Wisata Alam

Curug Panjang merujuk pada obyek daya tarik wisata (ODTW) air terjun dengan keunikan karakter terjunan air nya yang berbentuk lerengan (slope) sepanjang 20 meter, dan sebagai identitas penanda (marker Identity) kawasan pariwisata alam yang berada dipunggungan barat daya gunung Paseban di desa Megamendung, Bogor – Jawa Barat.

Selain sebagai obyek wisata dan kawasan pariwisata alam, curug Panjang merujuk pada komplek terjunan air yang berada di sepanjang aliran hulu sungai Cirangrang sebagai surganya air terjun pada kawasan pariwisata Puncak, terdapat lima terjunan air nan eksotis dengan karakter yang unik pada setiap lompatan air nya maupun pada elemen alam pembentuk air terjun.

Sementara itu, curug terhulu dalam jajaran aliran sungai Cirangrang memiliki pesonanya tersendiri, air terjun dengan warna buloa telah mengubah identitas curug hulu menjadi curug Cibulao karena kepopuleran warna airnya yang berwarna kebiru-biruan. Komplek air terjun curug Panjang dan curug Cibulao merupakan dua diantara banyak pesona yang hadir dipunggungan barat daya gunung Paseban..

Kawasan Pariwisata Curug Panjang terbentuk dari keindahan lansekap alam serta kekayaan yang terkandung di dalamnya yang terjaga secara apik oleh para pihak untuk wisata minat khusus atau wisata alternatif. Wisata minat khusus merupakan bentuk wisata yang diperuntukan bagi wisatawan yang memiliki kecenderungan minat, tujuan serta motivasi khusus dalam berwisata atau guna pemenuhan atas sensasi dan minat terdalam wisatawan dalam aktivitas berpariwisata.

Dengan kekhususannya, pengembangan kawasan curug panjang untuk daerah tujuan pariwisata dan produk-produk wisatanya didekati oleh prinsip-prinsip wisata ramah, yaitu bentuk pariwisata yang menitik beratkan pada kelestarian alam, keberlanjutan lingkungan, dan dampak kebaikan / kebaikan yang berkelanjutan (berkah) dirasakan oleh masyarakat disekitar kawasan wisata curug Panjang yang diakibatkan oleh hadirnya aktivitas pariwisata.

Mutaqin, A Zaenal. (2020).Jelajah Kawasan Pariwisata Puncak Dalam Wisata Minat Khusus. ; hal 6; OSF. May 11. doi:10.17605/OSF.IO/ZU9RW.

tempat wisata bogor
Tempat Wisata di Bogor
wisata puncak

Pesona Pariwisata Alam Curug Panjang

Karena kepopuleran terjunan air dengan karakter yang unik, nama curug Panjang telah merebut identitas punggungan barat gunung Paseban sebagai kawasan pariwisata alam dengan beragam pesonanya

Go Explore

Tempat Wisata di Bogor

Curug Panjang

Adalah air terjun yang berada disepanjang aliran sungai Cirangrang punggungan barat gunung Paseban untuk aktivitas wisata air dengan kolam terjun berdiameter +10 meter dan kedalaman +7 meter, obyek dengan daya tarik wisata (ODTW) alam ini memiliki berbagai fasilitas pendukung pariwisata masal seperti warung-warung yang dikelola oleh penduduk, toilet, lapangan parkir dan sarana untuk beribadah. Curug Panjang memiliki dua pintu masuk, akses menuju pintu masuk pertama dapat dijangkau dengan melewati jalan desa Megamendung menuju arah Pusdik serse dan akses pintu ke-2 melewati desa Cilember menuju jalan Pesantren.

Go Explore
Tempat Wisata di Bogor

Wanawisata curug Naga

Merupakan komplek terjunan air disepanjang sungai Cirangrang yang meliputi curug orok, curug naga, curug priuk dan curug barong untuk wisata minat khusus dan petualangan. Ke empat air terjun ini merupakan bagian yang terintegrasi sebagai obyek wisata alam dalam kawasan wisata curug Panjang. Ragam aktivitas wisata yang dapat dilakukan di wanawisata curug Naga adalah jelajah curug, body rafting, cliif jumping, telusur sungai, treking hutan dan free falling. Aktifitas wisata minat khusus di wanawisata curug Naga ini merupakan muatan tambahan dari kegiatan berkemah yang dilakukan di buper yang ada di sekitar kawasan wisata alam curug Panjang punggungan barat gunung Paseban.

Go Explore
Tempat wisata alam

Curug Bulao

Penduduk sekitar menyebutnya dengan sebutan curug hulu karena air terjun ini berada paling hulu atau curug teratas dalam jajaran air terjun pada aliran sungai Cirangrang, Kepopuleran warna air yang biru mirip warna bulao mampu mengubah penyebutan curug hulu menjadi curug cibulao atau air terjun yang berwarna bulao. Saat ini, sebutan nama curug bulao telah menjadi identitas wisata air terhulu dalam jajaran air terjun di sungai Cirangrang. Curug yang berada di lembahan dengan tiga air terjun atau terjunan air dengan beragam karakteristiknya yang unik disetiap terjunan airnya dapat dijangkau dari Cilember menuju jalan situhiang.

Go Explore
Tempat Wisata di Bogor

Taman Alam Matahari

Taman Alam Matahari (TAM) merupakan buper yang berada tepat sebelum pintu masuk-2 curug panjang dan bersebelahan dengan bumi perkemahan Highland camp. Camping ground yang berada dalam manajemen Taman Wisata Matahari (TWM) ini dibangun pada tahun 2016, berdaya tampung s.d 400 orang dengan 3 unit bangunan toilet dengan 24 ruang sebagai sarana pendukungnya, lainnya adalah lapangan parkir, 4 unit gazebo yang bermaterialkan kayu dan lapangan-lapangan untuk mendirikan tenda yang berada tepat disisi kiri jalan curug panjang dan sebuah campsite yang menghadap gunung salak dan pemandangan lampu kota (citylight).

Go Explore

Highland Camp

Selain sebagai destinasi wisata air, curug Panjang yang merujuk pada kawasan wisata alam di punggungan barat gunung Paseban, terdapat Highland camp yang pesonanya hadir dari keindahan lansekap buatan yang berpadu padan dengan keindahan lansekap hutan pegunungan dan elemen air yang mengitari kawasan camp, Kami menyebutnya sebagai miniatur Halimun…