Citamiang Camping Ground | Review Wisata Citamiang untuk Gen-Y Milenial

Kendatipun kedua-duanya berada pada kawasan pengelolaan Perum Perhutani, Highland Camp Curug Panjang memiliki karakter camping classic dan natural. Sementara itu, Camping Ground Citamiang didesain untuk para pekemping dari Gen-Y kaum Milenial atau bagi mereka yang merindukan kemeriahan hutan damar dan pinus merkusii laksana suasana kota yang bertabur warna dengan lampu yang menyorot pada setiap elemen fasilitas alam dan prasarana buatannya dimalam harinya.

Beragam kemeriahan warna terang dihadirkan pada pondokan kerucut, pada warung penjaja makanan dan minuman, pada kursi, tenda dome, pagar, kolam renang, dan pada element buatan lainnya. Tak luput, beberapa pohon damar pun dihiasi oleh kemeriahan warna, sebahagian batang damar terbungkus oleh warna hitam putih dari kain yang bercorak kotak-kotak. Pada malam hari nya, kemeriahan warna akan terasa lebih kental dan kuat, karena elemen dari sinar lampu yang menyorot ke arah beragam elemen yang berwarna cerah.

Dengan karakter kemping classic dan natural, alam sendiri telah menghadirkan warnanya di bumi perkemahan Highland camp curug panjang, warna dengan dominasi hijau dedaunan yang meneduhkan, warna air yang menenangkan, warna batang-batang kayu pinus merkusi dan warna putih getahnya, warna hitam kehijauan dari batu berlumut, dls. Dan pada malam harinya warna dari cahaya api unggun dan bulan, menambah suasana classic hangat dan natural ketika berkemah di Highland Camp Curug Panjang.

Whatsapp

H o t l i n e

+62 819-1005-4000

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Review Camping Ground Citamiang di kawasan Wana Wisata Citamiang Puncak Bogor

Camping Ground Citamiang berada di Jl. Tjiliwung, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750, sekitar 600 meter dari perapatan kebun teh Tjiliwung atau pintu masuk Jalan Raya Puncak (Jl. Raya Ciawi – Cianjur) dan Jika Gadog dapat ditempuh sekitar 15,6 km. Perkemahan Citamiang berada dalam kawasan wisata Citamiang dengan areal seluas 10 hektare, areal pemampaatan sebagai tempat seluas 3 hektare, sisanya masih berupa perkebunan kopi dan teh.

Menurut data Kabupaten Bogor, potensi kunjungan di Wana Wisata Citamiang yang dikelola oleh pihak Perhutani KPH Bogor pada tahun 2014 mencapai 2.396 wisatawan nusantara, sebagian banyaknya adalah berkemah.

Fasilitas Wana Wisata Citamiang Campground

Terdapat dua fasilitas yang disediakan dalam kawasan wisata Citamiang, yaitu fasilitas alam dan fasilitas buatan. Fasilitas alam adalah keadaan alam dan lingkungan yang berada dan menetap dalam kawasan wisata Citamiang untuk digunakan guna kepentingan pariwisata, seperti pemandangan alam, perkebunan teh, pepohonan, sungai, hutan dan kekayaan yang terkandung didalamnya. Dan, keduanya adalah fasilitas buatan, yaitu sarana dan prasarana yang dibuat / disediakan oleh pengelola dengan sengaja, baik permanen maupun knok down untuk mendukung aktivitas pariwisata, seperti lapangan parkir, pondokan, tenda, warung dan lainnya .

Fasilitas Buatan dan Sarana Wisata Citamiang

Keberagaman fasilitas umum yang nyaman dan aman di komplek wisata Citamiang menjadi salah satu daya dukung wisatawan untuk berlama-lama tinggal di Citamiang. Selain aman dan nyaman, kaum Milenial dari Gen-Y sangat membutuhkan obyek-obyek unik untuk mengexpresikan kemampuan swa photonya, sehingga dapat populer pada komunitas yang dimana mereka menetap yaitu komunitas media sosial (Medsos).  Fasilitas yang ada di kawasan wisata alam ini adalah :  

    1. Tenda dan fasilitasnya
    2. Pondok kerucut
    3. Pondokan terbuat dari bambu dan kayu.
    4. Cottage
    5. Kolam renang
    6. Warung dan cafee
    7. Tempat duduk outdoor
    8. Permainan anak
    9. Lapangan parkir
    10. Toilet / WC

Fasilitas alam di Kawasan Wana Wisata Citamiang

Fasilitas alam yang dihadirkan sudah mulai terasa ketika pertama kali memasuki kawasan wisata Citamiang, pemandangan hutan pinus, hutan damar / agathis SP yang didalamnya terselip beberapa bangunan mungil diantara batang-batang kayu pepohonan yang menjulang, dan perkebunan teh hijau akan langsung memanjakan mata, inilah beberapa fasilitas alam yang dihadirkan di Citamiang Camp :.

    1. Hutan dengan dominasi pohon pinus merkusii dan Damar (agathis SP)
    2. Sungai Citamiang
    3. Lapangan berkemah
    4. Perkebunan teh
    5. Perkebunan kopi, dan lainnya

Keterjangkauan menuju Wisata Citamiang; (aksesibilitas)

Wisata Citamiang camp ground dapat di jangkau dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum, roda dua ataupun roda empat, dari arah Cianjur ataupun arah Bogor/Ciawi/Gadog. Hanya saja ketika pada musim berlibur atau weekend, masyarakat harus pandai-pandai mensiasati jalan altenatif ataupun waktu keberangkatan maupun kepulangan, hal ini terkait karena jalur menuju kawasan pariwisata Puncak dan kebalikannya pada hari libur dan weekend itu banyak mengalami kemacetan dan kerap diberlakukan 1 arah (one way) pada jam-jam tertentu.

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Aktivitas wisata ketika berkemah di Citamiang

Memang, Generasi Langgas (Gen-Y) Milenial yang hidupnya penuh kecepatan dan warna diperkotaan-perkotaan akan sedikit kerepotan ketika menjalani hidup (beraktivitas) di hutan dan pegunungan, atau menggunakan perangkat manual. Di Wana Wisata Citamiang, beberapa aktivitas wisata penjelajahan dibuat mudah dan sederhana tanpa meninggalkan ciri petualangan, inilah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan ketika berwisata di wonderful Citamiang, selain nongkrong di cafee atau swa photo (selfie) untuk di publikasi di jejaring sosialnya. 

    1. Treking hutan dan susur sungai / bermain di sungai
    2. Teawalk
    3. Api unggun, dan lainnya

Tempat Wisata disekitar Bumi Perkemahan Citamiang

Tempat wisata populer terdekat dari disekitar bumi perkemahan Citamiang adalah Taman Safari Indonesia, Fly Indonesia Paragliding, Masjid Atta’ awun Puncak, Kebun teh Gunung Mas, Melrimba M Garden, Tea Corner Gunung, Curug 7 Cilember dan lainya. Sebahagian tempat wisata terdekat yang berada dalam wisata Citamiang berjenre wisata alam.

    1. Taman Safari Indonesia di Cisarua, Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Cibeureum, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 
    2. Fly Indonesia Paragliding di Jl Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak, West Java, Tugu Sel., Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat
    3. Masjid Atta’ awun Puncak di Jalan Raya Puncak KM.90, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat
    4. Kebun teh Gunung Mas di Jalan Venue Paralayang, Tugu Selatan, Cisarua, Tugu Selatan., Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat
    5. Melrimba M Garden Jl. Raya Puncak Gadog No.KM 87, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat
    6. Tea Corner Gunung Mas Jalan Mas Jalan Pangrango, Tugu Selatan, Cisarua, Tugu Sel., Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 
    7. Curug 7 Cilember di Jl. Raya Puncak Gadog No.KM. 15, Cilember Cisarua, Bogor, Jawa Barat , dan lain-lainnya.

Mitos Citamiang Tempoe Doeloe

Konon dari cerita yang berkembang pada masyarakat sekitar. Yang sekarang menjadi bumi perkemahan Citamiang, dahulunya merupakan tempat persinggahan atau tempat yang kerap dikunjungi oleh Raden Kiansantang atau Prabu Kiansantang. Dalam sejarah kerajaan sunda, Prabu Kiansantang merupakan putra dari Sri Baduga Maharaja Raja Pakuan Pajajaran atau Prabu Siliwangi dengan Nyi Subang Larang.

Pada malam-malam tertentu sejumlah warga yang berasal dari Bogor dan luar daerah kerap mendatangi komplek hutan pinus yang berada dalam kawasan Wisata Citamiang, dan disekitar aliran aliran sungai Citamiang yang airnya berasal dari Telaga Saat dan Telaga Cibulao di kawasan Perlindungan Setempat (KPS) Sempadan Situ Mata Air Petak 19, Perum Perhutani, mereka datang untuk melakukan penyepian.

Masih menurut cerita, konon pada sekitar tahun 60-an, disungai Citamiang banyak orang-orang yang berendam terutama pada bulan maulud dan rajab dalam penanggalan Hijriah, baik dari warga lokal ataupun luar daerah Bogor, mereka meyakini bahwa air sungai Citamiang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyumbatan sirkulasi darah, stress, dan lainnya. Namun ini hanyalah sepenggal cerita yang belum tentu benar adanya.
.

Warna Wana Wisata Citamiang Camping Ground dalam kesimpulan

Kaum milenial dari Generasi Langgas (Gen-Y) dengan segala keakraban dengan komunikasi, media dan teknologi digital dan warna sangat membutuhkan ruang-ruang ditengah alam untuk meng-expresi-kan expresi-nya, salah satunya adalah dengan cara berkemah dan berwisata. Adalah Wisata Citamiang yang bertabur warna buatan diantara warna alam yang dianggap dapat mengakomodir kebutuhan atas tempat wisata kaum Milenial Gen Y.