Halimun Campsite Bogor untuk outing dan gathering

puncak halimun camp bogor

Halimun Campsite – Berbeda dengan campsite Ciputri di kawasan Highland Camp Curug Panjang yang diperuntukan bagi camping keluarga((adalah aktivitas berkemah bersama keluarga yang dilakukan di alam terbuka. Aktivitas ini dapat mencakup berbagai hal seperti berkemah, hiking / trekking, memasak di luar, dan berkumpul bersama keluarga. Kemping keluarga sangat cocok untuk liburan dan menikmati waktu bersama keluarga.)) (family camp), Campsite Halimun didesain guna menfasilitasi kegiatan outing dan gathering((Gathering adalah pertemuan beberapa orang untuk tujuan tertentu, biasanya untuk berkumpul, berbagi informasi, atau berkomunikasi. Gathering dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari pertemuan formal di kantor atau konferensi, sampai pertemuan informal di luar ruangan. Gathering dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti bisnis, sosial, keagamaan, atau kebudayaan.)) dengan outbound((Outbound adalah sebuah program atau kegiatan yang dilakukan di luar lingkungan biasa, seperti di alam terbuka, dalam suasana alam yang asri dan segar. Kegiatan outbound biasanya digunakan untuk tujuan pengembangan diri, pembinaan tim, atau sebagai bentuk rekreasi. Outbound dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti team building, training, atau hanya sekedar bersenang-senang.)) dan adventure sebagai muatannya. 


Whatsapp


Halimun Campsite – Setelah Campsite Kendeng yang berada dalam kawasan Highland Camp Curug Panjang dengan beragam keunikannnya untuk camping keluarga dan outing((Outing adalah pergi keluar dari rumah atau dari lingkungan kerja  untuk tujuan rekreasi. Outing dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti perjalanan keluarga, berlibur, atau pertemuan sosial dengan teman-teman. Outing dapat dilakukan di alam terbuka dengan aktivitas seperti berjalan-jalan, berkemah, berkumpul dengan teman-teman, atau mengunjungi tempat-tempat wisata.)), Zona Halimun yang titik pusat nya (center area) berada di  Campsite Halimun menjadi topik review ku pada minggu pertama di tahun 2023.

Katanya, Bumi Perkemahan Highland Camp Curug Panjang merupakan Miniatur Halimun dan campsite Halimun menjadi titik pusat aktivitas kegiatan gathering dan outing dengan tenda((Tenda adalah struktur sederhana yang digunakan sebagai tempat bermalam atau berlindung dari cuaca. Tenda biasanya terbuat dari Coted polyester, coated nylon dan Cuben Fiber yang dikembangkan di atas suatu rangka. Tenda dapat digunakan untuk keperluan seperti camping, Tenda juga dapat dibedakan berdasarkan jenisnya seperti tenda dome, tenda kabin, tenda kerucut, dan lain sebagainya.)) sebagai tempat menginapnya.

Dan katanya pula, pengembangan kawasan Highland Camp Curug Panjang yang didekati dengan pendekatan ekologis (ecological approach) serta wisata ramah((Wisata ramah adalah konsep pariwisata yang menekankan pada kesesuaian dengan lingkungan, kesejahteraan masyarakat setempat, dan pengembangan yang berkelanjutan. Wisata ramah mencakup berbagai hal seperti pengelolaan sumber daya alam yang bijak, perlindungan lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat setempat. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk menikmati pengalaman wisata yang menyenangkan sambil memastikan bahwa lingkungan dan masyarakat setempat tidak terpengaruh negatif.)), telah memberikan kenyamanan kepada para pekemping dalam melakukan aktivitas gathering maupun outing perusahaan.

Nama kecilku Kiade, beberapa kali aku berkemah di campsite Halimun Puncak, dan beberapa kali juga aku terlibat dalam kegiatan gathering serta outing perusahaan yang berskala nasional ataupun international di Kawasan Bumi Perkamahan Highland Camp Curug Panjang Bogor.

Ada banyak nuansa yang ditemukan ketika camping di Puncak Halimun Camp site Puncak Bogor, aku telah melewati banyak musim dengan beragam suasana. Ketika musim panas, Halimun campsite terasa teduh dan sejuk, hal ini karena banyaknya tajuk tegakan yang menaungi area berkemah, namun pada dini hari menjelang pagi, suhu udara bisa mencapai 16 derajat celcius. Berbeda pada musim penghujan, suhu pada dini hari terasa akan lebih hangat.

Musim lainnya adalah musim liburan anak sekolah, dimana campsite Halimun banyak didatangi oleh para pekemping dengan gendre keluarga. Orang tua membawa serta anak-anaknya untuk berkemah. Konon katanya “Camping keluarga adalah kegiatan rekreasi keluarga yang dilakukan di alam terbuka dengan tidur menggunakan tenda, bertujuan untuk mendapatkan pengalaman petualangan dialam bebas dan pembelajaran tentang lingkungan hidup serta membangun kualitas kebersamaan dalam keluarga”.

Salah satu musim yang sangat berkesan yaitu ketika camping pada musim pandemi alias musim COVID-19 sedang menjadi isue politik global, dan tak ayal sosial politik nasionalpun terpengaruh oleh kehadiran virus SARS-CoV-2. Pada musim Pandemi, suasana hening dan sunyi meyelimuti Campsite Halimun, kendatipun ada beberapa orang yang turut berkemah, namun suasana nya penuh curiga. Kadang terlintas dalam benaku “jangan-jangan dia si pembawa virus”. Dan, mungkin kalimat itu juga terlintas dalam benak mereka yang sedang camping ketika melihatku.

Nama kecilku Kiade, Aku melewati banyak kisah di Halimun campsite, tulisan dibawah tidak akan menceritakan tentang kisah ku, namun ini adalah review atas sebuah tempat camping di Puncak Bogor yang membawa nama besar pegunungan Halimun((Pegunungan Halimun adalah suatu kawasan konservasi yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Kawasan ini terdiri dari pegunungan yang terletak di antara Kabupaten Sukabumi, Bogor, dan Cianjur. Pegunungan Halimun dikenal karena kekayaan hayati yang melimpah, serta keindahan alam yang eksotis. Di dalam kawasan ini terdapat hutan hujan tropis yang masih asli, berbagai jenis tumbuhan, satwa liar, danau, air terjun, serta pemandangan alam yang indah. Kawasan ini juga di kenal sebagai salah satu kawasan wisata alam dan pariwisata ramah lingkungan yang menawarkan berbagai kegiatan seperti trekking, camping, dan pengamatan alam.)).

Tentang Campsite Halimun Puncak

puncak halimun camp bogor

Halimun Campsite – Halimun mengacu pada sebuah gunung dengan ketinggian 1.929 meter diatas permukaan laut (Mdpl) yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS)((Taman Nasional Gunung Halimun Salak adalah taman nasional yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Taman nasional ini dikenal karena kekayaan alamnya yang meliputi hutan hujan, hutan tropis, dan gunung-gunung besar. Taman nasional ini juga merupakan rumah bagi berbagai jenis satwa liar dan tumbuhan endemik. Taman nasional ini juga menyediakan berbagai aktivitas rekreasi seperti pendakian, camping, dan bird watching.))dan atau mengacu pada gugusan hutan hujan dataran rendah yang masih terjaga keasriannya, berada di bagian barat pulau Jawa. Dan, secara etimologi, Halimun berarti kabut (en: mist) dalam padanan bahasa Sunda.

Dinamakan Halimun Camp site atau Puncak Halimun Camp site, karena dalam kawasan bumi perkemahan yang berada di punggungan barat gunung Paseban ini wilayahnya kerap tertutupi oleh kabut atau turun kabut sehingga menutupi area camp. Selain itu, pengelola ingin menghadirkan nuansa berkemah dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun di kawasan Perkemahan Highland Camp Curug Panjang.

Puncak Halimun Camp site adalah tempat berkemah di kawasan Highland Camp Curug Panjang dalam hutan pegunungan bawah (submontana) untuk kegiatan gathering, outing dan family camp (camping keluarga) dengan wisata minat khusus sebagai muatan aktifitasnya.

Di zona Halimun terdapat 3 bloksite untuk mendirikan tenda dan sebagai lapangan kegiatan ketika event outing dan gathering, yaitu bloksite lapang, publik area dan bloksite tangga, keseluruhannya dapat menampung sebanyak 60 orang.

Dan ketika event,  jika Puncak Halimun Camp site hanya dijadikan sebagai lapangan kegiatan atau sebatas pusat kegiatan, sementara itu campsite Situhyang yang berada di barat daya nya ((memiliki daya tampung 188 orang atau 36 unit tenda))dan Campsite Nirmala disebelah timur nya((memiliki daya tampung 152 orang atau 38 unit tenda)) sebagai tempat mendirikan tenda, maka daya tampung untuk kegiatan gathering perusahaan((Gathering perusahaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengumpulkan seluruh karyawan atau anggota dari perusahaan tersebut dalam suatu acara yang diadakan secara berkala atau sesekali. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan, komunikasi, dan sinergi antar karyawan serta untuk meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan. Gathering perusahaan bisa berupa acara pertemuan formal, outing, atau kegiatan team building.)) ataupun outing sebanyak 340 orang peserta.

Fasilitas Campsite Halimun Puncak

puncak halimun camp bogor

Halimun Campsite – Terdapat dua fasilitas yang terdapat di Campsite Halimun Puncak, yaitu Fasilitas yang disediakan oleh alam berupa lansekap, rupa bumi dan hutan pegunungan bawah dengan segala macam kehidupan nya, dan fasilitas yang dibuat oleh pengelola untuk mendukung kenyamanan pekemping ketika berkemah di Puncak Halimun Camp site Bogor.

Fasilitas Alam

Halimun Campsite – Fasilitas alam adalah daya dukung alam yang terdapat di Campsite Halimun  berupa aliran sungai, pepohonan, binatang liar dan lainnya. Daya dukung alam dapat memberikan kenyamanan dan suasana menyenangkan ketika berkegiatan. 

Fasilitas buatan

Halimun Campsite – Fasilitas buatan adalah sarana dan prasarana yang terdapat di campsite Halimun. Sarana dan parasara yang ada di Campiste Halimun dibuat dengan sengaja guna mendukung kenyamanan kegiatan outing dan gathering dengan tenda sebagai tempat menginap nya. Fasilitas tersebut berupa :

  • Lapangan berkemah  atau campsite : adalah tempat mendirikan tenda. Campsite Halimun memiliki daya tampung  15 unit tenda Dome Charlie atau 60 orang ketika setiap tenda di isi oleh 4 unit set kasur untuk 4 orang.
  • Toilet / kamar mandi : Terdapat satu unit bangunan kamar mandi dengan 9 ruang, yang setiap ruang berukuran 2 x 1.5 meter yang terpasang toilet jongkok dan adapula toilet duduk. 
  • Mushola : terdapat 1 ruang mushola yang berada di bagian barat kamar mandi.
  • Kucuran Air : Merupakan 5 unit kran air dari pegunungan untuk kepentingan air minum, memasak, mencuci dan lainnya, lokasinya berada di sebelah timur laut lapang Halimun.
  • Electrical set dan penerangan : adalah perlengkapan standar penanganan fasilitas kelistrikan pada kawasan Highland Camp Curug Panjang berupa standing lamp atau lampu yang dapat dipindah-pindah, colokan listrik (steker) yang diletakan disekitar tenda.
  • Tempat duduk : Tempat duduk dari gelondongan kayu pinus yang mengitari perapian.
  • Perapian : merupakan tempat khusus yang ada di sekitar campsite untuk kegiatan api unggun, berbeque dan lainnya. Perapian dibuat dari batu yang disusun apik sehingga membentuk kotak perapian.

Biodiversity di Campsite Halimun

Halimun Campsite – berada pada ketinggian 941 meter diatas permukaan laut (Mdpl), lokasi kawasan Highland Camp Curug Panjang dimana Halimun Camp site berada, termasuk pada kategori hutan pegunungan bawah (submontana forest), Keragaman hayati yang terdapat pada hutan pegunungan bawah dapat dijumpai pada ketinggian 750 – 1.500 Mdpl atau batas hutan pegunungan bawah berada pada ketinggian 750 – 1500 meter diatas permukaan laut. Dan, sebagiannya menyatakan berada pada ketinggian 1000 – 1500 Mdpl.

Pada hutan pegunungan bawah, banyak dijumpai jenis paku-pakuan, lumut, anggrek dan epifit. Kanopi pepohonan mengecil, lebih pendek, dan tidak setinggi didataran rendah (Turner et al ., 2006; Supriatna 2008). Kawasan ini (red: kawasan hutan pegunungan bawah / submontana) berada pada zona kondensasi sehingga kelembaban cenderung meningkat yang ditandai oleh kabut yang tebal (Eisermann dan Schulz, 2005; Cayuela, 2006;Supriatna, 2008).

Keragaman hayati  yang tercatat selama pengamatan di Halimun Camp site adalah :

Tumbuhan

Nama LokalLatinUraian
Manii /Afrika Maesopsis eminii EnglDikenal dengan nama lokal yaitu “pohon afrika” . Pohon afrika atau manii adalah salah satu jenis tumbuhan yang termasuk kedalam family Rhamnaceae. Pohon jenis ini tergolong memiliki pertumbuhan yang cepat dan tersebar secara alami di daerah tropika. Pohon Manii atau afrika termasuk kedalam kelompok pohon meranggas, tinggi total dapat mencapai 45 meter dengan tinggi bebas cabang sekitar 2/3 dari tinggi total.
Kulit batang afrika / manii berwarna abu-abu pucat, memiliki alur yang dalam, sementara itu kulit dalamnya berwarna merah tua. Memiliki daun sederhana dengan posisi saling berhadapan dan bunga berukuran kecil, berkelamin ganda dengan mahkota berwarna putih kekuningan panjang daun sekitar 6 – 15 cm dengan tepi daun bergerigi. Tandan terdiri dari banyak bunga di sepanjang ketiak daun, panjang bunga sekitar 1 – 5 cm.
DamarAgathis dammaraPohon Damar adalah anggota tumbuhan runjung (Gymnospermae) yang tumbuhnya dapat mencapai tinggi 65 meter. Pohon Damar banyak tumbuh pada dilingkungan hutan hujan dataran rendah secara alami, dan merupakan flora asli Indonesia yang memiliki batang bulat silindris dengan diameter mencapai lebih dari 1,5 meter. Pepagan Damar berwarna keabu-abuan sedikit kemerahan dan mengelupas dalam keping kecil.
NangkaA. heterophyllusNangka termasuk opohon buah-buahan. Pohon nangka termasuk pohon dengan ukuran sedang, memiliki ketinggian sampai 20 meter, bahkan ada yang mencapai 30 meter. Jika dilukai, batang pohon nangka akanmengleuarkan getah putih yang pekat. Tajuk nya padat dan lebat, membulat dan melebar apabila tumbuh ditempat terbuka.
PinusP. merkusii Jungh et de VriesPinus merupakan tumbuhan runjung (Pinophyta) dengan daun berbentuk jarum yang berjumlah dua helai dengan daya tahan daun dapat mencapai lebih dari 2 tahun, tepi daun pinus bergigi halus. Pinus memiliki batang utama silindris dengan alur yang dalam, lurus dalam tegakan yang rapat, cabang-cabang pinus membentuk putaran yang teratur, memiliki tinggi bebas, cabang bisa mencapai 10-25 meter, dan memiliki bentuk daun jarum.
MahoniSwietenia macrophyllaMahoni termasuk pohon besar dengan tinggi pohon rata-rata 25 – 30 meter, memiliki diameter batang mencapai 125 cm. Batang lurus berbentuk silindris, kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik.
KaliandraCalliandraKaliandra adalah genus sekelompok tumbuhan berbuah polong (legum), dengan anggota sekitar 200 jenis. Wujud kaliandra berupa pohon berukuran sedang dengan bunga tersusun majemuk. Di Indonesia, orang mengenal kaliandra terutama adalah kaliandra bunga merah (C. calothyrsus).
PlamboyanDelonix regiaFlamboyan merupakan tanaman yang khas dengan pohon besar dan bunga-bunga merah cerah. Flamboyan tumbuh melebar membentuk seperti kanopi atau payung sehingga dimanfaatkan sebagai pohon peneduh atau pelindung dari sengatan sinar matahari.
Kibesi
Kai Polong / HamerangFicus padanaHamerang putih adalah sejenis pohon kecil penyusun hutan sekunder, anggota suku Moraceae. Tumbuhan hamerang banyak dijumpai pada lereng-lereng pegunungan, tumbuhan yang dikenal dengan sebutan kai polong ini berwarna keperakan di bawah daunnya.
Pakis HajiCycadaceaePakis haji merupakan satu-satunya genus dalam suku pakis haji-pakis hajian, nama populernya adalah sikas. Tanaman ini merupakan sekelompok tumbuhan berbiji terbuka berhabitus mirip palem.
Rumput madu / Jukut PaitAxonopus compressus; Palisot de Beauvois, 1812Rumput madu adalah sebuah spesies rumput yang sering digunakan sebagai padang rumput tetap, dikenal sebagai jukut pahit dalam padanan bahasa sunda. Tamanan rumput ini ditanam sebagai tanaman penutup tanah di area terbuka. Jenis tanaman ini dapat tumbuh dengan sehat bahkan dalam kondisi tanah yang sekalipun tidak subur.
Kadaka Sarang MacanAsplenium nidus, syn.: A. ficifolium Goldm., Thamnopteris nidus (L.) C. Presl., Neottopteris rigida Feé)Kadaka merupakan tumbuhan Parasit, dikenal dengan nama Paku Sarang burung, tumbuhan ini merupakan jenis tumbuhan paku yang banyak ditemui di tempat-tempat lembab dan ternaungi. Nama lain dari tumbuhan hias ini adalah kedaka (Jw.,Btw.) lukut (Bjr.), kadaka (Sd.). Di Halimun camp site terdapat beberapa jenis Kadaka yang hidup di pohon-pohon, yang tercatat adalah Kadaka layang-layangan dan Kadaka Sarang Macan.
Tumbuhan Lumut / lukutBryophytesTumbuhan lumut merupakan tumbuhan pelopor yang tumbuh sebelum tumbuhan lain mampu tumbuh, hal Ini karena tumbuhan lumut berukuran kecil tetapi membentuk koloni yang dapat menjangkau area yang luas. Dan, Jaringan tumbuhan lumut yang mati nantinya akan menjadi sumber hara bagi tumbuhan lumut lainnya. Tumbuhan lumut adalah sekumpulan tumbuhan kecil yang termasuk dalam Bryophytina.

Binatang

Halimun Campsite – Sebagian besar binatang yang ada di Campsite Halimun merupakan binatang yang juga ada di Campsite Kendeng, pada catatan dunia binatang di Halimun camp site yang tidak disertakan adalah binatang yang hidup di sungai / air, burung pelanduk semak, dan beberapa penambahan binatang seperti burung merpati atau dara dan lainnya.

BinatangLatinUraian
Kunang-kunangLampyridaeKunang-kunang merupakan serangga jenis kumbang dalam ordo Coleoptera yang banyak ditemukan di sekitar campsite Halimun Camp site. Binatang yang aktif pada malam hari ini (nocturnal) memiliki tubuh lunak dan memanjang, bernama latin Lampyridae. Serangga malam ini dapat menghasilkan cahaya berwarna merah pucat, kuning dan hijau yang dihasilkan dari sinar dingin, Cahaya berpendar dari bagian tubuhnya digunakan sebagai alat komunikasi, terutama ketika mencari pasangannya pada musim kawin.
Burung merpatiColumbidaeMerpati di Campsite Halimun merupakan burung peliharaan. Merpati dan dara termasuk dalam famili Columbidae atau burung berparuh merpati dari ordo Columbiformes.
Tupai ScandentiaJenis binatang yang sering dipersamakan dengan bajing karena mempunyai beberapa kesamaan fisik termasuk binatang pemakan serangga (kelompok Insetktivora), tergolong pada kelompok mamalia berukuran kecil. Di Halimun camp site terdapat dua jenis tupai, yaitu tupai tanah dan tupai pohon.
KekesTupaia javanicaBinatang dengan nama Inggris nya Javan treeshrew ini merupakan sejenis mamalia kecil yang termasuk keluarga tupai (suku Tupaiidae) yang bertubuh kecil ramping.
KelelawarChiropteraAdalah salah satu kelas mamalia bersayap di kedua sisi kanan dan kiri tubuhnya. Kelelawar memiliki kemampuan terbang yang sempurna, bahkan dapat melakukan hovering atau dapat terbang ditempat dan terbang mundur (Suripto et al. 2001).
Kra Ekor PanjangMacaca fascicularisMonyet kra adalah binatang yang adaptif dan termasuk hewan liar yang mampu mengikuti perkembangan peradaban manusia. Spesies yang acap disebut sebagai kera ekor panjang atau monyet ekor panjang menetap di tebingan timur laut Campsite Halimun.
Manuk GerejaPasseridaeBurung gereja disebut juga burung pingai, merupakan burung sejenis burung pipit kecil yang berasal dari keluarga Passeridae.
Jalak KeboAcridotheres javanicusMerupakan spesies burung yang termasuk familia jalak yang hidup secara liar di Campsite Halimun.
ElangAccipitridaeAda dua jenis elang yang mengitari kawasan Highland Camp Curug Panjang yaitu elang Jawa dan elang hitam, kedua elang tergolong elang dengan ukuran sedang. Elang hitam atau Ictinaetus malayensis adalah burung predator utama di hutan berukuran sekitar 70 cm, akan tetapi saat terbang burung ini terlihat besar dengan rentang sayap lebar. Sementara itu Elang jawa atau Nisaetus bartelsi adalah burung dengan populasi yang sangat langka. Elang endemik Jawa ini identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Burung Garuda.
ManintinEnicurus velatusMeninting kecil adalah spesies burung dari keluarga Turdidae, genus Enicurus. Burung ini merupakan pemakan serangga air, siput, larva. Habitatnya berada diperbukitan, pegunungan, hutan, aliran sungai yang tersebar pada ketinggian 600-1.800 m dpl.
Burung pipitEstrildidaePipit adalah nama umum bagi sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian. Burung ini termasuk dalam suku Estrildidae. Dalam bahas sunda, burung pipit disebut dengan manuk pi’it.
Capung / Papatong / TjapungAnisopteraPapatong (sunda) atau tjapung, Sansibur (DykNgj) adalah kelompok serangga yang bersayap dua pasang dan berbadan panjang yang tergolong ke dalam bangsa Odonata. Serangga ini jarang berada jauh-jauh dari air, tempat mereka bertelur dan menghabiskan masa pra-dewasa anak-anaknya.
TongeretCicadidaeSelain dikenal dengan sebutan tonggeret, binatang yang mengeluarkan suara nyaring yang berlangsung lama ini disebut pula sebagai garengpung atau kinjeng tangis. Tongeret merupakan jenis serangga anggota sub ordo Cicadomorpha, ordo Homoptera yang hidup di pepohonan.
Kupu-kupuTaksonomiKupu-kupu merupakan kelompok serangga bersayap yang memiliki warna-warna indah. Serangga terbang yang telah mengalami proses metamorfosis acapkali hinggap pada tumbuhan berbunga untuk menghisap nektar atau sari bunga yang menjadi makanannya.
Cengcorang / Belalang sentadu atau belalang sembahMantodeaBelalang sembah memiliki kaki yang menekuk seperti orang menyembah. Belalang sembah yang dikenal dengan congcorang adalah serangga yang termasuk ke dalam ordo Mantodea. Dalam padanan bahasa Inggris, serangga ini biasa disebut “praying mantis” karena sikapnya yang sering kali kelihatan seperti sedang berdoa.

Aksesibilitas menuju Campsite Halimun

Halimun Campsite – Terdapat dua spot lapangan parkir yang berada di campsite Halimun, keduanya berada di sebelah barat, berbatasan dengan jalan curug panjang dan sungai. Tempat parkir yang dapat menampung 30 unit kendaraan roda 4 ini berbalaskan batu belah dengan rumput yang tumbuh diantara sela-selanya.

Aksesibilitas atau keterjangkauan Halimun Camp site dari jalan raya puncak dari pintu masuk jalan Cilember / rest area Semesta berjarak +4,8 km, atau dapat ditempuh selama 15 – 45 menit dengan menggunakan kendaraan roda 4, melewati jalan desa Cilember. Untuk mencapai nya, pekemping dari arah Jakarta memiliki dua pilihan rute : 

  • Rute Gadog ; keluar dari pintu tol Ciawi lalu mengambil jalur menuju gadog. Dari Gadog untuk sampai di rest area Semesta Cilember dapat ditempuh sepanjang 6,2 km.
  • Rute Pasir Angin ; Rute pasir angin digunakan sebagai rute alternative ketika jalan raya puncak mengalami kemacetan atau ketika sedang diberlakukannya one way (jalur turun ke arah gadog). Dari jalan tol jagorawi, ambil pintu keluar sentul selatan, lalu masuk Jl. Rainbow Hill menuju Jl. bukit pelangi, dari jalan bukit pelangi belok ke kiri ke menuju jalan terobosan atau Jl. makan mbah Aria sampai akhirnya melewati kampung Cinangka Cipayung Girang dan dilanjutkan menuju Jl. raya puncak, keluar dari mesjid Megamendung (Masjid Jami Nurul Huda). Sekitar 500 meter dari mesjid Megamendung akan ketemu rest area Semesta atau jalan masuk Desa Cilember.

Jalan Desa Cilember dapat dilalui oleh kendaraan berjenis truk TNI dan mikro bus yang berkapasitas 19/21 tempat duduk. Jika menggunakan big bus dengan kapasitas 60 seat, kendaraan akan di parkir di rest area semesta Cilember yang selanjutnya diangkut dengan menggunakan transportasi lokal.

Event di Puncak Halimun Campsite

Halimun Campsite – Ada banyak desain program gathering perusahaan dengan tema-tema yang khusus (tematik) yang dilakukan di Puncak Halimun camp site. Umumnya, paket family gathering yang dilaksanakan di Puncak Halimun Camp site Puncak memiliki muatan outbound adventure.

Paket Gathering

NOMOR : #OP-2D1N.20 
JENIS : Gathering Plus
DURASI : 2D1N
LOKASI  :  Halimun campsite
FASILITAS : Desain program dan fasilitas outbound
Akomodasi
4 x Makan
2 x Coffee Break
Photo Documentation
Min Paket : 40 pax
INVESTASI : IDR. 690K

[note] Paket ini dapat di sesuaikan dan atau ditambah-kurangkan sesuai dengan kebutuhan dan rencana Gathering dengan muatan outbound dan adventure.

Rundown

DAYTIMEACTIVITIES
D1:
OUTBOUND
08.30 – 16.30Opening and Ice breaking
Competition games
Simulation games
Final project
NIGHT SESSION19.00 – 22.00Bornfire
Share experiences
Internal session
D2 :
JOURNEY
08.00 – 11.00Jungle tracking / hiking
River tracking / susur sungai
Wisata curug

Halimun Campsite – gathering dengan muatan recreational outbound dan adventure (petualangan) yang kegiatannya dilaksanakan di campsite Halimun Puncak dalam kawasan bumi perkemahan Highland Camp Curug Panjang akan di mulai pada pukul 08.30 dengan alih otoritas dan doa yang menjadi penanda awal dimulainya kegiatan gathering plus.

Seluruh peserta gathering yang menggunakan transfortasi bus 59 tempat duduk harus sudah tiba di rest area Semesta Cilember pada pukul 07.30, yang selanjutnya akan dibawa menuju Highland Camp dengan menggunakan transportasi lokal. Sementara itu, bagi peserta yang menggunakan bus pariwisata 19 seat ataupun kendaraan pribadi dapat langsung menuju lapangan parkir campsite Halimun.

Dan, diperkirakan para peserta sudah tiba di Campsite Halimun sekitar pukul 08.00, dilanjutkan dengan cek IN tenda dan istirahat sebentar sebelum sesi kegiatan gathering dilangsungkan. Ada tiga sesi utama dalam kegiatan yang berdurasi 2 hari 1 malam ini.

Pada hari pertama, bentuk kegiatan didominasi dengan permainan-permainan edukatif yang dapat menimbulkan pengalaman intelektual, pengalaman emosional, dan pengalaman yang bersifat fisikal. Kegiatan dalam tahap ini berupa aktivitas permainan untuk memecahkan kekakuan / kebekuan antar peserta maupun dengan fasilitator (ice-breaking)((Ice breaking adalah kegiatan atau permainan yang digunakan untuk memperkenalkan diri dan menumbuhkan keakraban antar anggota dalam suatu kelompok. Ice breaking biasanya dilakukan pada saat pertemuan pertama atau pada saat ada anggota baru dalam suatu kelompok. Tujuannya adalah untuk mengurangi kecemasan dan keraguan serta membuat suasana yang lebih santai dan akrab. Beberapa contoh aktivitas ice breaking adalah permainan perkenalan, permainan kerja sama, atau permainan komunikasi.)).

Aktivitas diawal-awal kegiatan berupa sebuah penghangatan (warming-up) bertujuan agar terbentuknya suasana menyenangkan dan rasa persahabatan. Setelahnya, kegiatan dilanjutkan dengan permainan pengembangan diri (personal development) dan pembentukan tim (team building). Sesi pada hari pertama dengan aktivitas outbound ini akan berakhir pada pukul 17.00 sore hari.

Pada malam harinya, semua peserta akan mengikuti kegiatan api unggun dalam suasana malam kebersamaan. Berbagai aktivitas seperti review kegiatan yang dilakukan pada siangnya, kontemplasi, internal sesi,  dan beragam aktivitas yang lahir dari peserta itu sendiri.  Setelah acara selesai pada pukul 22.00, peserta akan kembali ke tenda untuk istirahat malam.

Pada keesokannya (Hari kedua), aktivitas  akan dimulai dengan senam pagi (energizer) pada pukul 06.00, dilanjutkan sarapan. Setelahnya, para peserta gathering kembali akan dihadapkan pada permainan-permainan kompetisi dan simulasi (games simulation)  dalam ice breaking, dilanjutkan dengan aktifitas bertemakan petualangan yaitu trekking di rimbunnya tajuk tegakan, menulusuri arus sungai (susur sungai) dan  berenang di air terjun. Kegiatan pada hari kedua ini akan di akhiri dengan sebuah permainan penutup kegiatan yaitu games final project.

Baca :
Campsite Kendeng dengan 3 keunikan nya

Kesimpulan Camping di Puncak Halimun Campsite Bogor

puncak halimun camp bogor

Halimun Campsite – Campsite Halimun Puncak yang berada dalam kawasan Highland Camp Curug Panjang Bogor merupakan tempat gathering dan outing dengan outbound((Outbound adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja, kemampuan kerja sama, dan komunikasi tim. Outbound dilakukan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan menantang seperti games simulasi, olahraga, atau kegiatan-kegiatan outdoor lainnya. Kegiatan Outbound dapat digunakan sebagai program team building, training, atau sebagai sarana untuk meningkatkan kekompakan dan solidaritas dalam tim.)) dan adventure sebagai muatan kegiatannya. Dinamakan Halimun karena di tempat ini sering turunnya halimun yang dalam padanan bahasa sunda artinya Kabut.


Home » Blog » Camping Ground » Review Campsite » Halimun Campsite Bogor untuk outing dan gathering

This entry was tagged in camping ground puncak dan camping puncak, tempat camping di puncak, puncak halimun camping ground, camping ground murah di puncak, tempat camp di puncak, camping ground di puncak, tempat camping puncak, camping ground gunung mas, camp puncak bogor, camping ground di puncak bogor, camp puncak langit, camp cibodas puncak, tempat camp puncak, camping keluarga di puncak bogor, tempat camp daerah puncak, ngecamp di puncak, tempat ngecamp di puncak, puncak camping ground, tempat camping dipuncak, camping ground gunung mas puncak, camp ground di puncak, camping bogor puncak, tempat wisata camping di puncak, camping ground daerah puncak, puncak langit camp, camping daerah puncak bogor, camp daerah puncak, tempat camping keluarga di puncak, camping keluarga di puncak, camping di melrimba garden, tempat camping murah di puncak, camping ground cibodas puncak, camping di gunung mas puncak.