6 tempat camping di Sentul Bogor berbasis wisata alam dan petualangan

Camp di Sentul –  Beberapa tempat camping terbaik disentul berbasis wisata alam pegunungan, suasananya sepadan dengan Highland camp curug panjang yang berada dalam kawasan wisata minat khusus Gn. Paseban Puncak Bogor untuk aktivitas camping keluarga, gathering perusahaan, outing, edukasi dan petualangan.

Dan tempat berkemah di sekitar sentul Bogor yang cukup populer adalah Campas Outbound, Bukit Pancar Highland Camp, Gunung Pancar Camp Ground Sentul, Sentul Eco Edu Tourism Forest (SEETF), Gunung Geulis Camp Area Sentul, Bumi Kepanduan Sentul. Sementara itu untuk tempat wisatanya adalah Taman Budaya, Taman Wisata Alam Gunung Pancar, dasn Curug Bidadari Sentul Paradise.


Whatsapp

Camp di Sentul – Menjamurnya tempat camping di sentul, Bogor dan kawasan pariwisata Puncak belakangan terjadinya karena adanya peralihan minat  kunjungan pariwisata ke daerah yang lebih alami dengan mengedepankan destinasi wisata alam dan hutan pegunungan sebagai obyek daya tariwk wisatanya.

Beberapa tempat camping di sentul berada di wilayah hutan homogen, seperti Gunung Pancar Camp Ground, Hutan Pinus Gunung Pancar Camp dan lainnya. Sebagian tempat camping memiliki destinasi alam seperti air terjun, sungai dan lainnya, sementara itu banyak tempat camping di Sentul tidak memilikinya destinasi wisata alam.

Pada kawasan pariwisata alam puncak, terdapat tempat camping dengan konsep one stop vacation, dimana hutan, komplek air terjun atau curug, aliran sungai, jalur interprestasi, hiking atau treking hutan menjadi kelengkapan kawasan wisata untuk wisata minat khusus.

Adalah Highland camp yang terbentuk dari keindahan lanskap buatan dengan memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan elemen air, serta tempat camping lainnya yang berada disekitar kawasan wisata alam curug panjang seperti Camp TWM, Camping ground curug naga, dan lainnya telah menjadi kawasan wisata keluarga populer untukcamping berbasis petualangan dan edukasi.

Camping ground di Sentul Bogor dan tempat wisata berbasis alam

Camp di Sentul – Sentul merupakan kawasan kota pegunungan  yang dapat ditempuh dari Jakarta  via toll jagorawi sekitar 2 jam perjalanan. Sentul merupakan sebuah desa di kecamatan babakan Madang kabupaten Bogor. Selain Sentul, Desa lainnya yang berada dalam kecamatan Babakan Madang adalah Desa Babakan Madang, Bojong Koneng, Cijayanti, Cipambuan, Citaringgul, Kadumangu, Karang Tengah, dan Sumur Batu.

Nama sentul yang merupakan nama sebuah desa ini menjadi populer karena adanya tempat hunian sekaligus pariwisata yang dikembangkan oleh PT Sentul City Tbk sejak tahun 1993. Kepopuleran  Sentul City sebagai kawasan kota pegunungan menyebabkan wilayah-wilayah disekitarnya memiliki keidentikan dengan nama sentul.

Dengan kepopuleran sentul sebagai kota pegunungan dan telah menjadi identitas penciri yang berpengaruh pada kawasan sekitarnya, maka sebagian banyak orang menganggap Babakan Madang di sekitarnya merupakan sentul, dan inipun tidak terlepas dari adanya dua pintu toll yaitu pintu toll sentul selatan dan sirkuit sentul International.

Pada tulisan dengan judul “tempat camping disentul Bogor dan tempat wisata berbasis alam” ini akan mengupas tempat berkemah dan wisata Bogor dengan akses masuk dari pintu toll sentul meliputi Gunung Pancar, Gunung Geulis, Cimadala, dan desa-desa di kecamatan Babakan Madang yang memiliki tempat berkemah dan obyek daya tarik wisata alam.

Tempat camping di Sentul Bogor

Camp di Sentul – Sebagai bahan referensi dan pilihan untuk merencanakan berkemah di sekitar sentul dan Gunung Pancar, dibawa ini adalah tempat camping yang populer antara lain adalah Bukit Pancara Highland camp, cCamping ground Gunung Pancar, Sentul Eco Edu Tourism Forest (SEETF), Gunung Geulis Camp Area, Bumi Kepanduan Sentul, Bukit Pancar Highland Camp, Campas Outbound Sentul, serta beberapa camping tempat lainnya yang dapat di jangkau ketika dari pintu keluar tol sentul.

Campas Outbound Sentul Bogor

tempat camping di sentul
Figure 2 : Campas Outbound Sentul

Camp di Sentul – Campas Outbound Sentul berada di Kp. Pasir Karet, Desa Cijayanti, Babakan Madang, Cijayanti, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat adalah tempat berkemah dengan unit-unit bangunan yang terbuat dari bambu dengan arsitektur tradisional sunda, lainnya adalah unit bangunan dengan konsep rumah pohon. Tempat camping dan komplek pervilaan yang di khususkan untuk kegiatan outbound ini memiliki banyak fasilitas, diantaranya yaitu camping ground, instalasi flying fox, pondok wisata, lapangan kegiatan, toilet/kamar mandi, aula/ruang pertemuan, resto kebun, parkir motor, bis dan mobil pribadi, lainnya adalah arena paintball, arena panen ikan, paket kegiatan outbound dan paket wisata edukasi.

Bukit Pancar Highland Camp sentul Bogor

tempat camping di sentul
Figure 3 : Gunung Pancar

Tempat camping di SentulBukit Pancar Highland Camp Sentul berada dalam kawasan Wisata Alam Gunung Pancar. Di sekitar Kawasan wisata alam Gunung Pancar terdapat beberapa camping ground dengan nuansa hutan pinus yang mendominasi tutupan, tempat camping dan wisata lainnya adalah outbound hutan pinus gunung pancar sentul, Hutan pinus gunung pancar camp outbound, glamping gunung pancar the canpenter outbound. (sumber Google)

Gunung Pancar Camp Ground Sentul Bogor

gunung pancar camping ground
Figure 4 : Camping ground gunung Pancar

Camp di Sentul – Camping Ground Gunung Pancar berada dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar, memiliki karakteristik dan pesona wisata alam pegunungan dengan berbagai kekayaan dan keindahan alam yang disajikan oleh kawasan hutan pegunungan untuk kegiatan berkemah dan wisata alam. Pengunjung dapat melakukan aktivitas berkemah dalam balutan petualangan. Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan disekitar bumi perkemahan adalah outbound, memanah, treking hutan dan lainnya. Read More : 

Read More :
Camping Ground Gunung Pancar | Review Bumi Perkemahan Bogor

Tempat Camping di Sentul Eco Edu Tourism Forest (SEETF)

tempat camping di sentul bogor
Figure 4 : Eco Edu Tourism Sentul

Camp di Sentul – Lokasi camping Sentul Eco Edu Tourism Forest (SEETF) berada di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Kawasan hutan ini memiliki luas areal 9.257,22 hektar, terpisah oleh sebuah aliran sungai yang dangkal. SEETF merupakan salah satu lokasi wisata alam yang berada di wilayah Perhutani KPH Bogor. Sentul Eco Edu Tourism Forest (SEETF) merupakan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Korea Selatan. Diresmikan oleh Menteri Kehutanan Korea dan Menteri Kehutanan RI pada tahun 2013. Pelaksanaan pembangunan dibawah pengawasan PT Korea Indonesia Forest Center (KIFC) dan pengelolaannya oleh Perum Perhutani.

Sentul Eco Edu Tourism Forest dilengkapi dengan fasilitas guest house ruangan barak, aula berdaya, museum kayu, mini Lab, mushola, kantin, lapangan camping ground dan hutan konservasi untuk kegiatan agro dan edu forestry. Berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan Sentul Eco Edu Tourism Forest diantaranya adalah jelajah hutan, river tubing, pinus tracking, agro wisata, dan kegiatan-kegiatan berbasis petualangan, wisata alam dan wisata pendidikan . Di Sentul Eco Edu Tourism Forest terdapat jalur tracking yang dapat di gunakan untuk treking hutan / hiking, jalur interpretasi dan lainnya.

Gunung Geulis Camp Area Sentul Bogor

tempat camping di sentul
Figure 5 : GGCA

Tempat camping di Sentul –  Gunung Geulis Camp Area atau dikenal dengan singkatan GGCA berada dipertengahan antara Area Gadog dengan Sentul City, masih termasuk dalam zona pendukung kawasan pariwisata Puncak Bogor. Gunung Geulis Camp Area berada di Jl.Bukit Pelangi No.2, Gn. Geulis, Kecamatan Sukaraja, Bogor, Jawa Barat. Dalam luasan areal sekitar 8 hektar, Gunung Geulis Camp Area (GGCA) didesain untuk menfasilitasi beragam kegiatan bertemakan outdoor seperti outbound management training, gathering, fun Outbound, dan lainnya. Fasilitas yang ada dalam komplek Gunung Geulis Camp Area adalah komplek pervilaan, pendopo, mushola / islamic prayer room, toilet/WC, kolam renang, lapangan parkir dan jalan disekitar camping ground berlandaskan aspal

Read More :
Gunung Geulis Camp area untuk Gathering dan Outbound Bogor

Bumi Kepanduan Sentul Bogor

Tempat camping di sentul
Figure 6 : Bumi Kepanduan Sentul

Camp di Sentul – Bumi Kepanduan Sentul berdaya tampung s.d 500 orang pekemping, berada di Jalan Gunung Batu, Bojong Koneng, Babakan Madang, Cijayanti, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. diperdilengkapi dengan fasilitas untuk kegiatan kepanduan dan adventure yaitu MCK / Toilet, rumah kayu sebagai penginapan dan ruang panitia, unit-unit saung kayu, aula yang dapat menampung sampai 300 orang, kolam permainan, area permainan yang dirancang dengan suasana alami., peralatan memanah, tenda pleton, tenda pramuka dan Dome.

Tempat wisata alam di Sentul Bogor

Tempat wisata di Sentul –  tempat camping di sentul and tempat camping sentul, camp sentul, camp sentul, bumi perkemahan pramuka cimandala, camping disentul bogor, camping hambalang sentul, bumi kepanduan sentul, gunung pancar camp ground, ggca, gunung geulis camp area, camping sentul eco edu, taman wisata alam gunung pancar, sentul eco edu tourism forest, roso mulyo camp sentul, berkemah di sentul, camping sentul, camp sentul, wisata sentul, tempat wisata sentul, wisata alam sentul, sentul camping ground, kemping di sentul, kemah di sentul, curug di sentul, wisata sentul, bumi perkemahan sentul, bumi perkemahan di sentul, tempat berkemah sentul, tempat camping sentul..

Taman Budaya Sentul Bogor

Wisata Sentul –  Taman Budaya memiliki luasan areal 6 hektar berlatar pemandangan Gunung Pancar, gunung Salak, gunung gede, berada di Jl. Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Lokasi taman yang strategis dan luas mampu menampung kegiatan sekala kecil maupun besar, seperti tamasya keluarga, pertemuan/tamasya perusahaan, gathering, outing, outbound, camping membangun kerjasama tim dan lainnya

Taman ini memiliki ruang hijau (Green Centrum)_ yang luas untuk kegiatan outbond dan dilengkapi dengan berbagai wahana seperti flying fox, jaring, dan rintangan lainnya. Taman Budaya Sentul Bogor merupakan tempat outbound terbesar di Jawa Barat dan di gadang-gadang tebesar di Indonesia, Taman budaya menawarkan beragam jenis permainan yang terbagi dalam 4 kategori. Kategori tersebut meliputi culture center, Adventure center, Grand center, dan facilities Center.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar Bogor

Wisata Sentul – Taman Wisata Alam Gunung Pancar selain mempunyai fungsi sebagai sarana pendidikan dan penelitian juga dikembangkan sebagai sarana rekreasi, khususnya rekreasi di alam terbuka. Terdapat fasilitas wisata alam di gunung Pancar yaitu pemandian air panas di lokasi di blok asiah, sarana outbond di lokasi di blok dorang, jalur tracking downhil, shelter yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai sambil menikmati pemandangan alam dan tempat berkemah untuk keluarga, perusahaan maupun komunitas.

Curug Bidadari Sentul Paradise Sentul Bogor

Wisata Sentul – Curug atau air terjun bidadari memiliki ketinggian sekitar 50 meter,  airnya berasal dari area sekitar konservasi., berada di Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Curug Bidadari terkenal dengan keberadaan batu yang berada di bagian bawah air terjun. Batu belah dengan ukuran besar tersebut merupakan ikon dari destinasi curug bidadari. Curug Bidadari termasuk dalam kawasan bukit Sentul yang memiliki pemandangan panorama hijau perbukitan, pemukiman elit  dan komple per-villa-an.

Kegiatan berkemah dan wisata alam di sentul Bogor

Wisata Sentul – Berkemah merupakan salah satu dari kegiatan wisata di sentul. dengan kekayaan alam yang didesain dalam kota pegunungan, kawasan sentul memberikan banyak pilihan berwisata, seperti aktivitas treking dengan rute Bojong Koneng yang menjadi jalur favorit pendaki, mencoba trail run seru dengan rute Bojong Koneng – Cisadon, menikmati keindahan desa terpencil Cisadon, berjelajah di trek rute Cisadon – Rawa Gede yang merupakan jalur favorit pehobi motor trail.

Kegiatan wisata lainnya adalah berenang di Curug Leuwi Hejo, Curug Hordeng atau curug kencana, berwisata air di Curug Bidadari, wisata kuliner di Ah Poong atau di Kampoeng Koneng, menjelajahi Goa Agung Garunggang, bermain Air di Curug Putri Kencana, outbound di Taman Budaya, olahraga trail di bukit Hambalang, mandi dia air panas gunung pancar, dan banyak lainnya. 

Simpulan tempat camping di Sentul dalam nuansa wisata Bogor berbasis petualangan

Wisata Sentul – Kecamatan Babakan madang dan sekitarnya yang lebih populer dengan kawasan wisata kota dan pegunungan sentul memiliki banyak tempat camping dan wisata alam untuk beragam aktivitas wisata alam, gathering, outing, camping, wisata petualangan dan lainnya. Tempat wisata alam sekaligus tempat camping yang cukup banyak diminati berada di kawasan wisata alam gunung pancar, hal ini sepadan dengan kawasan pariwisata alam curug panjang di Puncak Bogor yang memiliki konsep one stop vacations.


This entry was tagged in camping di sentul and tempat camping sentul, roso mulyo camp sentul, berkemah di sentul, camping sentul, camp sentul, wisata sentul, tempat wisata sentul, wisata alam sentul, sentul camping ground, kemping di sentul, kemah di sentul, curug di sentul, wisata sentul, bumi perkemahan sentul, bumi perkemahan di sentul, camp sentul, camp sentul, bumi perkemahan pramuka cimandala, camping sentul eco edu, taman wisata alam gunung pancar, sentul eco edu tourism forest, tempat berkemah sentul, tempat camping sentul, camping disentul bogor, camping hambalang sentul, bumi kepanduan sentul, gunung pancar camp ground, gunung geulis camp area.