4 Paket trekking di Puncak Bogor dalam hutan pegunungan yang EKSOTIS

Paket trekking di Puncak Bogor –  Bagi penyuka trekking / hiking[1], hutan pegunungan (montana / submontana) yang eksotis dengan segala keliaran alamnya adalah candu untuk dijelajahi, pesonanya mampu membius tubuh-tubuh yang lelah ketika perjalanan dibawah tajuk-tajuk tegakan dan diantara derap suara langkah kaki yang menapaki serasah[2] basah pada jalur penjelajahan.

Selain di pegunungan Halimun yang kawasannya berada di dua provinsi dengan tiga kabupaten yaitu kabupaten Lebak di provinsi Banten,  kabupaten Bogor dan Sukabumi diprovinsi Jawa Barat, serta jalur-jalur trekking yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, di Puncak Bogor yang secara geografis kawasannya berada dekat dengan ibukota Jakarta, terdapat jalur trekking / hiking dalam nuansa hutan pegunungan yang jalurnya dapat dijelajahi oleh segala kalangan dan usia, termasuk kelompok keluarga.


Whatsapp

The real trekking only exist in the montane forest in Puncak, other in the mountains of Halimun and Gunung Gede Pangrango National Park routes

– Kiade

Paket trekking di Puncak Bogor – Terdapat 4 jalur trekking di Puncak Bogor yang berada dalam hutan pegunungan untuk beragam aktivitas trekking kelompok usia dan kelompok keluarga, untuk pemula maupun yang sudah mahir. Keempat jalur ini memiliki karakter rute yang berbeda antara satu dengan lainnya, termasuk satu jalur khusus river trekking yang lokasinya berada dilembahan dengan dua punggungan hutan pegunungan yang mengapit dikiri kanannya sungai sub DAS Ciliwung dan satu jalur khusus untuk trekking keluarga.

Keempat jalur trekking itu adalah 1. Family trekking route, 2. River trekking route, 3. Jalur puncak Kencana via Gn. Gedogan dan puncak Karvak, 4. Jalur trekking Gn. Paseban – curug 7 Cilember.


Paket family trekking di Puncak Bogor


Paket family trekking di Puncak Bogor – Family trekking adalah aktivitas petualangan yang dilakukan pada jalur interpretasi atau pada rute yang didesain secara khusus yang menghubungkan antar satu obyek daya tarik wisata dengan lokasi lainnya untuk edukasi, olahraga, wisata minat khusus dan liburan keluarga.

Jalur family trekking atau trekking keluarga di Puncak Bogor ini berada dalam hutan pegunungan bawah, berlokasi di lerangan barat daya gunung Paseban. Jalur ini menghubungkan antara Highland camp dengan obyek daya tarik wisata air terjun curug Panjang, melewati jalanan setapak di bawah rimbunnya tajuk tegakan, aliran sungai, tebingan-tebingan curug Saimah berada lalu dilanjukan ke air terjun curug Panjang untuk aktivitas wisata air terjun, sehingga kembali ke Highland camp.

Alur family trekking ini menggabungkan antara kegiatan trekking hutan, susur sungai dan wisata air terjun dalam satu kegiatan, memiliki durasi perjalanan sekitar 60 menit s.d 90 menit atau tergantung pada ritme perjalanan sebuah keluarga. Durasi perjalanan pada aktifitas family trekking akan berbeda antara satu keluarga dengan keluarga lainnya, hal ini terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhinya.

Paket trekking keluarga di Puncak

Paket family trekking – Peserta family trekking yang disarankan berusia antara 5 s.d 60 tahun dengan peserta minimal 4 orang. Sebuah keluarga yang mengikuti paket family trekking biasanya akan terlebih dahulu menginap di Highland camp dengan aktivitas kemping keluarga, dan kegiatan family trekking merupakan bagian dari berkemah. Kendatipun begitu, paket family trekking berlaku untuk 1D trip dengan fasilitas paket termaktub dibawah ini.

NOMOR : #FT-1D.21
JENIS : Family trekking
DURASI : 1D
LOKASI : Highland Camp – Curug Panjang
FASILITAS : HTM + asuransi,
Makan siang,
Flysheet,
Trekking pole,
Interpreter,
Medical support.
Min Paket : 6 orang
INVESTASI : IDR. 00K

[Note] Paket trekking keluarga biasanya dilakukan pada jam 09.00 AM dan 1.00 PM pada setiap harinya, atau dapat disesuaikan dengan kedatangan keluarga.

Baca Juga :
Family trekking di Puncak Bogor dan program wisata berbasis petualangan


Paket river trekking di Puncak Bogor


Paket trekking di Puncak Bogor – River trekking adalah wisata minat khusus berbasis petualangan dengan penelusuran aliran sungai sebagai kegiatan utamanya. Aktivitas river trekking merupakan kombinasi antara hiking, petualangan dan penyusuran sungai yang terkadang harus berenang pada sebagaian badan sungai yang dilewatinya.

Jalur river trekking di Puncak Bogor menghubungkan antara satu obyek daya tarik wisata alam dengan lokasi wisata lainnya dalam sebuah kawasan wisata minat khusus yang berada di lerengan barat Gn. Paseban, berada di aliran sungai pegunungan sub DAS Ciesek yang menghubungkan antara air terjun curug Panjang – curug Cibulao, hal ini karena aliran sungai dan lingkungannya relative masih asri, eksotis dengan air yang bersih.

Terdapat dua skenario perjalanan, yaitu setengah perjalanan sungai dan setengahnya lagi dalah trek hutan pada kepulangan. Pada skenario penelusuran ini yang menjadi tujuan obyek daya tarik wisata adalah leuwi buleud yang lokasinya berada di antara (tengah) curug Panjang dan curug Cibulao. Dari leuwi Buleud dilanjutkan hiking dengan menggunakan jalur hutan sehingga kembali pada titik awal perjalanan yaitu Highland camp. Adapun skenario kedua adalah melanjutkan perjalanan menyusuri sungai dengan obyek daya tarik wisata curug Cibulao menjadi tujuan akhir river trekking, lalu kembali ke cek point pertama dengan menggunakan kendaraan di jalanan berbatu (onderlaag) yang sebagiannya aspal hitam.

Paket river trekking di Puncak

Paket River Trekking – Peserta river trekking berusia antara 12 s.d 55 tahun. dengan peserta minimal 6 orang.

NOMOR : #RT-1D.21
JENIS : River trekking
DURASI : 1D
LOKASI : Highland Camp – leuwi Buled – curug Cibulao
FASILITAS : HTM + asuransi,
Makan siang,
Flysheet,
Trekking pole,
Pemandu,
Medical support.
Min Paket : 6 orang
INVESTASI : IDR. 00K

[Note] Paket river trekking baiknya dilakukan pada jam 09.00 AM.

Baca Juga :
River trekking sungai pegunungan di Puncak Bogor


Paket trekking Puncak Kencana via Gn. Gedogan


Paket trekking di Puncak Bogor – Trekking menuju puncak Kencana dari lerangan barat gunung Paseban dengan melewati puncak Gn. Gedogan dan puncak Karvak adalah rute yang tidak banyak digunakan oleh para trekker pemula dengan tujuan hanya sebatas wisata, karena jalur trekking ini merupakan jalur petualangan. Trekking menuju puncak Kencana berdurasi 1 hari perjalanan sehingga kembali pada titik awal perjalanan yaitu Highland camp dengan puncak Gunung Kencana sebagai destinasi tujuan akhir. Sebentar saja trekker akan menikmati pemandangan indah di puncak Kencana, itupun hanya sebatas melintas lalu kembali ke titik awal perjalanan dengan menggunakan kendaraan jeep yang akan melintasi perkebunan teh di jalanan berbatu dari perkebunan teh Ciliwung.

Titik pertama perjalanan trekking berada barat daya Gunung Paseban (Highland camp), menuju puncak Gn. Gedogan dan dilanjutkan menuju puncak Karvak. Ketika trekker memiliki durasi 2 hari 1 malam perjalanan, maka puncak Karvak merupakan lokasi untuk mendirikan tenda dan berkemah, dan pada esok paginya dilanjutkan menuju puncak Kencana untuk menikamati sunrise. Jalur pendakian dari arah barat daya ini di pergunakan oleh para penggiat trekking / hiking sebagai aktifitas wisata petualangan dengan jalur yang khusus yang eksotis.

Jalur trekking yang dilalui itu merupakan rute yang eksotis dengan melewati hutan hujan tropis pegunungan (montane forest) yang banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon endemik menuju puncak gunung Kencana dari kaki gunung Paseban. “Dalam penjelajahan ini, alam akan menjadi untaian symponi yang menakjubkan dimana aktivitas fisik dan olah emosi akan berpadu peran dengan instrumen-instrumen hutan pembentuk kehidupan alam liar”.

Dalam perjalanan ini, alam akan menjadi untaian symponi yang menakjubkan dimana aktivitas fisik dan olah emosi akan berpadu peran dengan instrumen-instrumen hutan pembentuk kehidupan alam liar.

– Kiade

Paket trekking puncak Kencana

Paket trekking puncak Kencana – Peserta trekking ke puncak Kencana via Gn. Gedogan dan puncak Karvak disarankan yang telah berusia antara 17 dengan jumlah peserta minimal 8 orang.

NOMOR : #TPK-1D.21
JENIS : Trekking puncak Kencana
DURASI : 1D
LOKASI : Highland Camp – puncak Karvak – puncak Kencana
FASILITAS : Tiket pendakian,
HTM HC,
Jeep,
Makan siang,
Interpreter,
Porter,
Medical support.
Min Paket : 6 orang
INVESTASI : IDR. 00K

[Note] Paket pendakian Gn. Kencana via puncak Gn. Gedogan dan puncak Karvak dapat dilakukan 2 hari 1 malam dengan fasilitas paket yang berbeda.

Baca Juga :
Trekking di Puncak Bogor melalui jalur perawan yang eksotis


Paket trekking Gn. Paseban – curug 7 Cilember Puncak


Paket trekking di Puncak Bogor – Trekking di Puncak Bogor dengan rute Paseban menuju curug 7 Cilember, jalurnya berada dalam hutan pegunungan bawah yang menghubungkan antara bumi perkemahan Highland camp dengan destinasi air terjun Cilember di sebelah barat dayanya. Jalur trekking yang melintasi dua perbukitan di kaki gunung paseban ini dapat ditempuh dengan durasi perjalanan sekitar 3 jam, sehingga mencapai destinasi air terjun ke 7 atau terjunan air teratas dari komplek curug Cilember, lalu dilanjutkan menapaki ketujuh air terjun sehinnga mencapai pada air terjun pertama.

Jalur trekking Paseban – curug 7 Cilember memiliki kemiripan karakter dengan jalur-jalur trekking yang ada dalam hutan pegunungan di zona penyangga Taman Nasional Gunung Gede Panggrango (TNGGP), yang membedakannya hanyalah jarak tempuh dan destinasi tujuan perjalanan.

Kendatipun memiliki kemiripan secara umum, namun terdapat perbedaan yang mencolok antar satu jalur trekking dengan jalur lainnya, seperti tantangan pada medan perjalanan, dominasi vegetasi tutupan dan tumbuhan-tumbuhan penciri yang berada di jalur trekking serta kehidupan binatang liar yang mendiaminya.

Paket trekking trekking curug 7 Cilember

Paket trekking curug Cilember – Peserta  trekking dengan rute Paseban – Curug 7 Cilember yang melewati puncak kaki Gn. Paseban disarankan untuk yang telah berusia 17 s.d 60 tahun dengan peserta minimal sebanyak 6 orang.

NOMOR : #TCC-1D.21
JENIS : Trekking curug Cilember
DURASI : 1D
LOKASI : Highland Camp – curug Cilember
FASILITAS : HTM,
Flysheet,
Transportasi,
Makan siang,
Interpreter,
Medical support.
Min Paket : 6 orang
INVESTASI : IDR. 00K

[Note] Paket trekking ke 7 curug 7 Cilember dapat menjadi bagian ketika berkemah di Highland camp.

Baca Juga :
Trekking di Puncak Bogor rute Paseban – Curug 7 Cilember


Resume paket trekking di Puncak Bogor

family trekking puncak bogor
Image 1 : Family trekking route

Paket trekking di Puncak Bogor – Akan banyak pengalaman dari sebuah petualangan dan penjelajahan hutan pegunungan di Taman Nasional atau hutan belantara lainnya, namun pengalaman ini pula akan anda dapatkan ketika berjelajah di hutan pegunungan dalam kawasan lindung sekaligus zona penyangga bagian utara Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Kiade pernah bertutur dalam sebuah penjelajahannya “The real trekking only exist in the montane forest in Puncak, other in the mountains of Halimun and Gunung Gede Pangrango National Park routes”. Kendatipun terdapat beribu-ribu bahkan lebih jalur hiking, trekking dan mountaineering yang lebih eksotis di Indonesia dibanding jalur trekking di Puncak Bogor atau TN Gunung Gede Pangrango dan pegunungan Halimun, kalimat termaktub diatas hanyalah merujuk pada sebuah lokasi trekking / hiking yang paling dekat dengan Jakarta dan dapat dijangkau dengan 1 hari perjalanan liburan. 


This entry was tagged in paket trekking di bogor and paket trekking di puncak, jalur trekking di bogor, jalur trekking di puncak, paket trekking, paket hiking, paket hiking di puncak, paket hiking di bogor, paket trekking di sentul, paket river trekking, paket family trekking di puncak, paket river trekking di puncak, paket family trekking di bogor, paket family trekking di sentul, paket trekking keluarga, paket trekking keluarga di sentul, paket trekking keluarga di puncak, paket trekking keluarga di bogor, paket trekking dan hiking, lokasi trekking di puncak dan sentul. paket trekking di sentul dan puncak.

Catatan kaki[+]