Classic camping

Classic camp atau kemah classic adalah genre berkemah dengan menggunakan tenda [1] yang biasa dipakai oleh para pencinta alam, pendaki ataupun para peneliti dalam sebuah ekspedisi dengan lebih mengutamakan kenyamanan fasilitas tenda, venue dan aktifitasnya. Kenyamanan fasilitas alam dan buatan dan aktivitas dalam classic camping berbalut dengan kemewahan dan kemegahan alam dan lingkungan berkemah.

Kemewahan dan kemegahan alam yang dimaksud adalah lingkungan tempat berkemah yang masih alami dengan segala pesona estetika bentang alam dan kekayaan hayati yang terjaga secara baik sehingga terjadinya kesimbangan hidup antara manusia, alam dan mahluk hidup yang mendiami sebuah kawasan lingkungan hutan dan dapat memberikan kenyamanan pada pekemping.

Video – 1 : Classic camp

Whatsapp

Belakangan ini classic camp banyak digandrungi oleh pekemping keluarga, baik oleh penghobi ataupun sebagai wisata keluarga. Dengan peralatan yang lengkap untuk menikmati alam dengan cara berkemah[2] para pekemping classic serta-merta membawa tenda serta perlengkapan berkemah perlengkapan tidur, alat-alat memasak dan berbeque, dls  untuk pemenuhan selama tinggal sementara di alam bebas.

Selain para pekemping yang menyediakan perlengkapan berkemah dengan standar fasilitas dan pemilihan lokasi berkemah[3]  yang nyaman menurut versinya, beberapa pebisnis classic camping  membangun venue dan menyediakan perlengkapan classic camping dengan standar-standar kenyamanan pada gendre classic camp

Pada Classic camp, bukan sebatas perlengkapan dan fasilitas berkemah yang harus dilengkapi dengan beragam aktivitas wisata minat khusus dengan nyaman dan menyenangkan, namun classic camp mensyaratkan tempat berkemah atau camping ground pun harus berada dalam kawasan yang nyaman, sejuk, bersih, indah dengan kelengkapan fasilitas wisata minat khusus yang tersedia, karena classic camp tergolong pada wisata minat khusus.

Ada tiga komponen yang harus terpenuhi dalam classic camp, ketiga hal tersebut merupakan pendukung kemping classic, yaitu :

  • Venue : lokasi camping yang nyaman, sejuk, bersih, indah dengan segala macam fasilitas alam maupun buatan  menjadi faktor utama dalam classic camping. Fasilitas alam yang dimaksud berupa tempat wisata berbasis alam seperti air terjun, lansekap alam, danau, tempat hiking atau trekking, jalur interpretasi, dls. Adapun fasilitas buatan merupakan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kegiatan berkemah dengan nyaman.
  • Peralatan berkemah : berupa fasilitas menginap sementara dengan segala peralatannya guna mencukupi kebutuhan pekemping dan beraktivitas dengan nyaman.
  • Aktivitas : adalah kegiatan yang dilakukan dalam spot berkemah seperti memasak, bermain, belajar, dls  ataupun yang dapat dilakukan dalam kawasan camping ground berupa wisata alam, wisata petualangan seperti hiking/treking, susur sungai dan lainnya.

Classic camping tidak sebatas hanya berkemah yang umum dilakukan oleh pendaki atau peneliti yang sedang melakukan ekspedisi, namun melakukan rutinitas kegiatan pada saat liburan dengan tenda sebagai tempat menginap sementaranya. Kegiatan berkemah berupa aktifitas guna pemenuhan konsumsi selama tinggal di perkemahan, pemenuhan kebutuhan rekreasi atau hiburan, belajar dan lainnya.

Berkemah adalah kegiatan rekreasi di luar ruangan. Kegiatan ini dilakukan untuk beristirahat dari ramainya perkotaan atau dari keramaian secara umum dengan menikmati keindahan alam.

Wikipedia
Video 2 : CNN News

Baca Juga :
Glamping; pembiasan atas pakeman glamorous camping

This entry was tagged in classic camp and kemping classic, camping, kemah classic, camping classic di puncak, camping classic di bogor, tempat camping classic, venue classic camp.
.

Catatan kaki[+]