Tempat camping di Puncak dan Wisata Alam pegunungan Puncak

Sejak zaman kolonialis Belanda, kawasan Puncak Bogor telah menjadi wilayah kunjungan bagi para pelancong dari Batavia dan sekitarnya untuk berlibur dan menikmati wisata alam bernuansa pegunungan. Pembangunan sarana dan fasilitas penunjang aktivitas wisata alam telah berlanjut sampai sekarang sehingga Puncak di kenal sebagai tempat untuk wisata pegunungan.

Di kawasan pariwisata Puncak, saat ini berkembang pesat tempat camping guna memfasilitasi kegiatan luar ruang (outdoor activities) seperti gathering, outing, outbound dan adventure, salah satu nya adalah highland camp yang lokasinya berada dalam kawasan wisata alam curug panjang, di punggungan barat gunung Paseban. Dengan keunikan karakter lanskap alam, hutan pegunungan dan elemen air sebagai penunjang aktifitas berwisata khususnya camping, saat ini Highland Camp menjadi salah satu destinasi berkemah di Puncak yang buru wisatawan.

Suasana tempat berkemah yang didesain layaknya camping dalam kawasan Taman Nasional ini, diperlengkapi oleh fasilitas yang dapat menunjang kegiatan wisata alam dan wisata petualangan, Highland Camp Curug Panjang menjadi tempat camping terfavorit di Puncak, baik untuk camping keluarga, mandiri / reguler maupun kemah berkelompok.

H o t l i n e

+62 819-1005-4000

Whatsapp

Tempat Berkemah di Puncak Bogor

Tempat camping yang sekaligus tempat wisata alam yang berada di kawasan pariwisata Puncak Bogor dengan karakteristik dan nuansa hutan pegunungan nan sejuk dan asri adalah gunung mas camping ground, gayatri camping ground, bumi perkemahan citamiang, highland camp curug panjang dan d’jungle private camping ground. Tempat-tempat berkemah tersebut menyebar dalam beberapa kawasan wisata alam, yaitu di kawasan wisata kebun teh puncak yang lebih populer dengan sebutan Agrowisata Gunung Mas, taman wisata alam telaga warna puncak bogor dan pada kawasan pariwisata alam curug panjang.

Gunung Mas Camping Ground Puncak

Berkemah di antara pepohonan rindang hampir banyak ditemukan di bumi perkemahan yang barada di Bogor, Puncak dan Sukabumi, terutama camping ground yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, namun berkemah di tengah hamparan perkebunan teh hanya ada di Agrowisata Gunung Mas Puncak Bogor dan Kebun Teh Nirmala di Halimun. Terpopuler yang menyediakan camping ground di tengah area perkebunan teh adalah Agrowisata Gunung Mas. Camping ground yang letaknnya di tengah perkebunan teh ini memiliki banyak campsite untuk tempat berkemah yang di sebut sebagai hole (zonasi), setiap zonasi diperlengkapi dengan sarana parkir dan toilet.

Gayatri Camping Ground Puncak

Tempat Camping di Puncak ini berada pada ketinggian 900-1200 MDPL terletak dibatas hutan Gunung Gede Pangrango dengan perkebunan yang diwariskan Pemerintah Kolonialisme Belanda Berada di Jl. Citeko Panjang, RT.03/RW.09, Citeko, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750. Untuk mencapainya, dapat di tempuh dengan kendaraan jenis mobil SUV 4×2 atau JEEP yang memiliki kelengkapan dobel gardan (4WD). karena hanya dapat ditempuh oleh kendaraan sekelas JEEP, maka untuk menuju ke tempat camping, peserta akan di jemput di cekpoint Jalan Raya Puncak yang telah ditentukan, penjemputan dilakukan oleh unit-unit mobil offroad, perjalanan yang berdurasi sekitar 30 – 45 menit ini akan sedikit melewati jalanan beraspal untuk pertama kalinya, lalu berbatu dan berakhir dengan jalanan tanah.

Gayatri Camping Ground memiliki luasan 12 hektar, berada dalam kawasan perkebunan teh Gunung Mas PTPN VIII yang telah dikerjasamakan. Ditempat camping ground ini terdapat 2 (dua) lapangan yang dapat menampung 50 orang peserta dan satunya dapat menampung lebih dari 100 orang peserta camping dengan lapangan-lapangan kecil sebagai area kegiatan games outbound. Tidak jauh dari lapangan tempat camping, terdapat 5 unit gazebo bambu dengan arsitektur sunda dan satu unit aula terbuka yang dapat menampung 150 orang berikut lapangan parkirnya. (sumber : Highland Indonesia)

Citamiang Camping Ground Puncak

Camp ground Citamiang yang lebih populer dengan Wisata Citamiang ini berada di Pondok Rawa, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor. 400 meter sebelum gerbang Wisata Gunung Mas jika dari arah Gadog. Kawasan wisata yang berjendre keindahan pesona alam ini berada pada areal 3 hektar yang sudah dikelola, didalamnya yang terdapat tempat berkemah, bangunan penginapan yang terbuat dari kayu, toilet dan lapangan parkir. Kelengkapan fasilitas alam guna menudukung kegiatan pariwisata wisata Citamiang yaitu kebun teh, hutan pinus dan aliran sungai (sumber : Tempat Camping di Puncak, Bogor, Sukabumi dan Cibodas).

Tempat Berkemah D’Jungle Private Camp Puncak

D’Jungle Private Camp atau yang lebih dikenal dengan sebutan D’Jungle Camping Ground memiliki area seluas 10 ha dalam ketinggian 1000 Mdpl, berada di Desa Batulayang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750. Camping Ground di Puncak ini diperuntukan untuk beragam kegiatan camping yang berbalut petualangan. Dalam kawasan sekitar camp terdapat sungai menuju air terjun untuk kegiatan river adventure dengan tantangan melewati hutan pinus dan jalanan setapak. D’Jungle merupakan kawasan camping “High privacy”, hal ini dikarenakan lokasi lokasi camping ground yang berada jauh dari pemukiman serta berbatasan langsung dengan hutan lindung. D’Jungle Private Camp memiliki 6 unit camping ground dengan fasilitas 40 unit MCK yang desain secara natural. (sumber : Referensi Tempat Camping di Puncak, Bogor, Sukabumi dan Cibodas)

Baca Juga :
Camping Ground di Bogor dan Tempat Wisata Bernuansa Pegunungan

Lokasi Wisata Alam Pegunungan di Puncak Bogor Jawa Barat

Puncak merupakan kawasan wisata pegunungan, termasuk kedalam wilayah Kabupaten Bogor dan Cianjur, Provinsi Jawa Barat, terletak di kaki gunung Gede-Pangrango, 70 km sebelah selatan Jakarta. Kawasan wisata Puncak dalam perwilayahan pariwisata Provinsi Jawa Barat ditetapkan sebagai wilayah yang termasuk dalam satu dari sembilan kawasan wisata unggulan Provinsi Jawa Barat, untuk kegiatan wisata alam. “Wisata alam merupakan salah satu jenis rekreasi dengan mengadakan kegiatan perjalanan atau sebagian kegiatan tersebut bersifat sementara untuk menikmati gejala keunikan dan keindahan alam melalui terminologi ekoturisme” (Ceballos-Lascurain,1996).

Beberapa tempat wisata di puncak yang populer saat ini adalah kawasan agrowisata1)Agrowisata merupakan terjemahan dari istilah Bahasa Inggris, agrotourism. Agroberarti pertanian dan tourismberarti pariwisata/kepariwisataan. Agrowisata adalah berwisata ke daerah pertanian. Pertanian dalam arti luas mencakup pertanian rakyat, perkebunan, peternakan dan perikanan (Sudiasa, 2005:11). Dalam istilah sederhana, agritourism didefinisikan sebagai perpaduan antara pariwisata dan pertanian dimana pengunjung dapat mengunjungi kebun, peternakan atau kilang anggur untuk membeli produk, menikmati pertunjukan, mengambil bagian aktivitas, makan suatu makanan atau melewatkan malam bersama di suatu areal perkebunan atau taman. (www.farmstop.com).
–Agrowisata dapat dikelompokkan ke dalam wisata ekologi (eco-tourism), yaitu kegiatan perjalanan wisata dengan tidak merusak atau mencemari alam dengan tujuan untuk mengagumi dan menikmati keindahan alam, hewan atau tumbuhan liar di lingkungan alaminya serta sebagai sarana pendidikan (Deptan, 2005).
–Agricultural Tourism: Refers to the act of visiting a working farm or any agricultural, horticultural or agribusiness operation for the purpose of enjoyment, education, or active involvement in the activities of the farm or operation” Ramiro Lobo, rm Advisor UC Cooperative Extension, San Diego County (2007).
–Agricultural tourism, or agri-tourism, is one alternative for improving the incomes and potential economic viability of small farms and rural communities (www.sfc.ucdavis.edu).
–Partnership between consumers and farmers in which consumers pay for farm products in advance and farmers commit to supplying sufficient quantity, quality and variety of products. This type of arrangement can be initiated by the farmer (farmer directed) or by a group of consumers (participatory). Community Supported Agriculture (CSA)
gunung mas yang memiliki tingkat kunjungan kelima tertinggi di Bogor setelah taman safari indonesia, taman wisata matahari, jungleland, dan curug luhur menurut badan perencanaan pembangunan daerah tahun 2014, lainnya yang cukup populer adalah taman wisata alam telaga warna dan kawasan pariwisata alam curug panjang untuk genre wisata minat khusus. .

Kawasan Agrowisata Gunung Mas Puncak

Selain memproduksi teh yang bahan bakunya dihasilkan dari perkebunan gunung mas di puncak Bogor sebagai niaga utama unit usaha PT. Perkebunan Nusantara VIII. Saat ini, perusahaan perkebunan teh yang dahulunya dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda di tahun 1910, pada tahun 1982 mulai dikembangkan untuk tujuan wisata, pada sektor agrowisata dengan perkebunan teh gunung mas sebagai obyek daya tarik wisatanya.

Objek wisata alam perkebunan teh gunung mas yang berada di Jl. Raya Puncak KM. 87, Tugu Selatan., Kecamatan. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750, memiliki beragaman aktivitas wisata yang dapat nikmati oleh wisatawan lokal mupun wisatawan mancanegara, utamanya adalah menikmati keindahan pesona alam pegunungan dan aktivitas perjalanan yang dilakukan ke obyek perkebunan, lainnya adalah berkemah, berkuda, paralayang, Tea Walk, Off Road dan ATV, Gantole, dan lainnya.

Taman Wisata Alam Telaga Warna Puncak Bogor

Taman wisata alam adalah kawasan pelestarian alam dengan tujuan konservasi dan pariwisata. Adalah telaga warna yang berada di puncak bogor, merupakan salah satu obyek wisata alam berbasis konservasi, selain untuk menjaga kelestarian alam dan ekologi (CATWA Telaga Warna ditetapkan dengan fungsi melindungi keanekaragaman jenis dan sumberdaya genetik), taman wisata alam telaga warna difungsikan sebagai kawasan untuk kepentingan pariwisata.

Kawasan Hutan Telaga Warna ditetapkan sebagai Cagar Alam (CA) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 481/Kpts/Um/6/1981 tanggal 9-6-1956, seluas 268,25 Ha. Kemudian sebagian areal yang meliputi sebuah telaga, berubah fungsinya menjadi Taman Wisata Alam (TWA) seluas 5 Ha.(Huda, 2011). Telaga warna berada di Jl. Raya Puncak – Cianjur, Tugu Utara, Kecamatan. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750

Pesona telaga warna hadir karena air telaga yang dapat berubah warna menjadi hijau cokelat, kuning gelap, hingga kuning terang di waktu-waktu tertentu, hal ini dikarenakan terdapatnya algae danau,. Tumbuhan ini memenuhi danau dan dapat berubah warna. Sehingga, warna air pada danau pun seakan berubah warna sesuai dengan warna algae. Selain pesona air yang di timbulkan oleh tumbuhan algae, di telaga warna wisatawan dapat wisata berbagai habitat fauna seperti babi hutan, kera, surili, serta lutung, bahkan kabarnya terdapat fauna langka seperti macan tutul, elang jawa dan lainnya. Keistimewaan lainnya yang menjadi daya tarik wisata, di kawasan hutan sekitar telaga dapat ditemukan beberapa jenis flora asli hutan tropika seperti pohon Puspa dan Kihiur serta beberapa tanaman tingkat rendah, seperti pohon Rame,  Rotan- rotanan dan Paku Tiang.

Kawasan Pariwisata Alam Curug Panjang Puncak

Kawasan Pariwisata Curug Panjang terbentuk dari keindahan lansekap alam serta kekayaan yang terkandung di dalamnya yang terjaga secara apik oleh para pihak untuk wisata minat khusus atau wisata alternatif. Wisata minat khusus merupakan bentuk wisata yang diperuntukan bagi wisatawan yang memiliki kecenderungan minat, tujuan serta motivasi khusus dalam berwisata atau guna pemenuhan atas sensasi dan minat terdalam wisatawan dalam aktivitas berpariwisata2)Mutaqin, A Zaenal. (2020). “Jelajah Kawasan Pariwisata Puncak Dalam Wisata Minat Khusus.” ; hal 6, Pesona Kawasan Pariwisata Curug Panjang; OSF. May 11. doi:10.17605/OSF.IO/ZU9RW..

Dalam kawasan wisata curug panjang terdapat tempat berkemah dan spot-spot camping yang menyebar diantara tajuk tegakan pinus merkusii yang mendominasi pepohonan sekitar curug panjang, air terjun untuk wisata umum dan curug-curug yang di peruntukan bagi penikmat wisata minat khusus, hutan pegunungan dan sungai untuk aktivitas treking hutan dan telusur sungai. Kawasan wisata curug panjang berada di Jl. Curug Panjang / Jl Situhiang, Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770.

Highland Camping Ground dan Kawasan Pariwisata Alam Curug Panjang adalah Solusi Wisata Keluarga Pro-Edukasi dan Lingkungan di Puncak Bogor Jawa Barat

Dalam buku jelajah kawasan pariwisata puncak untuk wisata minat khusus, kawasan wisata alam curug panjang merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki kelengkapan fasilitas alam dan buatan guna mendukung aktivitas berkemah dalam balutan petualangan, lokasinya berada di punggungan barat gunung paseban, yang merupakan zona penyangga bagian barat taman nasional gunung gede pangrango.

Di kawasan wisata alam curug panjang, terdapat beberapa tempat berkemah untuk mengakomodir penikmat wisata kemah keluarga, camping reguler atau event-event bertajuk gathering dan outing dalam balutan camping, seperti highland camp curug panjang, camping ground taman alam matahari, camp curug naga, dan lainnya. Aktivitas wisata alam lainnya adalah jelajah air terjun, treking hutan dan sungai dan wisata curug.

Catatan kaki   [ + ]

1.Agrowisata merupakan terjemahan dari istilah Bahasa Inggris, agrotourism. Agroberarti pertanian dan tourismberarti pariwisata/kepariwisataan. Agrowisata adalah berwisata ke daerah pertanian. Pertanian dalam arti luas mencakup pertanian rakyat, perkebunan, peternakan dan perikanan (Sudiasa, 2005:11). Dalam istilah sederhana, agritourism didefinisikan sebagai perpaduan antara pariwisata dan pertanian dimana pengunjung dapat mengunjungi kebun, peternakan atau kilang anggur untuk membeli produk, menikmati pertunjukan, mengambil bagian aktivitas, makan suatu makanan atau melewatkan malam bersama di suatu areal perkebunan atau taman. (www.farmstop.com).
–Agrowisata dapat dikelompokkan ke dalam wisata ekologi (eco-tourism), yaitu kegiatan perjalanan wisata dengan tidak merusak atau mencemari alam dengan tujuan untuk mengagumi dan menikmati keindahan alam, hewan atau tumbuhan liar di lingkungan alaminya serta sebagai sarana pendidikan (Deptan, 2005).
–Agricultural Tourism: Refers to the act of visiting a working farm or any agricultural, horticultural or agribusiness operation for the purpose of enjoyment, education, or active involvement in the activities of the farm or operation” Ramiro Lobo, rm Advisor UC Cooperative Extension, San Diego County (2007).
–Agricultural tourism, or agri-tourism, is one alternative for improving the incomes and potential economic viability of small farms and rural communities (www.sfc.ucdavis.edu).
–Partnership between consumers and farmers in which consumers pay for farm products in advance and farmers commit to supplying sufficient quantity, quality and variety of products. This type of arrangement can be initiated by the farmer (farmer directed) or by a group of consumers (participatory). Community Supported Agriculture (CSA)
2.Mutaqin, A Zaenal. (2020). “Jelajah Kawasan Pariwisata Puncak Dalam Wisata Minat Khusus.” ; hal 6, Pesona Kawasan Pariwisata Curug Panjang; OSF. May 11. doi:10.17605/OSF.IO/ZU9RW.