Buper Situ Gunung, tempat camping di Sukabumi yang sudah ada sejak zaman Belanda

Banyak tempat berkemah yang menyebar dalam kawasan Taman Wisata Alam Situ Gunung di Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, dengan areal dan daya tampung yang beragam pada setiap camping ground nya. Setiap bumi perkemahan di Situ Gunung memiliki keunggulan dan karakteristik yang berbeda antara satu dengan lainnya, namun dipersatukan oleh suasana hutan pegunungan.

Suasana alam pegunungan yang segar dengan fasilitas pendukung Taman Wisata Alam (TWA) Situ Gunung yang lengkap untuk aktivitas liburan keluarga, telah menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata bergenre camping.

Terdapat banyak tempat berkemah yang menyebar dengan nuansa lingkungan hutan yang sangat kental, dikawasan Taman Wisata Alam Situ Gunung,  terdapat pula air terjun, jalur berjelajah, dan yang terpopuler adalah jembatan Gantung, selain danau Situ Gunung yang telah menjadi identitas tempat, dls.

Bumi perkemahan situ Gunung layaknya tempat berkemah yang ada dikawasan Wisata Alam Curug Panjang yang menyajikan keindahan lansekap alam yang berpadu padan dengan elemen air dan hutan pegunungan punggungan Gn. Paseban.

Yang menjadi pusat aktivitas berkemah di Kawasan Wisata Alam Curug Panjang adalah Highland Camp, areal yang didesain untuk mengakomodir beragam genre camping ini (terutama untuk camping keluarga) memiliki kelengkapan fasilitas alam maupun buatan dengan kegiatan wisata air terjun, journey, jelajah curug, treking hutan, susur sungai yang dilakukan di area camping ground atau disekitar kawasan camp.

Whatsapp

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Review Situ Gunung Camping Ground Sukabumi

Bumi perkemahan yang sudah ada sejak jaman kolonialis Belanda dan meredup setelah kemerdekaan Indonesia ini berada di Kadudampit, kabupaten Sukabumi, dipunggungan barat gunung Gede-Pangrango. Di Kawasan Situ Gunung menyebar lebih dari 7 yang sebagaian besarnya mengambil nama tumbuh-tumbuhan yang menjadi penciri tempat berkemahnya, yaitu Camping Ground Arben, Camping Ground Tepus, Camping Bungbuay, Bumi Perkemahan Harendong, Caliandra Camping Ground, Camping Ground Bagedor dan Tanakita Camping Ground yang memiliki slogan “the five star camp”.

Bumi Perkemahan Situgunung 

    1. Camping Ground Arben; Bumi perkemahan Ground Arben diambil dari nama tanaman Berry atau lebih populer dengan sebutan Arben. Tanaman liar yang satu ini tumbuh diantara semak belukar, tangkainya berbulu dan berduri kecil. arben banyak dijumpai di hutan atau di gunung-gunung pada ketinggian diatas 1000 Mdpl. Camping Ground Arben berada dalam kawasan Wisata Alam Situ Gunung di sebelah barat daya Danau Situ Gunung.
    2. Camping Ground Bagedor; Camping Ground dengan suasana memiliki kemiripan dengan Caliandra Camping Ground ini memiliki luas tempat mendirikan tenda seluas 700 meter persegi dengan kapasitas tampung s.d 200 orang, Camping Ground Badegor berada sebelah barat daya camping ground Caliandra di Resort PTPN Situ Gunung.
    3. Camping Bungbuay; Ada dua buper Bungbuay, camping ground Bungbuay pertama berada di sebelah timurnya Danau Situ Gunung dan bumi perkemahan Bungbuay yang kedua berada di tenggaranya danau Situ Gunung, bersebelahan dengan Camping Ground Bagedor.
    4. Caliandra Camping Ground; Berada di barat daya jembatan Gantung Situ Gunung, Caliandra Camping Ground memiliki luasan area berkemah seluas 3.400 meter persegi, dan memiliki daya tampung 400 orang pekemping. Bumi perkemahan yang disekitarnya banyak di tumbuhi pohon Caliandra ini memiliki saung-saung bermaterialkan bambu dengan atap daun hatep.
    5. Bumi Perkemahan Harendong; Tumbuhan Senggani atau Harendong dalam bahasa sunda merupakan perdu tegak setinggi 0,5 m – 4 m yang bercabang banyak dan tumbuh di lereng-lereng gunung. Tumbuhan semak ini menjadi salah satu nama tempat kemping dalam kawasan Wisata Alam Situ Gunung. Camping Ground Harendong berlatar hutan, berada di bawah tegakan pohon Damar (Agathis SP) yang besar dan tua dan disekitar bumi perkemahan banyak ditumbuhi tumbuhan paku-pakuan.
    6. Camping Ground Tepus; Tempat Berkemah dengan nama tumbuhan tepus ini berada di sebelah selatan danau Situ Gunung. Tumbuhan tepus yang bahasa latinnya Achasma megalacheilos ini memiliki banyak macamnya, seperti: tepus daun, tepus halia, tepurang merah, tepurang wangi, dan lainnya.

Tanakita camp ; Camping Ground untuk Keluarga

Yang membedakan camping ground Tanakita dengan tempat berkemah lainnya yang berada di ceruk antara Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dan dikaki gunung Salak serta kaki Gunung Gede Pangrango sebelah barat daya nya, adalah fasilitas berkemah nan nyaman yang dihadirkan dengan perpaduan sinergis antara pelayanan berbasis Adventure, berbalut dengan jasa akomodasi camping yang difasilitasi dalam kemewahan berkemah dialam bebas dan kaidah-kaidahnya adventure based yang memayunginya.

Penulis memandang bahwa kemewahan berkemah di Tanakita camp itu tidak identik dengan Glamping atau Glamorous camping yang banyak disematkan oleh publik (terutama pada informasi digital) pada Tanakita. Hal ini karena konsep Glamping dalam tinjauan sejarah tidak memasukan unsur adventure yang menjadi salah satu penciri dari camp Tanakita. Kemewahan Tanakita tidak sebatas pada fasilitas modern yang disajikan dalam akomodasi nya, namun disana ada fasilitas kemewahan alam yang berpadu padan dengan kemewahan akomodasi dan aktivitas yang berlandas pada adventure based. “Namun pandangan ini masih debatable dan dialektis”. (dikutip sesuai aslinya dari artikel berjudul ; Tanakita Camp; Camping ground bergenre Glamping di Sukabumi; 18 Juli 2020).

Baca Juga :
Tanakita Camp, Review Camping ground bergenre Glamping di Sukabumi

Aktivitas berkemah di Situ Gunung

Seperti berkemah pada umumnya yang dilakukan di kawasan wisata alam / Taman Wisata Alam yang dikelola oleh Taman Nasional di Indonesia dan di zona-zona pendukungnya, kegiatan camping dengan tenda sebagai tempat untuk menginap sementara, tak lepas dipengaruhi oleh kekayaan alam dan fisik bumi yang berada disekitar tempat berkemah, selain memasak dengan api besar dan api unggun menjadi penciri utama dalam berkemah.

Di kawasan Taman Wisata Alam Situ Gunung yang memiliki obyek dengan daya tarik wisata sebagai salah satu pendukung berkemah seperti air terjun Cibereum dan Curug Sawer, danau Situ Gunung, jembatan gantung Situ Gunung dan lainnya, dimungkinkan ketika berkemah, pekemping melakukan aktivitas bergenre penjelajahan hutan, wisata air dan wisata petualangan menjadi aktivitas ketika berkemah di Kawasan Taman Wisata Alam Situ Gunung.

Aksebilitas menuju Bumi Perkemahan Situ Gunung

Halnya aksesibilitas menuju tempat-tempat berkemah yang berada di disekitar Cidahu – Sukabumi, seperti Batu Tapak Camping Ground, Cidahu Camping Ground, dan lainnya, Begitupun akses menuju tempat-tempat berkemah dalam kawasan Wisata Alam Situ Gunung dapat dengan mudah dijangkau menggunakan kendaraan umum maupun dengan kendaraan pribadi, baik dari DKI Jakarta dan sekitarnya seperti Tangerang, Depok dan lainnya, ataupun dari Bandung.

Kendaraan pribadi yang dapat mencapai kawasan TWA Situ Gunung adalah kendaraan roda dua dan kendaraan pribadi roda empat berjenis SUV, MPV, Hatchback, juga dapat dilewati oleh kendaraan TNI atau Brimob berjenis truk dan kendaraan mikro bus. Malahan pada saat ini, setelah dioperasikannya jalan TOL Bogor Sukabumi dan Ciawi atau BOCIMI, akses menuju ke Taman Wisata Alam Situ Gunung lebih mudah diakses dan cepat jika dari Jakarta dan sekitarnya, yang jika sebelumnya banyak titik-titik kemacetan di ruas jalan raya ciawi menuju sukabumi (Jl. Mayjen He. Sukma).

Baca Juga :
Tempat wisata di Sukabumi berkonsep one stop vacation, inilah Situ Gunung

Simpulan Buper Situ Gunung, tempat camping di Sukabumi yang ada sejak zaman Belanda

Tempat camping di Sukabumi yang sudah ada sejak zaman kolonialis belanda dan merudup pasca kemerdekaan Indonesia di tahun 1945 ini kembali bergeliat diabad 20-an. Terdapat 7 plus tempat berkemah dalam kawasan Taman Wisata Alam Situ Gunung yang sebagian besarnya memiliki nama tumbuhan yang menjadi penciri lingkungan camp.

Tempat berkemah yang menyebar di Situ Gunung Kadudampit kabupaten Sukabumi ini dipersatukan oleh suasana yang sama yaitu nuansa alam pegunungan dipunggungan barat gunung Gede-Pangrango, dibawah pengelolaan Perum Perhutani dan Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) untuk beragam genre berkemah dari mulai camping mandiri / regular, camping berkelompok, family camp atau kemah keluarga sampau genre Glamor camping (Glamping)