Body Rafting di Komplek Air terjun Curug Naga

Body Rafting Curug Naga adalah adalah kegiatan pengarungan sungai dan jeram di komplek air terjun curug Naga dengan menggunakan tubuh atau badan yang dilengkapi pengaman diri berupa body protector, life jacket dan helm dalam pengarungannya. Body Rafting Curug Naga merupakan salah satu aktifitas dalam jelajah curug naga dimana aktivitas lainnya adalah trekking hutan, cliff jumping dan susur sungai.

Dalam jelajah curug naga, pesona alam dilerengan barat daya gunung paseban akan menjadi untaian symponi yang menakjubkan, dimana aktivitas fisik dan olah emosi akan berpadu peran dengan instrumen-instrumen hutan pembentuk kehidupan dan gemuruh terjunan air yang eksotis serta dalam indahnya ruang kebersamaan dalam penjelajahan komplek air terjun curug naga.

Whatsapp


Baca Paket Trekking :
4 Paket trekking di Puncak Bogor

Selain Body Rafting Curug Naga, dalam jelajah air terjun Curug Naga wisatawan dapat melakukan Cliff Jumping di Curug Orok, trekking hutan yang menghubungkan antara venue Highland Camp dengan komplek air terjun curug Naga, susur sungai dan beberapa kegiatan petualangan lainnya.

Biasanya, peserta Body Rafting Curug Naga akan berkemah dahulu di Highland Camp guna menikmati beragam aktivitas wisata lainnya selain kegiatan body Rafting, namun beberapa wisatawan dapat melakukan kunjungan pada kawasan wisata minat khusus yang berada di Puncak ini hanya untuk melakukan aktivitas body Rafting.

Perlengkapan Body Rafting Curug Naga

Kegiatan body rafting dalam jelajah curug naga termasuk pada katagori olahraga arus deras (ORAD) dan wisata petualangan (adventure tourism),  oleh karenanya aktivitas body rafting  dalam jelajah curug Naga mensyaratkan pengetahuan dasar tentang keselamatan dan perlengkapan keselamatan serta kesiapan fisik, mental dalam pengarungan curug Naga.

Selain pengetahuan dasar atas obyek wisata komplek air terjun Curug Naga, maka dalam melakukan body rafting dan penjelajahan air terjun peserta akan diberikan pengetahuan dasar tentang kawasan dan obyek air terjun yang akan di jelajahi oleh wisatawan, begitupuan dengan  perlengkapan keselamatan yang akan di gunakan pada aktivitas body rafting dan jelajah curug naga.

Beberapa perlengkapan yang wajib di gunakan dalam body rafting curug Naga yaitu :

  • Body protector ; meliputi pelindung siku sampai lengan, juga pelindung lutut hingga tulang kering kaki. Body protector memiliki kekuatan dan kekerasan pada bagian luar namun lembut di bagian dalam karena terdapat material berbahan busa.
  • Pelampung (life jacket); memiliki fungsi sebagai penahan beban badan agar terapung pada saat berada di air, selain untuk perlindungan bagian tubuh pada saat body rafting maupun cliff jumping.
  • Helm / Helmet ; Helm merupakan pelindung terhadap benturan dikepala pada saat melakukan jelajah curug naga, Helm yang baik adalah kuat, ringan, tahan air, dan yang tidak mengganggu pergerakan serta pandangan mata. Helm yang biasa dipakai dalam jelajah curug naga terbuat dari bahan plastik dengan busa pada bagian dalamnya. Helm berbahan plastik bersifat lentur dan tidak mudah pecah.

Lokasi Curug Naga

Curug Naga berada di Lerengan Barat Gunung Paseban, di Kp. Citamiang Desa Megamendung Puncak Bogor. Lokasi Curug Naga dapat ditempuh dari dua arah jalan yaitu jalan Cilember dan jalan Pusdik Resintel Megamendung.

Paket Body Rafting dan Jelajah Curug Naga

Terdapat tiga kategori paket Body Rafting dan Jelajah Curug Naga dan camping di Highland camp Curug Panjang pada tahun 2021, yaitu.

Paket Body Rafting

UraianHarga Paket
Jelajah Curug Naga (3 air terjun)Rp. 180.000,-
Jelajah Curug Naga (2 air terjun)Rp. 145.000,-
Body Rafting Curug NagaRp. 130.000,-
Tiket wisata curug Panjang Rp. 12.000,-

Paket Camping

UraianHarga Paket
Camping plus di Highland CampRp. 365.000,-
Camping Keluarga di Highland CampRp. 265.000,-
HTM Highland Camp Curug PanjangRp. 66.000,-

Simpulan Body Rafting dalam jelajah curug Naga

Body rafting dalam jelajah curug Naga termasuk pada wisata minat khusus berbasis petualangan. Durasi jelajah air terjun yang dapat memakan waktu 1,5 s.d 4 jam dan hanya dapat diikuti oleh oleh rentang usia antara 17 – 50 tahun atau usia diatas 14 tahun dengan postur tubuh yang layak dan dianggap mampu ini akan melintasi hutan, menapaki tebingan bebatuan untuk mencapai terjunan air, menyusuri arus yang searah aliran sungai ketika aktivitas body rafting, beberapa aktifitas lainnya adalah river trekking, cliff jumping dan water free fall dan berenang di kolam terjunan air curug priuk, Barong, dan curug Naga.

Terdapat beberapa paket body rafting dalam jelajah curug naga yaitu paket jelajah tiga air terjun, dua air terjun, dan satu air terjun, serta paket-paket camping yang dilakukan di Highland Camp, meliputi paket camping keluarga dan paket camping plus.

Baca lebih lanjut :


This entry was tagged in body rafting curug naga camp and curug naga, trekking curug naga, air terjun curug naga, wisata curug naga, jelajah curug naga, cliff jumping curug naga, susur sungai curug naga, wanawisata curug naga, curug panjang, curug barong, curug periuk, curug orok, curug bulao, air terjun curug naga, air terjun naga.