Highland Camp Curug Panjang | Review Camping Ground di Megamendung Puncak Bogor

Bumi Perkemahan Highland Camp merupakan tempat berkemah terbesar di Puncak Bogor dalam nuansa hutan pegunungan yang dilingkar oleh aliran sungai dan 5 air terjun yang eksotis. Berlokasi dalam kawasan Pariwisata Curug Panjang di Jl. Curug Panjang, Paseban Megamendung Puncak Bogor – Jawa Barat. “Highland camp terbentuk dari keindahan lanskap buatan diantara pesona lanskap alam yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan bawah (sub-montana) dan element air”.

Dengan kelengkapan fasilitas alam dan fasilitas buatan sebagai sarana pendukung aktivitas berkemah, yang di desain guna memberikan kenyamanan bagi para pengunjung, ditambah lagi dengan aksesibilitas yang mudah di jangkau dari Bogor dan Jakarta, Highland camp menjadi pilihan terbaik tempat wisata alam di Puncak Bogor untuk kemah keluarga, camping mandiri, acara family gathering, outing, wisata air terjun dan aktivitas wisata petualangan seperti treking hutan, susur sungai, jelajah air terjun, dls.

Yang menarik lainnya di Highland Camp Curug Panjang, adanya Taman Kunang-Kunang. Taman Kunang-Kunang merupakan rumah bagi ribuan serangga malam yang dapat menghasilkan cahaya dari sinar dingin. Serangga bercahaya ini bernama latin Lampyridae. Jika beruntung (bermunculan kunang-kunang terpengaruhi oleh suhu dan kelembaban), ketika berkemah, pengunjung akan melihat serangga malam ini mempertunjukan cahaya dramatisnya, mereka berterbangan dengan cahaya ketika saling mencari pasangan dan sebagai tanda peringatan antar-sesamanya tentang ancaman bahaya yang datang.

Whatsapp

Review Highland Camping Ground Puncak Bogor

Tempat berkemah di Puncak Bogor ini hadir diantara pesona formasi hutan tropis pegunungan bawah (sub-montana) yang berada dilerengan barat gunung Paseban, di ketinggian 949 – 1086 mdpl. Dan hadir dalam pesona hutan buatan dengan pinus merkusii sebagai tegakan dan kaliandra sebagai pohon semaknya. Kawasan bumi perkemahan Highland camp dilingkar oleh tajuk-tajuk tegakan yang tumbuh subur dengan tiga aliran anak sungai Cirangrang yang mengitarinya, dengan fasilitas buatan sebagai sarana guna mendukung kenyamanan dalam berkemah.

Terdapat dua zona di Highland camp, dimana setiap zonanya memiliki keunikan dan karakternya tersendiri, yaitu zona Halimun yang memiliki 4 campsite yang dapat menampung sekitar 384 orang jika disetiap tenda dome gede pangrango hanya diisi oleh 4 unit kasur untuk 4 orang. Dan, zona Ciputri yang memiliki 5 campsite yang dapat menampung sekitar 400 orang camping mandiri.

Terdapat 3 campsite di bumi perkemahan1)Penggunaan frasa yang tidak konsisten yang merujuk pada Highland Camp, berupa “tempat berkemah”, “camping ground”, “campground”, “bumi perkemahan” dan “tempat camping” ini didasarkan pada pendekatan SEO, dimana keragaman frasa yang mengandung kesamaan arti dan maksud (sinonim) memiliki pengaruh yang baik dalam mesin pencari. highland yang dihususkan guna memenuhi kebutuhan camping keluarga dengan tingkat privasi khusus yaitu campsite Kendeng, Kitjabud, Batutapak dan campsite Batuampar.

Fasilitas buatan di Tempat Camping Highland camp

Sarana / fasilitas buatan sebagai pendukung kegiatan berkemah yang berada di Highland Camp yaitu unit-unit toilet yang menyebar di area berkemah, dan fasilitas lapangan parkir yang lokasinya berada di kedua zona.

    1. Kamar mandi ; Terdapat 3 unit bangunan dengan 17 ruang kamar mandi yang sumber airnya berasal dari mata air pegunungan, tersebar di zona Halimun dan zona Ciputri, dimana sebagian besarnya mengunakan toilet jongkok dan 7 ruang adalah toilet duduk. Unit bangunan yang berada di zona halimun diperlengkapi dengan ruang uliner untuk pria dan ruang wastafel dengan ukuran 4 x 2,5 meter setiap ruangnya.
    2. Mushala ; Terdapat ruang Mushola di zona Halimun yang bersebelahan dengan bangunan toilet/WC
    3. Lapangan parkir ; Terdapat dua area lapangan parkir yang berada di zona halimun, yaitu disebelah barat yang langsung berbatasan dengan jalan curug panjang dan disebelah timurnya berbatasan dengan sungai, kedua tempat parkir tersebut berbalaskan batu belah dengan rumput yang tumbuh diantara sela-selanya, tempat parkir di zona halimun dapat memuat sekitar 30 unit kendaraan roda 4. Sementara di zona ciputri yang dikhususkan untuk tempat parkir pengunjung camping mandiri/reguler dan kemah keluarga, memiliki daya tampung sekitar 20 kendaraan roda 4.
    4. Sarana air bersih dan listrik ; terdapat tiga unit pancuran air bersih yang menyebar di setiap zonanya, setiap unit memiliki 4-6 pancuran. Di campsite keluarga terdapat 1 pancuran pada setiap areanya. Adapun sarana kelistrikan menyebar pada setiap lapangan, dan ketika camping, setiap kelompok camping akan difasilitasi dengan standing lamp dan colokan yang ditempatkan di sekitar tenda.
    5. Tenda dan perlengkapan berkemah ; Tenda dome pangrango dengan dua lapisan penutup (inner + flysheet) dan frame berbahan fiber sebagai pembangunnya merupakan tempat tinggal sementara selama berkemah yang disiapkan oleh Highland Camp. Tenda yang didesain untuk menghadapi hujan, cuaca buruk dan menghindari tetesan embun yang diakibatkan oleh adanya kondendasi ini berukuran 3.75 x 2 meter bagian dalam (inside) dengan tinggi titik tengah nya 1.9 meter, dapat di isi dengan 4 unit kasur untuk digunakan oleh 4 orang, jika menggunakan matras dan sleping bag maka daya tampung tenda ini dapat memuat maksimal s.d 8 orang. Setiap kelompok yang berkemah akan diperlengkapi dengan flysheet dan buffe set untuk menyajikan makanan, perapian api unggun, colokan listrik, penerangan, lampu portable, dls..

Fasilitas alam di Camping Ground Highland camp

Fasilitas yang disediakan oleh alam disekitar bumi perkemahan Highland camp yang dapat digunakan sebagai aktivitas petualangan dan wisata air pada saat berkemah berupa 3 aliran sungai mengitari setiap zonanya, Hutan dan kekayaan biodiversity beserta jalur interpretasi, air terjun curug saimah dan taman kunang-kunang.

    1. Sungai ; Terdapat tiga aliran anak sungai Cirangrang yang melintasi bumi perkemahan Highland camp yang sering dimanfaatkan sebagai jalur telusur sungai, setiap aliran sungai memiliki tingkatan tantangan penelusuran yang berbeda, hal ini disebabkan karena antar aliran sungai yang satu dengan sungai lainnya memiliki perbedaan karakter fisik.
    2. Hutan dan Biodiversitas ; Beragam jenis tumbuhan dan binantang yang terdapat di kawasan bumi perkemahan Highland camp dan lerangan sebelah barat gunung Paseban yang mengitarinya merupakan tumbuhan dan binantang yang menjadi ciri hutan pegunungan bawah (sub-montana).
    3. Curug Saimah ; Curug Saimah dengan karakternya yang unik, merupakan jalur lintasan untuk aktifitas journey / wisata petualangan dari Highland camp menuju air terjun curug panjang sebelum melewati trek hutan dengan level tantangan yang lebih menantang dibanding trek sebelumnya.
    4. Taman Kunang-Kunang ; Taman kunang-kunang merupakan rumah bagi ribuan serangga bercahaya yang bernama latin Lampyridae. Zona dengan tingkat vegetasi yang rapat dengan dominasi pohon kaliandra ini sangat kaya dengan bahan-bahan organik, dipertahankan keasliannya guna melestarikan populasi serangga malam yang dapat menghasilkan cahaya dari sinar dingin berwarna merah pucat, kuning dan hijau.
    5. Jalur trek hutan ; Merupakan jalur khusus yang dipergunakan untuk hiking menuju air terjun curug Panjang, atau jalanan setapak yang berada didalam hutan, dibuat bagi pengunjung untuk melakukan kegiatan menjelajah hutan pegunungan disekitar kawasan curug Panjang yang kegiatannya dikemas dalam aktivitas wisata petualangan..

Aksesibilitas ke Bumi Perkemahan Highland

Aksesibilitas dari jalan raya puncak berjarak +4,8 km (dari pertigaan Cilember / Rest area Semesta), melewati jalan desa Cilember yang dapat dilalui oleh kendaraan berjenis truk TNI dan mikro bus yang berkapasitas 19/21 tempat duduk. Untuk yang menggunakan big bus dengan kapasitas 60 seat, kendaraan akan di parkir di rest area semesta Cilember yang selanjutnya diangkut dengan menggunakan transportasi lokal.

    1. Rute Gadog ; keluar dari pintu tol Ciawi lalu mengambil jalur menuju gadog, 9 km dari Gadog melewati jalan raya puncak akan ketemu dengan pertigaan Cilember atau rest area semesta lalu dilanjutkan menuju Highland Camp
    2. Rute Pasir Angin ; Rute pasir angin digunakan sebagai rute alternative ketika jalan raya puncak mengalami kemacetan. Dari jalan tol jagorawi, ambil pintu keluar pintu sentul selatan, lalu masuk jalan Rainbow Hill menuju jalan bukit pelangi, dari jalan bukit pelangi belok kiri ke jalan terobosan atau jalan makan mbah Aria sampai akhirnya di Cinangka Cipayung Girang dan dilanjutkan menuju jalan raya puncak, keuar dari mesjid Megamendung. Sekitar 500 meter dari mesjid Megamendung masuk Cilember / rest area semesta dan dilanjutkan ke Highland Camp.

Wisata Minat Khusus di Bumi Perkemahan Highland Camp

Bumi perkemahan highland camp curug panjang dikembangkan sebagai tempat wisata minat khusus. Wisata minat khusus memiliki kaitan erat dengan wisata petualangan dan wisata edukasi. “wisata minat khusus atau wisata alternatif diperuntukan bagi wisatawan yang memiliki kecenderungan minat, tujuan dan motivasi khusus dalam berwisata dan atau guna pemenuhan atas kebutuhan sensasi dan minat terdalam wisatawan dalam aktivitas berpariwisata”. Wisata minat khusus di bumi perkemahan highland camp curug panjang bentuknya berupa aktivitas berkemah seperti educamp, family camp dan variasi produk berkemah dengan jenre lainnya, birwatching, trekking hutan, susur sungai, hiking, journey, jelajah air terjun, body rafting, cliff jumping, dan rappelling, dls..

Wisata Berkemah di Highland Camp

Berkemah atau camping adalah suatu kegiatan yang dilakukan di alam terbuka, pegunungan atau hutan dengan tenda sebagai tempat tinggal sementara. Walaupun kegiatan berkemah memiliki keterkaitan yang erat dengan kepramukaan dan kepencinta alaman, namun saat ini berkemah banyak diminati oleh masyarakat lintas sosial, pendidikan dan lembaga sebagai salah satu pilihan alternative wisata pro lingkungan dan edukasi.
Bumi Perkemahan Highland camp Curug Panjang, areanya didesain untuk mengakomodir aktivitas berkemah secara berkelompok maupun mandiri.

    1. Camping Mandiri ; merupakan aktivitas berkemah yang dilakukan secara mandiri, dimana perlengkapan berkemah seperti tenda, matras dan lainnya, juga makanan selama berkemah di Highland Camp di sediakan secara mandiri, dalam hal ini Highland camp sebatas menyediakan spot berkemah.
    2. Camping kelompok ; bentuk camping berkelompok meliputi acara gathering dan outing dalam suasana berkemah serta camping keluarga. Fasilitas berkemah untuk kemping kelompok disediakan oleh Highland camp meliputi akomodasi berupa tenda dan perlengkapan berkemah, makan dan aktivitas selama berkemah.

Baca Juga :
Tempat Wisata di Bogor ini bertabur air terjun untuk Camping Keluarga

Journey di kawasan Camping Ground Highland

Journey merupakan aktivitas penjelajahan di kawasan highland camp menuju air terjun curug panjang, kegiatan journey dilakukan disela-sela aktivitas berkemah disekitar jam 09.00 – 12.00 atau jam 13.00 – 14.00 WIB. Kegiatan ini meliputi telusur sungai, treking hutan dan mendaki tebing-tebing yang berada di curug Saimah.

    1. Treking hutan ; Jalur khusus yang berada dibawah tajuk tegakan ini merupakan bagian yang terintegrasi dengan jalur telusur sungai, hal ini karena aktivitas journey merupakan perpaduan yang utuh antara kegiatan menelusuri sungai dan menjelajahi hutan dengan curug panjang sebagai tujuan akhir dari penjelajahan.
    2. Susur Sungai ; Adalah tiga anak sungai dan hutan yang dimanfaatkan sebagai jalur treking sungai / susur sungai, bentuk kegiatan wisata bergenre petualangan ini adalah menyusuri dengan melawan arus aliran sungai dan menjelajah hutan menuju air terjun dengan tingkat tantangan yang berbeda pada setiap jalurnya. Hampir sebagian besar wisatawan yang berkunjung di Highland camp, menjadikan aktivitas journey sebagai bagian dari kegiatan petualangan disela-sela aktivitas berkemah, dengan sungai adalah rute yang harus dilewati selain jalur jalanan setapak yang berada didalam hutan.
      .

Wisata Alam di kawasan Bumi Perkemahan Highland Camp

Di punggungan sebelah barat daya gunung Paseban tersimpan pesona yang hadir dari aliran hulu sungai Cirangrang / Ciesek, keindahannya telah menjadi obyek daya tarik wisata air yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Adalah komplek air terjun curug panjang yang terdiri dari 5 terjunan air yang eksotis yaitu 1. Curug Naga, 2. Curug Barong, 3. Curug Orok, dan 4. Curug Priuk untuk Wisata Minat khusus Jelajah Curug Naga dan satunya adalah Curug Panjang untuk wisata umum.

Wisata Air Terjun Curug Panjang

Berbeda dengan air terjun lainnya yang berada disepanjang aliran hulu sungai Cirangrang yang pada umumnya memiliki terjunan air yang vertikal. Curug panjang membentuk lerengan (slope) sepanjang +20 meter dengan debit air yang cukup deras dan konstan, memiliki ketinggian terjunan air +2 meter, dengan kedalamannya mencapai + 7 meter dan kolam terjun berdiameter +10 meter, curahan air yang sejuk dan berwarna hijau tosca itu membentuk kolam besar yang dapat direnangi oleh setiap pengunjung yang datang dan berwisata di kawasan pariwisata curug panjang. Curug Panjang berada di sebelah utara bumi perkemahan Highland camp dan dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 s.d 15 menit.

Jelajah Curug Naga

Merupakan aktivitas penjelajahan di tiga curug yaitu Curug Naga,Curug Orok dan Curug Priuk dengan mengggunakan body protector dan standar sistem keselamatan yang sudah yang ditetapkan dalam olahraga arus deras. Pada aktivits jelajah curug naga, wisatawan akan melewati beberapa rintangan seperti rintangan hutan, menuruni tebing dengan teknik rappeling dan menyusuri arus searah aliran sungai. Pada beberapa spot air terjun, wisatawan dapat melakukan tantangan berupa cliff jumping dan body rafting.
.

Bumi Perkemahan Highland Camp merupakan Camping Ground Terbesar di Kawasan Pariwisata Alam Curug Panjang Puncak Bogor untuk Wisata Minat Khusus

Camping Ground Highland Camp Curug Panjang yang berada dalam Kawasan Pariwisata Curug panjang merupakan area berkemah dan tempat wisata alam yang utuh untuk camping dan aktivitas wisata berjenre keindahan alam. Dengan segala bentuk pernak-perniknya, seperti fasilitas alam dan lingkungan, aksesibiltas yang mudah dijangkau maupun fasilitas buatan untuk menunjang kenyamanan dan kepuasan saat berwisata, Bumi Perkemahan Highland Camp adalah pilihan wisata cerdas bagi masyarakat yang mengharapkan sensasi serta kepuasan dalam berkemah dan wisata alam.

Baca Juga :
Camping Ground di Bogor dan Tempat Wisata Bernuansa Pegunungan

Catatan kaki   [ + ]

1.Penggunaan frasa yang tidak konsisten yang merujuk pada Highland Camp, berupa “tempat berkemah”, “camping ground”, “campground”, “bumi perkemahan” dan “tempat camping” ini didasarkan pada pendekatan SEO, dimana keragaman frasa yang mengandung kesamaan arti dan maksud (sinonim) memiliki pengaruh yang baik dalam mesin pencari.