Camping Ground Gunung Bunder | Review Bumi Perkemahan Bogor

Bumi perkemahan Gunung Bunder merupakan satu diantara banyak tempat wisata dalam kawasan wisata alam terbuka gunung salak endah (GSE). Camping ground ini berada dalam kesejukan / kesegaran hawa pegunungan Halimun Salak dan hutan pegunungan bawah (sub-montana) dengan keragaman dan keunikan air terjun yang menjadi salah satu daya tarik dalam kawasan wisata alam Gunung Salak Endah. Berkemah dalam rindangnya tajuk tegakan pinus merkusii (pinus sp.), rasamala (altingia excelsa) dan vegetasi campuran hutan pegunungan bawah (sub-montana) meerupakan solusi wisata alternatif pro-edukasi dan lingkungan dalam mengisi liburan di Gunung Bunder selain wisata air terjun.

Bumi perkemahan Gunung Bunder memiliki nuansa yang sama dengan camping ground Highland Camp Curug Panjang yang lokasinya berada pada kawasan wisata alam Curug Panjang di punggungan barat gunung Paseban Puncak Bogor. Kesamaan nya terletak pada elemen hutan dan kekayaan yang terkandung didalamnya, nuansa pegunungan dan element air terjun. Atau, dengan camping ground curug Ciputri yang berada di sebelah timur nya bumi perkemahan Gunung Bunder, ketiga tempat berkemah ini berada dalam surganya air terjun di kabupaten bogor dan pesona keindahan bentang alam.

Keterjangakuan air terjun dari lokasi berkemah menjadi pembeda antara bumi perkemahan Gunung Bunder, camping ground Curug Ciputri dan Highland Camp. ke-5 air terjun yang berada dalam kawasan wisata alam curug panjang dapat di jangkau dengan berjalan kaki / treking sekitar 10 – 15 menit perjalanan, dan satu air terjun berada di lokasi tempat berkemah.

Highland camp terbentuk dari keindahan lanskap buatan diantara pesona bentang alam yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan elemen air.

[ Buku Jelajah Kawasan Wisata Alam Curug Panjang ]

H o t l i n e

+62 819-1005-4000

Whatsapp

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Review Bumi perkemahan Gunung Bunder ; Camping Ground di Bogor dalam kawasan Nasional Gunung Halimun Salak

Keindahan alam di Gunung Bunder dalam kawasan wisata Gunung Salak Endah telah menghadirkan minat sebagian orang untuk melakukan kunjungan wisata ke sekitar Gunung Bunder, hal ini menjadikan wisata alam Gunung Bunder sebagai sebuah potensi pariwisata di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Di mulai pada tahun 1988. Perum Perhutani sebagai pemilik hak pengelolaan hutan di RPH Gunung Bunder, BKPH Lewiliang KPH Bogor, melakukan pengembangan dan pengelolaan pariwisata alam yang ditandai dengan dibukanya lokasi perkemahan yang dikenal dengan nama Wana Wisata Gunung Bunder. Dan, pada tahun 2003 kawasan Gunung Salak masuk ke dalam wilayah perluasan Taman Nasional Gunung Halimun yang saat ini dikenal dengan nama Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Selain bumi perkemahan Gunung Bunder, obyek wisata lain yang berada di Gunung Bunder adalah Curug Cihurang, Curug Ciampea, Curug Ngumpet II, Curug Cigamea, Curug Pangeran, dan Curug Seribu, dan Curug Cipatat dan Wana Wisata Kawah Ratu dengan obyek Kawah Mati I dan II serta Situ Hyang, dan lainnya.

Selain merujuk pada sebuah nama gunung, Gunung Bunder merupakan nama sebuah desa di kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Kawasan Gunung Bunder memiliki ketinggian antara 750-1.050 meter dari permukaan laut (dpl). Perkemahan Gunung Bunder berada di Gn. Bunder 2, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. di Gunung Bunder .

Fasilitas Bumi Perkemahan Gunung Bunder Bogor

Seperti pada area berkemah yang berada dalam kawasan Taman Nasional dan hutan wisata pengololaan Perum Perhutani, Bumi perkemahan Gunung Bunder yang memiliki luasan area sekitar 7 ha, lokasinya berada di bawah tegakan pinus merkusii (Pinus sp.), rasamala (Altingia excelsa) dan vegetasi campuran hutan pegunungan bawah (sub-montana). Lokasi camping ground Gunung Bunder berada dekat dengan pintu gerbang masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Udara yang sejuk dengan pemandangan alam yang indah merupakan potensi yang dimiliki oleh bumi perkemahan Gunung Bunder, selain fasilitas pendukung untuk berkemah, seperti :

    1. Area Outbound
    2. Spot berkemah (Campsite)
    3. Mushola
    4. Toilet /WC,
    5. Pusat informasi, dan lainnya. 

Aksesibilitas Gunung Bunder Camping Ground

Gunung bunder Kecamatan Pamijahan berada sekitar 40 Kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Bogor, Cibinong. Tak sulit untuk menuju ke Gunung Bunder, karena merupakan rute untuk jalur menuju gerbang pendakian Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Ada dua rute jalan yang dapat dilalui untuk menujuk ke Bumi Perkemahan Gunung Bunder dari pusat kota Bogor, yaitu :.

    1. Melewati Cipor / Jl Dramaga menuju Ciampea, dilanjutkan melewati Jl. Raya Cikampak – Cicadas, lalu melewati Jl. Bojong Rangkas, Jl. Raya Cibuntu, Jl. Raya Segog, Jl. Raya Gn. Salak Endah, dan Jl. Gn. Bunder. Perjalanan dengan arah Bogor Barat ini dapat dijangkau sekitar 25,3 km.
    2. Rute kedua dapat di ditempuh dengan melewati Jl. Raya Ciapus, lalu melewati Jl. Gunung Malang, Jl. Curug Luhur Endah, Jl. Pasir Rengit Gunung, Jl. Gunung Bunder. Rute ini dapat di jangkau sekitar 25.2 km

Baca Juga :
Fasilitas dan aksesibilitas bumi perkemahan Highland Camp Bogor

Wisata Gunung Bunder Bogor ; Kawasan Wisata Alam Terbuka Gunung Salak Endah 

Wisata Gunung Bunder merupakan Kawasan Wisata Alam Terbuka Gunung Salak Endah (GSE). Pengelolaan obyek – obyek wisata di kawasan GSE dilakukan oleh beberapa pihak, antara lain Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Perum Perhutani KPH Bogor dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor. Obyek-obyek wisata yang terdapat di Kawasan Gunung Salak Endah antara lain Bumi Perkemahan Gunung Bunder, Curug Cihurang, Curug Ngumpet 1, Kawah Ratu, Curug Ngumpet 2, Curug Seribu, Curug Cigamea, dan Pemandian Air Panas Lokapurna.

Kawasan Gunung Salak Endah merupakan bagian dari hutan di Gunung Salak yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, berada di bagian barat kota Bogor berupa hutan yang mempunyai udara yang bersih dan sejuk serta pemandangan indah khas alam pegunungan dengan tinggi puncak Gunung Salak 2211 mdpl  

Curug Cigamea

Curug Cigamea merupakan curug dengan pemandangan yang indah. Obyek yang menjadi daya tarik utama curug Cigamea adalah ketinggian terjunan airnya yang mencapai 50 meter plus dengan dua aliran air terjun yang letaknya saling berdekatan. Curug pertama terletak diantara bebatuan berukuran cukup besardan dibawahnya terdapat sebuah kolam yang berukuran lebih kecil. Curug kedua lokasinya lebih rendah dari curug pertama. Untuk mencapai kedua curug ini, dari pintu masuk membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 sampai 45 menit dengan berjalan kaki, kondisi rute menurun dengan jalan berlandaskan batuan dan semen.

Curug Seribu

Obyek yang menjadi daya tarik Curug Seribu adalah kondisi alam, lokasi kemah dan obyek dengan daya tarik wisata air terjun. Obyek wisata Curug Seribu belum memiliki penerangan dengan kondisi jalan berbatu dan licin, di kiri dan kanan jalan menuju lokasi air terjun berupa tebing dan jurang. Jarak tempuh Curug Seribu dari pintu masuk sampai ke lokasi air terjun sekitar lebih 2 km. Terdapat kondisi yang sangat rawan, terutama di dekat pos pembayaran tiket, kondisi ini karena medan yang menurun dan bebatuan. Fasilitas di sekitar obyek air terjun berupa kamar ganti dan warung. Satwa yang masih ditemukan di sekitar obyek dengan daya tarik wisata air ini yaitu Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Babi Hutan (Sus scrofa), Owa Jawa (Hylobates moloch) dan Elang Jawa (Nisaetus bartelsi).

Curug Kondang

Obyek wisata air terjun yang sudah dibuka sejak tahun 1996 ini adalah curug Kondang, awalnya memiliki nama Curug Ngumpet (ngumpet dalam padanan bahasa sunda yang berarti sembunyi) karena lokasi obyek yang tertutup sehingga jarang orang yang mengetahui keberadaannya. Dinamakan curug kondang,  karena dahulunya disekitar air terjun terdapat pohon kondang. Curug Kondang / Ngumpet memiliki kedalaman penampung air terjun sebesar 4 meter. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung dilokasi wisata air curug ngumpet / kondang diantaranya berenang, duduk-duduk menikmati pemandangan dan water tracking menuju ke Curug Pangeran dengan jarak tempuh 300 meter dengan menelusuri arus sungai.

Curug Pangeran

Curug Pangeran merupakan tempat wisata air terjun dengan ketinggian terjunan air sekitar 5 meter, dengan kedalaman kolam terjunannya sekitar 2 meter. Karakter lingkungan pembentuk air terjun dikelilingi oleh tebing-tebing. Selain sebagai obyek daya tarik wisata air terjun, disekitar lokasi curug Pangeran terdapat camping ground.

Jarak dari pintu masuk menuju air terjun sekitar 500 m, dengan menggunakan jalan setapak beralaskan bebatuan dan pemandangan yang cukup indah serta tenang. Di sekitaran lokasi air terjun, terdapat warung, kamar ganti, toilet dan saung sebagai sarana penunjang kegiatan wisata. Sedangkan fasilitas lainnya yang berada disekitar camping ground adalah warung, toilet, musola dan aula serbaguna.

Curug Ngumpet

Curug Ngumpet yang dikelilingi oleh tebingan mempunyai ketinggian terjunan air setinggi 20 meter, lokasinya berada sekitar 30 meter dari jalan dan dari parkiran. Aliran air terjun yang berasal dari kawah ratu ini memiliki kedalaman penampung sekitar 1 meter, dengan luas kolam terjunan kolam sekitar 10 x 7.5 meter.

Karena terletak tidak jauh dari tepi jalan namun tidak terlihat dan tidak terdengar suara gemuruh terjunan airnya, oleh masyarakat sekitar, air terjun tersebut dinamakan curug Ngumpet atau curug yang bersembunyi. Selain air terjun,  di sekitar obyek wisata curug Ngumpet terdapat camping ground yang lokasinya berdekatan dengan air terjun.

Curug Cihurang

Jarak terdekat dari pintu gerbang masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak menuju Curug Cihurang berjarak sekitar 2 km dengan akses jalan untuk menuju ke air terjun mendatar dan sangat mudah untuk dilalui oleh wisatawan. Nama Cihurang diambil dari kata hurang yang artinya udang karena di curug ini dulunya terdapat banyak udang. Curug Cihurang memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Curug Cihurang memiliki dua terjunan yang letaknya cukup berdekatan. Terdapat sebuah kolam cukup besar sebagai penampung air yang berasal dari curug. Selain air terjun, di lokasi wisata curug Cihurang terdapat areal berkemah yang dikelilingi oleh pohon pinus merkusii dengan sarana pendukungnya yaitu toilet dan saung.

Kawah Ratu

Kawah ratu terletak di kaki Gunung Salak, berada pada ketinggian 1338 mdpl, memiliki luas kawasan sekitar 30 ha dan suhu sekitar 10-20 °C. Daya tarik utama kawah ratu adalah aktivitas geologisnya, dimana sepanjang hari air di kawah ini selalu mendidih dan megeluarkan gas asam sulfat (H2S), baunya menyengat dan terkadang kawahnya mengeluarkan suara gemuruh sebagai akibat dari semburan uap air panas yang membentuk kabut. Di sekitar kawah mengalir sungai sepanjang 1 km yang sering dipergunakan oleh pengunjung untuk berendam, serta diyakini dapat mengobati berbagai penyakit. Obyek wisata kawah ratu ini dapat dicapai dengan berjalan kaki selama kurang lebih 2-4 jam dengan jarak tempuh + 4 km dari pintu gerbang.

Obyek Wisata Alam lainnya yang berada disekitar Kawasan Wisata Alam Terbuka Gunung Salak Endah

Obyek wisata alam lainnya selain camping ground GUnung Bunder, kawah Ratu dan air terjun yang telah disebutkan diatas, yaitu :

    1. Air Panas Ciparay, Merupakan sumber air panas berasal dari Kawah Ratu, Lokasi wisata ini dibatasi oleh Sungai Cikuluwung;
    2. Curug Goa Lumut merupakan Air terjun dengan tinggi 3 m dan memiliki kedalaman sampai 7 m;
    3. Curug Batu Ngampar; terdapat 2 air terjun dengan yang masing-masingnya memiliki ketinggian sekitar 50 m. Air terjun kedua berjarak sekitar 30 m dari air terjun pertama dan berada di celah tebing
    4. Curug Nangka; Curug ini memiliki 3 air terjun yang bertahap yaitu curug nangka, curug daun, dan curug kaung dengan ketinggian masing-masing sekitar 10-20 m;
    5. Puncak Mustika Manik dan Ranggon Hill ; merupakan obyek yang menonjolkan pemandangan alam, dan lainnya.

Bumi Perkemahan Gunung Bunder dan ODTWA GSE Untuk Wisata Minat Khusus

Camping Ground Gunung Bunder dan bumi perkemahan yang ada disekitar obyek daya tarik wisata alam Gunung Salak Endah merupkan tempat berkemah yang berada dalam kesegaran alam pegunungan untuk wisata minat khusus, pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia. Wisata minat khusus yang dapat dilakukan meliputi camping keluarga dan genre camping lainnya, penjelajahan hutan dan air terjun, berpetualang, dls.