Djungle Camp Puncak | Review Camping Ground di Bogor

Djungle Private Camp atau D’jungle Camping Ground merupakan kawasan berkemah di Puncak Bogor dengan nuansa alam pegunungan, arealnya didesain untuk kegiatan gathering perusahaan, outbound, adventure dan kegiatan-kegiatan yang berbasis aktivitas luar ruang (outdoor activities).

Hal nya seperti bumi perkemahan Highland Camp di kawasan wisata alam Curug Panjang – Megamendung yang terbentuk dari keindahan lanskap buatan yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan elemen air (sungai dan komplek air tejun / curug[1]). D’jungle Private Camp memiliki lingkungan alam yang asri dengan diperlengkapi dua pilihan menginap yaitu dengan menggunakan tenda atau di homestay bermaterialkan bambu (rumah kampung), dan fasilitas-fasilitas buatan guna mendukung beragam program dalam kelompok besar ataupun kecil seperti kemah keluarga dan lainnya.

Whatsapp

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Review Djungle Camp ; Bumi Perkemahan di Puncak untuk Gathering, Outbound dan Adventure

Bumi Perkemahan Djungle Camp terletak di Batulayang Ciburial, Puncak, berada di batas kawasan hutan pegunungan bawah (sub-montana). Lingkungan yang sejuk dan asri yang sangat kental dengan ke-alami-an menghadirkan suasana camp natural yang memiliki pilihan kegiatan berbasis petualangan.

Terdapat dua fasilitas utama untuk beragam kegiatan berbasis outdoor dan wisata petualangan, yaitu fasilitas yang disajikan oleh alam berupa lansekap alam dengan pesonanya yang indah serta kekayaan fisik bumi berupa hutan, air terjun, sungai, dls, dan fasilitas buatan berupa aula, pondokan, spot-spot mendirikan tenda, toilet, saung-saung / gazebo dan lainnya.

Fasilitas buatan di Djungle Private Camp.

    1. Campsite ; spot-spot untuk mendirikan tenda dan lapangan kegiatan yang menyebar di areal Djungle Private Camp itu didesain dengan keadaan lansekap alam pembentuk kawasan. Campsite dengan rumput yang menghijau, dan berlatar hutan pegunungan bawah serta ditumbuhi oleh beragam pepohonan seperti Pinus, damar (agathis SP), pohon buah-buahan dan lainnya.
    2. Pondokan ; terdapat dua jenis pondokan yaitu A) bangunan bermaterialkan bambu dengan arsitektur bangunan sunda difungsikan sebagai penginapan dengan kelengkapan nya seperti layaknya cottage / homestay, dan B) bangunan berdinding kayu yang difungsikan sebagai barak-barak tidur. 
    3. Aula pertemuan ; Beragaman material pembentuk aula pertemuan dengan konsep aula terbuka, menyuguhkan nuansa menyatu dengan alam. Aula pertemuan ini untuk menfasilitasi kegiatan di dalam ruangan dengan struktur terbuat dari kayu beralaskan lantais semen atau dari rangka-rangka pipa besi dengan atap nya berbahan Polyester.
    4. Saung / Gazebo ; bangunan yang yang sebagian banyaknya terbuat dari material kayu dengan atap kerucut menyebar di sekitar area camp, saung berukuran rata-rata 2 x 2 meter persegi ini digunakan untuk santai.
    5. Toilet/WC ; terdapat lebih dari 40 pintu toilet/ WC yang menyebar disekitar bumi perkemahan dengan bangunan bermaterialkan tembokan.
    6. Kolam ikan ; sebuah kolam berdinding tembokan dengan ditanami oleh ikan mas, memiliki gazebo bermaterialkan bambu untuk santai dan menikmati ikan-ikan yang berenang kian kemari.

Fasilitas alam di Djungle Private Camp

    1. Hutan dan pemandangan alam ; hutan yang melingkari bumi perkemahan Djungle camp terbentang dari barat sampai ke bagian selatan, terbentuk dari pepohonan multikultur dengan kekayaan biodiversity yang mendiaminya. Lingkungan hijau sekitar camp memiliki banyak pesona pemandangan alam, terutama pemandangan lembahan dan perbukitan hijau.   
    2. Sungai ; sungai berair jernih dan segar dengan batuan hitam berlumut sebagai pengkhiasnya menjadi karakter sungai-sungai di daerah pegunungan dan hutan yang sedikit terjamah manusia, hal inipun dapat menjadi ciri sungai di kawasan Djungle Private Camp. 
    3. Air terjun ; bernama curug kembar yang letaknya berada ditengah hutan, curug ini dapat dijangkau dengan berjalan kaki / treking hutan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Djungle camp untuk wisata petualangan dan event pelatihan berbasis luar ruang

Dengan karakter lingkungan tempat berkemah dan desain perencanaanya, Djungle Private Camp diperuntukan bagi kegiatan-kegiatan barbasis petualangan dan event perusahaan, lembaga pemerintah dan pendidikan dalam skala kelompok besar. Event-event yang kerap diselenggarakan di perkemahan Djungle meliputi Gathering perusahaan / family gathering, Pelatihan dan pengembangan Sumberdaya Manusia berbasis luar ruang seperti Outbound serta pelatihan & pengembangan SDM dengan menggunakan metode experiential learning, dan lainnya. Kegiatan termaktub diatas dilakukan dalam suasana berkemah dengan hutan dan lingkungan camp sebagai media belajar sekaligus materi pembelajarannya.

Baca Juga :
Review aksesibilitas dan fasilitas Highland Camp

Aksesibilitas menuju Djungle Private Camp

Dari jalan raya puncak (pasar Cisarua), belok kiri jika dari arah Gadog lalu melewati Jl. Siliwangi lalu Jl. Sultan Hasanudin, dari pasar Cisarua dapat ditempuh sekitar 4 kilometer, sepanjang perjalanan akan melewati komplek pervilaan dan perkampungan. Jalan yang sama merupakan arah menuju bukit caimandala camp, Asmarandana camp dan kampung rimba camp yang berada di sebelah tenggara DjunglePrivate Camp. Dan, jika masuknya dari tugu melewati jalan Ciburial, Djungle Private camp berjarak 3.3 kilometer.

Baca Juga :
4 aktivitas terpopuler berbasis luar ruang di Highland Camp

Resume Camping Ground Djungle camp di Puncak Bogor untuk event Gathering, Outbound, Camping dan Adventure

Hampir sebagian banyak bumi perkemahan yang berada dalam kawasan wisata Puncak Bogor terletak di punggungan pegunungan bawah (sub-montana) dan sebagai zona penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, rata-rata memiliki nuansa alam yang sangat kental dengan hutan dan lingkungan yang sejuk serta asri.

Karakter alam dan lingkungan pembentuk area bumi perkemahan Djungle Private camp terbentuk karena keindahan fisik bumi dan kekayaan yang terkandung didalamnya dengan difasilitasi oleh beragam bangunan dan bangun-bangun untuk aktivitas berbasis luar ruang seperti berkemah, gathering perusahaan / family gathering, outbound, camping keluarga, wisata alam dan wisata petualangan.

Catatan kaki[+]