Tempat Camping di Sukabumi dengan latar Gunung Gede Pangrango dan Salak

Sebagian besar tempat camping di Sukabumi, lokasinya berada di punggungan barat daya gunung Gede Pangrango dan disebelah selatannya gunung Salak. Kesejukan lingkungan hutan pegunungan bawah (sub-montana) menjadi penciri utamanya, karena sebagaian tempat berkemah di Sukabumi ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan TN Gunung Gede Pangrango serta zona-zona penyangganya.

Sejuknya lingkungan pegunungan yang mendominasi camping ground Sukabumi ini sama halnya dengan kesejukan Highland Camp yang lokasinya berada di Bogor. Highland camp tereletak di punggungan barat gunung Paseban, di desa Megamendung. camp dengan keindahan lansekap ini  merupakan tempat berkemah terbesar dan terbaik di Puncak Bogor untuk genre camping keluarga.

Highland camp terbentuk dari keindahan lanskap buatan yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan elemen air, beberapa aktivitas seperti journey dan wisata minat khusus merupakan kegiatan penciri ketika camping di Highland Camp.

Whatsapp

Baca Juga :
Paket Camping Keluarga di Highland Camp

Tempat Camping di Sukabumi

Tempat camping di Sukabumi ini berada pada ceruk dua taman nasional yaitu Tanakita camp dengan Rakata sebagai operatornya, Camping Ground Batu Tapak, Bravo Camping Ground, Bumi Perkemahan Situ Gunung dan camping ground yang berada di kawasan obyek daya tarik wisata alam (ODTWA)  Pondok Halimun.

Tanakita Camp Sukabumi

Tanakita camp tidak identik dengan Glamping yang banyak disematkan publik pada Tanakita. Hal ini karena konsep Glamping tidak memasukan unsur adventure yang menjadi salah satu penciri dari camp Tanakita. Kemewahan Tanakita tidak sebatas pada fasilitas modern yang disajikan dalam akomodasi nya, namun disana ada fasilitas kemewahan alam yang berpadu padan dengan kemewahan akomodasi.

Batu Tapak Camping Ground Sukabumi

Dikatakan Batu Tapak Camping Ground, kerena nama bumi perkemahan yang berada di punggungan barat daya gunung Salak ini terambil dari sebuah legenda tapak batu raksasa yang batunya ditemukan di sekitar perkemahan, dan di areal tempat berkemah Batu Tapak terdapat banyak batu-batu besar yang unik mengkhiasi tempat-tempat mendirikan tenda.

Bravo Camping Ground Sukabumi

Bumi perkemahan Bravo camp di Cidahu punggungan barat gunung Salak, hadir guna mengakomodir ceruk pekemping yang ingin merasakan berkemah dalam nuansa desa dipinggiran hutan pegunungan dengan segala bentuk kenyamanan dan pengalaman yang akan didapatkan selayaknya camping di desa pinggiran hutan..

Bumi Perkemahan Situ Gunung Sukabumi

Setiap bumi perkemahan di Situ Gunung memiliki keunggulan dan karakteristik yang berbeda antara satu dengan lainnya, namun dipersatukan oleh suasana hutan pegunungan yang sama yaitu nuansa alam pegunungan dipunggungan barat gunung Gede-Pangrango, dibawah pengelolaan Perum Perhutani dan Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk beragam genre berkemah dari mulai camping mandiri , camping berkelompok, kemah keluarga sampai genre Glamor camping (Glamping).

Bumi Perkemahan Pondok Halimun Sukabumi

Pondok Halimun merupakan Kawasan Obyek Daya Tarik Wisata Alam di Sukabumi, hadir untuk memenuhi beragam kegiatan wisata alam seperti pendakian gunung gede pangrango, berkemah, wisata air terjun Cibeurem, rekreasi, outbound dan aktivitas wisata berbasis minat khusus. Di Pondok Halimun terdapat empat zona bumi perkemahan yang namanya mengambil dari nama sungai yang melintas disekitar area bumi perkemahan, yaitu camping ground Cipelang I s.d Cipelang IV yang berdaya tampung 1350 orang pekemping.

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Simpulan tempat camping di Sukabumi berlatar gunung salak dan gunung Gede Pangrango

Sebagian banyak tempat camping di sukabumi berada di ceruk dua taman nasional, yaitu TN gunung Gede Pangrango dan TN gunung Halimun Salak. Yang terunik adalah camping ground yang berada di kawasan wisata Situ Gunung yang keberadaannya telah ada sejak zaman belanda.

Tempat camping untuk keluarga di Sukabumi yang cukup nyaman adalah Tanakita dengan rakata sebagai operatornya, kalau di Bogor (termasuk kawasan pariwisata Puncak), tempat terbaik untuk campig keluarga adalah Highland Camp, ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Menpora 2004-2009.