Melrimba Garden Camp | Review tempat camping keluarga di Jabar

Di Jawa Barat, terdapat banyak tempat berkemah yang menfasilitasi piknik / wisata keluarga bergenre camping, seperti Ranca Upas Bandung. Kapolaga Subang, Sayang Heulang Bandung, The Lodge Maribaya Bandung, Grafika Cikole Bandung, Pine Forest Bandung, Tanakita Sukabumi. Sementara itu, tempat berkemah untuk keluarga di kawasan pariwisata Puncak adalah Highland Camp dan Melrimba Garden, dls.

Di Highland Camp, terdapat 11 campsite di dua zona sebagai tempat berkemah yang terbentuk dari keindahan lanskap buatan dengan memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan element air, 3 campsite di khususkan untuk camping keluarga yaitu campsite Kendeng, Kitjabud dan campsite Batutapak yang sebagaian besar berada lokasinya berada dibatas hutan dengan sungai yang mengitarinya. Ketiga campsite untuk keluarga ini memiliki tempat pembakaran untuk api unggun dan berbeque, dan terdapat toilet tersendiri di campsite kendeng. Campsite Kendeng merupakan campsite tertutup dan privasi dengan satu akses jalan setapak yang membelah hutan kecil untuk memasukinya, disinipun terdapat jeram kecil dialiran anak sungai untuk bermain anak.

Seperti halnya Highland Camp, selain faktor kenyamanan pada semua anggota keluarga dan privasi ketika berkemah di lingkungan hutan pegunungan, tempat berkemah di Melrimba Garden camp menambahkan unsur wisata kuliner pada saat kemah keluarga.

Whatsapp

Baca Juga :
Paket Wisata Camping Keluarga di Highland Camp Bogor

Review Melrimba Garden untuk camping keluarga di Puncak Bogor

Melrimba Garden merupakan taman dengan luas area sekitar 5 hektar sebagai tempat tujuan wisata alam keluarga, berada di kawasan wisata alam Puncak, diketinggian 1400 mdpl. fokus utama Melrimba Garden adalah sebagai Wisata Taman dimana didalamnya terdapat Wahana Flora, Taman Bermain keluarga dan area berkemah untuk keluarga.

Komplek Melrimba Garden yang dilingkar oleh perkebunan teh Gunung Mas, disebelah timur lautnya berbatasan langsung dengan hutan mini yang yang merupakan satu kesatuan utuh dari kawasan hutan di punggungan utara Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Berbeda dengan tempat kemah keluarga lainnya yang berada di kawasan Pariwisata Puncak, ketika berkemah di Melrimba Garden, sajian makanan khas dan khusus menjadi bagian wisata (kuliner) karena Melrimba Garden pun dikenal pula sebagai salah satu restaurant di kawasan wisata puncak.

Tempat Camping Keluarga Melrimba Garden

Terdapat spot khusus untuk camping keluarga di area yang rindang yang dapat menampung 3 unit tenda dome berukuran 3,5 x 2 meter (inside), setiap unit tenda dapat di isi oleh 4 kasur dan perlengkapan menginap untuk 4 orang. Di campsite camping keluarga terdapat tempat pembakaran api unggun dan wastapel.

Sementara itu,  Melrimba garden dapat menampung 15 unit tenda untuk berkemah kelompok / group, lokasinya berada dicamping ground area. Dan, beberapa ruang hijau terbuka di komplek Melrimba Garden dapat digunakan sebagai tempat mendirikan tenda.

Wahana flora Melrimba Garden 

Wahana flora Melrimba Garden merupakan ruang pamer, berada di green house / rumah kaca dengan stuktur rangka besi sebagai pembangunnya, didalamnya dipamerkan aneka anggrek phalaenopsis dan beragam produk tanaman bunga, buah dan herbal. di blok lainnya terdapat kebun organik (organic farm) yang ditanamani berbagai sayur mayur berusia pendek seperti Sawi Caisim, Kailan, Bok Choy / pakcoy dan beragam sayuran lainnya.

Taman Bermain Keluarga Melrimba Garden

Taman bermain untuk keluarga di Melrimba garden berada diarea hijau yang di lengkapi dengan playground, lapangan memanah dan kolam pancing.

    1. Lapangan memanah ; belakangan ini olahraga panahan cukup populer dan menjadi salah satu atraksi wisata semi olahraga, fasilitas untuk panahan di Melrimba Garden disedakan secara khusus berupa lapangan memanah yang dilengkapi dengan peralatan memanah seperti busur, anak panah, target dan aksesoris untuk memanah.
    2. Playground ; Taman bermain anak di Melrimba Garden layaknya taman bermain yang ada di tempat wisata lainnya berupa perosotan, ayunan dan lainnya. Selain itu, terdapat pula permainan-permaian yang di install diketinggian seperti beberapa jembatan dengan model beragam yang terbuat dari tambang dadung dengan ketinggian 3-4 dari permukaan tanah
    3. Kolam pancing ; .terdapat beberapa kolam dengan beragam ikan didalamnya, kolam ikan ini merupakan salah satu fasilitas rekreasi memancing.

Aktivitas ketika kemah keluarga di Melrimba Garden Puncak

Beragam aktivitas bertajuk wisata alam dan petualangan dapat dilakukan ketika berkemah, baik di komplek Melrimba Garden ataupun kawasan wisata yang ada disekitar nya. Kegiatan disela sela kemah keluarga berupa Tea walk di kebun teh Gunung mas yang letaknya berada di luar komplek Melrimba Garden, lainnya adalah bermain sepeda dan ATP di jalur trek yang ada di Melrimba Garden

Baca Juga :
Aktivitas kemah keluarga di highland camp Puncak Bogor

Aksesibilitas ke Melrimba Garden Camp

Melrimba Garden berada di Jl. Raya Puncak Km. 87, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Jika dari Jakarta atau Bogor terlebih akan melewati jalan tol Jagorawi lalu keluar di pintu tol Ciawi menuju arah Gadog. Dari pertigaan Gadog dapat di capai dengan perjalanan sekitar 21.1 km menuju arah Gunung Mas Puncak.

Tempat Wisata dan Camping keluarga di Jawa Barat 

Belakangan ini camping banyak di minati oleh masyarakat lintas sosial, pendidikan, lintas komunitas bahkan lintas lembaga. Berkemah yang  dahulunya hanya dilakukan oleh kepanduan dan kepencinta-alaman, saat ini mulai menjamah wilayah keluarga, hal ini karena wisata camping keluarga diduga sebagai solusi alternatif wisata pro-edukasi dalam mengisi liburan keluarga dengan aktivitas petualangan dialam terbuka yang dapat memberikan manfaat, terutama bagi anak-anak, atau dengan kata lain bahwa camping keluarga adalah kegiatan rekreasi bersama keluarga yang dilakukan di alam terbuka dengan tidur menggunakan tenda, bertujuan guna mendapatkan pengalaman petualangan di alam bebas dan pembelajaran tentang lingkungan hidup serta membangun kualitas kebersamaan dalam keluarga.

Dengan diminatinya wisata camping dalam beragam genre-nya, selain genre camping camping keluarga yang mensyaratkan faktor kenyamanan keluarga menjadi hal utama dalam berkemah keluarga tanpa menghilangkan essensi berkemah, berpetualang dan edukasi. 

Ranca Upas Bandung

Wana Wisata Ranca Upas terletak di kawasan wisata Ciwidey yang merupakan dataran tinggi dengan luas wilayah 72,78 Ha, Luas pengelolaan kawasan wisata efektif sekitar 20 Ha dengan daya tarik utamanya adalah lahan untuk berkemah, penangkaran rusa dan kolam renang air hangat. Ranca Upas merupakan penyebutan atas nama Kampung Cai Ranca Upas, berada di Jl. Raya Ciwidey – Patengan Km. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat, berjarak 50 km dari pusat kota Bandung.

Kapolaga Subang ; Capolaga Adventure Camp

Kabupaten Subang memiliki banyak lokasi wisata yang beragam seperti Ciater Highland Resort, Sariater Spa Spring Resort, dan beberapa air terjun yang eksotis seperti Curug Agung, Curug Bentang, Curug Cibareuhbeuy, Curug Cijalu, Curug Cileat. lainnya adalah Wisata Air Cigayonggong,  Penangkaran Buaya Blanakan, Kolam Renang Tirta Galih, Desa Wisata Sari Bunihayu, Desa Adat Wisata Wangunharja, dan Capolaga Adventure Camp atau yang sekarang lebih dikenali dengan sebutan Wisata Alam Capolaga.

Selain tempat berkemah untuk beragam genre berkemah seperti untuk camping keluarga, camping kelompok dan kemah mandiri, Capolaga camp memiliki daya tarik wisata alam, meliputi tiga curug yang unik yaitu Curug Karembong, Curug Sawer Curug, dan Curug Goa Badak, air terjun ini terbentuk dari pertemuan beberapa sungai yang melingkari kawasan Capolaga.

The Lodge Maribaya Bandung

The Lodge Maribaya merupakan destinasi wisata di areal +3 hektar yang menampilkan beragam wahana dengan sentuhan konsep alam dan memanfaatkan keindahan sekitar untuk liburan keluarga. Terletak di bagian timur kawasan Lembang, di lereng perbukitan Maribaya Bandung pada ketinggian hampir 1000 mdpl. The Lodge Maribaya dikelilingi oleh hutan Pinus yang masih alami dan hijau dengan hilir sungai Cikapundung Lembang sebagai pengkhiasnya yang memiliki karakteristik daerah dengan suasana pegunungan yang sejuk dan segar. Berkemah di The Lodge Maribaya mengusung kenyamanan dalam berkemah bersama keluarga dalam keindahan Maribaya.

Grafika Cikole Bandung

Grafika Cikole berada di kaki gunung dengan ketinggian 1400 mdpl, memiliki luas areal sekitar 9 hektar dengan kontur yang berbukit dan dikelilingi hutan pinus. Grafika Cikole merupakan tempat wisata dengan beragam kegiatan berbasis luar ruang, terletak di jalan Raya Tangkupan Perahu km 8 Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Terminal Wisata Grafika Cikole memiliki beragam tempat menginap berupa berupa hotel, rumah panggung, pondok wisata alam dan camping ground.

Baca Juga :
Paket Wisata Camping Keluarga di Highland Camp Bogor

Resume Melrimba Garden Camp dan tempat untuk Camping Keluarga di Jawa Barat

Selain Highland Camp untuk kemah keluarga yang berada di kawasan wisata Alam Curug Panjang dengan aktivitas pencirinya adalah journey, dan wisata air terjun, tempat camping keluarga / family camp di Puncak lainnya adalah Melrimba Garden dengan kegiatan yang khas adalah teawalk diperkebunan teh Gunung Mas dan Wisata Kuliner, hal ini tidak lain karena salah satu produk Melrimba Garden adalah restaurant yang lokasinya dikelilingi oleh perkebunan teh.

Tempat camping keluarga lainnya di Jawa Barat adalah Tanakita yang berlokasi di Sukabumi, pada kawasan wisata alam Situ Gunung, Grafika Cikole Bandung, The Lodge Maribaya yang berada di bagian timur kawasan Lembang, Capolaga Camp yang lebih populer dengan sebutan Wisata Alam Capolaga, Ranca Upas di Ciwidey Bandung Jawa Barat, dan masih banyak lainnya yang tersebar pada kawasan-kawasan pariwisata alam di Jawa Barat, baik yang dikelola oleh Taman Nasional, Perum Perhutani, Lembaga / perusahaan Swasta ataupun masyarakat dan perorangan.