3 lokasi Campervan Ground di Puncak Bogor Jabar

Mode wisata dengan menggunakan kendaraan Campervan saat ini banyak digemari oleh wisatawan domestik di Indonesia. Sebagian masyarakat yang ingin merasakan sensasi wisata ini, menjadikan mobilnya didesain layaknya kendaraan camper van, namun sebagainnya lagi tidak melakukan perubahan pada kendaraan, namun dengan mendirikan tenda disamping kendaraan pada perkemahan khusus campervan.

Adalah Highland camp Curug Panjang zona campervan dengan pemandangan citylight dan gunung salak yang menyediakan lokasi perkemahan untuk mendirikan tenda disamping mobil, lainnya adalah Samara camp Curug Naga yang berada di sebelah barat laut Highland camp untuk anda dapat merasakan sensasi wisata camper van ataupun berkemah disamping mobil.  

Whatsapp

Selain Highland camp Curug Panjang zona Campervan dan Samara Curug Naga di kawasan wisata alam curug panjang untuk dapat menikmati berkemah dengan tenda didirikan disamping kendaraan, tempat lainnya adalah bukit golf cibodas camping ground, Gayatri Mountain Adventure camp, kampoeng awan aeventure and education camp, dan lainnya.

Dalam kawasan wisata curug panjang dimana terdapat dua campsite yang dapat digunakan untuk memarkir campervan ataupun mendirikan tenda disamping mobil, disela-sela aktivita berkemah, para camper dapat melaukan wisata air di curug panjang dan komplek air tejun curug naga, aktivitas lainnya adalah hiking, trekking hutan, susur sungai, jelajah air terjun, dls.

Lain halnya ketika anda memarkirkan camper van ataupun mendirikan tenda disamping kendaraan di bukit Golf Camping Ground Cibodas yang sebagain besar area nya adalah dataran terbuka dikaki gunung gede. Di bumi perkemahan ini, pekemping dapat berwisata ke kebun Raya Cibodas dan air terjun cibeurem yang dapat di tempuh setengah hari perjalanan, disela-sela melakukan aktivitas berkemah.

Highland Camp Zona Camper Van Ground Puncak

Zona Campervan yang berada dalam kawasan bumi perkemahan Highland camp curug panjang berada disebelah barat laut zona Halimun, Ciputri dan situhiang. Zona ini memiliki pemandangan gunung salak dan citylight pada malam harinya. Dengan kontur berundak, Zona Campervan di Highland camp memungkinkan setiap pekemping tidak bercampur dengan pekemping lainnya.

Zona Camper Van dikawasan Highland camp merupakan sebuah enclave yang dikelilingi oleh hutan pegunungan bawah, zona ini memiliki keberagaman campsite dengan daya tampung mencapai 30 unit kendaraan dengan tenda berada disampingnya. Sebuah campsite yang menghadap gunung salak dengan pemandangan kemeriahan lampu kota pada malam harinya telah menjadi daya tarik bagi para camper, campsite lainnya memiliki keunggulan pemandangan hutan, perbukitan dan lembahan.

Samara Camp Curug Naga Puncak

Samara camping ground banyak diminati oleh kelompok pekemping yang menginginkan tenda-tendanya dididirikan disamping kendaraan. Tempat camping disekitaran curug Naga ini memiliki lapangan besar yang lokasinya dekat dengan tempat wisata. Samara camping ground berada di Citamiang, desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Bogor. Camping ground yang bersebelahan dengan tempat wisata curug Panjang dan curug Naga ini memiliki daya tampung s.d 300 orang untuk family camp dan dapat memarkir sekitar 30 campervan ataupun tenda-tenda yang didirikan disamping mobil.

Baca Juga :
Samara curug Naga Camping Ground

Bukit Golf Camping Ground Cibodas Puncak

Tempat camping yang diperbolehkan mendirikan tenda disamping kendaraan adalah Bukit Golf Cibodas Camping Ground. Dahulunya lapangan hijau dengan kontur datar yang ada di kawasan wisata cibodas dengan latar gunung gede pangrango merupakan lapangan golf, sehingga akhirnya disulap menjadi tempat untuk berkemah terluas di kawasan wisata Cibodas pada tahun 2013.

Dengan latar pemandangan Gunung Gede Pangrango dan hutan hujan tropis yang mengitari areal perkemahan, Bukit Golf Cibodas Camping Ground memiliki kelengkapan fasilitas untuk berkemah classic ataupun campervan, fasilitas yang ada saat ini di Bukit Golf Camping Ground Cibodas merupakan warisan fasilitas lapangan golf seperti toilet, jalan diantara lapangan-lapangan berkemah dan lapangan parkir, aula kegiatan, gedung pengelola sebagai tempat information centre, dls.

Sementara fasilitas alam yang dapat dinikmati ketika sedang melakukan campervan adalah kumpulan-kumpulan pohon pada sebagian lapangan berkemah, air tejun dengan kolam yang sudah di sudah ditata dengan tembok, sungai yang berada di barat laut bumi perkemahan, hutan yang mengitari bumi perkemahan bukit golf Cibodas camping ground dengan tebingan menjulang yang berada di selatan bumi perkemahan, dls.

Baca Juga :
Bukit golf Cibodas Camping Ground

Camper Van Ground terbaik di Jawa Barat

Selain Highland Camp Zona Camper Van Ground yang berada di Puncak Bogor dengan pemandangan city light dan gunung salak, Campervan ground terbaik lainnya yang terdapat di Jawa Barat adalah Green Grass Cikole, Campervan Park Sari Ater, Subang, Datar Pinus, Pangalengan, Ranca Upas, Ranca Cangkuang, Gambung, Ciwidey, Gunung Bunder Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Perlu diketahui bahwa pengertian campervan di Indonesia bukan sebatas merujuk pada kendaraan yang memiliki fungsi transfortasi dan akomodasi dalam sebuah van, namun merujuk pada kegiatan mendirikan tenda disamping mobil dibumi perkemahan yang mengizinkan site nya untuk dimasuki oleh kendaraan, kendatipun bukan kendaraan Campervan atau Van Camping, kegiatan tersebut masih dikatagorikan campervan.

Campervan Park Sari Ater, Subang

Campervan Park Ciater merupakan fasilitas terbaru yang dimiliki oleh Sari Ater yang diluncurkan pada awal Februari 2021 lalu, berada di Palasari, Ciater, Subang. Areal Campervan park yang luas dengan latar belakang bukit pinus Palasari ini memiliki fasilitas sungai air panas alami yang dapat dipergunakan untuk bermain air panas.

Ranca Upas, Bandung

Ranca Upas camping ground atau kampung cai Rancaupas merupakan bumi perkemahan, tempat penangkaran rusa, kolam pemanduan air panas  dan tempat wanawisata  yang berada Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM. 11, Bandung selatan, atau sekitar 50 Kilometer arah selatan pusat Kota Bandung dan 6 Km arah tenggaranya Kawah Putih.

Kawasan Ranca upas memiliki luas area sebesar  215 hektar, berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, Ranca Upas merupakan hutan pegunungan yang banyak didapati sejumlah pohon yang sudah tergolong langka seperti Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kitambang, Kurai, Pasang, pohon Puspa, dan banyak lagi.

Green Grass Cikole, Bandung

Green Grass Cikole yang dahulunya lebih populer dengan nama zona 235 Cikole Lembang, berada di Cikole Jaya Giri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Dengan luas area sekitar 24 hektar yang terbagi dalam 4 blok ini dapat menampung s.d 2000 orang pekemping. Di Green Grass Cikole terdapat area meeting outdoor dengan nuansa alam pepohonan pinus.

Green Grass Cikole yang dikelola oleh Perhutani Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Divre Janten, berada dalam wilayah wisata alam Cikole, berdekatan dengan Cikole Jaya Giri Resort, Bandung Treetop, Orchid Forest dan Tangkuban Perahu.

Wisata Camper Van

Mobil camping menggambarkan van yang telah dipasangi bodi tambahan untuk digunakan sebagai akomodasi pada perjalanan-perjalanan wisata. Kendaraan ini merupakan mode transfortasi sekaligus akomodasi dalam satu kesatuan. Dalam unit-unit campervan terdapat toilet dan shower untuk mandi, dapur, tempat tidur dan kabin-kabin keluarga.

Memang, wisata dengan menggunakan Campervan akan lebih mahal dibandingkan dengan akomodasi menggunakan hotel sebagai tempat menginapnya, hal ini karena sewa kendaraan Campervan dan biaya perjalanan akan jauh lebih tinggi dibandingkan wisata dengan menginap di hotel.

Konsep wisata Campervan hampir terdengar sama dengan konsep wisata Roadtrip, pembedanya pada wisata camper van sekelompok wistawan tidak perlu direpotkan oleh akomodasi, karena kendaraan van tersebut merupakan akomodasi yang berjalan, sehingga dimanapun wisatawan dapat beristirahat dan santai.

Memang wisata campervan akan lebih mahal dibandingkan dengan wisata biasa dengan akomodasi di hotel atau penginapan lainnya. Hal ini karena wisata campervan begitu unik, dan dibalik uniknya konsep mobil sebagai ruangan dan pesona destinasi yang dijelajahi, beberapa hal yang harus dipahami sebelum mengendarai campervan untuk wisata:

1. Menggali informasi tentang Campervan

Karena Wisata Campervan tergolong baru dan belum umum, wisatawan harus menggali informasi sedetail-detailnya terkait dengan Camper Van, hal ini untuk memudahkan ketika perjalanan, karena Mampu menyetir jarak jauh bukan satu-satunya syarat untuk bisa memulai wisata campervan.

2. Menggkemas barang bawaan secara praktis .

Ruangan Campervan sangat terbatas serta tidak terlalu besar, oleh karenanya wisatawan di anjurkan untuk berkemas secara ringkas dan ringan, serta tidak perlu membawa banyak barang seperti baju atau sepatu saat wisata campervan. Mengemas dan membawa barang bawaan yang banyak akan mempersempit area duduk dan area tidur dalam mobil campervan.

3. Memahami medan dan cuaca pada saat Wisata Campervan.

Dalam menempuh satu destinasi menuju destinasi lainnya dalam wisata campervan, akan melewati banyak tantangan perjalanan, salah satunya adalah medan yang berat dan cuaca yang extrem seperti hujan besar dan lainnya, oleh karena nya kesiapan perlengkapan untuk menghadapi persoalan perjalanan harus di rencanakan dengan matang.

4. Mempersiapkan kemandirian dalam wisata Camper Van

Ketika wisatawan menginap di hotel atau tempat menginap lainnya, pelayanan kamar dan makanan akan dapat dengan mudah didapatkan, hal ini tentu berbeda ketika wisata Camper Van, seorang wisatawan harus melayani dirinya secara mandiri, karena tidak ada pelayan dalam Camper Van.

Rute Wisata Camper Van di Jawa Barat

Banyak Rute Camper Van di Jawa barat seperti rute Bogor, Rute Bandung, Rute Pangalengan malahan Rute Overland Jawa Barat yang meliputi lintas kota / kabupaten di Jawa Barat..

Rute Bogor

Rute wisata Camper Van di Bogor meliputi area Bogor kota, Sentul, Puncak hingga Cibodas Untuk paket trip, para camper bisa berkemah di Highland camp Curug Panjang atau di sekitar area Gunung Pancar Hutan Pinus di Sentul. Biasanya trip memakan waktu 2D1N atau 3D2N.

Beragam kegiatan wisata campervan di Bogor meliputi, wisata alam, wisata minat khusus, wisata petualangan dan tentunya berkemah.

Rute Pangalengan

Rute trip ke Pangalengan, kabupaten Bandung ini jadi salah satu yang dicari, karena Pangalengan juga terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan udaranya yang dingin. Rute Campervan ke Pangalengan memiliki dua titik star, yaitu  dari Jakarta dan dari Bandung, Para Camper biasanya memarkirkan campervan nya  di Camping Ground Ranca Upas.

Campervan di Indonesia

Liburan dengan menggunakan mobil bertransmisi manual campervan atau camper SUV akhir-akhir ini semakin banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Mobil berjenis Camper Van ini memiliki banyak fasilitas, seperti meja kursi, suplai air bersih, kulkas mini, hingga alat masak.

Selandia Baru merupakan negara yang lebih dulu mempopulerkan konsep wisata nomadik ini. Dan, saat ini di Indonesia banyak pengusaha transfortasi yang melirik model bisnis transportasi sekaligus akomodasi ini dengan jalur perjalanan yang sudah didesain dalam itenerery wisata Camper Van.

Hal yang berbeda dengan penyebutan camping disamping mobil yang belakangan ini digandrungi oleh para camper. Dalam hal tersebut, itu bukanlah konsep camper van, namun kendaraan sebagai alat pengangkut alat-alat berkemah selanjutnya para camper memasang tenda di samping kendaraan.

Antara mobil campervan dan Caravan

Wisata Campervan atau liburan dengan menggunakan mobil camping. baru dikenal di Indonesia belakangan ini, wisata yang pertama kali dipopulerkan di selandia baru kini populer di Europe, Amerika dan Australia Campervan ataupun Caravan adalah kendaraan self-propelled yang menyediakan transportasi sekaligus akomodasi untuk beristirahat dalam satu kesatuan.

Campervan

Campervan adalah kendaraan dengan rumah yang menyatu dengan bagian kemudi namun beberapa campervan juga memiliki pembatas sendiri di bagian dalamnya. Campervan juga sering disebut RV dengan van yang cukup panjang. Untuk isian rumah tidak berbeda jauh dengan caravan hanya saja ukurannya memang sedikit lebih kecil. Namun saat ini sudah banyak campervan dengan ukuran yang luas bahkan ada 2 tingkat.

Caravan

Caravan merupakan kendaraan dengan rumah yang terpisah biasanya berupa jip atau trailer dengan ukuran 4×4 atau juga ukuran yang lebih besar dibandingkan mobil penarik. Biasanya trailer ini berupa rumah portabel yang didalamnya berisi semua peralatan rumah tangga yang dibutuhkan termasuk dapur kecil atau stasiun kecil untuk memasak, kamar tidur terpisah tergantung ukuran trailer, dan juga kamar mandi kecil namun tidak semua caravan memiliki kamar mandi kecil. Sumber : osrepublik

Varian mobil Camper Van

Kendaraan camperven banyak didominasi oleh mobil dengan long sasis atau sasis panjang dan dengan kemampuan mengangkut penumpang sebanyak 4-7 orang setiap unit nya. Beberapa varian camper van diantaranya malah mendekati sasis bus atau truk yang dialihfungsikan untuk Camper. Varian Campers banyak dikembangkan oleh perusahaan Ford, Toyota, Mercedes, FIAT dan lainnya.

    1. Trakka Trakkaway 700 FWD; Kendaraan seharga USD 114.300 ini tidak dibentuk panjang, namun memiliki kemampuan offroad yang baik. Trakkaway 700 menggunakan platform Fiat Ducato, dengan penggerak roda depan, menggunakan mesin Euro 6 2.3 liter, turbocharger dan intercooler. Kendaraan ini mampu mendorong tenaga 180 hp, dan torsi 400 Nm di medan semi offroad.
    2. Gala RV Montecarlo 2100 LX  : Kendaraan Camper Van seharga USD 140.000 ini dikembangkan oleh Gala RV dari Quebec, Kanada. Camper van Gala RV Montecarlo 2100 LX memiliki keistimewan pada sektor interiornya yang menggunakan bahan carbon composite. Interior yang modern dan bersih dengan kemewahan pada stitching berpola berlian dibagian sofa, sementara pada kabinet dan dindingnya menggunakan kontur dan disesuaikan. Camper van Gala RV Montecarlo 2100 LX memiliki kamar mandi yang smart, wastafel dapat tempatkan diluar, sehingga kamar mandi bisa cukup untuk 2 orang Pada ruang depan kendaraan ini memberikan nuansa energik untuk bekerja, sementara ruang belakang untuk istirahat.
    3. Morelo Palace 88 LB ; Kendaraan seharga USD 249.200 memiliki dimensi bodi sepanjang 869 cm. Layaknya sebuah middle bus yang hanya menggunakan 4 roda ini semua sektor dibangun secara premium, tidak hanya unsur teknologi, finishing dengan kualitas material, tata letak yang beragam, Interior kulit menambah sisi elegan, fitur anti maling, kursi pengemudi yang bisa diputar, posisi kursi yang tinggi, 6 titik kaca spion, jarak overhang yang rendah dari depan, dls telah menempatkan Morelo Palace 88 LB merupakan Camper Van kelas Premium. .
    4. Frankia 7900 GD Platin;  Kendaraan dengan harga USD 172.000  besutan Mercedes Benz Eurosprinter 519 menjadi varian van yang paling digemari. Frankia 7900 GD Platin Bermesin 6 silinder, menghasilkan power 190 hp, memiliki dimensi panjang 798 cm, lebar 230m, dan tinggi 325 cm. Dengan ruang headrom 198 cm, kendaraan ini cukup lega untuk mobilitas s.d 4 orang penumpang, termasuk 4 sleeping bad. Ruang utama yang cukup besar dengan menggabungkan ruang kokpit dan ruang tengah dan kursi yang bisa diajustable arahnya. Pada kendaraan ini terdapat sebuah lemari es, microwave, tiga tungku kompor, dua buah toilet. Kamar tidur yang luas, satu statis dan yang lain bisa diajustable naik turun, memiliki beberapa titik socket seperti di kamar mandi, dapur, dan ruang utama (living room). Fitur lain seperti kombiflex roof combi antena, ALDE compact pemanas air, TV LED 22 incim dan menampung air bersih hingga 150 liter air bersih.
    5. Kendaraan Camper Van lainnya adalah Kaumann Ford Mobil Dexter 570 4×4 (USD 57900), Wellhouse Toyota Matino 2 (USD 55.400), Dethleffs Globeline (USD 94.500), Swift Kon_Tiki Sport 560 (USD 77.300), RB Component Swatooth 04 4X4, Auto Sleepers Winchcombe (USD 103.300). Sumber : blackxperience

Simpulan tempat campervan di Puncak Bogor Jabar

Yang marak belakangan ini wisata camping dengan tenda di samping kendaraan camper, itu bukanlah Camper Van, itu dapat disebut dengan camping dengan tenda yang didirikan disamping kendaraan. Dalam hal ini mobil digunakan sebagai model transportasi sekaligus pengangkut peralatan-peralatan berkemah.

Sementara itu Camper Van adalah unit-unit van yang didesain untuk pekemping (camper), dimana didalamnya terdapat peralatan selayaknya di rumah seperti tempat tidur, kamar mandi, dapur dll.

Beberapa tempat berkemah di puncak Bogor memiliki site untuk memarkir campervan dan pula sebagai tempat untuk camping disamping kendaraan. Tiga tempat yang populer untuk wisata camping disamping kendaraan ataupun untuk memarkir camper Van adalah Highland camp Curug Panjang zona Campervan, Samara curug naga camp dan bukit golf Cibodas Camping Ground.


This entry was tagged in campervan and camper van, campervan di puncak, campervan di bogor, tempat campervan, tempat camper van, camper van di puncak, camper van di bogor, campervan puncak bogor, kendaraan campervan, mobil camper van.
.