Kampoeng Awan Adventure & Education camp | Review camping ground di Puncak

Secara lansekap alam, Kampoeng Awan, Camp Puncak Langit, Pesona Bukit Damar, Highland Camp, dan Eagle Hills camp berada dalam satu gugusan perbukitan Megamendung yang bercirikan hutan pegunungan bawah dengan segala pesona yang menyelimutinya. Tempat camping di Puncak Bogor ini didesain untuk camping keluarga, Camper Van, gathering, outing dan wisata minat khusus berbasis petualangan.


Whatsapp

Kampoeng Awan merupakan tempat berkemah dengan view gunung Salak dan citylight pada malam harinya, berlatar perbukitan dengan dominasi vegetasi pinus merkusii dan hutan bambu (bambuseae). Dikiri dan kanan camping ground adalah lembahan nan hijau dengan tutupan pohon campuran (hutan heterogen). Kampoeng Awan yang berada di Cipendawa blok-G Desa Megamendung Puncak Bogor, pada mulanya adalah sebuah villa kayu, lalu dikembangkan menjadi tempat berkemah untuk petualangan dan edukasi.

Kampoeng Awan Camp merupakan salah satu pioneer tempat camping di Megamendung  selain Eagle Hills Adventure Camp dan Highland Camp Megamendung yang sekarang berganti nama Pesona Bukit Damar.

Highland Camp Cipendawa yang lokasinya bertetangga, berada di sebelah barat dayanya Kampoeng Awan Adventure & Education camp, di 2017 telah mengubah brand identity dengan menambahkan kata Pesona,  menjadi Pesona Highland Camp, lalu berubah lagi menjadi Pesona Bukit Damar hingga saat ini. Perubahan ini seiring dengan pengembangan Highland Camp Curug Panjang sebagai tempat berkemah terbesar di puncak yang dilingkar oleh hutan pegunungan bawah (sub-montana), elemen air dengan keindahan lansekap alam dan buatan.

Di sekitar kawasan Highland Camp Curug panjang terdapat 4 (empat) air terjun yang eksotis dialiran sungai pegunungan bawah sub DAS Ciesek yaitu curug Naga, Curug Barong, Curug Priuk dan Curug orok untuk wisata minat khusus berbasis adventure dan 1 curug untuk wisata umum.

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Review camping ground Kampoeng Awan ; Villa dengan fasilitas tempat camping untuk gathering, outbound dan training

Pada mulanya, Kampoeng Awan Camp adalah sebuah villa kayu, lalu dikembangkan menjadi tempat berkemah untuk menfasilitasi kegiatan berbasis adventure, outbound dan edukasi dengan tenda sebagai tempat menginapnya.

Saat ini, Kampoeng Awan memiliki tempat berkemah berupa lapangan yang cukup luas dengan sarana dan prasarana yang lengkap guna menfasilitasi beragam kegiatan luar ruang seperti gathering perusahaan / family gathering, LDKS (latihan dasar kepemimpinan siswa), orientasi mahasiswa, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, kepanduan / pramuka, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Sarana dan prasarana yang ada di Kampoeng awan meliputi aula terbuka, campsite atau spot-spot untuk mendirikan tenda, kolam renang, villa kayu, toilet/WC, viewing spot, lapangan parkir, lapangan kegiatan, villa barak dan lainnya. Lokasi berkemah yang berada dibatas hutan ini memiliki areal perkemahan sekitar 3.5 hektar, terletak di blok-G Cipendawa Sirnagalih Desa Megamendung.

Campsite Kampoeng awan dan perlengkapan untuk menginap

Di Kampoeng Awan Camp, terdapat tiga lapangan berkemah yang sekaligus sebagai lapangan kegiatan, lokasinya terletak dibarat daya villa kayu yang menghadap gunung salak dengan spot-spot berkemahnya berada di sisi kanannya lapangan utama. Campsite (tempat mendirikan tenda) sebagian besarnya berada dibawah tajuk tegakan dengan dominasi pohon sungkai Sumatra (Peronema canescens).

Tenda yang digunakan berjenis dome dengan ukuran bervariasi, dan yang sering digunakan adalah jenis tenda yang dapat menampung 4 unit kasur lengkap dengan perlengkapan tidur untuk 4 orang pada setiap unit-unit tenda . 

Villa Kayu Kampoeng Awan

Vila kayu merupakan bangunan utama yang berada di komplek Kampoeng Awan Camp, bangunan berlantai dua ini memiliki struktur pembangunnya adalah kayu dengan tiang-tiang terbuat dari beton bertulang. Villa yang menghadap gunung Salak, lapangan berkemah dan lembahan ini berada pada dataran tertinggi area Kampoeng awan camp.

Disekitar villa terdapat lapangan parkir, balkon, dan viewing spot untuk menikmati pemandangan dari ketinggian, viewing spot letaknya disekitar tempat parkir kendaraan. 

Villa barak tempat menginap di Kampoeng Awan

Lansekap buatan yang membentuk dataran di komplek Kampoeng awan camp secara umum terbagi pada empat tahap / undakan, undakan pertama merupakan komplek villa kayu. undakan kedua adalah villa barak, undakan ketiga adalah lapangan-lapangan kegiatan dan undakan terakhir adalah spot-spot mendirikan tenda di rimbunnya pepohonan.

Pada undakan kedua dari villa utama, terdapat bangunan villa berlantai dua dengan kontruksi beton sebagai pembangunannya, bangunan villa ini berlatar pepohonan dengan kolam renang berada tepat didepannya. Villa di Kampoeng awan kerap dipergunakan oleh pengunjung sebagai tempat menginap selain menginap di tenda.

Aula Kampoeng Awan camp

Aula terbuka dengan tiang-tiang yang tersusun oleh lapisan bata merah dan struktur atap bermaterialkan kayu dengan bilik bambu sebagai flatpon nya. Aula ini difungsikan sebagai kelas dan sebagai ruang makan, diperlengkapi dengan sound system, proyektor, buffe set dan sarana prasarana lainnya untuk menunjang keberlangsungan kegiatan didalam ruang.

Prasarana lain di Kampoeng Awan Adventure & Education Camp

Selain 2 unit bangunan villa, 1 unit aula terbuka dan lapangan tempat berkemah, fasilitas lainnya yang berada dalam komplek perkemahan Kampoeng awan adalah :

    1. Gazebo ; Gazebo terbuka dengan ukuran inside + 4 x 4 meter persegi dan eleman kayu serta tembok sebagai material pembangunnya dengan atap yang menggunakan genting tanah liat, berada di pojokan kanan lapangan utama, terletak dibawah rimbunnya naungan pohon pinus dan palm.
    2. Kolam renang : Berada pada undakan kedua komplek perkemahan Kampoeng Awan Camp, kolam renang dengan air berasal dari pegunungan ini berada tepat di depan villa.
    3. Lapangan parkir : terdapat dua lokasi lapangan parkir, yang pertama berada di samping villa utama / villa kayu dan yang kedua berada pada undakan ketiga, tepat berada pada lapangan utama.
    4. Jalur jelajah hutan ; jelajah hutan merupakan salah satu aktivitas ketika berkemah di Kampoeng Alam Camp, terdapat beberapa jalur jelajah hutan, baik dalam area camp maupun di dari komplek Kampoeng Awan Camp.

Baca Juga :
Eagle Hill Outbound Camp Megamendung | Review Camping Ground di Puncak Bogor

Aktivitas berkemah di Kampoeng Awan Camp

Kampoeng Awan camp didesain untuk menfasilitasi aktivitas berbasis luar ruang seperti gathering perusahaan / family gathering, outbound, adventure, acara kemahasiswaan dan kegiatan-kegiatan para pelajar.

Family Gathering / Gathering Perusahaan dengan muatan outbound

Family gathering atau gathering perusahaan dengan muatan outbound dalam suasana berkemah merupakan sajian utama ketika berkegiatan di Kampoeng Awan Camp. Gathering merupakan sebuah alur kegiatan guna membangun kebersamaan, mempererat kekerabatan, dan menghadirkan suasana santai atau relaksasi. Dan, outbound adalah aktivitas yang unik karena mengandung learning / pembelajaran pada setiap permainan-permainan yang dilakukan oleh para peserta gathering perusahaan.

Acara kemahasiswaan, pelajar dan kepanduan di Kampoeng Awan

Kampoeng Awan Camp menfasilitasi beragam acara kampus seperti orientasi, pelatihan dan pengembangan sumberdaya mahasiswa, kemping kebersamaan dan lainnya. Dan, untuk para pelajar kegiatan yang sering dilakukan di Kampoeng awan camp adalah Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), kepanduan dan lain sebagainya.

Aksesibilitas ke Kampoeng Awan Camp

Jika dari arah Jakarta dan Bogor, untuk mencapai Kampoeng Awan Camp dari cek point pertigaan Gadog, dapat di tempuh dengan perjalanan sekitar 9.8 km, melewati Jl. raya puncak arah Cisarua, dan dari persimpangan Megamendung (Mesjid Nurul Huda) belok arah kiri, lalu melewati Jl. Pusdik Resintel dan dilanjutkan menuju arah Cipendawa lalu Kampoeng Awan.

Baca Juga :
Puncak Langit Camping Ground | Review camp di Jawa Barat

Resume ; Kampoeng Awan Adventure & Education camp untuk kegiatan berbasis luar ruang

Seperti Villa lainnya yang berada dikawasan pariwisata puncak Bogor, sebagian besarnya memiliki ruang terbuka hijau yang difungsikan sebagai fasilitas pendukung Villa. Di Kampoeng Awan, selain sebagai fasilitas pendukung villa, area terbuka hijau-nya di fungsikan sebagai tempat untuk mendirikan tenda (campsite) dan lokasi untuk kegiatan luar ruang seperti outbound, dll.

Beragam kegiatan berbasis luar ruang seperti gathering perusahaan / family gathering, outbound, acara-acara kemahasiswaan, pelajar dan acara keagamaan dengan tenda sebagai tempat menginapnya merupakan aktivitas-aktivitas yang kerap dilakukan di komplek Kampoeng Awan Camp.


Home » Blog » Camping Ground » Review Camping Ground » Kampoeng Awan Adventure & Education camp | Review camping ground di Puncak