Puncak Halimun Camp Bogor

Artikel di bawah ini merupakan Review Puncak Halimun Camp (PHC). Dan, untuk reservasi silahkan Anda menghubungi Hotline official Puncak Halimun Camp Bogor.


Whatsapp


Puncak Halimun Camp adalah tempat berkemah yang berada di bukit kaki barat daya gunung Gede Pangrango((Gunung Gede Pangrango adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini terletak di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, memiliki ketinggian 3.019 meter di atas permukaan laut. Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu dari lima gunung berapi aktif di Jawa.

Gunung Gede Pangrango memiliki dua puncak utama, yaitu Puncak Gede dan Puncak Pangrango. Gunung Gede Pangrango merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang dibentuk pada tahun 1980 dengan luas sekitar 167.000 hektar. Taman Nasional ini menawarkan pemandangan alam yang indah, seperti hutan hujan tropis, hutan musim, dan hutan lembab serta keanekaragaman hayati yang luar biasa, seperti macan tutul, beruang madu, dan berbagai jenis burung dan primata. Namun, pendakian ke puncak Gunung Gede Pangrango cukup berbahaya karena kondisi jalan yang sulit dan cuaca yang sering tidak stabil.)) dengan pemandangan lapisan awan rendah dan lereng berhutan. Camping ground yang menfasilitasi campervan dan motocamp ini berlokasi di kawasan perbukitan Pancawati dengan Gunung Pangrango dan puncak Salak((Gunung Salak adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini terletak di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, dan memiliki ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut.Gunung Salak merupakan salah satu dari lima gunung berapi aktif di Jawa dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Gunung Salak memiliki dua puncak utama, yaitu Puncak Baru dan Puncak Tua. Gunung Salak menawarkan pemandangan yang indah dan merupakan tempat yang populer untuk mendaki. Namun, pendakian ini cukup berbahaya karena kondisi jalan yang sulit dan cuaca yang sering tidak stabil.)) sebagai daya tarik epic-nya.


Puncak Halimun Camp Bogor berada di Jalan Veteran Cipare (Jl. Caringin – Cileungsi), desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terletak di kaki barat daya gunung Gede Pangrango.

Tempat berkemah dengan mengambil nama pegunungan yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. ((Taman Nasional ini dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Taman Nasional ini dibentuk pada tahun 1992 dan memiliki luas sekitar 107.000 hektar. Taman Nasional ini merupakan salah satu dari 14 taman nasional di Indonesia yang ditetapkan sebagai situs UNESCO Biosphere Reserve pada tahun 1977. Taman ini memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, termasuk hutan hujan tropis, hutan musim, dan hutan lembab. Ada juga banyak satwa liar yang hidup di dalam taman, seperti macan tutul, beruang madu, dan berbagai jenis burung dan primata. Taman Nasional ini memiliki dua gunung yang terkenal yaitu Gunung Halimun dan Gunung Salak. Pendakian ke kedua gunung ini cukup populer di kalangan pendaki.))serta nama sebuah gunung dengan ketinggian puncak nya 1.929 mdpl ini, awalnya merupakan kebun-kebun petani dan masyarakat Pancawati yang ditanamani oleh beragam tanaman kebun dan perkebunan seperti jagung, kopi dan lainya.

Karena pemandangan yang indah dengan daya dukung lingkungan Pancawati((Pancawati adalah sebuah desa yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Desa ini terkenal karena keindahan alamnya yang terdiri dari pegunungan, hutan, dan air terjun yang indah. Desa ini juga dikelilingi oleh hutan yang merupakan habitat bagi berbagai jenis satwa liar, seperti monyet ekor panjang dan kancil. Pancawati juga menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Bogor karena keindahan alamnya dan aktivitas yang dapat dilakukan di sana.)) sebagai salah satu tempat kunjungan wisatawan. Di tahun 2021 bulan Ramadhan, pada kebun-kebun petani tersebut mulailah dibangun spot-spot berkemah (campsite) yaitu 1. campsite Pangrango yang menawarkan kemegahan gunung Gede Pangrango di sebelah tenggara dengan pemandangan lembah-lembah yang menghijau, dan 2. campsite Salak yang menyuguhkan pemandangan Gunung Salak yang berada di sebelah barat Puncak Halimun Camp.

Dari campsite pangrango, pekemping dapat menikmati matahari terbit pada pagi hari (sunrise) sementara itu, jika dari campsite salak yang akan terlihat adalah matahari terbenam (sunset) di upuk barat.

Diawal-awal pembangunan, campsite Salak dapat menampung hingga 40-45 tenda((Tenda adalah sebuah perlengkapan perkemahan yang digunakan untuk menyediakan perlindungan dari cuaca dan lingkungan alam. Tenda terdiri dari kain atau bahan lain yang digantung di atas sebuah struktur yang disebut juga sebagai kerangka tenda. Tenda dapat digunakan untuk berbagai aktivitas seperti berkemah, berjalan-jalan di hutan, atau melakukan aktivitas luar ruangan lainnya. Tenda dapat dibeli atau disewa dan tersedia dalam berbagai ukuran dan desain, mulai dari tenda kecil untuk satu orang hingga tenda besar untuk keluarga atau kelompok besar. Tenda dapat digunakan sebagai penginapan sementara saat melakukan aktivitas outdoor.)), sementara untuk campsite  Pangrango, dapat menampung sekitar 40 tenda. Dan, pada saat ini Puncak Halimun Camp memiliki  lima (5) campsite yaitu, 1. Campsite Salak, 2. Campsite Pangrango, 3. Campsite Halimun, 4. Campsite Afrika dan 5. Campsite Jengkol.

Baca :
Campsite Halimun untuk outing dan gathering

Daya Tarik Puncak Halimun Camp Bogor

puncak halimun camp bogor
Figure-1 : Buper Puncak Halimun Camp

Puncak Halimun Camp – Perkembangan bumi perkemahan di Puncak((Puncak adalah sebuah kawasan pariwisata di Jawa Barat, Indonesia yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango. Puncak terkenal karena udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Puncak memiliki banyak tempat wisata, seperti Taman Wisata Puncak, Taman Bunga Puncak, dan Taman Rekreasi Cipanas. Puncak juga menawarkan berbagai jenis aktivitas, seperti berkemah, bersepeda, dan berjalan-jalan di sepanjang jalan utama. Ada juga berbagai restoran, kedai kopi, dan toko suvenir yang menawarkan produk lokal. Puncak juga merupakan tempat yang populer untuk berlibur, khususnya pada akhir pekan dan musim liburan.)), Bogor dan Sukabumi belakangan ini sangat cukup pesat, hal ini tidak lain karena adanya pergeseran wisata massal menjadi wisata minat khusus. Salah satu lokasi terbaru adalah Puncak Halimun Camp dengan segala keunggulannya yaitu :

  • Memiliki view Gunung Gede Pangrango dan Salak;
  • Menfasilitasi Campervan((Campervan adalah sebuah mobil yang telah dikonversi atau dipersiapkan khusus untuk bermalam di dalamnya. Campervan biasanya dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat tidur, dapur, toilet, dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk perjalanan jauh. Campervan digunakan oleh orang-orang yang ingin bepergian secara independen dan fleksibel, serta menjelajahi area yang tidak dapat dijangkau dengan kendaraan penginapan tradisional. Campervan dapat disewa atau dibeli dan sangat cocok untuk perjalanan alam, berkemah, atau perjalanan jauh.)) dan Motocamp((Motocamp adalah sebuah konsep perjalanan dengan menggunakan sepeda motor dan berkemah di alam terbuka. Motocamp biasanya dilakukan oleh komunitas atau kelompok yang menyukai berkendara dengan sepeda motor dan menjelajahi alam. Motocampers akan menyewa atau membawa sendiri sepeda motor mereka dan mengatur perjalanan dengan rute yang telah ditentukan, biasanya mencakup beberapa tempat berkemah atau penginapan sederhana di alam terbuka. Motocamping seringkali digunakan oleh para pecinta alam dan berkendara sepeda motor yang ingin menikmati pengalaman perjalanan yang lebih bebas dan fleksibel.));
  • Tempat Glamping((Glamping adalah singkatan dari “glamorous camping” yang merupakan konsep perkemahan dengan fasilitas yang lebih mewah dibandingkan dengan perkemahan tradisional. Glamping menawarkan pengalaman berkemah yang lebih nyaman dan mewah, dengan fasilitas seperti kamar mandi, dapur, dan tempat tidur yang lebih baik. Glamping dapat dilakukan di berbagai tempat, seperti di taman nasional, di hutan, atau di dekat pantai, dan dapat ditemukan dalam berbagai bentuk seperti tenda, kabin, atau rumah pohon. Glamping menawarkan pengalaman berkemah yang lebih nyaman dan mewah dibandingkan dengan perkemahan tradisional, serta memberikan pengalaman yang lebih dekat dengan alam.)) di ketinggian;
  • Menyediakan Wisasata Petualangan((Wisata petualangan adalah jenis wisata yang menyediakan berbagai aktivitas yang memacu adrenalin seperti rafting, panjat tebing, paragliding, dll. Wisata petualangan juga dapat mencakup aktivitas alam seperti berkemah, berjalan-jalan di hutan, atau pendakian gunung. Tujuan dari wisata petualangan adalah untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menantang serta memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi alam dan meningkatkan keterampilan fisik. Wisata petualangan sangat cocok untuk orang yang menyukai tantangan dan ingin meningkatkan kebugaran fisik serta mengejar pengalaman yang tidak dapat ditemukan dalam wisata tradisional.)) (Adventure) ;
  • Terdapat Binatang liar dan Cikahuripan;
  • Kemah terasa di tengah Gede Pangrango dan Salak.

View Gunung Gede Pangrango dan Salak

puncak halimun camp bogor
Figure-2 : View Gede Pangrango dan Salak

Puncak Halimun Camp – Menikmati keindahan pemandangan puncak Salak dengan lembahan-lembahan yang menghijau pada saat  matahari tenggelam (sunset) ((Sunset adalah fenomena alam di mana matahari terbenam di ufuk barat yang menyebabkan perubahan warna di langit. Sunset dapat dilihat setiap hari dan sering dikaitkan dengan perasaan kedamaian dan kebahagiaan. Warna-warna yang muncul di langit saat sunset bervariasi tergantung dari cuaca dan kondisi atmosfer. Warna-warna yang sering ditemukan di antaranya merah, oranye, kuning, dan ungu. Sunset juga sering digunakan sebagai latar belakang dalam fotografi dan seni lukis. Beberapa tempat yang terkenal dengan pemandangan sunset-nya adalah pantai, bukit, atau tempat-tempat yang memiliki pemandangan yang luas.)) dan gunung Gede Pangrango pada saat sunrise((Sunrise adalah fenomena alam di mana matahari terbit di ufuk timur yang menyebabkan perubahan warna di langit. Sunrise terjadi setiap hari dan sering dikaitkan dengan perasaan optimisme dan harapan. Warna-warna yang muncul di langit saat sunrise bervariasi tergantung dari cuaca dan kondisi atmosfer. Warna-warna yang sering ditemukan di antaranya merah, oranye, kuning, dan ungu. Sunrise juga sering digunakan sebagai latar belakang dalam fotografi dan seni lukis. Beberapa tempat yang terkenal dengan pemandangan sunrise-nya adalah pantai, bukit, atau tempat-tempat yang memiliki pemandangan yang luas.)) disuatu tempat sekaligus merupakan moment yang langka dan jarang untuk ditemukan. Disini, di Puncak Halimun Camp, pekemping dapat menikmati pesona terbitnya matahari yang bersinar pada pagi hari dan tenggelam di balik puncak salak di upuk barat pada senja harinya

Menfasilitasi Campervan dan Motocamp

puncak halimun camp bogor
Figure-3 : Campervan

Puncak Halimun Camp – Belakangan ini Campervan dan motorcamp menjadi tren wisata berkemah di Puncak dan Bogor. Mode wisata dengan mendirikan tenda disamping kendaraan banyak digemari oleh pekemping dari kalangan keluarga untuk campervan dan untuk motocamp banyak diminati dari kalangan muda-muda.

Salah satu daya tarik Puncak Halimun Camp adalah menfasilitasi Campervan dan Motocamp, karena kedua gendre berkemah ini harus berada pada perkemahan khusus((Perkemahan khusus adalah jenis perkemahan yang ditujukan untuk kategori tertentu atau untuk tujuan khusus. Contohnya adalah perkemahan dengan menggunakan mobil dan motor disamping tenda, perkemahan yang hanya dapat diikuti oleh anggota organisasi tertentu, perkemahan yang ditujukan untuk kategori usia tertentu, atau perkemahan yang ditujukan untuk tujuan tertentu seperti pendidikan, pengembangan diri, atau aktivitas outdoor. Perkemahan khusus ini biasanya menawarkan fasilitas dan aktivitas yang berbeda dari perkemahan umum dan dapat ditujukan untuk kelompok tertentu dari orang yang memiliki minat yang sama.)).

Dan, hampir semua campsite di Puncak Halimun Camp dapat dipergunakan untuk campervan maupun motocamp, namun yang paling strategis untuk dapat menikmati pengalaman berkemah disamping mobil maupun motor lokasinya di campsite Salak, karena di campsite ini, pekemping keluarga dapat menikmati suasana camping sambil menikmati matahari tenggelam.

Glamping di ketinggian

Puncak Halimun Camp Bogor
Figure-4 : Glamping

Puncak Halimun Camp – Areal glamping di Puncak Halimun Camp ini memiliki nama Glamping Garuda Huha. Di spot glamping yang memiliki pemandangan utamanya yaitu gunung salak ini sudah tersedia sebanyak 16 unit tenda dengan model barak-barak yang unik.

Pada areal glamping Garuda Huha terdapat fasilitas pendukung seperti toilet umum sederhana, tenda glamping yang didalamnya terdapat 2 matras, bantal, selimut, meja dan air mineral.

Wisata Petualangan (Adventure)

puncak halimun camp bogor
Figure-5 : Bermain ATV di Puncak Halimun Camp

Puncak Halimun Camp – Terdapat beberapa jalur trekking / hiking((Hiking adalah kegiatan berjalan atau berkemah di alam terbuka, biasanya di pegunungan atau hutan, dengan tujuan untuk berolahraga, bersantai, atau menikmati pemandangan alam. Kegiatan ini dapat dilakukan secara individu atau dalam kelompok, dan dapat dilakukan dalam jangka waktu yang berbeda, mulai dari perjalanan harian hingga perjalanan multi-hari. Perlengkapan yang dibutuhkan untuk hiking meliputi sepatu hiking, pakaian yang cocok, peralatan camping, dan peralatan navigasi. Beberapa orang juga menambahkan peralatan untuk mendaki gunung yang lebih tinggi.)) di sekitar Puncak Halimun Camp dengan jarak yang beragam antara satu rute dengan lainnya, jalur tersebut dikelola bukan oleh manajemen Puncak Halimun Camp (Sumber : travel kompas 2021).  Dan, rencananya Puncak Halimun Camp akan membuat jalur trekking / hiking dengan banyak pilihan rute tempuh yaitu rute sepanjang 2 kilometer, 5 km, dan rute 7 km. Saat ini terdapat rute sepanjang 2-2.5 kilometer atau dengan jarak tempuh sekitar dua jam perjalanan melewati perkebunan jambu.

Selain trekking hutan, Puncak Halimun Camp menyediakan kendaraan ATV(( ATV adalah singkatan dari All-Terrain Vehicle, yang merupakan sebuah kendaraan yang dapat digunakan di berbagai jenis medan, seperti tanah, pasir, batu, dan tanah berlumpur. ATV merupakan kendaraan roda empat yang digerakkan dengan mesin, ATV dapat digunakan untuk berbagai aktivitas seperti berburu, berkemah, atau menjelajahi alam. ATV juga sering digunakan dalam aktivitas rekreasi seperti off-roading atau pertandingan ATV. ATV dapat dibeli atau disewa dan biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur seperti suspensi yang kuat, ban yang lebar, dan pengereman yang andal.)) yang dapat di sewa untuk menjelajahi kawasan bumi perkemahan Puncak Halimun Camp. Sebagian besar jalanan tanah di sekitar camping ground merupakan area penjelajahan kendaraan berbentuk mirip motor pendek beroda empat yang sangat kuat terutama di medan offroad ini.

Kemah terasa di tengah Gede Pangrango dan Salak

Figure-6 : Berada di antara 2 TN

Puncak Halimun Camp memiliki areal terbuka, dimana arah barat lautnya nya adalah gunung Salak dan pegunungan Halimun,  sementara arah tenggara Puncak Halimun Camp adalah Puncak Gunung Gede Pangrango.

Sebatas mata memandang, dari Puncak Halimun Camp terlihat hijau nya gunung salak dan pegunungan Halimun membentang ditiga kabupaten dalam dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten, berada dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Sementara itu, dibelahan lain terlihat angkuhnya gunung Gede Pangrango dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango berada di tiga Kabupaten yaitu Bogor, Sukabumi dan Cianjur Provinsi Jawa Barat.

Binatang liar dan Cikahuripan

Puncak Halimun Camp – Menurut mang Jack yang diwawancarai oleh Kompas.com (8/6/2021), di Puncak Halimun Camp pekemping yang berkemah akan disuguhi pesona kehidupan satwa liar, disekitar Puncak Halimun Camp masih terdapat owa Jawa (Owa jawa; Hylobates moloch adalah sejenis primata anggota suku Hylobatidae.) yang datang pada pagi sekitar jam 05:00-07:00, kendatipun Mang Jack tidak pernah melihat secara langsung melihatnya.

Masih menurutnya, “bagi yang berkemah di campsite Pangrango,  jika beruntung pada siang hari nya akan didatangi oleh seekor elang Jawa yang terbang disekitar gardu pandang, disekitar tempat mendirikan tenda”. Dan konon masih kata nya, “dilembahan terdapat curug Cikahuripan (air terjun kehidupan) yang terjunan airnya terdengar hingga Puncak Halimun Camp”((Narasi mang Jack pada tulisan yang sumbernya diambil dari kompas.com ini, dialognya sudah dilakukan editing dengan tidak merubah essensi informasi yang  disampaikan)).

Fasilitas Puncak Halimun Camp Bogor

puncak halimun camp bogor
Figure-7 : Cafe PHC Bogor

Puncak Halimun Camp – Selain campsite yang luas dan beragam dengan pemandangan yang ditawarkan masing-masing spot berkemah, fasilitas buatan lainnya yang disediakan oleh pengelola guna  memberikan kenyamanan terhadap para pekemping ketika berkunjung ke Puncak Halimun Camp yaitu :

  • Cafe((Cafe adalah sebuah tempat yang menyediakan minuman dan makanan serta fasilitas untuk duduk dan bersantai. Cafe umumnya menyediakan kopi, teh, jus, dan minuman lainnya serta makanan ringan seperti pastry atau sandwich. Cafe juga dapat menyediakan fasilitas seperti wifi gratis dan tempat duduk yang nyaman. Cafe dapat menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai, berkumpul dengan teman-teman, atau bekerja. Cafe juga sering menyelenggarakan acara-acara seperti pameran seni, live music, atau acara-acara lainnya.)) : Sebuah bangunan yang menghadap lembahan dan hutan yang difungsikan sebagai cafe;
  • Mushala : Marupakan sarana beribadah yang tersedia di Puncak Halimun Camp;
  • Toilet : Terdapat unit-unit toilet / kamar mandi yang tersebar disekitar area camp;
  • Area parkir : Sebagian besar campsite memiliki area parkirnya sendiri dengan landasan yang masih tanah;
  • Warung : No Data!
  • Menara pandang : Terdapat sebuah menara pandang yang menghadap lembahan dengan kontruksi bambu;
  • Listrik : Untuk dapat menikmati fasilitas listrik, pekemping harus menambah biaya penggunaan listrik sebesar Rp. 100.000,- untuk classic camping dan Rp. 70.000,- untuk glamping;
  • WiFi : Di Puncak Halimun Camp tidak tersedia jaringan seluler. Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, pihak pengelola menyediakan Wi-Fi yang berbayar;
  • Persewaan ATV : Pengelola menyediakan kendaraan ATV (All Terrain Vehicle) untuk disewa dengan area penjelajahan nya adalah jalanan Puncak Halimun Camp yang masih tanah;
  • keran air : Disediakan oleh pengelola untuk memasak dan memenuhi kebutuhan air sepanjang camping;
  • Trekking rute : Terdapat jalur / rute treking bagi pekemping yang ingin melakukan hiking;
  • Perapian : Merupakan tempat api unggun yang di buat khusus dengan dilingkar tempat duduk. Perapian ini terdapat disekitar area Glamping.
  •  

Campsite

puncak halimun camp bogor
Figure-8 : Campsite Puncak Halimun Camp

Puncak Halimun Camp – Campsite merupakan tempat perkemahan yang terdapat di sebuah campground((Campground adalah sebuah area yang dibuat khusus untuk kegiatan berkemah atau bermalam di alam terbuka. Campground biasanya dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti tempat parkir, toilet, air bersih, dan tempat sampah. Beberapa campground juga menyediakan fasilitas tambahan seperti pemandian air panas, dapur umum, dan tempat berkumpul. Campground biasanya terletak di kawasan alam yang indah seperti di taman nasional, di hutan, atau di dekat pantai. Ada juga campground yang dibuat di area urban seperti taman kota. Campground sering digunakan oleh pendaki, pecinta alam, atau oleh mereka yang mencari pengalaman berkemah yang lebih nyaman dari yang ditawarkan oleh area camping pada umumnya. Campground juga sering digunakan oleh para pengunjung yang mengendarai RV atau mobil van.)) atau bumi perkemahan. Terdapat beberapa istilah dalam dunia perkemahan seperti camping ground yang berarti tempat mendirikan tenda atau tempat berkemah, campground merujuk pada bumi perkemahan atau lokasi tempat berkemah itu berada, dan beberapa istilah lainnya.

Di Puncak Halimun Camp terdapat 5 (lima) campsite dimana setiap campsite tersebut memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing, yaitu campsite Salak, campsite Halimun, campsite Afrika, campsite Jengkol dan campsite Pangrango

Campsite Salak

Puncak Halimun Camp – Campsite Salak merupakan area camping terpopuler dengan kontur ketinggian yang berundak. Di campsite Salak, para pekemping akan disuguhkan dengan pemandangan gunung salak yang sangat indah dan megah. Dan ketika cuaca cerah, banyak muda-mudi yang menikmati sunset atau matahari tenggelam dari spot berkemah ini.

Campsite Halimun

Puncak Halimun Camp – Ketika malam tiba, Campsite Halimun menyuguhkan keindahan lampu-lampu kota (citylight)((City Light adalah pemandangan kota yang dilihat dari ketinggian atau jarak tertentu, di malam hari saat lampu-lampu kota menyala. View city light merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana kota yang berbeda dari pada siang hari.))dan ketika siang menjelang, campsite yang mengambil salah satu nama gunung yang berada dalam kawasan Nasional Gunung Halimun Salak ini menawarkan pemandangan hamparan hutan dan perkebunan-perkebunan penduduk Pancawati.

Campsite Pangrango

Puncak Halimun Camp – Areal perkemahan dengan mengambil nama salah satu gunung yang terletak di bagian tenggarannya yaitu Gunung Pangrango merupakan campsite yang sangat luas hingga dapat menampung puluhan tenda secara bersama-sama. Selain sebagai tempat terbaik untuk menyaksikan matahari bersinar pada pagi hari di sebelah timur (sunrise), campsite Pangrango merupakan salah satu spot yang memiliki pemandangan gunung gede pangrango dengan hijaunya hutan pegunungan yang sangat indah.

Campsite Afrika

Puncak Halimun Camp – Berbeda dengan Campsite Pangrango yang terletak dekat dari jalan utama dan lapangan parkir sehingga para pekemping yang tidak ingin jauh berkendara ke spot berkemah akan memilih campsite Pangrango, camp Afrika lokasinya berada di area paling dalam bumi perkemahan Puncak Halimun Camp. Campsite Afrika memiliki areal tempat berkemah yang sangat luas dengan udara yang sejuk. Di campsite Afrika terdapat beberapa pohon yang dapat digunakan sebagai tempat menambatkan hammock. Pemandangan pegunungan dengan keindahan hijaunya hutan pegunungan bawah (submontana) ini menjadi Highlight di campsite Afrika.

Campsite Jengkol

Puncak Halimun Camp – Campsite dengan mengambil salah satu tanaman buah ini memiliki keteduhan pepohonan yang tumbuh disekitar areal berkemah, Campsite Jengkol mengambil salah satu nama tumbuh-tumbuhan yaitu Jengkol (Archidendron pauciflorum) yang merupakan salah satu makanan yang sangat lezat.

Cottage

puncak halimun camp bogor
Figure-9 : Cottage di Puncak Halimun Camp

Di Puncak Halimun Camp terdapat fasilitas mengginap dengan menggunakan cottage((Cottage adalah sebuah rumah kecil yang sering ditemukan di daerah pedesaan atau di tepi pantai. Cottage biasanya digunakan sebagai tempat tinggal musiman atau sebagai tempat liburan. Cottage juga dikenal sebagai rumah tradisional Inggris yang memiliki tampilan yang menarik dan konstruksi yang kokoh.)) sebanyak 6 unit berarsitektur rumah tradisional sunda tempo dulu. Setiap unit cottage dapat menampung maksimal 12 orang. Bangunannya dibuat dengan desain rumah tradisional sunda((Rumah tradisional Sunda adalah jenis rumah tradisional yang digunakan oleh masyarakat Sunda di wilayah Jawa Barat, Indonesia. Rumah ini dikenal dengan desain yang unik dan khas, dengan atap yang terbuat dari ijuk atau daun aren yang disusun secara rapi dan diatasnya ditutup dengan tanah liat atau genting. Struktur rumah ini terbuat dari kayu atau bambu dan didesain dengan sistem pendingin alami melalui ventilasi yang baik. Rumah ini juga sering dihiasi dengan ukiran yang indah yang mencerminkan budaya Sunda.)) atau jawa barat. Jadi, bagi yang tidak mau tidur ditenda bisa juga menyewa tempat penginapan tersebut.

Komplek Cottage berada di sebuah lembah dengan pepohonan yang rimbun, bangunan nya menghadap arah Gunung Salak dengan latarnya gunung Gede Pangrango.

HTM dan biaya berkemah di Puncak Halimun Camp Bogor

puncak halimun camp bogor
Figure-10 : Kartu kunjungan dan biaya camping

Puncak Halimun Camp – Puncak Halimun Camp memiliki HTM sebesar 40.000,- per orang, harga ini belum termasuk biaya-biaya lainnya. HTM adalah harga yang harus dibayar oleh pekemping untuk dapat masuk Puncak Halimun Camp. Dan, dibawah ini biaya-biaya berkemah di Puncak Halimun Camp. 

UraianHarga
HTM, Include :
Tiket masuk ke area camping.
Free Toilet
Free parkir.
Free penitipan helm.
Rp. 40.000,-
Biaya listrik campingRp. 100.000,-
Biaya listrik glampingRp. 70.000,-
MotocampRp. 60.000,-
Campervan, Include :
Biaya sewa area mobil membayar Rp. 60.000/mobil
HTM Rp. 40.000,-/org
Free air bersih (air keran)
Free toilet
Rp. 60.000,-
Rp. 40.000,-
AdventureRp. 60.000,-
Campervan / unitRp. 60.000,-
Bikecamp / unitRp. 15.000,-
Motocamp / unitRp. 20.000,-
Paket Ceria VIP (2 Orang)Rp. 500.000,-
Sewa tenda kafasitas 3-4 orangRp. 75.000,-
Sewa matras ukuran besarRp. 30.000,-
Sewa matras ukuran kecilRp. 10.000,-
Sewa sleping bagRp. 20.000,-
Sewa flysheet ukuran 2×3Rp. 25.000,-
Sewa flysheet ukuran 3×3 dan 4×3Rp. 35.000,-
Sewa kompor portableRp. 30.000,-
Sewa kompor miniRp. 20.000,-
Beli gas refilRp. 20.000,-
Kayu bakar per ikatRp. 35.000,-
Sewa NestingRp. 20.000,-
Sewa lampu tendaRp. 30.000,-
Sewa head lampRp. 20.000,-
Sewa kursi lipatRp. 25.000,-
Sewa tenda glamping (kapasitas 3 – 4 orang)Rp. 500.000,-
Paket Camping 2 orang, include :
tenda kapasitas 3 org
kompor portable
Selimut / Sleepingbag
Matras
Alat masak
air keran
kompor portable + gas
Free penitipan helm
Free biaya parkir motor/mobil
Rp. 300.000,-
Paket Camping 3 orang ( include HTM, tenda, sleeping bag, matras, kompor portable + gas dan alat masak)Rp. 350.000,-
CottageRp. 3.000.000,-
Sewa ATV / 1 jamRp. 250.000,-
Wi-Fi / 24 jamRp. 10.000,-
Table : Harga sewaktu-waktu dapat berubah

Aksesibilitas Puncak Halimun Camp Bogor

puncak halimun camp bogor
Figure-12 : Parkir Puncak Halimun camp

Puncak Halimun Camp – Lokasi Puncak Halimun Camp berjarak sekitar dua kilometer dari Kopi Daong. Dan jika dari Medan Merdeka Jakarta dapat ditempuh dengan jarak 81,2 kilometer atau sekitar dua jam perjalanan via Tol Jagorawi (jika tidak macet). Dari pintu Tol Ciawi terdapat dua alternatif yaitu keluar Ciawi menuju Cikereteg atau masuk tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) keluar exit tol Caringin.

Dari pertigaan Ciawi maupun Exit tol Caringin perjalanan dilanjutkan menuju pasar Cikereteg, lalu menuju kopi Daong. Dan setelah melewati kopi Daong, ikuti jalur jalan yang lurus hingga akhirnya menemukan sebuah peternakan ayam yang berada pada sisi kanan jalan dan tidak jauh jalanan melingkar. Tidak jauh dari jalanan melingkar Puncak Halimun Camp.

Untuk dapat mencapai Puncak Halimun Camp setelah jalan melingkar, kondisi rute jalanan cukup menantang, roda kendaraan akan melintasi medan jalanan tanah dengan sedikit berbatu, sempit dan hanya bisa dilewati oleh 1 kendaraan roda 4 saja, jika berpapasan maka yang lainnya harus menunggu giliran.

Untuk mencapai Puncak, mode transfortasi yang dapat di gunakan adalah kendaraan roda 4, baiknya dengan mobil bergardan ganda (4WD) ataupun kendaraan roda dua, dan bisa juga menggunakan sepeda gunung (mountain bike).

Keterjangkauan dari berbagai kota

Puncak Halimun Camp – Keterjangkauan Puncak Halimun Camp dari kota-kota terdekat yang ada di Jawa Barat dan Banten, yaitu : 

Dari KotaJarak tempuhCek Rute
Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, 1011081,2 KmCek Google Map
Jl. Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Jawa Barat 1612229,8 KmCek Google Map
Universitas Indonesia, Depok59 KmCek Google Map
Kota Bekasi Jawa Barat71.6 KmCek Google Map
Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat via Cianjur127 KmCek Google Map
Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat58,2 KmCek Google Map

Tempat wisata terdekat dari Puncak Halimun Camp

Puncak Halimun Camp – Terdapat beberapa tempat wisata((Tempat wisata adalah suatu tempat yang dikunjungi oleh orang-orang untuk berlibur atau berjalan-jalan. Bisa berupa alam, budaya, sejarah, atau man-made attraction. Tempat wisata dapat berupa taman, pantai, gunung, air terjun, museum, tempat bersejarah, atau tempat hiburan. Tempat wisata dapat menawarkan berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan, berkeliling, berfoto, bersantai, atau bahkan beraktivitas outdoor seperti mendaki gunung.)) disekitar Puncak Halimun Camp Pancawati Bogor, yang terpopuler bagi kalangan remaja adalah kopi Daong, lainnya adalah Lingkung Gunung Adventure Camp yang satu Gendre dengan Puncak Halimun Camp sebagai tempat berkemah

Kopi Daong Pancawati

kopi daong pancawati
Figure-13 : Kopi Daong Pancawati

Puncak Halimun Camp – Kedai kopi Daong atau lebih populer dengan kopi Daong adalah sebuah tempat ngopi ditengah hutan pinus yang rindang dan asri yang dibangun dengan konsep outdoor((Outdoor adalah aktivitas yang dilakukan di luar ruangan atau di alam terbuka. Outdoor dapat berupa berbagai macam aktivitas seperti berkemah, mendaki gunung, berkayak, bersepeda, camping, memancing, berjalan-jalan di taman, atau bahkan bersepeda di alam liar. Outdoor juga merupakan aktivitas yang baik untuk kesehatan dan dapat memperkuat sistem imun serta mengurangi stres. Outdoor juga merupakan pilihan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga dan teman-teman.)).

Kopi Daong memiliki suasana sebagai tempat untuk refreshing dan berlibur. Hawa pegunungan yang sejuk dengan pepohonan yang rindang bisa dirasakan secara langsung di kedai kopi yang berada di Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini. 

Lingkung Gunung Adventure Camp

lingkung gunung pancawati
Figure-14 : View Lingkung Gunung Adventre Camp Pancawati

Puncak Halimun Camp – Lingkung Gunung Adventure Camp terletak di kaki Gunung Gede Pangrango yang berhadapan langsung dengan puncak Gunung Salak dan lembah-lembah kaki Gede Pangrango. Berada pada ketinggian sekitar 800 Mdpl,  beralamat di Jl. Akses Lingkung Gn. Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730.

Lingkung Gunung merupakan tempat wisata berbasis petualangan yang menyajikan pesona alam((Pesona alam adalah keindahan dan keelokan yang ditemukan dalam alam liar. Ini termasuk keindahan alam seperti gunung, air terjun, pantai, hutan, danau, atau hamparan rumput. Pesona alam juga meliputi berbagai jenis tumbuhan dan satwa yang ditemukan di alam liar, serta fenomena alam seperti matahari terbit dan terbenam)) nan indah memanjakan para wisatawan dengan fasilitas alam dan buatan berupa villa sunset, elji cafe, area glamping, area kegiatan luar ruangan (outdoor activity area), bumi perkemahan (camping ground), area bermain anak-anak (play ground)((Playground adalah sebuah area yang ditujukan untuk bermain, terutama untuk anak-anak. Playground biasanya terdiri dari peralatan bermain seperti perosotan, ayunan, kolam bola, atau jembatan loncat. Playground juga dapat menyediakan area untuk berlarian, bermain bola, atau bermain dengan mainan lainnya)), ruang pertemuan (meeting room) kolam renang, dan lainnya.

The Farm Pancawati

the farm pancawati
Figure-15 : View the Farm Pancawati

Puncak Halimun Camp – The Farm Pancawati Bogor adalah sebuah tempat rekreasi keluarga yang menyajikan pesona alam berbalut konsep kekinian. Beragam aktifitas seru dan wahana menarik dapat ditemukan di The Farm Pancawati seperti Mini zoo((Berlibur adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dengan tujuan untuk menikmati waktu luang, menyegarkan pikiran, dan meningkatkan kualitas hidup. Berlibur dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti pergi ke tempat-tempat wisata, berjalan-jalan di kota atau desa, atau bahkan dengan berdiam diri di rumah. Berlibur juga dapat dilakukan dengan berbagai jenis aktivitas seperti berolahraga, berkumpul dengan keluarga dan teman-teman, atau bahkan dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti membaca atau menonton film.)), Kolam Renang, Kebun Jati, Taman Swafoto((Selfie photo atau “swafoto” adalah sebuah foto yang diambil oleh seseorang sendiri dengan menggunakan kamera ponsel atau kamera digital. Swafoto biasanya diambil dari jarak dekat dengan mengarahkan kamera ke wajah atau tubuh seseorang, dan sering digunakan untuk berbagi di media sosial atau untuk mengabadikan momen tertentu. Swafoto juga dapat diambil dengan berbagai variasi, seperti menambahkan efek filter, mengubah sudut pandang atau menggabungkan dengan latar belakang yang menarik.)), Penginapan

Kesimpulan tempat camping di Puncak Halimun Camp Bogor

puncak halimun camp bogor
Figure-16 : Menikmati view Salak di Puncak Halimun Camp

Puncak Halimun Camp – Salah satu campground di Bogor yang mengakomodir campervan,  motorcamp, classic camp dan glamorous camp atau glamping dalam satu bumi perkemahan adalah Puncak Halimun Camp yang berada di Pancawati, di kaki barat daya gunung Gede Pangrango.

Tempat berkemah yang dengan 5 campsite ini memiliki daya tarik berupa pemandangan Gunung Gede Pangrango dan Salak, tempat Glamping di ketinggian, menyediakan wisata petualangan berupa trekking dan ATV dan berkemah terasa di tengah-tengah gunung Gede Pangrango dan Salak.


FAQ

Q: Apa itu Puncak Halimun Camp?

A: Puncak Halimun Camp adalah sebuah tempat kemah terbaru di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango.

Q: Apa saja fasilitas yang tersedia di Puncak Halimun Camp?

A: Fasilitas yang tersedia di Puncak Halimun Camp antara lain area cottage, dua area kemah, toilet dan kamar mandi umum, mushola, lapangan parkir, dan area api unggun.

Q: Berapa biaya untuk menginap di Puncak Halimun Camp?

A: Biaya untuk menginap di Puncak Halimun Camp bervariasi tergantung pada jenis akomodasi yang dipilih. Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan pemesanan, silakan menghubungi nomor telepon yang tertera di website resmi Puncak Halimun Camp.

Q: Bagaimana cara memesan akomodasi di Puncak Halimun Camp?

A: Untuk memesan akomodasi di Puncak Halimun Camp, kamu dapat menghubungi nomor Hotline Puncak Halimun Camp. Biaya untuk berkemah di sana adalah Rp40.000 per orang untuk satu malam. Untuk penyewaan tendanya sendiri harganya mulai dari Rp100.000 tergantung dari kapasitas dan fasilitas.

Q: Apakah ada aktivitas outdoor yang tersedia?

A: Terdapat sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan saat berada di Puncak Halimun Camp seperti berkemah, outbound dan adventure sebagai muatan kegiatannya. Selain itu, kamu juga dapat menikmati pemandangan lembah kaki Gunung Gede Pangrango yang terlihat dari Puncak Halimun Camp.

Q: Apakah ada fasilitas kamar mandi di Puncak Halimun Camp?

A: Ya, ada beberapa cottage dengan arsiktektur sunda yang dapat disewa.

Q: Bagaimana cara menuju Puncak Halimun Camp?

A: Untuk menuju Puncak Halimun Camp, wisatawan disarankan untuk mengambil arah lewat Cikereteg—tepatnya Pasar Cikereteg. Sebab jalur yang akan dilewati tidak terlalu bercabang, mulus, dan dapat dilalui oleh dua mobil yang berpapasan. Lokasinya hanya dua kilometer dari Kopi Daong. Jarak dari Jakarta adalah 81,2 kilometer (km) atau sekitar 2 jam lebih menit via Tol Jagorawi.


Home » Blog » Camping Ground » Review Camping Ground » Puncak Halimun Camp Bogor

This entry was tagged in puncak halimun camp bogor dan puncak halimun pancawati, puncak halimun camp cileungsi, halimun camp pancawati, puncak halimun camp bogor bogor jawa barat, puncak halimun camp bogor foto, puncak halimun camp bogor, puncak halimun, campsite halimun, halimun camp, puncak halimun camp, puncak halimun pancawati, puncak halimun camping ground, camping ground gunung bunder halimun salak, camping ground halimun salak, camp halimun salak, puncak halimun camp cileungsi, halimun camp pancawati, camping halimun salak, halimun salak camping ground, camping gunung halimun, camping di halimun salak, puncak halimun camp bogor bogor jawa barat, gunung halimun camping ground, ground camp pondok halimun, camping ground gunung halimun, camping ground halimun, camp puncak halimun, cidahu camping ground halimun, camping ground gunung halimun salak, camping puncak halimun, halimun salak camping, camping di gunung halimun, camping ground puncak halimun, gunung halimun camp.