Samara Camp; Tempat berkemah yang bersebelahan dengan curug Naga dan Curug Panjang

Highland Camp Samara adalah termpat camping yang berada di sebelah utara komplek air terjun Curug Naga. Tempat camping yang berbatasan dengan pos-1 tiket wisata curug Panjang ini diperuntukan sebagai destinasi camping keluarga dan Campervan ground dengan beragam aktivitas wisata minat khusus nya seperti wisata air terjun curug Panjang, jelajah curug Naga, hiking/treking hutan, susur sungai, body rafting, dan lainnnya.

Whatsapp

Pada kawasan wisata alam Curug Panjang terdapat beberapa tempat camping dengan nuansa alam perbukitan, hutan dan elemen air. Salah satunya adalah camping ground Samara yang dapat menanpung pekemping s.d 300 orang.

Dan, tempat camping  yang terluas dalam kawasan wisata alam curug Panjang adalah Highland camp Curug Panjang yang dapat menampung hingga 800 orang pekemping. Kedua camping ground ini dipisahkan oleh aliran sungai Ciesek dimana disepanjang  aliran sungainya terdapat komplek air terjun Curug Naga dan air terjun Curug Panjang.

Baik Samara camping ground ataupun Highland camp lokasinya bersebelahan dengan air terjun Curug Naga dan komplek air terjun curug panjang ini banyak diminati oleh kelompok camping keluarga, komunitas dll. Khusus untuk camping Ground samara, beberapa campsite didesain untuk mengakomodir kemah bergendre campervan.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ketika camping di Samara camp adalah hiking/trekking hutan, susur sungai, jelajah air terjun, wisata curug, dll.

Baca juga :
Curug Naga sebagai tempat wisata alam dan camping di Puncak Bogor


Review Samara Camping Ground Megamendung

Samara camping ground berada di Citamiang, desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Camping ground yang bersebelahan dengan tempat wisata curug Panjang dan curug Naga ini memiliki daya tampung s.d 300 orang untuk family camp, campervan maupun untuk kegiatan gathering, outing dan outbound dengan tenda sebagai akomodasinya.

Disekitar camping ground Samara Camp terdapat beberapa tempat berkemah lainnya yaitu Camp Curug Naga, Citamiang camping ground dll yang dapat di tempuh dengan melewati jalan Megamendung, dan camping ground Taman Alam Matahari (TWM) dan Highland camp Curug Panjang dapat di jangkau dengan melewati jalan Cilember. 

Baca Juga :
Highland Camp Curug Panjang

Fasilitas Samara Camping Ground

Samara camping ground memiliki beberapa fasilitas dalam memenuhi kebutuhan pekemping ketika berkemah, yaitu :

  1. Campsite : terdapat beberapa campsite (tempat/lapangan mendirikan tenda) yang berukuran kecil, sedang dan besar.
    • yang terbesar berada di tengah kawasan camping dengan kafasitas tampung sekitar 20 tenda jika untuk camping kelompok, dan kalau digunakan campervan, daya tampungnya sekitar 15 mobil lengkap dengan tenda yang berada di sampingnya. 
    • Campsite berukuran sedang terletak di sebelah barat sampai utara, campsite ini dapat menampung sekitar 5-7 tenda atau 4-5 tenda dengan mobil berada disampingnya.
    • Campsite berukuran kecil berada di sebelah sebelah timur lapangan utama, dengan lokasi yang berkontur, setiap undakan dapat menampung 3-5 tenda, lokasi ini sering digunakan sebagai campsite camping keluarga.   
  2. Tempat parkir : Di Samara camp, mobil dapat diparkir disamping tenda, atau dipakir ditempat parkir khusus yang menyebar di sekitar area camp, tempat parkir yang tersedia dapat menampung sekitar 30 unit kendaraan.
  3. Toilet : terdapat 3 unit toilet yang menyebar di sekitar tempat berkemah.
    • 1 unit dengan 7 pintu berada di selatan camping ground, berbatasan dengan kawasan perhutani. 
    • Dua unit lagi menyebar di sekitar lokasi camp, masing masing unit memiliki 2 pintu.
  4. Warung : disekitar camp samara terdapat warung-warung yang menyediakan kebutuhan selama berkemah seperti makanan, kopi, dls, warung-warung ini berada di timur laut camp, atau 50 meter sebelum pos 1 tiket curug panjang
  5. Pos : 50 meter setelah pintu gerbang Samara camp, terdapat sebuah base / pos sebagai pusat informasi.

Aksebilitas menuju Camp Samara

Untuk mencapai camping ground samara dari pertigaan megamendung atau mesjid Nurul Huda Megamendung dapat di tempuh dengan perjalanan dengan kendaraan roda 4 atau roda 2 sepanjang 6.5 km, melewati jalan Pusdik Serse Megamendung, lalu dilanjutkan menuju arah Bank Mega dengan mengambil arah menuju Curug Panjang pos 1.

Dari Bank Mega, pekemping akan diperhadapkan pada jalanan dengan suasana hutan yang berada di kiri dan kanan jalan. disepanjang perjalanan terdapat beberapa komplek pervilaan. Banyak jalan berkelok menuju camping ground samara dengan lebar jalan sekitar 2,5 s.d 3,5 meter. Oleh karenanya diperlukan kehati-hatian ketika melintas jalan dari Bank Mega sampai Samara camp.

Samara camp untuk kemah keluarga

Camping keluarga adalah kegiatan rekreasi keluarga yang dilakukan di alam terbuka dengan tidur menggunakan tenda sebagai tempat tinggal sementara. Selain sebatas wisata, camping keluarga memiliki tujuan untuk mendapatkan pengalaman petualangan di alam bebas dan pembelajaran tentang lingkungan hidup serta membangun kualitas kebersamaan dalam keluarga.

Beberapa kegiatan dapat dilakukan ketika camping keluarga yaitu telusur sungai (river track), hiking / treking, pengamatan satwa liar, api unggun dan berbeque, bermain ke Curug Panjang, memasak nasi liwet, menanam Pohon, dls.

Baca Juga :
Camping Keluarga di Puncak Bogor – Seri Paket Berkemah

Samara camp untuk Campervan

Di Samara camping Ground, beberapa campsite didesain untuk kemah dengan genre campervan, dimana tenda dapat dibangun di samping mobil pekemping. Camping dengan gendre campervan belakangan ini banyak di gandrungi, kendatipun sedikit menyimpang dari konsep campervan sesungguhnya.

campervan samara camp

Aktivitas di Samara Camping Ground

Aktivitas wisata yang dapat dilakukan ketika berkemah di Samara camping ground adalah kegiatan wisata berbasis air terjun dan wisata alam, yaitu jelajah curug Naga dan wisata air terjun. beberapa kegiatan lainnya adalah hiking, susur sungai, dll.

Jelajah Curug Naga

Jelajah air terjun curug naga merupakan wisata berbasis petualangan (adventure based) yang kegiatannya dilakukan pada 4 air terjun dengan lingkungan yang eksotis yang berada pada kawasan pariwisata alam curug panjang, di punggungan barat daya gunung Paseban.

Jelajah Curug Naga memiliki durasi petualangan antara 2-4 jam tergantung pemilihan paket penjelajahan. Ada 2 ragam paket yang menjadi pilihan ketika ingin merasakan sensasi berpetualang disela-sela aktivitas berkemah di Samara camp, yaitu pilihan jelajah 2 curug dan jelajah 3 curug. Beragam sensasi dapat dirasakan ketika berjelajah, seperti sensasi cliff jumping, body Rafting, mendaki bebatuan, rappeling dan sensasi menjelajah jalanan setapak dibawah rimbunan tajuk tegakan dan menyusuri dinginnya arus sungai.

Baca Juga :
Jelajah Curug Naga, wisata di Puncak Bogor berbasis Adventure

Wisata air terjun

Curug panjang merupakan wisata air dengan daya tarik utamanya adalah air terjun curug panjang, air terjun curug panjang yang memiliki kolam terjunan air berdiameter 10 meter merupakan destinasi wisata massal.

Biasanya wisatawan akan melakukan aktivitas berenang di kolam terjunan air ketika berwisata di air terjun curug panjang, selain sebatas santai dibebatuan besar.

Baca Juga :
Wisata alam curug panjang

Tempat wisata terdekat dari Camp Samara

Air terjun Curug Panjang

Pos tiket 1 air terjun curug Panjang berada 50 meter di timur laut Samara camp. Untuk menuju air terjun curug panjang, pekemping harus berjalan kaki sepanjang + 500 meter dari pos tiket. Jalanan setapak berbatu dengan hutan disepanjang kiri kanan nya merupakan satu-satunya trek yang dapat dilalui menuju air terjun curug panjang dari samara camping ground.

Air terjun curug panjang merupakan tempat wisata alam dengan terjunan air sebagai daya tarik wisata. Disebut air terjun curug panjang karena terjunan airnya membentuk lerengan (slope) sepanjang +20 meter, memiliki ketinggian terjunan air +4 meter, dengan kedalamannya mencapai 7 meter dengan kolam terjunnya berdiameter +10 meter, curahan air yang sejuk dan berwarna hijau tosca itu membentuk kolam besar, wisatawan dapat berenang di kolam air terjun curug panjang.

Disekitar air terjun curug panjang terdapat warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman, dan beberapa fasilitas untuk wisata lainnya seperti kamar mandi / toilet, area bermain, dan banyak lainnya.

Baca Juga :
Curug Panjang, Curug Naga dan Curug Bulao; air terjun di Bogor yang eksotis

Komplek air terjun curug Naga

Komplek air terjun Curug Naga merupakan komplek wisata minat khusus bergenre petualangan dengan menelusuri aliran sungai (body rafting), hiking/treking hutan. Curug Naga memiliki ketinggian terjunan air sekitar +28 meter dengan kedalamaan kolam terjun mencapai 12 meter, diapit oleh tebing-tebing tinggi yang atapnya tertutup oleh rimbunya pepohonan.

Tebingan di Curug Naga adalah batuan keras dan cadas merupakan spot alami untuk melakukan lompatan bebas untuk menguji adrenalin dengan melakukan terjun bebas (free falling) dari ketinggian 7-8 meter.

Air terjun curug Naga berada disebelah tenggara Samara camping ground.  Untuk mencapai air terjun curug Naga, dapat di capai dengan dari dua arah dengan berjalan kaki, yang pertama dari arah curug panjang pos 1 dan yang kedua dari arah camp curug Naga.

Baca Juga :
Wisata alam curug Naga

Simpulan Samara Camping Ground; Tempat berkemah yang berbatasan dengan Curug Panjang dan Curug Naga

Belakangan ini berkemah menjadi aktivitas wisata populer yang banyak di gandrungi oleh masyarakat lintas ekonomi, sosial dan pendidikan, Terdapat dua gendre dalam berkemah, yaitu classic camp dan glamour camping atau glamping.

Samara camping ground yang lokasinya berdekatan dengan tempat wisata alam curug panjang dan curug naga mengambil genre classic camp. Beberapa fasilitas pendukung kegiatan camping adalah campsite camping keluarga, campsite untuk canverpan dengan beragam luas, fasilitas lainnya adalah kamar mandi, warung dll.

Baca Juga :
Curug Naga Camping Ground ; Tempat berkemah di komplek air terjun curug Naga