Camping Keluarga di Puncak Bogor – Seri Paket Berkemah

Tiga (3) Seri berkemah keluarga yang ada di Highland Camp

Paket camping keluarga di Highland camp Puncak Bogor Jawa Barat memiliki 3 seri berkemah yaitu : seri kemah wisata A (akomodasi), wisata B (akomodasi + konsumsi), dan seri kemah Experience. Disetiap seri berkemah memiliki perbedaan yang menjadi penciri setiap serinya, meliputi 1. fasilitas berkemah yang diberikan pada keluarga, 2. aktivitas berkemah, dan 3. obyektif yang akan didapatkan oleh semua keluarga setelah kegiatan berkemah.

Berkemah untuk keluarga pada paket wisata A meliputi fasilitas yang disediakan hanya berupa akomodasi dengan kegiatan wisata. Dan paket wisata B, terdiri akomodasi, konsumsi, aktivitas journey dan wisata air terjun. Sementara itu paket camping keluarga seri Experience adalah adalah serangkaian kegiatan petualangan yang akan dialami bersama keluarga yang berpijak pada pendekatan adventure learning base, meliputi akomodasi, konsumsi dan full program keluarga dengan obyektifnya adalah edukasi, kebersamaan dan experience (out of comfort zone).

Manfaat kemping keluarga

Berkemah bersama keluarga, baik pada seri Wisata Camping Keluarga maupun seri Experience merupakan solusi pro-edukasi dalam mengisi liburan, sekaligus membangun komunikasi efektif dan kualitas sebuah kebersamaan dalam keluarga. Kegiatan berkemah bersama keluarga merupakan salah satu alternatif  liburan keluarga bergenre petualangan yang memiliki banyak manfaat, terutama bagi anak-anak.

“Camping keluarga adalah kegiatan rekreasi keluarga yang dilakukan di alam terbuka dengan tidur menggunakan tenda, bertujuan guna mendapatkan pengalaman petualangan di alam bebas dan pembelajaran tentang lingkungan hidup serta membangun kualitas kebersamaan dalam keluarga”  

Whatsapp

Paket Camping Keluarga seri Wisata

Selain untuk lebih mendekatkan hubungan antar sesama anggota keluarga, seri wisata berkemah dapat menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan hidup, serta menanamkan rasa cinta kasih pada alam, mengasah ketrampilan dan kreatifitas di alam bebas, dan memberi manfaat positif secara langsung maupun tidak langsung bagi sebuah keluarga.

Kunci keberhasilan berkemah bersama keluarga adalah perencanaan dan persiapan yang matang, hal ini karena ketika berkemah semua anggota keluarga akan dihadapkan pada situasi dan kondisi yang tidak biasa dengan keadaan keseharian setiap anggota keluarga. Kondisi alam dan lingkungan ditempat perkemahan akan berbanding terbalik dengan kondisi ketika di rumah dan ketika melakukan aktivitas di perkotaan. Oleh karenanya, kenyamanan dan keamanan harus menjadi prioritas yang harus diperhatikan semenjak dari awal, sehingga liburan camping bersama keluarga akan berkesan dan dapat memberikan banyak pengalaman serta pengetahuan yang berharga.

Camping keluarga merupakan solusi pro-edukasi dalam mengisi liburan, sekaligus membangun komunikasi efektif dan kualitas sebuah kebersamaan dalam keluarga.

– Kiade –

Dua paket dalam wisata camping keluarga

NOMOR:#FCW-2D1N.19
JENIS:WISATA  
DURASI:2D1N
VENUE:Highland Camp
FASILITAS:Campsite Kendeng zona Ciputri
Tenda dome (double layer)
Kasur, selimut dan bantal
Matras 
Hammock
Api unggun
Pendamping
Equipment (standar Highland) 
Min Paket:4 orang
INVESTASI:Paket A : IDR. 265K / orang
Paket B : IDR. 365K / orang

[customize] Paket ini dapat di sesuaikan dan atau ditambah-kurangkan sesuai dengan kebutuhan rencana camping keluarga

Aktivitas camping keluarga seri wisata 2D1N

Memainkan beberapa permainan dan melakukan kegiatan interaktif yang dapat membangun komunikasi aktif bersama keluarga, merupakan aktivitas dalam mengisi waktu luang saat berkemah bersama keluarga. Beberapa permainan dapat dilakukan seperti sepak bola, volly ball sederhana, estafet hulahop, lainnya aktivitas memasak di alam, membaca buku, berhammock atau sebatas bincang keluarga depan perapian atau pun tenda.

Ada beberapa aktivitas umum yang dapat dilakukan di Highland Camp pada saat sebuah keluarga berkemah. Program camping keluarga dibawah ini di simulasi kan untuk sebuah keluarga dengan dua anak yang berumur 8 tahun dan 10 tahun. Kedatangan keluarga berkisar sebelum makan siang, hal yang pertama dilakukan adalah menikmati siang di Campsite Kendeng zona Ciputri.

1. Telusur sungai (river track)

Terdapat tiga anak sungai yang berbeda karakter dan arus air dalam kawasan Highland camp. Air sungai yang mengalir, berasal dari mata air yang terdapat di camp dan luar kawasan. Aktivitas telusur sungai dapat dilakukan pada hari pertama sekitar jam 3.00 PM ketika cuaca tidak hujan. Tidak sebatas menikmati arus aliran sungai yang jernih, pada telusur sungai, sebuah keluarga dapat belajar tentang keragaman biodiversity disekitar aliran sungai. 

2. Hiking / treking dalam Kemping keluarga

Hiking merupakan satu runtutan yang tidak dapat dipisahkan dalam aktivitas telusur sungai, karena setelah telusur sungai, sebuah keluarga akan melewati hutan untuk dapat kembali ke campsite Kendeng. Kegiatan telusur sungai dan treking ini dapat ditempuh dengan durasi waktu sekitar 90 menit petualangan.

3. Mengamati kunang-kunang 

Pengamatan  terhadap fenomena keindahan cahaya berkedip dari hewan nocturnal bertubuh lunak dan memanjang, bernama latin Lampyridae ini paling baik dilakukan antara pukul 19.30–22.00, ketika suhu berkisar antara 17–20 ⁰C, dalam keadaan cuaca tidak hujan. “Serangga ini akan menunggu dalam gelapnya malam untuk mempertunjukan cahaya dramatisnya ketika mereka saling mencari pasangan”. Selain untuk memberi tanda kawin, cahaya kunang-kunang berperan pula sebagai tanda peringatan antar-sesama jenisnya dari ancaman dan bahaya.  Jika beruntung, tidak sebatas di area Taman Kunang-Kunang, keindahan cahayanya akan terlihat di campsite Kendeng, disekitar aliran sungai yang mengitarinya. (D1-7.00 PM)

4. Api unggun dan berbeque menjadi kekhasan dalam kemah keluarga

Salah satu penciri dalam kegiatan berkemah adalah api unggun. Potongan kayu bakar, atau kumpulan dahan, ranting, jerami serta daun-daun kering yang disusun apik di perapian atau ditempat yang sudah dikhususkan itu di bakar untuk menghangatkan suasana malam di campsite Kendeng. Ada banyak kegiatan ketika hangatnya api unggun memeriahkan suasana malam, seperti berbeque, bernyanyi bersama atau sebatas duduk depan perapian sambil menikmati secangkir kopi hangat dan makanan ringan. (D1-8.00 PM)

5. Bermain ke Curug Panjang dalam wisata camping keluarga

Curug Panjang dapat di capai dengan berjalan kaki sekitar +10 menit dari Campsite kendeng, melewati jalanan berbatu dengan dominasi tutupan pinus merkusi. Curug Panjang merupakan air terjun yang membentuk lerengan (slope) sepanjang +/- 20 meter. Bentuknya yang memanjang, memiliki ketinggian terjunan air sekitar 4 meter. Anda dan keluarga dapat berenang dalam kubangan air dengan diameter 10 meter ini, atau hanya sebatas duduk duduk ditepian curug atau diantara  batu-batu hitam yang besar. (D2-9.00 AM)

6. Memasak nasi liwet (liwet siang)

Memasak nasi dengan api besar dan menggunakan kastrol dalam nuansa kebersamaan keluarga dan suasana tolong menolong untuk menyiapkan makan siang, akan menjadi pengalaman yang berkesan ketika camping. Memasak dengan api besar memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi bagi masyarakat perkotaan, dan atau memasak dengan menggunakan kompor portable merupakan salah satu kekhasan ketika berkemah. (Additional : D9-11.00 AM)

Semua perlengkapan memasak dan bahan masakan untuk memasak nasi liwet dipersiapkan oleh keluarga yang berkemah, Highland Indonesia hanya akan memberikan fasilitas berupa kastrol, kayu bakar dan pendampingan ketika  proses pemasakan nasi liwet.

7. Menanam Pohon merupakan seri edukasi lingkungan dalam kemping keluarga

Secara tidak langsung maupun langsung, sepanjang aktivitas berkemah di Highland Camp, semua anggota keluarga di hadapkan pada pembelajaran lingkungan. Hal ini karena alam merupakan tempat belajar dan materi pembelajaran yang baik. Namun akan berbeda sekali, ketika anggota keluarga dihadapkan secara langsung dengan menanam pohon di pinggiran hutan atau di area sekitar Camp. Heem, semua orang dapat menafsirkan kebermamfaatannya bagi keluarga dan alam sekitar….!  (Additional : D2-12.30 AM)

8. Sayonara

Usai sudah gambaran aktivitas camping keluarga di Campsite Kendeng zona Ciputri – Highland Camp pada hari kedua menjelang sore, Aktivitas akan diakhiri dengan hal yang sangat rilek, packing perlengkapan, lalu dibawa menuju kendaraan dan sayonara…. (D2-2.00 PM)

camping di bogor

Paket Camping Keluarga seri Experience

Adalah serangkaian kegiatan petualangan yang akan dialami bersama keluarga dalam kawasan Highland camp curug panjang dan wanawisata curug Naga. liburan yang berpijak pada pendekatan adventure learning base ini memiliki obyektif :

    1. Membangun ikatan antar personal dalam keluarga;
    2. Mengenalkan kondisi alam bebas dengan segala konsekuensi dan pembelajaran terhadap personal dalam keluarga.
    3. Memperkuat nilai kebersamaan sebagai satu kesatuan keluarga
    4. Mengedukasi anak-anak agar mencintai dan memiliki kepedulian yang baik terhadap lingkungan
    5. Memberikan pengalaman baru dari sebuah liburan di luar kebiasaan (out of comfort zone)

Program camping keluarga

NOMOR:#FCE-2D1N.19
JENIS:Camping Keluarga
DURASI:2D1N
VENUE:Highland Camp
FASILITAS:Program Experience
Kawasan Highland Camp Curug Panjang
Tenda dome (double layer)
Flysheet 
Kasur, selimut dan bantal
Matras 5 cm dan Hammock
Api unggun
Instruktur
Equipment (standar Highland) 
Min Paket:4 orang (usia minimal 12 tahun)
INVESTASI:IDR. 890K / orang
camping di bogor

Rundown 2D1N pada kemah keluarga 

DAYTIMEACTIVITIES 
D-108.00 – 21.301. Arrived at camp
2. Safety briefing  
3. Orientation
4. Tent building  
5. Duffle shuffle  
6. Cooking time  
7. Journey  
8. Bonfire  
9. Rest  
D-205.00 – 13.001. Morning routine
1. Adventure
2. Back to camp
3. closing & Sayonara

Crew

:1. Instructor
3. Logistic team support (LTS)
5. Photografer
6. Adventure crew

Gambaran umum kegiatan kemah keluarga seri experience

H1 – Sebuah keluarga yang baru tiba di Highland camp akan diberikan pengarahan terkait aturan-aturan yang boleh di ikuti selama kegiatan family fun program termasuk larangannya. Selanjutnya orientasi, yaitu mengenalkan kawasan camp, fasilitas pendukungnya dan menuntukan titik kumpul. Setelah mini orientasi medan, keluarga akan mendirikan tenda secara bersama-sama, baik dengan mata tertutup (blint mind tent) ataupun tidak. Setelah tenda berdiri, tibalah waktu nya memasak dengan api besar untuk makan siang.

Usai makan siang dan beristirahat, dilanjutkan kegiatan journey pada kawasan camp, meliputi wisata edukasi seperti zoologi dan botani praktis, panen kopi serta pengolahannya dan wisata petualangan yaitu  canyoning, telusur sungai dan junggle trekking. Pada malam hari, saatnya family internal session, kegiatannya berupa diskusi dan review terhadap nilai-nilai yang didapat pada kegiatan hari pertama dan dilanjutkan malam kebersamaan dalam hangatnya api unggun dengan berbagai aktivitas seperti berbeque, pengamatan kunang-kunang, dls. kegiatan family fun pada hari petama di akhiri dengan istirahat di tenda.

H2 – Morning routine merupakan aktivitas pada pagi hari kedua, berupa ibadah pagi, olahraga, mandi, memasak dan sarapan pagi. Dilanjutkan dengan adventure di wanawisata curug Naga, bentuk kegiatannya berupa cliff jumping, jelajah di tiga curug, body rafting dan treking hutan sebagai aktivitas penghubung antar air terjun, lalu kembali ke camp untuk makan siang dan closing, Sayonara.  

Perlengkapan camping keluarga di Highland Camp Curug Panjang

Ada dua bagian yang harus dipersiapkan ketika camping keluarga di Highland Camp, satu bagian dipersiapkan oleh anggota keluarga, meliputi perlengkapan pribadi, makanan dan minuman, satu bagiannya lagi dipersiapkan oleh Highland yang terdiri atas tenda beserta isinya, alat pendukung berkemah dan pendamping yang akan memberikan layanaan aktivitas maupun akomodasi selama berkemah di Highland Camp.

Dibawa pribadi pada saat kemah keluarga

Berbeda dengan camping mandiri ke daerah pegunungan atau Taman Nasional, dimana setiap individu harus menyiapkan semua perlengkapannya sendiri-sendiri guna memenuhi kebutuhan pribadi. Pada camping keluarga, kebutuhan pakaian, alat mandi dan makanan dipersiapkan dan dibawa secara bersama-sama oleh semua anggota keluarga,  karena konsep dalam camping keluarga adalah kebersamaan keluarga, berikut adalah perlengkapan yang disarankan untuk dibawa ketika berkemah. 

    1. Pakaian dan alas kaki; training pack, jaket berbahan nilon berlapis kain dan berponco, sepatu tracking atau sandal gunung, sarung tangan wol, penutup kepala, kaos kaki, baju dan celana cadangan serta raincaot.
    2. Alat mandi; sabun, sikat gigi, pasta gigi, handuk dan sandal jepit.
    3. Obat-obatan dan kesehatan; membawa obat-obatan pribadi yang disarankan dokter, inhaler bagi yang memiliki asma dan obat-obatan luar seperti balsam serta obat-obatan guna mengobati dan mencegah dari gigitan serangga dan kutu, dls
    4. Makanan dan minuman; salah satu ruang kebersamaan dalam camping keluarga adalah menyiapkan makanan untuk disantap bersama, sehingga membawa bahan makanan yang mudah untuk diolah merupakan hal yang baik, dan disarankan juga untuk membawa cemilan khas perkemahan seperti marshmallow, cokelat, dan graham cracker, dan membawa daging atau ikan segar untuk berbeque.
    5. Equipment tools ; Perlengkapan penerang seperti senter, headlamp beserta baterai cadangan dan bagi yang beragama islam membawa perlengkapan sholat.

Dipersiapkan Highland ketika Camping Keluarga

    1. Tenda dan kelengkapannya; adalah unit tenda dome pangrango yang didalamnya sudah disiapakan kasur, selimut dan bantal, lengkap dengan penerangan sebagai sarana untuk menginap keluarga, lainnya adalah flysheet dan matras. 
    2. Alat pendukung aktivitas camping; terdiri dari perlengkapan memasak liwet, Alat masak portabel berikut alat makan dan alat-alat pendukung kegiatan camping selama 2 hari 1 malam (standar Highland).
    3. Pendamping; adalah crew Highland yang akan mendampingi keluarga selama berkemah. Pendamping akan melakukan pendampingan guna membantu kesiapan akomodasi dan dapat menjadi pemandu ketika melakukan aktivitas petualangan seperti termaktub pada point aktivitas diatas.

Simpulan seri kemah keluarga

Terjadinya pergesaran dari wisata massal menuju wisata minat khusus sejak tahun 2017 disikapi oleh pelaku pariwisata minat khusus dengan menghadirkan beragam seri wisata untuk genre keleluarga, salah satunya adalah kemah keluarga. Aktivitas berkemah bersama keluarga merupakan kegiatan wisata yang mengandung muatan pendidikan lingkungan untuk membangun generasi terbaik dimasa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.