Kampung Rimba Camp | Review Perkemahan di Puncak Bergaya Rimba

Tenda-tenda berwarna terang diantara dominasi tegakan pinus merkusii dengan karakter batangnya yang tidak sehalus pohon agathis SP, menjadi ciri kemping di bumi perkemahan kampung rimba yang berada dalam kawasan kelola Perum Perhutani.

Tempat kemping ini menghadirkan suasana berkemah ditengah rimba, dalam nuansa hutan pinus merkusii. Nuansa dan suasana alam yang dihadirkan memiliki keindentikan  dengan spot berkemah di Highland camp, zona Ciputri dalam kawasan pariwisata alam Curug Panjang.

Di zona Ciputri Bumi Perkemahan Highland Camp, spot-spot berkemahnya dilingkar oleh aliran sungai yang mengapit dikiri dan kanannya, suasana yang dihadirkan  terbentuk dari keindahan lanskap alam yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan bawah dengan lima air terjun eksotis yang berada dalam kawasan Pariwisata Curug Panjang.

Di Kampung Rimba Camp, spot-spot berkemah berada di tebingan perbukitan, yang sebagiannya berada diantara pepohonan dengan latar pinus merkusi yang menjulang tinggi.

H o t l i n e

+62 819-1005-4000

Whatsapp

Review Kampung Rimba ; Perkemahan di puncak dalam suasana Rimba

Kampung Rimba camp merupakan perkemahan untuk kegiatan edukasi terutama pendidikan lingkungan, wisata alam dan wisata petualangan, lokasinya berada di Jl. Ciburial Kampung Baru Jeruk, Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Dengan karakter hutan pinus dan kekayaan yang terkandung didalamnya seperti sungai dan hutan, berpadu padan dengan fasilitas buatan yang didesain dengan pendekatan natural, Rimba camp memiliki daya tarik untuk aktivitas berkemah keluarga, kelompok maupun perorangan. 

Sarana prasarana bumi perkemahan Kampung Rimba Puncak Bogor

Selain spot-spot untuk mendirikan tenda dan lapangan kegiatan untuk beragam kegiatan yang bertemakan outdoor activities, camp yang berada dalam kawasan kelola perum perhutanin ini memiliki fasilitas pondok-pondok permanen yang berdinding bambu dengan atap ijuk atau injuk dari pohon aren, aula, rumah pohon, toilet, mushola dan lainnya. Bangunan dan bangun-bangun bertajuk perkampungan di tengah rimba ini hampir semuanya menggunakan material berbahan alami seperti kayu, bambu, atap ijuk /injuk dan sebagiannnya mempergunakan material berbahan tembok, besi holo, seng plat dan lainnya.

Fasilitas pendukung lainnya adalah, 1. spot swa photo dengan latar pemandangan hutan, 2. tempat duduk berbahan kayu pinus, 3. lapangan parkir berlandaskan batu belah dan tanah, 4. permainan-permaian diketinggian, 5. jalanan setapak dengan landasan batu belah dan lainnya. Sementara itu sarana yang di sajikan oleh alam adalah hutan, sungai, mini air terjun dan lainnya.

Aktivitas ketika berkemah di Kampung Rimba Camp

Beragam kegiatan bertajuk petualangan dan wisata alam baik secara kelompok maupun perorangan menjadi identitias penciri ketika berkemah di Kampung Rimba Camp, seperti jelajah hutan (jungle treking), Susur sungai / main air di sungai, api unggun atau sebatas santai diantara rimbuna pepohonan pinus merkusii.

Lainnya adalah kegiatan yang bertemakan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia seperti outbound mangement training, jungle survival, military outbound,  LDKS, wisata edukasi hutan, field trip sekolah (outing class), retreat, tadabur alam, dls. Lainnya adalah  camping keluarga, gathering, dls.

Keterjangkauan menuju tempat camping ground

Dari jalan raya Puncak Km 84 melewati Jl. Ciburial lalu memasuki Jl Pelita menuju ke camp Kampung Rimba, Camp Rimba dapat di jangkau dengan jarak tempuh 2 km dengan menggunaan kendaraan pribadi beragam jenis, kendaraan truk TNI dan bus ukuran medium melewati komplek pervilaan dan beberapa kampung sepanjang jalan Ciburial dan jalan pelita.

Tempat wisata alam  dan camping ground disekitar kampung Rimba

Kampung Rimba yang berada diujung hutan berbatas dengan komplek pervilaan, disekitarnya terdapat tempat wisata ataupun camping ground sejenis, seperti Lembah Asmarandana Private Camp, D’Jungle Camping Ground, Forest Garden Batulayang, Bukit Caimandala Camp, Curug Asmaranda, Wisata Alam Hutan Pinus, dan lainnya

    1. Curug Asmarandana ; terdapat dua (2) Air terjun yang terpisah sekitar 10 meter antar satu dan lainnya, dikenal dengan sebutan curug kembar batulayang, lokasi air terjun ini berada di sebelah barat lautnya Rimba Camp di Cisarua Puncak
    2. Lembah Asmarandana Private Camp ; adalah tempat berkemah di Pasir Manggis, letaknya berada di sebelah barat laut Camp rimba. 
    3. D’Jungle Camping Ground ; atau D’Jungle Private Camp merupakan lokasi berkemah yang berada di disebelah barat daya Kampung Rimba Camp, memiliki area seluas 10 ha di ketinggian 1000 Mdpl, berada di Desa Batulayang, kecamatan Cisarua Bogor. Tempat berkemah ini diperuntukan untuk beragam kegiatan camping yang berbalut petualangan, hal ini karena disekitar kawasan camp terdapat hutan dan sungai menuju air terjun untuk kegiatan jungle treking dan susur sungai. 
    4. Forest Garden Batulayang; adalah tempat berkemah dengan genre Glamping di Puncak, berada di Kampung Pasir Manggis, Jl. Ciburial, Megamendung
    5. Bukit Caimandala Camp ; Lokasi camping yang berada di perbukitan dengan pemandangan terletak di sebelah barat daya Kampung Rimba Camp.
    6. Wisata Alam Hutan Pinus; di Sekitaran Kampung Rimba Camp merupakan kawasan kelola Perum Perhutani yang merupakan hutan pinus dengan kekayaan alam yang terkandung didalamnya. 

Resume Perkemahan Kampung Rimba camp dalam nuansa dan suasana berkemah di tengah hutan Pinus

Sebagian besar bumi perkemahan yang berlatar hutan pinus di kawasan pariwisata puncak itu berada dalam kawasan kelola Perum Perhutani, begitupun dengan Kampung Rimba Camp. Kampung Rimba camp memiliki karakteristik sebagai tempat berkemah dengan nuansa perkampungan didalam hutan pinus untuk beragam kegiatan seperti kemah keluarga, gathering dalam balutan kemping, outbound, petualangan (adventure), dan pelatihan sumber daya manusia berbasis alam bebas (outdoor activities).