Pondok Halimun | Review Bumi Perkemahan Cipelang dan Tempat Wisata di Sukabumi

Camp ground Pondok Halimun tidak berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang banyak disangkakan sebagian orang. Pondok Halimun berada di punggungan barat daya gunung Gede Pangrango, di ODTWA (obyek daya tarik wisata alam) pondok Halimun Sukabumi, Resort PTN Selabintana, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, yang meliputi bumi perkemahan Cipelang I s.d Cipelang IV.

Lazimnya bumi perkemahan yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan zona penyangganya, Camping Ground Cipelang I s.d IV Pondok Halimun Sukabumi begitu sejuk dan asri layaknya seperti berkemah di Highland Camp Curug Panjang yang lokasinya berada di punggungan barat daya Gunung Paseban Megamendung, zona penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Highland camp terbentuk dari keindahan lanskap buatan yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan elemen air, didesain untuk camping keluarga, perusahaan dengan beragam kegiatan berbasis adventure.

Whatsapp

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Review ODTWA Pondok Halimun dan Bumi Perkemahan Cipelang

Pondok Halimun Sukabumi berada di kaki gunung Gede Pangrango Resort PTN Salabintana. Kawasan yang memiliki pesona alam yang sangat indah dengan kesegaran udara pegunungan, berada pada ketinggian 1130 Mdpl. Tempat camping Pondok Wisata Halimun Sukabumi yang camping ground nya dibelah oleh sungai Cipelang ini terletak 12 kilometer dari pusat kota Sukabumi, dimana disekitarnya terdapat beragam obyek wisata seperti air terjun yang masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, areal pertanian sayur-mayur, Perkebunan Teh Goalpara dls..

Disekitar bumi perkemahan Pondok Halimun terdapat obyek dengan daya tarik wisata air terjun curug Cibeurem yang airnya berasal dari sungai Cipelang, yaitu sungai yang membelah kawasan camping ground Cipelang. Curug Cibeurem merupakan curug tertinggi di kawasan TNGGP (memiliki terjunan air sekitar 60 m), terletak pada ketinggian 1.200 m dpl.

Untuk mencapai air terjun ini telah disediakan jalur setapak yang diperkeras dengan batu ke arah Utara Pondok Halimun atau camping ground Cipelang. Dari Pondok Halimun, untuk menuju air terjun curug Cibeurem dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 1 jam atau setara dengan 2,5 km.

Lokasi Pondok Halimun dan camping ground Cipelang I s.d IV tidak begitu jauh dari pintu masuk Selabintana, tempat berkemah dengan mengambil nama sungai ini memiliki luas kurang lebih 4,5 ha dengan kapasitas tampung kurang lebih 1350 orang  yang menyebar di 4 lokasi, yaitu:

Bumi Perkemahan Cipelang Pondok Halimun Sukabumi, lokasi I

Camping ground Cipelang lokasi I Pondok Halimun Selabintana memiliki luas area perkemahan seluas 1500 m2, dapat menampung sebanyak 150 orang pekemping. Diareal berkemah Cipelang lokasi-I, terdapat fasilitas pendukung kegiatan berkemah yaitu toilet/WC, mushola, gazebo dan aula pertemuan.

Buper Cipelang Pondok Halimun Sukabumi, lokasi II

Buper Pondok Halimun Lokasi II memiliki luas areal sebesar  sekitar 2500 m2, dan memiliki dengan daya tampung s.d 200 orang pekemping. Pada areal camping ground  terdapat fasilitas gazebo dan toilet / WC sebagai daya dukung untuk kegiatan berkemah.

Camping Ground Pondok Halimun lokasi III Cipelang

Lokasi ke-3 camping ground Cipelang di Pondok Halimun Salabintana Sukabumi memiliki luas areal camp seluas 12.500 m2, berdaya tampung s.d 300 orang pekemping, disekitar area camping ground terdapat shelter, toilet/WC dan gazebo.

Bumi perkemahan Pondok Halimun lokasi 4

Lokasi ke-4 bumi perkemahan Cipelang Pondok Halimun Salabintana Sukabumi memiliki daya tampung s.d 700 orang pekemping, berada di areal seluas 25.000 m2, didalam areal camping ground terdapat fasilitas pendukung berkemah seperti lapangan parkir, MCK, dls.

Aksesibilitas menuju Pondok Halimun Sukabumi dan Bumi Perkemahan Cipelang

Obyek Daya Tarik Wisata Alam dan camping Pondok Halimun Sukabumi terletak 12 kilometer dari pusat kota Sukabumi. Tempat berkemah yang berada dalam kawasan obyek daya tarik wisata alam Pondok Halimun Sukabumi ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum maupun dengan kendaraan pribadi, baik dari DKI Jakarta dan sekitarnya seperti Tangerang, Depok dan lainnya, ataupun dari Bandung, ataupun dari sekitar kota/kabupaten Sukabumi.

Kendaraan pribadi yang dapat mencapai ODTWA Pondok Halimun adalah kendaraan roda dua dan kendaraan pribadi roda empat berjenis SUV, MPV, Hatchback, juga dapat dilewati oleh kendaraan TNI atau Brimob berjenis truk dan kendaraan mikro bus. Malahan pada saat ini, setelah dioperasikannya jalan TOL Bogor Sukabumi dan Ciawi atau BOCIMI, akses menuju ke ODTWA (Obyek Daya Tarik Wisata Alam) lebih mudah diakses dan cepat jika dari Jakarta dan sekitarnya, jika yang sebelumnya banyak terdapat titik-titik kemacetan pada ruas jalan raya Ciawi menuju Sukabumi (Jl. Mayjen HE. Sukma).

Baca Juga :
Aktivitas kemah keluarga di Puncak Bogor

Tempat Wisata di Sukabumi disekitar Pondok Halimun dan sekitar Bumi Perkemahan Cipelang

Pondok Halimun merupakan Obyek Daya Tarik Wisata Alam di Sukabumi. Dibawah pengeloaan PTPN Wilayah III Selabintana, Resort Salabintana. Pondok Halimun hadir untuk memenuhi beragam kegiatan wisata alam seperti pendakian gunung gede pangrango, berkemah / kemping, wisata air terjun Cibeurem, rekreasi, outbound dan aktivitas wisata berbasis minat khusus.

Selain Wisata Air Terjun Cibeurem dan camping ground Cipelang yang menjadi primadona wisata alam di Pondok Halimun, disekitar Pondok Halimun terdapat Kebun teh Goalpara Afdeling Perbawati,Taman wisata Salabintana dan Jalur pendakian Gunung Gede dari Salabintana Sukabumi.

Kebun teh Goalpara Afdeling Perbawati

Perkebunan teh Goalpara didirikan pada tahun 1908, Awalnya perkebunan ini milik perusahaan perkebunan Tiedeman van Kerchem. Namun, saat Nasionalisasi perusahaan pada tahun 1958, perusahaan berubah kepemilikian jadi Perusahaan Perkebunan Nusantara Goalpara. Kawasan perkebunan yang sangat indah dengan hamparan hijaunya daun teh di jadikan pula sebagai kawasan agrowisata. Jalanan berbatu yang membelah Kebun teh Goalpara Afdeling Perbawati inilah satu satunya akses masuk ke camping ground PondokHalimun Sukabumi.

Curug Cibeurem dengan 3 lompatan air terjun yang eksotis

Air terjun yang lebih dikenal dengan sebutan Curug Cibeureum ini merupakan obyek wisata air yang cukup populer dikaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Untuk mencapai curug Cibeurem, dapat ditempuh dengan berjalan sekitar 2 – 2.5 km dari Camping Ground Pondok Wisata Halimun Sukabumi / Buper Cipelang dengan melewati jalanan setapak dalam kawasan Hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Curug Cibeureum memiliki tiga tingkatan terjunan air dengan lompatan air curug utama membentuk kolam yang cukup besar dengan airnya berwarna hijau tosca, disinilah pengunjung dapat menikmati segarnya air dengan berenang dan berendam atau merasakan langsung kucuran air terjun dari atas batu.

Fakta Curug Cibeurem Pondok Halimun Sukabumi

    1. Merupakan air terjun tertinggi yang ada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.
    2. Air terjun Cibeureum dapat ditempuh dengan berjalan pada jalanan setapak berbatu, menyusuri punggungan dan lembahan yang berada dibawah naungan rimbunnya tajuk pepohonan sejauh 3.5 km dan dapat ditempuh sekitar 1.5 jam dari Pondok Halimun / buper Cipelang.
    3. Cibeurem berasal dari padanan bahasa sunda, Ci yang berarti Cai atau air dan beureum artinya merah. Cibeurem berarti air yang berwarna merah. Nama tersebut terambil dari sebuah fenomena alam yang terjadi disuatu pagi hari ketika matahari menyinari kawasan tersebut, dan air terjun Cibeurem seketika itupula memancarkan warna kemerahan.
    4. Air terjun Cibeurem memiliki tinggi 60 meter, disekitarnya merupakan habitat katak merah dan tempat tumbuhnya lumut merah yang dikenal dengan nama ilmiah “Spagnum Gedeanum”. Lumut merah ini merupakan tumbuhan endemik gunung Gede Pangrango.

Taman wisata Salabintana Sukabumi yang ada sejak zaman Kolonial

Taman rekreasi Selabintana yang lokasinya berada di kaki Gunung Gede, merupakan komplek peristirahatan dengan konsep menyatu dengan alam. Keberadaan taman rekreasi Salabintana sudah ada sudah ada sejak zaman Belanda, hal ini dapat terlihat dari jejak sejarah peninggalan kolonial Belanda.

Konon sejarahnya, taman rekreasi ini ditemukan oleh seorang pengusaha Belanda sebagai tempat rekreasi outdoor dimana para wisatawan dapat duduk bersantai sambil melakukan aktivitas piknik.

Jalur pendakian Gunung Gede dari Salabintana Sukabumi

Terdapat tiga jalur pendakian ke puncak gunung Gede, yaitu jalur Cibodas, Ciputri dan Salabintana yang pelayanan perizinan nya terpusat di kantor balai besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, dan dapat melalui Situs Booking Online Pendakian Gunung Gede Pangrango untuk melakukan pendaftaran untuk pendakian

Baca Juga :
3 aktifitas terpavorit ketika berwisata di kawasan Puncak Bogor

Simpulan Pondok Halimun Sukabumi dan Bumi Perkemahan Cipelang Salabintana

Seperti hal dengan Highland Camp yang berada pada kawasan pariwisata alam curug panjang yang didesain untuk kemah keluarga, komunitas, lembaga dan perusahaan dalam nuansa sejuknya alam pegunungan, Bumi Perkemahan Cipelang yang berada dalam kawasan Obyek Daya Tarik Wisata Alam Pondok Halimun Salabintana memiliki nuansa yang sama, hal ini karena bumi perkemahan Cipelang maupun Highland Camp berada dalam kawasan hutan pegunungan bawah.