Puncak Langit Camping Ground | Review camp di Jawa Barat

Puncak Langit Camping Ground –  Nuansa rindang pepohonan di Puncak Langit Camping Ground sepadan dengan suasana bumi perkemahan Highland Camp Curug Panjang yang berlokasi di arah tengaranya, namun yang membedakan adalah elemen air.

Di Highland Camp terdapat tiga aliran anak sungai yang mengitarinya, suara air menghadirkan relaksasi ketika berkemah. Aliran sungai di Highland camp digunakan pula sebagai  tempat untuk kegiatan susur sungai serta hutan disekitarnya untuk hiking / trekking. Dan, disekitar kawasan camping ground terdapat 5 air terjun yang eksotis yaitu, Curug Naga, Curug Panjang, Curug Orok, Curug periuk yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki sekitar 7-10 menit dari Highland Camp.

Whatsapp

Review Puncak Langit Camping Ground di Megamendung Jawa Barat

Puncak Langit –  Camping Ground Puncak Langit Berada dalam kawasan pengelolaan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bogor Regional Jawa Barat dan Banten, terletak di Jl. Cipendawa, Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor, berbatasan dengan Desa Bojong Koneng kecamatan Babakan Madang, Bogor Jawa Barat.

Camping Ground Puncak Langit merupakan salah satu tempat berkemah yang berada di komplek perkemahan Cipendawa. Terdapat lebih dari 15 tempat berkemah di Cipendawa, diantaranya yaitu 1. Panorama Pangrango camp, 2. Highland camp Megamendung yang berubah nama menjadi Pesona Highland Camp, lalu menjadi Pesona Bukit Damar, 3. Highland Villa Delpia, 4. Camp Hutan Organik, 5. Kampung Awan Camp and Adventure 6. Desa Hijau Camp, 7 Filemon camp, 8. Haur Geulis Camp, 9. Glamping Alinco, 10. Mega Indah camp, 11. Megamendung Fun Camp dls. Highland Camp Megamendung dan Kampung Awan merupakan Pioner (cikal Bakal) berkembangnya Cipendawa menjadi komplek perkemahan.

Secara tofografi, Camping Ground Puncak Langit berada pada ketinggan 1000++ MDPL dengan kontur yang berbukit-bukit dan berlembah. Untuk mencapai Camping Ground Puncak Langit, para pekemping terlebih dahulu  harus mendaki / menaiki anak tangga yang cukup banyak dari lapangan parkir menuju lapangan berkemah, karena posisi campiste / lapangan berkemah Puncak Langit berada di puncak tertimggi kawasan Cipendawa. Dahulunya lokasi yang sekarang di kenal dengan nama Puncak Langit Camping Ground, dahulunya  bernama bukit kumpel. 

Fasilitas camping Ground Puncak Langit

Puncak Langit – Seperti tempat camping lainnya yang berada dalam kawasan dan pengelolaan perum perhutani yang lebih menonjolkan sisi natural dengan dominasi kayu, bambu dan fasilitas dari alam sebagai pembangunnya. Fasilitas camping Ground di Puncak Langit pun sebagian besar bermaterialkan kayu dan bambu dengan atap-atapnya bermaterial asbes / boundek.

Di camping ground Puncak langit terdapat beragam fasilitas pendukung berkemah, antara lain :

  • Lapangan Berkemah : lapangan berkemah atau campsite di Puncak Langit Camping ground dapat menampung sekitar 100++ orang, dengan dominasi pinus merkusii sebagai pohon tegakan yang berfungsi sebagai pohon  peneduh ketika berkemah.
  • Lapangan Parkir :  Terdapat lapangan parkir yang tepat berada di tangga pintu masuk menuju campsite, disekitar lapangan parkir terdapat pos tiket, tempat reservasi dan kamar mandi umum.
  • Aula ; ditengah lapangan berkemah terdapat aula berbentuk panggung, bermaterialkan kayu dan bambu dengan atap bondek. Aula ini dapat menampung sekitar 100++ orang. Terdapat pula sebuah dapur pengelola yang berada di ujung timur, tepat bersebelahan dengan aula.
  • Kamar mandi : Terdapat 2 unit kamar mandi umum yang terbuat dari kayu dengan tembokan setengah badan. Kamar mandi dengan 6 ruang ini memiliki toilet jongkok dengan ember sebagai tempat menampung air. Disebelah barat aula terdapat juga satu unit kamar mandi dengan 4 ruang yang mirip sama bangunannya dengan kamar mandi pertama.
  • Mushola : Bangunan dengan material kayu alam, beratapkan meterial asbes di fungsikan sebagai mushola, Mushola ini berada di barat daya aula.
  • Cottage kerucut : bangunan kerucut yang menyebar disekitar tempat berkemah Puncak Langit merupakan unit-unit bangunan untuk menginap para pengunjung yang tidak membawa tenda.

Aksebilitas menuju Camping Ground Puncak Langit

Puncak Langit – Akses menuju tempat camping ground puncak langit dari pertigaan Megamendung (Masjid Nurul Huda) dapat ditempuh dengan kendaraan non jenis sedan. Perjalanan sepanjang 4.9 km akan melewati badan jalan belandaskan aspal, cor dan tanah ketika mendekati bumi perkemahan Puncak Langit, jalan bertanah dimulai disekitar Camp Desa Hijau / Kampung Awan Camp. Jalan yang kecil dengan jurang disebelah kiri atau kanan nya sangat memerlukan kehati-hatian dalam berkendara menuju camping ground Puncak Langit.

Simpulan Puncak Langit Camping Ground Megamendung Bogor Jawa Barat

Puncak Langit – Camping Ground yang berada di Megamendung ini dahulunya bernama Bukit Kumpel atau sebuah perbukitan yang ada diantara bukit-bukit lainnya di Desa Megamendung dengan nama kumpel sebagai identitas penciri lokasi (Kumpel menurut bahasa sunda yang berati kumpul atau berkumpul). oleh Perum Perhutani KPH Bogor, lokasi yang dahulunya sebagai hutan produksi getah pinus, saat ini di alih fungsikan menjadi tempat berkemah.

Beberapa fasilitas yang mendukung bumi perkemahan Puncak Langit, sama halnya dengan fasilitas yang biasa terdapat di bumi perkemahan yang dibawah pengelolaan Perum Perhutani.


This entry was tagged in puncak langit camping ground bogor jawa barat, puncak langit glamping, puncak langit megamendung, glamping puncak, glamping di puncak, glamping camp puncak, camping ground mega mendung, mega mendung camping ground, glamping puncak bogor, glamour camping bogor, glamping murah di puncak, glamping bogor puncak, tempat camp puncak langit, camp puncak langit, perkemahan puncak langit, perhutani puncak langit, berkemah di puncak langit, perkemahan puncak langit megamendung.