Tempat Kemah Keluarga di Puncak Bogor dan Aktivitas Family Camp

Kemah Keluarga di Bogor – Camping sudah menjadi kegiatan populer, salah satu genre yang sedang hits adalah kemah keluarga, yaitu kegiatan berkemah yang di ikuti oleh anggota keluarga. Dan, di beberapa kota besar di Indonesia sudah banyak terbentuk komunitas kemah keluarga, termasuk di Bogor Jawa Barat. Beberapa camping ground didesain guna menfasilitasi kebutuhan komunitas kemah keluarga dengan nyaman dan aman, yang terbesar adalah Highland Camp Curug Panjang dengan menonjolkan sisi petualangan hutan pegunungan, edukasi dan wisata minat khusus untuk keluarga.

Whatsapp

Tempat wisata dan camping keluarga di Puncak

Kemah Keluarga di BogorHighland Camp Curug Panjang di Desain untuk memenuhi liburan keluarga pro-edukasi terutama kemah keluarga Indonesia, dan ini menjadi rekomendasi Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora 2004 – 2009) Dr. H. Adhyaksa Dault, S.H., M.Si.

Keindahan lansekap buatan yang berpadu-padan dengan pesona lansekap alam dan hutan pegunungan bawah serta element air, itu menghadirkan suasana kenyamanan dalam berkemah.

Artikel “Tempat Wisata di Bogor untuk camping keluarga” menyadur dari buku berjudul “Jelajah Kawasan Pariwisata Curug Panjang dalam Wisata Minat Khusus”, pengarang A. Zaenal Mutaqin, (2020, May 11) DOI : 10.17605/OSF.IO/ZU9RW; pada BAB-II halaman 75, dengan judul asli “Camping Keluarga“.

Aktivitas camping keluarga dalam tulisan (buku) ini mengambil simulasi tempat di Highland Camp Curug Panjang, kegiatannya meliputi telusur sungai, hiking atau treking hutan, pengamatan binatang malam, wisata air terjun, menanam pohon dan memasak nasi liwet.

Adalah campsite Kendeng, Batutapak dan Kitjabud merupakan campsite (spot berkemah) yang berada di Highland Camp, didesain untuk mengakomodir kebutuhan kemah keluarga dengan fasilitas nya adalah tenda dome pangrango, kasur, tempat barbeque, dls.

Saat malam, keheningan campsite yang biasanya hanya diriuhkan oleh gemercik air dan suara binatang, malam itu tiba-tiba terdengar suara ceria dari keluarga yang berbahagia, ternyata hutan dengan gelapnya malam mampu menghipnotis sebuah keluarga yang terbiasa hidup di megapolis

Kemah Keluarga; Liburan Keluarga pro-Edukasi

Kemah Keluarga di BogorWisata camping keluarga[1]merupakan solusi pro-edukasi dalam mengisi liburan, sekaligus untuk membangun komunikasi efektif dan kualitas sebuah kebersamaan dalam keluarga. Kegiatan berkemah merupakan salah satu alternatif liburan keluarga berjenre petualangan yang memiliki banyak manfaat, terutama bagi anak-anak. “Camping keluarga adalah kegiatan rekreasi keluarga yang dilakukan di alam terbuka dengan tidur menggunakan tenda, bertujuan untuk mendapatkan pengalaman petualangan di alam bebas dan pembelajaran tentang lingkungan hidup serta membangun kualitas kebersamaan dalam keluarga”

Selain untuk lebih mendekatkan hubungan antar sesama anggota keluarga, kegiatan berkemah dapat menumbuhkan kepekaan serta kepedulian anak terhadap lingkungan hidup, mampu menanamkan rasa cinta kasih pada alam, mengasah keterampilan dan kreatifitas di alam bebas. Dan, dapat memberi manfaat positif secara langsung maupun tidak langsung bagi sebuah keluarga.

Kunci keberhasilan berkemah bersama keluarga adalah perencanaan dan persiapan yang matang, hal ini karena ketika berkemah semua anggota keluarga akan dihadapkan pada situasi dan kondisi yang tidak biasa dengan keadaan keseharian setiap anggota keluarga. Kondisi alam dan lingkungan ditempat perkemahan akan berbanding terbalik dengan kondisi ketika di rumah dan pada saat melakukan aktivitas di perkotaan.

Oleh karenanya, kenyamanan dan keamanan menjadi prioritas yang harus diperhatikan semenjak dari awal, sehingga liburan camping bersama keluarga akan berkesan dan dapat memberikan banyak pengalaman serta pengetahuan yang berharga..

Aktivitas kemah bersama keluarga

Kemah Keluarga di BogorMemainkan beberapa permainan dan melakukan kegiatan interaktif yang dapat membangun komunikasi efektip bersama keluarga, merupakan aktivitas dalam mengisi waktu berkemah.Beberapa permainan dapat dilakukan seperti sepak bola, bermain volly ball sederhana, estafet, hulahop. Lainnya, yaitu aktivitas memasak, membaca buku, berhammock atau sebatas bincang keluarga didepan perapian atau pun tenda.

Ada beberapa aktivitas umum yang biasa dilakukan di bumi perkemahan di kawasan wisata curug panjang pada saat sebuah keluarga berkemah, seperti : 

Telusur sungai di Highland Camp Puncak

Kemah Keluarga di BogorTerdapat tiga anak sungai yang berbeda karakter fisik dan arus aliran airnya didalam kawasan bumi perkemahan yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan menelusuri sungai. Air sungai yang mengalir, bersumber dari mata air yang terdapat dalam kawasan.

Aktivitas menelusuri sungai dapat dilakukan pada hari pertama disekitar siang menjelang sore hari, ketika cuaca tidak hujan, dan atau pada dilakukan pada hari kedua dipagi hari menjelang siang.

Tidak sebatas menikmati arus aliran sungai yang jernih, pada kegiatan telusur sungai, sebuah keluarga dapat belajar tentang keragaman hayati pembentuk kehidupan disekitar aliran sungai. .

Treking hutan atau Hiking ketika kemah keluarga

Kemah Keluarga di BogorHiking merupakan satu alur kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas telusur sungai, hal ini karena setelah menelusuri arus sungai, sebuah keluarga akan melewati hutan untuk dapat kembali ke campsite di bumi perkemahan kawasan curug panjang.

Kegiatan menelusuri sungai dan hiking ini dapat ditempuh dengan durasi waktu sekitar 60 menit perjalanan, dan jika tujuannya dilanjutkan untuk wisata air terjun curug panjang, maka durasi kegiatan gabungan ini memakan waktu sekitar 3 jam atau tergantung lamanya menikmati wisata di air terjun. Read More : Tentang jalur treking hutan dan susur sungai

Mengamati kunang-kunang / binatang malam pada saat kemah keluarga

Kemah Keluarga di BogorPengamatan terhadap fenomena keindahan cahaya berkedip dari hewan nocturnal bertubuh lunak dan memanjang, bernama latin Lampyridae ini paling baik dilakukan antara pukul 19.30–22.00, ketika suhu berkisar antara 17–20 ⁰C, dalam keadaan cuaca tidak hujan. “Serangga ini akan menunggu dalam gelapnya malam untuk mempertunjukan cahaya dramatisnya ketika mereka saling mencari pasangan”. Read More : Tentang Taman Kunang-Kunang dan hutan

Api unggun dan berbeque; kebersamaan malam dalam kemah keluarga

Kemah Keluarga di BogorSalah satu aktivitas penciri dalam berkemah adalah api unggun. Potongan kayu bakar atau kumpulan dahan, ranting, serta daun-daun kering yang disusun apik diperapian atau ditempat yang dikhususkan itu di bakar untuk menghangatkan suasana malam di salah satu campsite dalam kawasan bumi perkemahan curug panjang.

Ada banyak kegiatan ketika hangatnya api unggun memeriahkan suasana malam, seperti berbeque, bernyanyi bersama atau sebatas duduk depan perapian sambil menikmati secangkir kopi hangat dan makanan ringan bersama keluarga.

Bermain ke Curug Panjang

Kemah Keluarga di BogorCurug Panjang dapat di capai dengan berjalan kaki sekitar 10 s.d 15 menit dari bumi perkemahan Taman Alam Matahari, Highland Camp ataupun spot-spot berkemah yang ada di curug panjang dengan melewati jalanan berbatu yang berada dibawah dominasi tutupan pinus merkusii.

Curug Panjang merupakan air terjun yang membentuk lerengan (slope) sepanjang +20 meter, bentuknya yang memanjang, memiliki ketinggian terjunan air sekitar 4 meter. Anda dan keluarga dapat berenang dalam kolam terjunan air yang memiliki diameter 10 meter ini, atau hanya sebatas duduk duduk ditepian curug atau diantara batu-batu hitam yang besar yang ada disungai Cirangrang. Read More : Tentang Wisata Alam Curug Panjang.

Memasak nasi liwet bersama keluarga

Kemah Keluarga di BogorNgaliwet[2] dengan api besar dengan menggunakan kastrol dalam nuansa kebersamaan keluarga dan suasana tolong menolong untuk menyiapkan makan, akan menjadi pengalaman yang berkesan ketika camping bersama keluarga.

Memasak dengan api besar memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi bagi masyarakat perkotaan, hal ini dapat digantikan dengan menggunakan kompor portable berbahan bakar gas atau parapin yang masih merupakan salah satu kekhasan ketika berkemah. Read More : Tentang Nasi Liwet

Edukasi lingkungan dalam kemah keluarga

Kemah Keluarga di BogorSecara tidak langsung maupun langsung, sepanjang aktivitas berkemah dibumi perkemahan kawasan wisata curug panjang, semua anggota keluarga diperhadapkan pada pembelajaran lingkungan. Hal ini karena setiap saatnya anggota keluarga diperhadapkan pada lingkungan fisik hutan serta kekayaan hayati yang terkandung didalamnya. Lingkungan yang masih asri merupakan salah satu tempat belajar dan materi pembelajaran yang baik bagi keluarga. Dan akan berbeda sekali, ketika anggota keluarga diperhadapkan secara langsung dengan menanam pohon di pinggiran hutan atau di area sekitar tempat berkemah, itu dapat memberikan nuansa pendidikan lingkungan yang lebih berkesan.

Paket Kemah Keluarga di Bogor

Kemah Keluarga di Bogor Paket camping keluarga di Highland Camp Bogor dapat ditemukan pada situs Highland Indonesia group dengan judul Paket Wisata Camping Keluarga di Bogor. <— klik here

Ketika berkemah, semua anggota keluarga akan diperhadapkan pada situasi dan kondisi yang tidak biasa dengan keadaan keseharian setiap anggota keluarga. Kondisi alam dan lingkungan ditempat perkemahan akan berbanding terbalik dengan kondisi ketika di rumah dan pada saat melakukan aktivitas di perkotaan, oleh karenanya persiapan dan perencanaan yang matang menjadi kunci utama dalam liburan keluarga ini

Simpulan kemah keluarga di Puncak Bogor

Kemah Keluarga di Bogor Camping yang belakangan ini tengah banyak diikuti oleh kelompok lintas sosial, pendidikan dan strata ekonomi, telah menciptakan banyak karakter genre berkemah, salah satunya adalah gendre kemah keluarga. Dimana, genre kemah keluarga ini yang mengikuti kegiatan berkemah adalah sebuah keluarga atau komunitas dari banyak keluarga penghobby kemah keluarga. 

Dibutuhkan kekhususan lokasi berkemah dan produk-produk wisata minat khusus untuk keluarga, karena kenyamanan, keamanan dan aktivitas di lokasi berkemah harus dapat mengakomodir setiap person dalam keluarga yang tidak dibatasi oleh usia, (dari balita sampai sepuh).


This entry was tagged in kemah keluarga di bogor and family camp di bogor, lokasi kemah keluarga hanya ada di jawa barat, kemah keluarga adalah salah satu cara mengisi liburan secara edukatif, komunitas kemah keluarga di bogor, kemah keluarga jawa barat, anggota komunitas kemah keluarga di bogor, kemah keluarga di puncak, camping keluarga, camping bersama keluarga, lokasi family camp bogor, lokasi camping keluarga, family camping ground, paket kemah keluarga murah, camping ground untuk kemah keluarga di bogor, komunitas kemah keluarga bogor, komunitas family camp di puncak

Catatan kaki[+]