebun Raya Bogor dengan debit air yang lebih besar dan yang lainnya menuju Sentul selatan yang dikenal dengan sungai Kalibaru.

Meskipun badan sungainya relatif kecil, Sungai Kalibaru menawarkan pengalaman rafting yang menyenangkan dengan panjang pengarungan sekitar 8 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu 2 jam. Terdapat beberapa DAM dengan ketinggian luncuran yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dengan demikian, pengarungan di Sungai Kalibaru memang memberikan pengalaman seru dan menyenangkan bagi para rafter.

Sungai Ciliwung Puncak

Tempat Rafting Bogor – Terletak di kawasan Puncak, Sungai Ciliwung merupakan salah satu daya tarik utama bagi para pencinta petualangan seperti river tubing dan rafting. Sungai ini bersumber dari Telaga Warna, sebuah danau kuno yang terletak di sebelah utara Gunung Gede Pangrango. Arus deras dan batu-batu di sungai ini menawarkan tantangan yang sesuai untuk para rafter yang ingin menguji kemampuan mereka.

Beberapa jasa perjalanan wisata yang menyediakan paket wisata arung jeram dan operator rafting di Sungai Ciliwung antara lain :

  • Rafting Puncak di Hotel Pramesthi dan Rafting di Taman Wisata Matahari. Rafting Puncak menawarkan 2 paket arung jeram di aliran Sungai Ciliwung dengan jarak tempuh 5 km dan lama pengarungan 1,5 jam. Titik peluncuran atau Start Point berada di Cipayung dan berakhir di Hotel Pramesthi, dan trip kedua mengambil titik awal pengarungan (start point) di Hotel Pramesthi dan berakhir di rest area yang berada di sekitar pintu Tol Ciawi. Paket ini memiliki jarak tempuh sepanjang 9 kilometer dengan lama pengarungan sekitar 2-3 jam.
  • Sementara itu, Rafting di Taman Wisata Matahari menawarkan paket arung jeram dengan beragam jarak tempuh menyusuri Sungai Ciliwung mulai dari 600 meter hingga 5 kilometer dengan durasi 1,5 jam. Pilihan ini menyediakan pengalaman arung jeram yang berbeda-beda bagi para wisatawan.

Tempat Sungai Cianten

Tempat Rafting Bogor – Sungai Ci Anten atau Cianten merupakan sub DAS Cisadane yang terpanjang dan terletak di barat Kabupaten Bogor, bermuara di Kabupaten Tangerang. Sungai ini memiliki aliran air yang stabil dan terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Selain berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air dan sumber air penduduk, sungai Cianten saat ini juga menjadi destinasi wisata petualangan berbasis olahraga arus deras seperti rafting dan arung jeram. Rute yang umumnya dilalui berakhir di pertemuan sungai Cisadane.

CRV-Rafting, sebuah operator arung jeram di Sungai Cianten, menawarkan paket arung jeram bagi pemula dan pengarung mahir. Paket untuk pemula memiliki jarak 1 km dan durasi 30 menit, sedangkan paket untuk pengarung mahir memiliki jarak 12 km dan durasi 3 jam. CRV Rafting terletak di Desa Muara Jaya, Ciaruteun Ilir, Cibungbulang, Cidokom, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Simpulan dan FAQ Paket Rafting di Bogor Tahun 2023

Tempat dan Paket Rafting di Bogor

Rafting dianggap sebagai kegiatan yang dapat memberikan kesenangan dalam tiga pendekatan, yaitu sebagai kegiatan mandiri, kegiatan tambahan (contohnya rafting ditambah dengan kegiatan paintball, rafting plus offroad, dan sejenisnya), dan sebagai bagian dari acara gathering perusahaan atau outing kantor. Dalam kategori terakhir ini, aktivitas rafting tidak dapat dipisahkan dari aktivitas lainnya yang menjadi bagian dari rencana acara, seperti paintball, outbound, offroad dengan akomodasi dan transportasi yang direncanakan.

Harga paket rafting dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kualitas peralatan, merek perusahaan penyelenggara rafting, keahlian SDM, muatan dalam paket, dan kualitas pelayanan. Pilihlah paket rafting yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati pengalaman arung jeram yang menyenangkan. Dan, dapatkan paket rafting dari Highland Indonesia Group sebagai perusahaan jasa perjalanan wisata dan operator arung jeram.


Q : Apa saja paket yang tersedia di Rafting Cisadane?

A : Dua varian produk kami yang tersedia, yaitu paket family rafting dan paket adventure rafting menawarkan pengalaman arung jeram yang tidak akan terlupakan.

Q : Berapa harga paket Family Rafting dan Adventure rafting?

A : Harga paket family rafting Cisadane Rp. 250.000,- dan harga Adventure Rafting Cisadane Rp. 275.000,- per orang.

Q : Kemana untuk reservasi rafting Cisadane?

A : Untuk reservasi rafting Cisadane dapat menghubungi Hotline +62-811-1200-996

Q : Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kegiatan Rafting Cisadane?

A : Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kegiatan Rafting Cisadane bervariasi tergantung pada lintasan yang dipilih.

Q : Apa saja persyaratan umum untuk mengikuti kegiatan Rafting Cisadane?

A : Peserta harus berusia minimal 7 tahun dan memiliki tinggi badan minimal 120 cm.

This entry was tagged in rafting bogor dan rafting di bogor, paket rafting bogor, pengarungan keluarga, paket rafting di bogor, tempat rafting bogor, tempat rafing di bogor, lokasi rafting bogor. rafting kalibaru, rafting sentul, rafting di kalibaru, rafting di sentul, rafting di cisadane, rafting cisadane, rafting puncak, rafting di puncak.