Tanakita Camp | Review Camping ground bergenre Glamping di Sukabumi

Yang membedakan camping ground Tanakita dengan tempat berkemah lainnya yang berada di ceruk antara Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dan dikaki gunung Salak serta kaki Gunung Gede Pangrango sebelah barat daya nya, adalah fasilitas berkemah nan nyaman yang dihadirkan dengan perpaduan sinergis antara pelayanan berbasis Adventure, berbalut dengan jasa akomodasi camping yang difasilitasi dalam kemewahan berkemah dialam bebas dan kaidah-kaidahnya adventure based yang memayunginya.

Penulis memandang bahwa kemewahan berkemah di Tanakita camp itu tidak identik dengan Glamping atau Glamorous camping yang banyak disematkan oleh publik (terutama pada informasi digital) pada Tanakita. Hal ini karena konsep Glamping dalam tinjauan sejarah tidak memasukan unsur adventure yang menjadi salah satu penciri dari camp Tanakita. Kemewahan Tanakita tidak sebatas pada fasilitas modern yang disajikan dalam akomodasi nya, namun disana ada fasilitas kemewahan alam yang berpadu padan dengan kemewahan akomodasi dan aktivitas yang berlandas pada adventure based. “Namun pandangan ini masih debatable dan dialektis”.

Baca Juga :
Glamping; pembiasan atas pakeman glamorous camping

Whatsapp

H o t l i n e

+62 819-1005-4000

Review Tanakita Camp Situ Gunung ;  Tempat berkemah bergenre Glamping di Sukabumi

Tanakita Camping ground terletak di kaki gunung Gede Pangrango, berada di Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Campground Tanakita merupakan area berkemah dengan genre Glamping atau glamorous camping yang ada di Kabupaten Sukabumi. Lokasi camp Tanakita berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP), memiliki luas area berkemah sekitar 2 hektar. Tanakita Five Star Camp dikelola oleh PT Tanakita Karya Indonesia dengan Rakata Adventure sebagai operator nya. Tanakita terdiri dari 3 lokasi yang berdekatan, yaitu Tanakita Campsite dan Rumamera Camp yang berada di dekat danau Situ Gunung, dan Riverside Camp yang berada di pinggiran sungai Cinumpang.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan ketika berkemah ala glamping di Tanakita Camping Ground, adalah treking hutan, api unggun dan berbeque pada malam harinya, river tubing, mengamati binatang malam seperti kunang-kunang, berperahu / bergetek di danau Situ Gunung, berwisata di kawasan pariwisata alam Situ Gunung, dan lainnya. Sebagian banyak dari aktivitas di Tanakita berbasis wisata petualangan dan wisata alam (adventure Tourism and Natural Tourism).

Keadaan lingkungan Tanakita Camping Ground

Karena terletak di kaki gunung Gede Pangrango pada koordinat S.66 50’14.3″ – E.106 55′ 27.1″, di ketinggian 1100 meter diatas permukaan laut, Camping Ground Tanakita memiliki udara yang sejuk dan segar1)Data cuaca dan kelembanan dalam artikel ini bersumber dari situs Tanakita yang sewaktu-waktu dapat berubah, dengan kondisi cuaca rata-rata pada siang hari berkisar antara 20°-22° C, dan malamnya sekitar 18°-20° C, dengan kelembaban suhu udara 85%. Campsite Tanakita terdiri dari 3 lokasi tempat berkemah yang saling berdekatan antara satu dengan lainnya, yaitu Tanakita Campsite dan Rumamera Camp yang lokasinya berada di dekat danau Situ Gunung, dan Riverside Camp yang berada di pinggiran sungai Cinumpang. Lokasi berkemah Tanakita ini memiliki pemandangan alam pegunungan bawah (sub-montana), hutan pinus merkusii dan damar (agathis SP).

Baca Juga :
Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak | Review Camping Ground

Fasilitas Camping Ground Tanakita

Fasilitas camping ground Tanakita terdiri dari 2 elemen pembentuknya, yaitu fasilitas buatan yang dihadirkan seperti campsite yang ditata dengan apik, tenda, perlengkapan menginap dan sarana pendukung berkemah yang nyaman. Dan, kedua adalah fasilitas kemewahan alam yang berada di punggungan barat daya gunung Pangrango dan selatannya gunung Gede. Kedua fasilitas itu meliputi :

    1. Bangunan kantor dan information centre (information centre) berlantai dua dengan dominasi bata merah dan kayu sebagai material pembangunnya.
    2. Toko yang menyediakan bahan makanan dan perlengkapan camping.
    3. Tenda dan perlengkapan menginap ; Tanakita memiliki tenda-tenda dengan beragam ukuran dan desain sebagai tempat menginap selama berkemah. Tempat menginap ini didalamnya difasilitasi oleh kasur, bantal dan kantung tidur serta sistem pencahayaan dan fasilitas elektrikal / kelistrikan yang lengkap disekitar spot berkemah.
    4. Terdapat dapur bagi pengunjung yang ingin memasak sendiri.
    5. Toilet/WC yang dipisahkan antara pria dan wanita yang dilengkapi closet duduk,  shower air dingin dan hangat dan wastapel yang menyebar di sekitar bangunan toilet.
    6. Spot berkemah ; terdapat banyak spot berkemah dengan karakter yang hampir sama pada setiap spot nya, yaitu memiliki lapangan luas untuk bermain.
    7. Perapian api unggun.
    8. Area coffee break / restouran
    9. Viewing spot yang menghadap perbukitan dan hutan
    10. Aula dengan beragam desain dan material pembentuknya.
    11. Lapangan parkir.

Aktivitas berkemah di Tanakita camp dan wisata alam Situ Gunung Sukabumi

Aktivitas classic sebagai penciri berkemah adalah memasak dan api unggun, kedua hal tersebut menjadi wajib dilakukan ketika berkemah. Kendatipun dalam perkemahan modern, pemenuhan kebutuhan akan konsumsi makanan selama berkemah telah disajikan oleh penyedia tempat berkemah, namun sedikitnya pasti ada acara memasak seperti sebatas berbeque sambil menghangatkan diri di api unggun, dan lainnnya.

Di Tanakita camp, terdapat dua kegiatan dalam berkemah, yaitu wisata alam dan wisata petualangan. Dalam hal ini, berkemah di fahami sebagai aktivitas luar ruang dengan tenda sebagai tempat tinggal sementara nya dan wisata alam serta wisata petualangan menjadi rangkaian yang tidak terpisahkan dalam acara berkemah di Tanakita. Kedua aktivitas tersebut dapat dilakukan di komplek perkemahan Tanakita maupun pada kawasan Wisata Situ Gunung Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Selain sebagai tempat berkemah dengan kegiatan wisata alam dan wisata petualangan, Tanakita menfasilitasi event-event meeting, gathering perusahaan / lembaga atupun komunitas, outing, edukasi serta pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia berbasis Adventure Learning ataupun Experiential Learning dengan tenda sebagai tempat menginapnya.

1. Bermain diketinggian

Terdapat fasilitas highropes dengan lintasan-lintasan sling yang berada pada ketinggian 12 meter dari permukaan tanah. Highropes merupakan kegiatan permainan di ketinggian berbasis adventure, fasilitas highropes terbentang kokoh diantara pohon-pohon damar (agathis SP) yang biasanya untuk menfasilitasi program pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia berbasis adventure dan experiential learning.

2. Hiking Hutan

Terdapat dua pilihan jalur untuk hiking di Tanakita, selain jalur treking menuju danau Situ Gunung, jalur hiking ini dapat ditempuh sepanjang 2 kilometer dengan kondisi medan yang lebih menantang, dan yang 3 kilometer dengan jalur yang lebih moderat bagi masyarakat perkotaan ketika awal keberangkatan hiking, dan kepulangannya dapat menggunakan jalur yang 2 kilometer.

3. Mengamati satwa malam

Serangga malam yang menghasilkan cahaya dari sinar dingin berwarna merah pucat, kuning dan hijau memiliki nama latin Lampyridae, inilah kunang-kunang, yang jika beruntung anda dapat menikmati keindahannya disekitar tempat berkemah. Mengamati satwa malam pada saat berkemah di Tanakita merupakan bagian dari pendidikan lingkungan yang disajikan oleh alam.

4. Api Unggun 

Inilah bagian yang paling menyenangkan ketika berkemah dan dalam keadaan tidak hujan. Api unggun merupakan budaya clasic ketika berkemah selain memasak. Kayu yang disusun dengan apik lalu dibakar, hangatnya akan memeriahkan suasana malam di Tanakita yang dingin. Bukan dengan minyak tanah atau sejenisnya, di perkemahan Tanakita, pemantik pembakaran kayu adalah getah pinus yang pohonnya banyak tumbuh dan menyebar disekitar area camp.

5. Menonton film edukasi dan lingkungan

Biasanya acara menonton film bergenre edukasi dan lingkungan yang menayangkan kekayaan hayati yang ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango itu pada malam hari sambil menyantap cemilan malam dengan menu tradisional seperti jagung bakar/rebus, pisang rebus/goreng pisang dan lainnya.

6. Treking ke danau Situ Gunung 

Treking pada pagi hari setelah subuh dari bumi perkemahan Tanakita menuju danau Situ Gunung merupakan sebagian daripada menikmati pagi dengan berolahraga ketika berkemah. Udara pagi disekitar camp, di danau Situ Gunung dan sepanjang perjalanan treking akan  memberikan kesegaran nya tersendiri. 

7. Flying Fox

Pada siang harinya, pekemping akan bermain permainan ketinggian yaitu Flying Fox yang lokasinya tidak jauh dari spot berkemah, flying fox adalah aktivitas meluncur dari ketinggian dengan menggunakan tali sling sebagai alat transfortasinya. Pada flying fox, tubuh diperlengkapi dengan harnes, helm dan perlengakapan pengaman lainnya yang sesuai dengan standar permainan diketinggian. 

8. River tubing

River tubing hampir sama prinsipnya dengan aktivitas olahraga arus deras lainnya, kegiatan meluncur bebas diatas permukaan sungai melewati jeram-jeram berarus liar ini menggunakan ban dalam yang di desain sedemikian rupa untuk dapat meluncur dengan aman sebagai media transfortasinya.

9. Bermain di Sungai, dan lainnya

Bermain, bersantai dan berenang di aliran Sungai dari pegunugan yang masih alami, sejuk dan segar. lainnya adalah berkunjung ke Green house dan kebun organik Tanakita, belajar dan berkreasi tentang seni grafis cetak tunggal dengan menggunakan bahan dedaunan yang ada di sekitar atau yang  dikenal dengan sebutan monoprint, permainan simulasi perang dengan menggunakan peluru cat sebagai amunisi dan alat pelindung diri khusus (Paintball), berkunjung ke perkampungan warga desa di sekitar Tanakita, dan lainnya.
.

Aksesibilitas menuju Camping Ground Tanakita dari Bandung dan Jakarta

Perkemahan Tanakita dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum secara mudah maupun dengan kendaraan pribadi, baik dari DKI Jakarta dan sekitarnya seperti Tangerang, Depok dan lainnya, ataupun dari Bandung. Kendaraan pribadi yang dapat mencapai Tanakita adalah kendaraan roda dua dan kendaraan pribadi roda empat berjenis SUV, MPV, Hatchback, juga dapat dilewati oleh kendaraan TNI atau Brimob berjenis truk dan kendaraan mikro bus.

Jika dari arah bandung menuju Tanakita dengan menggunakan kendaraan pribadi, anda mengambil arah yang menuju Cianjur, dilanjutkan menuju Sukabumi. Setelah sampai disekitar Kota Sukabumi, perjalanan di teruskan menuju arah Bogor hingga sampai di area Cisaat (Polsek Cisaat). Dari Cisaat belok ke arah kanan menuju Pasar Cisaat, lalu menuju Jl.Kadudampit sampai di penghujung jalan, di situlah pintu gerbang Taman Nasional berada sekaligus pintu gerbang menuju Tanakita. Tidak jauh dari danau Situ Gunung, bumi  perkemahan Tanakita berada.

Jika menggunakan kendaraan maka rutenya dari sekitar kota Bandung menaiki kendaraan umum (angkutan perkotaan) yang menuju Terminal Leuwi Panjang, lalu menaiki Bus jurusan Sukabumi. Di sekitar terminal Sukabumi, lalu naik angkutan umum menuju Cibadak dan turun di area Cisaat, selanjutnya menaiki angkutan umum warna merah menuju pintu masuk Taman nasional (Situgunung).

Dari Jakarta dan sekitanya, rute menuju Camp Tanakita dapat melewati Jalan TOL Jagorawi lalu keluar dari Pintu TOL ciawi dan dilanjutkan menggunakan jalan Mayjen HE. Sukma, atau kembali memasuki jalan TOL BOCIMI dan keluar di pintu TOL Cicurug, perjalanan dilanjutkan ke arah Sukabumi sehingga sampai di area Cisaat (Polsek Cisaat), lalu  belok ke arah kanan menuju Pasar Cisaat, lalu menuju Jl.Kadudampit.

Baca Juga :
Camping Ground di Sukabumi dan Wisata Alam Pegunungan

Rakata Adventure ; Operator Tanakita Five Star Camp

Rakata Adventure yang memiliki motto “Profesional – Safe – Friendly” merupakan operator Tanakita Five Star Camp yang berada dibawah naungan PT. Tanakita Karya Indonesia. Rakata Adventure merupakan perusahaan yang bergerak dalam jasa kegiatan berbasis luar dengan kekhususan pada pelayanan dan jasanya “Outdoor Based Activities and Tailor Made” memiliki produk jasa yaitu 1. Tour Operator 2. Corporate Program, 3. School Program. 4.  Family Program, 5. Travel, dan 6. Adventure Program. Rakata Adventure berkedudukan di Kebayoran Baru Jakarta Jl. Lamandau IV No.17, RT.3/RW.7, Kramat Pela, Kota Jakarta Selatan.

Obyek Daya Tarik Wisata disekitar Camping Ground Tanakita

Salah satu obyek daya tarik wisata disekitar perkemahan Tanakita adalah pesona alam Situ Gunung. Situ Gunung memiliki obyek daya tarik wisata yang cukup beragam, baik flora, fauna maupun bentang alam dan kekayaan yang terkandung didalamnya. Wisata Alam Situ Gunung berada di zona pemanfaatan intensif Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Situ Gunung dikelola dua lembaga utama yakni Perum Perhutani dan Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Beberapa destinasi alam maupun buatan yang berada di situ gunung untuk kepentingan wisata adalah Danau Situ Gunung, Jembatan Gantung Situ Gunung, Curug Sawer, Air Terjun Cimanaracun,  dan lainnya.

Resume Camping Ground Tanakita di Sukabumi 

Rakata merupakan tempat berkemah bergenre glamping yang berada dalam kawasan wisata situ gunung dengan Rakata Adventure sebagai operatornya. Tempat kemping ini memiliki kemewahan fasilitas buatan dan alam untuk disajikan bagi para penikmat camping keluarga maupun kelompok. Dengan kelengkapan fasilitas buatan dan obyek daya tarik wisata alam dikawasan pariwisata Situng Gunung, Rakata adalah one stop shoping untuk wisata petualangan dan wisata alam di Sukabumi.

Catatan kaki   [ + ]

1.Data cuaca dan kelembanan dalam artikel ini bersumber dari situs Tanakita yang sewaktu-waktu dapat berubah

Leave a Reply

Your email address will not be published.