Camping Ground Gunung Pancar | Review Bumi Perkemahan Bogor

Camping Ground Gunung Pancar berada dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar, sama halnya dengan Bumi Perkemahan yang berada di kawasan Pariwisata Alam Curug Panjang di sebelah tenggaranya bumi perkemahan Gunung Pancar, kedua-duanya memiliki karakteristik dan pesona wisata alam pegunungan dengan berbagai kekayaan dan keindahan alam yang disajikan oleh kawasan hutan pegunungan untuk kegiatan berkemah dan wisata alam.

Kawasan Wisata Alam Gunung Pancar memiliki keanekaragaman flora dan fauna serta pemandangan alam yang indah dengan udara yang sejuk. Pengunjung dapat melakukan aktivitas berkemah dalam balutan petualangan. Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan disekitar bumi perkemahan adalah outbound memanah, menembak, berkuda, dan bersepeda.

Di dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar terdapat sumber air panas alami yang dikembangkan untuk keperluan wisata, relaksasi dan pengobatan. Hal ini berbeda dengan kawasan wisata curug panjang, dimana disekitar kawasan tidak terdapat sumber air panas, sebagai pengantinya, terdapat 6 air terjun yang eksotis untuk wisata minat khusus seperti Curug Naga, Curug barong, Curug Priuk, Curug orok, dan curug Sainah, satunya adalah Curug Panjang untuk wisata umum. Di kawasan curug panjang terdapat aliran sungai-sungai dan hutan untuk kegiatan susur sungai dan treking hutan.

H o t l i n e

+62 819-1005-4000

Whatsapp

Sarana berkemah dan wisata alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar1)data pada artikel ini bersumber dari Informasi Kawasan Konservasi lingkup BBKSDA Jabar, 2016 TAMAN WISATA ALAM GUNUNG PANCAR ; menlhk.go.id; dan repository.ipb.ac.id sebagai salah satu kawasan pelestarian alam ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 156/Kpts-II/1988 tanggal 21 Maret 1988 seluas 447,5 hektar. Taman Wisata Alam Gunung Pancar selain mempunyai fungsi sebagai sarana pendidikan dan penelitian juga dikembangkan sebagai sarana rekreasi, khususnya rekreasi di alam terbuka. Taman Wisata ALam Gunung Pancar memiliki sarana pendukung wisata antara lain :

Camping Ground / tempat berkemah di Gunung Pancar

    1. Perkemahan (Camping Ground) A di Lokasi Blok Dorang seluas 10.000 m2; Bangunan MCK 2 unit (12 kamar); Bangunan Serbaguna ukuran 20 x 10 m; 200–300 orang.
    2. Perkemahan (Camping Ground) B di Lokasi Blok Dorang; Areal perkemahan 10.000 m2; Bangunan MCK 2 unit (12 kamar); Bangunan serba guna ukuran 20 x 10 m; Kapasitas pengunjung: 100 – 200 orang.
    3. Perkemahan (Camping Ground) C di Lokasi Blok Asiah; Lapangan terbuka 10.000 m2; Bangunan MCK 2 unit (12 kamar); Kapasitas pengunjung 100 – 250 orang.
    4. Perkemahan (Camping Ground) D di Lokasi Blok Beurih; Lapangan terbuka 10.000 m2; Bangunan MCK 2 unit (12 kamar); Bangunan serbaga Guna; Kapasitas pengunjung: 200 – 300 orang.
    5. Perkemahan (Camping Ground) F di lokasi Bukit Batu Pandan; daya tampung 100 – 300 orang dan camping ground H untuk camping keluarga.

Fasilitas wisata alam Gunung Pancar

    1. Kantor pusat informasi dan pelayanan.
    2. Tempat pemandian Air Panas di Lokasi di Blok Asiah; Bangunan pemandian sebanyak 1 unit terbagi ke dalam 12 kamar; Gazebo sebanyak 1 unit; MCK; Kapasitas 50 orang
    3. Sarana Outbond di Lokasi di Blok Dorang; Flying fox sebanyak 1 unit; Kapasitas 50 orang, yaitu flyingfox, two-lines bridge, elvis walk, dan cargo net.
    4. Jalur tracking Downhil : Track sepeda gunung (Blok Cipanas s/d Blok Ciburial) sepanjang 500 meter; Kapasitas 100 orang.
    5. Aula atau hall semi terbuka dengan lantai kayu yang dapat digunakan sebagai ruang pertemuan atau ruang kelas bagi pengunjung yang ingin belajar sambil ditemani suara kicau burung.
    6. Shelter yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai sambil menikmati pemandangan alam.

Keterjangkaun tempat berkemah gunung pancar (Aksesibilitas)

Taman Wisata Alam Gunung Pancar terletak di sekitar Perumahan Sentul City-Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Lokasi Taman Wista Alam Gunung Pancar sangat strategis dan mudah untuk mencapai lokasi ini, yaitu dengan rute:

    1. Pintu tol Sentul City – melalui perumahan Sentul City menuju ke Lokasi Jungle Park–Kantor Desa Karang Tengah–lokasi TWA Gunung Pancar. Kondisi jalan sudah beraspal. Jarak dari pintu tol Sentul City sampai ke lokasi sekitar 13 km, dengan waktu tempuh 20–30 menit.
    2. Kota Bogor (Terminal Baranangsiang) – Jalur Cimahpar – Jayanti – Perumahan Sentul City – Jungle Park–Kantor Desa Karang Tengah–lokasi TWA Gunung Pancar. Kondisi jalan beraspal. Jarak dari Terminal Baranang Siang (Kota Bogor) sampai dengan ke lokasi sekitar 20 km, dengan waktu tempuh 60–130 menit..

Baca Juga :
Camping Ground di Bogor dan Tempat Wisata Bernuansa Pegunungan

Potensi Kawasan Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar mempunyai berbagai macam potensi, diantaranya adalah potensi flora dan fauna, hidrologi, geofisik dan obyek daya tarik wisata alam. Berikut potensi yang terdapat di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar.

Hutan alam Pegunungan dan Hutan Perkebunan Gunung Pancar

    1. Tipe vegetasi hutan di Taman Wisata Alam Gunung Pancar terdiri dari hutan alam pegunungan, hutan tanaman, dan semak belukar. Tipe vegetasi hutan alam terletak di lereng sampai puncak Gunung Pancar yaitu sekitar 15 hektar dengan jenis tumbuhan meliputi Rasamala (Altingia exelsa), Huru (Quercus sp.), Beringin (Ficus benyamina), Puspa (Schima walichii), Saninten (Castanopsisargentea), Jamuju (Podocaspus imbricatus), Rotan (Calamus sp.) dan beberapa jenis liana. Selain itu terdapat tumbuhan epiphyt yang menempel pada pohon besar seperti Anggrek, Paku Sarang Burung (Asplenium nidus), dan Paku Tanduk Rusa (Platicerium coronarium).
    2. Tipe vegetasi hutan tanaman menempati sebagian besar kawasan ini yaitu sekitar 160 hektar dengan jenis tanaman meliputi Pinus (Pinus merkusii), Sengon (Albizia falcatria), Kayu Afrika (Maesopsis emanii) dan Meranti (Shorea sp.) yang ditanam pada tahun 1982-1983.
    3. Sedangkan jenis tanaman lainnya adalah tanaman budi daya masyarakat seperti singkong, pisang, dan tanaman pertanian lainnya. Tumbuhan semak belukar terdiri dari jenis Kirinyuh (Chromalalna odorata), Harendong, Jarong, Saliara, Lantana (Lantana camara), dan Alangalang (Imperata cylindricaI).

Kekayaan Fauna di Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Fauna yang terdapat di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar antara lain adalah : Owa (Hylobates moloch), Surili (Presbytis cornata), Kera (Macaca fascicularis), Jelaran (Ratufabicolor), Kulibang (Pycnonotus aurigaster), Babi Hutan (Sus scrofa), Kadal (Mabuaya multifasciata), Ular Hijau (Dryophis prasinus), dan jenis-jenis burung seperti Jalak (Stunopastor jalla), Elang (Haliasturindus), Kutilang (Pygnonotus aurigaster), Ayam Hutan Merah (Galus bankiva), Jalak (Sturnus melanopterus), Srigunting (Dicrurus paradiseus), dan Enggang (Buceros sp).

Hidrologi di Taman Wisata Alam Gunung Pancar

    1. Sumber mata air Batu Uang, dengan debit 0,01 liter/detik. Sumber air ini digunakan oleh masyarakat Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang. Selain itu, air tersebut digunakan oleh PT. Wana Wisata Indah untuk kegiatan pariwisata alam dengan debit 0,12 liter/detik.
    2. Sumber mata air Cibayawak, dengan debit 0,01 liter/detik. Sumber air ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan rumah tangga.
    3. Sumber Mata Air Cipancar, yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan rumah tangga. Aliran air masuk ke Sungai Cihanjuang dan mengalir ke daerah Cileungsi dan Bekasi.
    4. Sumber Mata Air Cihanjuang, dengan debit air 0,01 liter/detik. Sumber ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan rumah tangga. Aliran air melalui Sungai Cipancar dan Sungai Cikeruh, dan berakhir di Sub Das Kali Bekasi.
    5. Sumber Mata Air Situhiang, dengan debit air 0,32 liter/detik. Sumber ini dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga dan mengalir ke Sungai Ciawi Tali dan Cibalok mengarah ke Sub Das Kali Bekasi..

Tempat Berkemah di Bogor dalam Nuansa Pegunungan

Sebagian besar tempat berkemah pada kawasan pariwisata puncak dan bogor yang berada di kawasan pegunungan, memiliki karakter yang hampir sama yaitu dengan menghadirkan pesona bentang alam, kekayaan hayati (flora dan fauna) dan nuansa alam yang sejuk dan asri. Hal ini dapat dirasakan ketika anda berkemah di Taman Wisata Gunung Pancar atau di tempat berkemah (camping ground) yang ada dan menyebar pada kawasan pariwisata curug panjang, dan di beberapa tempat camping yang berada di pegunungan.

Catatan kaki   [ + ]

1.data pada artikel ini bersumber dari Informasi Kawasan Konservasi lingkup BBKSDA Jabar, 2016 TAMAN WISATA ALAM GUNUNG PANCAR ; menlhk.go.id; dan repository.ipb.ac.id