Tempat Wisata di Bogor
Tempat Wisata di Bogor
Tempat Wisata di Bogor

Wanawisata curug naga merupakan satu kesatuan utuh dari empat terjunan air yang sangat eksotis, berada dihilirnya curug panjang, dialiran sungai cirangrang, tebingan barat gunung Paseban dalam kawasan pariwisata curug Panjang.

Berbeda dengan obyek daya tarik wisata (ODTW) curug panjang dan curug cibulao yang di peruntukan bagi wisata umum / wisata massal, wanawisata curug naga diperuntukan untuk wisata minat khusus bagi wisatawan yang memiliki kecenderungan minat serta tujuan dan motivasi khusus dalam berwisata, seperti aktifitas body rafting, river trekking, cliff jumping, free falling, dls.

Keempat terjunan air yang kesemuanya dikelilingi oleh tebingan tinggi dan pepohonan yang menghiasi sepanjang aliran sungai cirangrang, adalah curug orok, curug priuk, curug barong dan curug naga yang masing-masing karakter jatuhan air nya berbeda antar satu dengan curug lainnya.

Curug Orok

Masyarakat disekitar Megamendung dan Cilember mengenalnya dengan sebutan curug orok, identitas yang disematkan pada air terjun ini merujuk pada bentuk dan karakter terjunan airnya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kelima curug lainnya yang berada disepanjang aliran sungai Cirangrang. Orok berakar dari padanan kata dalam bahasa sunda yang mengandung arti bayi, dengan kata lain “curug orok merupakan saudara terkecil atau bayi yang berada dalam jajaran air terjun di sepanjang aliran sungai Cirangrang”. Curug orok berada disalah satu cekungan aliran sungai Cirangrang yang merupakan hulu sungai ciesek yang airnya mengalir menuju sungai Ciliwung. Curug orok memiliki terjunan air setinggi +4 meter dengan kolam terjunan air yang cukup luas untuk direnangi dan dalam.

Kabarnya, di curug orok terdapat gua, dimana didalamnya ada air mengalir dengan deras, posisinya berada di tebingan bebatuan. Kendatipun curug orok tidak sepopuler curug bulao, curug panjang, curug naga, curug priuk dan curug barong, namun eksotisnya tidak kalah dengan ke-5 saudara lainnya.

Tempat Wisata di Bogor
Wisata Bogor
Tempat wisata di bogor
Tempat Wisata di Bogor
Tempat Wisata di Bogor
Wisata alam di bogor curug naga

Curug Periuk

Bentuk kolam terjunan airnya ini mirip seperti peralatan dapur berbahan tembaga, logam atau tanah yang banyak digunakan oleh masyarakat sunda pada masa lampau untuk menanak nasi /ngaliwet, yaitu periuk. Sehingga, masyarakat yang bermukim disekitar air terjun yang bersembunyi dibalik lebatnya pepohonan, mengenalnya dengan sebutan curug periuk, identitas periuk yang merujuk pada curug ini melekat sampai saat ini. Curug periuk letaknya berada disebelah hulu curug Barong yang merupakan satu dari 8 air terjun dalam komplek curug panjang, memiliki ketinggian terjunan air sekitar 8 meter, dengan kolam terjunan yang cukup tenang dan luas untuk direnangi, berdiameter +8 meter.

Tebingan dengan batuan keras dan cadas yang menjadi benteng alam curug periuk merupakan tempat yang ideal untuk melakukan lompatan bebas (free falling) atau cliff jumping dengan kolam terjunan sebagai tempat jatuhnya. Sebelum melakukan terjun bebas, terlebih dahulu harus menapaki tebingan bebatuan hitam berlumut yang cukup licin ketika pada musim penghujan.

Curug Barong

Inilah air terjun yang paling eksotis diantara saudara berlima nya, curug barong adalah surga air terjun yang tersembunyi yang berada di sepanjang aliran sungai Cirangrang, curug ini memiliki terjunan air setinggi lebih dari 20 meter, lingkungannya yang tertutup oleh rapatnya vegetasi dengan tebingan batuan cadas yang membentenginya, memberikan nuansa sangat personal (private), suasananya yang dingin, sunyi dan senyap adalah kesan yang dihadirkan oleh curug yang memiliki nama sebuah mahluk imaginer berbentuk samaran binatang, berkaki empat atau berkaki dua dengan kepala singa dalam mitologi bali dan jawa.

Curug barong memiliki karakter yang hampir mirip dengan curug naga baik dari lingkungan maupun karakter terjunan airnya, perbedaannya terletak pada ketinggian curug barong yang lebih rendah + 8 meter dibandingkan curug naga dan kolam terjunan airnya lebih dalam untuk melakukan cliff jumping atau free falling dari atas tebingan batuan keras dan cadas.

Tempat Wisata di Bogor
Wisata alam puncak bogor
Tempat Wisata di Bogor
Tempat Wisata di Bogor
Tempat Wisata di Bogor
Tempat Wisata di Bogor

Curug Naga

Curug Naga yang mempesona memiliki ketinggian terjunan air sekitar +28 meter dengan kedalamaan kolam terjun mencapai 12 meter, diapit oleh tebing-tebing tinggi yang atapnya tertutup oleh rimbunya pepohonan, sebagiannya adalah langit. Tebingan di Curug Naga adalah batuan keras dan cadas merupakan spot alami untuk melakukan lompatan bebas untuk menguji adrenalin dengan melakukan terjun bebas (free falling) dari ketinggian 7-8 meter.

Untuk menuju terjunan air dalam jelajah curug naga, terlebih harus melewati curug priuk, lalu menyusuri aliran sungai Cirangrang searah air mengalir dengan berenang (body Rafting), selanjutnya menapaki jalanan setapak dan mendaki bebatuan cadas menuju lokasi yang lebih tinggi, dilanjutkan dengan menyusuri hutan, kemudian menuruni tebing (rappelling) dengan kemiringan hampir mencapai 80 derajat yang berkontur tanah bercampur batuan cadas dengan menggunalan karmantel / tambang.

Wanawisata Curug Naga

Merupakan komplek terjunan air disepanjang sungai Cirangrang untuk wisata minat khusus dan petualangan ke empat air terjun ini merupakan bagian yang terintegrasi sebagai obyek wisata alam dalam kawasan wisata curug Panjang.