Batu Tapak Camping Ground ; Review Campground & tempat Wisata di Sukabumi

Tak dipungkiri, bahwa liburan keluarga pro-edukasi belakangan ini menjadi solusi alternatif atas kebutuhan wisata masyarakat yang hidup diperkotaan untuk relaksasi dengan muatan edukasi. Obyek daya tarik wisata yang banyak menyajikan wisata ramah keluarga, lebih banyaknya berada dikawasan pegunungan dan kawasan Taman Nasional di zona pemanfaatan. Beragam genre kegiatan wisata keluarga pro-edukasi adalah wisata petualangan, eduwisata, wisata pedesaan atau kemah keluarga berbasis learning (educational camp).

Salah satu kawasan wisata yang menyajikan secara utuh tempat untuk wisata keluarga pro edukasi adalah Highland Camp yang lokasinya berada di punggungan barat gunung Paseban, dalam kawasan Pariwisata Alam Curug Panjang, Puncak – Bogor. Tempat berkemah yang mudah dijangkau ini memiliki keindahan lansekap alam dan buatan yang berpadu padan dengan elemen air dan hutan pegunungan bawah, di desain untuk kemah keluarga berbasis adventure learning.

Tempat camping keluarga lainnya yang berada di area pegunungan yang sepadan dengan Highland Camp adalah Tanakita Camp dikawasan wisata Situ Gunung, di kaki Gunung Gede Pangrango sebelah barat daya Sukabumi, dan tempat berkemah di kawasan Wisata Alam Cidahu. Beberapa tempat berkemah untuk keluarga di TNGHS resort Cidahu yang termudah untuk diakses adalah Batu Tapak Camping Ground, dan inilah Review nya

Whatsapp

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Review Camping Ground Batu Tapak Cidahu dikaki Gunung Salak wisata alam Sukabumi

Tempat Camping yang berlokasi di Cidahu kabupaten Sukabumi ini berada pada ketinggian 900 meter diatas permukaan laut, memiliki areal seluas 2.5 hektar dengan lansekap alam yang berkontur / berundak dan berbukit dengan lahan perkemahan yang terdiri atas 3 lapangan yang letaknya berjenjang. Disebelah  timur camping ground memiliki pemandangan gunung Gede Pangrango dan disebelah utara sampai baratnya adalah hutan pegunungan bawah (sub-montana) dengan dominasi vegetasi pohon damar (Agathis SP) dalam kawasan TNGHS. Camping Ground Batu Tapak berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Resort PTN wilayah Kawah Ratu.

Dikatakan Batu Tapak Camping Ground, kerena nama bumi perkemahan yang berada di punggungan barat daya gunung Salak ini terambil dari sebuah legenda tapak batu raksasa yang batunya ditemukan di sekitar perkemahan, dan di areal tempat berkemah Batu Tapak terdapat banyak batu-batu besar yang unik mengkhiasi tempat-tempat mendirikan tenda (campsite).

Fasilitas tempat berkemah Batu Tapak Sukabumi

Batu Tapak Camping Ground terdiri atas 3 (tiga) lapangan utama yang letaknya berjenjang dengan area perkemahan yang tertata apik, rapi dan bersih, sebagiannya berada di sekitar aliran sungai, disebelah utara komplek utama berkemah. Tiga lapangan berkemah di lingkungan utama perkemahan Batutapak berjarak sekitar 55 meter ke spot-spot mendirikan tenda yang terdekat dari tempat parkir. dan jarak akan berbeda tergantung pada pilihan lokasi berkemah. Dan, jika dari tempat parkir ke front office berjarak sekitar 25 meter. Di areal utama camping ground Batu Tapak, lingkungan pembentuknya cukup datar dengan dan teduh dengan dominasi vegetasi berupa pohon damar dan pinus.

Terdapat akomodasi dengan beragam model tenda sebagai tempat menginapnya dengan lingkungan berkemah yang dilengkapi fasilitas buatan seperti restoran/cafetaria, tempat beribadah, front office, lapangan parkir, Saung saung bambu, kamar mandi/WC, dls. Dan, fasilitas alamnya yang ada disekitar Batu Tapak berupa Curug Mini, Pesawahan dan kebun sayur mayur, sungai, Jalur treking hutan dan lainnya.

1. Tenda dengan beragam model

Terdapat dua model akomodasi dengan tenda sebagai tempat menginapnya, model tenda  dome double layer memiliki dimensi inside 3,5 m x 2 m  dengan titik tengah 1.9 meter, dilengkapi dilengkapi dengan 4 unit kasur yang dapat di isi oleh 4 orang. setiap kelompok tenda diperlengkapi oleh  flysheet putih pengaman tambahan.

Tenda lainnya memiliki model berbentuk setengah lingkaran yang memanjang ke belakang,  khusus keluarga atau kelompok dengan kapasitas tampung 17 unit kasur untuk 17 orang.  Tenda Rofi Lwet lorong di batu Tapak Camping Ground disebutnya sebagai tenda VIP,  merupakan  tenda dengan Rofi dengan seri LWET ( Light Weight Emergency Tent), memiliki dimensi panjang 6M, lebar 3M, dan tinggi 2M,  berbahan Parasit waterproof dengan Frame Fiber 55CM. 

2. Restoran/Cafetaria

Terdapat Cafetaria / restouran di komplek perkemahan Batu Tapak dengan  struktur pembangunnya adalah bambu dan sebagiannnya terbuat dari tembokan bermotif batu alam.  Restoran atau cafetaria dibuka selama 24 jam dengan beragam pilihan makanan yang ditawarkan. Di bagian lainnya terdapat toko yang menjual cinderamata.

3. Fasilitas umum

    1. Musholla ; terdapat sebuah mushola tepat dibatas antara hutan dan lapangan dengan bangunan bermaterialkan tembokan dengan setengah bagian bawahnya adalah batu alam, struktur atasnya bermaterialkan kayu, beratap  genteng tanah liat, lokasi mushola berada dibagian atas depan, disebelah kiri pintu gerbang masuk bumi perkemahan. Dan, disekitar mushola terdapat tempat wudhu dan kamar mandi/toilet yang terjaga secara bersih.
    2. Kamar mandi/toilet toilet ; Terdapat lebih dari 5 unit bangunan kamar mandi/toilet/WC yang lokasinya menyebar disekitar area bumi perkemahan Batu Tapak, kamar mandinya memiliki beragam ukuran dan fasilitas yang berbeda, bahkan tersedia kamar mandi yang dilengkapi dengan dilengkapi air panas.

4. Lapangan parkir

Lapangan parkir dikelilingi oleh pepohonan damar di sekelilingnya, berada di sebelah barat cafetaria/restouran, tepat didepan front office Batu Tapak. Tempat parkir yang berlandaskan aspal ini dapat memuat lebih dari 30 unit kendaraan pribadi. 

5. Aula terbuka

Untuk menfasilitasi ruangan berkumpul, Batu Tapak Camping Ground menyediakan aula terbuka dengan menggunakan flysheet sebagai atapnya atau tenda pleton. Aula terbuka ini kerap digunakan pada kegiatan-kegiatan gathering perusahaan / lembaga dalam skala kelompok.

6. Saung bambu

Saung-saung berarsitektur sunda dengan bambu sebagai material pembuatnya, menyebar disekitar area camping ground Batu Tapak. Saung-saung bambu itu disiapkan sebagai tempat santai dan sebagai tempat istirahat ketika hiking disekitar area camping ground.

7. Air terjun mini dan sungai

Di areal camping ground mengalir air sungai  yang disekitar sepadannya di tata dengan rapih sebagai  tempat untuk mendirikan tenda, lingkungan yang asri dan banyak ditumbuhi pepohonan damar memiliki suasananya tersendiri. Dibagian lainnya terdapat sebuah air terjun mini dengan ketinggian terjunan airnya sekitar 2 meter yang meluncur kedalam kolam bisa untuk direnangi, bebatuan besar disekitar kolam terjunan dengan penataan lingkungan air terjun mini yang baik kenambah suasana keindahan. Untuk mencapai air terjun mini ini diperlukan perjalanan sekitar 10-15 menit dengan melewati jalanan setapak yang menurun dengan anak tangganya tanah serta  bebatuan.

8. Jalur hiking dan Jalanan setapak

Dalam komplek perkemahan Batu Tapak terdapat jalanan setapak yang tertata secara rapih, berlandaskan batu belah yang tersusun apik  diantara tebingan-tebingan yang ditanami pohon damar dan sebagiannya lagi adalah pinus merkusi, beberapa anak-anak tangganya merupakan tanah yang dibentuk.  Jalanan setapak ini sebagai penghubung antar campsite (lokasi mendirikan tenda)  utama dengan  tempat berkemah yang berada di area disekitar aliran sungai, dan sebagai penghubung untuk area-area lainnya. penghubung lainnya adalah jembatan yang terbuat dari bambu yang melintas sungai, orang sunda menyebutnya dengan jembatan sasak.

9. Persawahan dan kebun

Selain lingkungan alam yang terbentuk oleh hutan pegunungan bawah, punggungan barat daya gunung Salak lingkungannya adalah pertanian, dimana kebun dan persawahan menjadi pemandangan disekitar Batu Tapak Camping Ground. Beberapa spot berkemah menghadap persawahan yang di batasi oleh sungai sebagai pembatas alam antara tempat berkemah dengan persawahan.  

Aktivitas Wisata Alam di bumi Perkemahan Batu Tapak dan Wana Wisata Cangkuang

Selain melakukan beragam kegiatan selayaknya berkemah dalam kawasan hutan pegunungan bawah dan kegiatan permaianan highropes dan lowropes diareal perkemahan, di Batu Tapak Camping Ground dan disekitar kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak terdapat air terjun yang dapat dikunjungi dengan treking hutan sebagai mode perjalanannya. 

1. Treking Hutan

Jalanan setapak dirimbunnya vegetasi hutan pegunungan bawah menuju beberapa air terjun dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, menjadi pengalamanpetualangan ketika berkemah, rute nya meliputi jalanan setapak tanah, hutan alam campuran dan hutan monokultur dengan tegakannya adalah damar (agathis SP) atau pinus merkusii.

2. Wisata Air Terjun

Disekitar kawasan Taman Nasional Gunung Halimun salak kawasan Wisata Alam Cangkuang terdapat Curug Cidahu yang populer dengan sebutan Curug Cangkuang dan Curug Empat (4). Wisata air terjun ini diluar areal perkemahan Batu Tapak namun merupakan obyek daya tarik wisata alam yang kerap dikunjungi oleh para pekemping ketika berkemah di Camping Ground Batu Tapak. 

3. Highropes & Lowropes Games

Batu Tapak Camping Ground merupakan areal untuk melakukan aktivitas berbasis adventure learning base, beragam kegiatan petualangan dengan nuansa berkemah memiliki keseruannya tersendiri, aktivitas bermain diketinggian (Highropes) seperti flying fox, two line bridge, net Bridge, wooden Bridge, V-Bridge dapat dilakukan oleh orang dewasa dan sebagian anak-anak. Aktivitas luar ruang lainnya adalah outbond, paint ball dan beragam kegiatan lainnya.

Aksebilitas menuju camping Ground Batu Tapak dan Tempat Wisata Alam Sukabumi

Setidaknya ada dua cara yang dapat ditempuh untuk  menuju Batu Tapak Camping Ground, dengan kendaraan pribadi dan transportasi umum. Bagi yang menggunakan transfortasi umum dari Jakarta dan sekitarnya, dapat menuju terminal Baranangsiang Bogor, dilanjutkan dengan kendaraan umum jurusan Sukabumi, dapat menggunakan bis ataupun minibus /colt mini, lalu turun di Cidahu. Sementara itu, jika menggunakan kereta api (commuter line) dari Jakarta dan sekitarnya dapat menuju stasiun Bogor, lalu dilanjutkan dengan menaiki kereta api jurusan sukabumi dan turun di stasiun Cicurug, dan dilanjutkan dengan menaiki angkot menuju Cidahu. Dari Cidahu dilanjutkan dengan kendaraan umum yang menuju Camping Ground Batu Tapak atau Obyek Wisata Alam Pegunungan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Dan, jika menggunakan kendaraan pribadi melewati ruas tol Jagorawi, dapat keluar dari pintu tol Ciawi dan dilanjurkan kembali melewati tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) dan keluar di pintu tol Cigombong-1, selanjutnya melewati jalan raya sukabumi menuju Cidahu, dan dilanjutkan ke Batu Tapak. Jarak tempuh dari persimpangan Cidahu ke Batu Tapak sekitar 14 km dengan ruas jalan dapat dilewati dengan truk TNI (Tronton ¾) dan bus ukuran medium.

Baca Juga :
Review Camping ground Tanakita Camp bergenre Glamping di Sukabumi

Tempat Wisata Sukabumi di sekitar Camping Ground Batu Tapak

Wana Wisata Alam Cangkuang di Taman Nasional Gunung Halimun Salak Resort Cidahu adalah obyek wisata air terjun terdekat dengan Camping Ground Batu Tapak yang sebagian pekemping Batu Tapak melakukan aktivitas wisata ke Cangkuang. Tempat Wisata dan camping ground disekitar Batu Tapak lainnya adalah Javana Spa, Cidahu Camping Ground, Camp Bravo Cidahu, 

Curug Cangkuang Sukabumi

Air terjun yang berada pada ketinggian ketinggian 1.200 mdpl di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak Resort Cidahu ini bernama Curug Cidahu yang lebih populer dengan sebutan curug Cangkuang. Air terjun ini berada dialiran sungai Cikuwulung. Untuk mencapai Curug Cangkuang dari pintu gerbang Wana Wisata Cangkuang dapat ditempuh dengan treking sepanjang 2 kilometer dengan melewati hutan pinus dengan jalur yang lembab dan kental suasana hutan hujan tropis.

Curug cangkuang memiliki kedalaman kolam sekitar sedada orang dewasa (150 cm), dengan dinding kolam terjunan air yang dikhiasi oleh lumut, terkadang air curug cangkuang dan lingungan sekitarnya berbau belerang, hal ini karena residu material yang dibawa oleh aliran air menuju curug Cangkuang.

Javana Spa Sukabumi

Masih disekitar Punggungan Barat Gunung Salak dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun salak Resort Cidahu, disanalah Javana Spa berada, suasana udara pegunungan Cangkuang yang sejuk dan segar, dengan hutan hujan pegunungan bawah yang masih alami serta tujuh air terjun, menjadikan liburan dan relaksasi bersama keluarga lebih bahagia, sehat, dan memuaskan.

Selain terdapat akomodasi yang elegan dengan bungalow besar dan pemandangan taman Jepang serta gunung Salak yang indah, di Javana Spa terdapat sebuah area perkemahan yang nyaman dengan pemandangan hutan pegunungan tropis dan gunung Salak. Sarana menginap dengan tenda, didalamnya diperlengkapi oleh kasur, bantal, sleeping bag dan bagian bawah tenda dilapisi dengan palet. Di sekitar perkemahan terdapat kamar mandi dengan air dingin dan hangat yang dapat memanjakan tubuh-tubuh ketika berlibur.
.

Cidahu Camping Ground Sukabumi

Wilayah Cidahu Camping Ground dan Javana Spa merupakan track Pendakian Gunung Halimun Salak dan ke kawah ratu dengan. Camping Ground Cidahu terdapat sungai dengan batu-batuan besar diantara mengalirnya air sungai yang jernih, itu sungguh menawan dan indah. Hewan yang masih dijumpai disekitar area camp adalah aneka jenis serangga, monyet ekor panjang dan burung-burung dan musang yang berkeliaran kawasan sekitar hutan.

Camp Bravo Cidahu

Camp Bravo Cidahu merupakan tempat berkemah di sekitar Wana Wisata Alam Cangkuang di Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang memiliki suasana yang seakan terpisah dari dunia luar dengan kegiatan disela-sela berkemahnya adalah trekking di sekitar area camp, trekking ke air terjun, trekking ke Kawah Ratu, membajak Sawah, menanam Padi, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berbasis adventure dan edukasi.

Camp Bravo memiliki 2 (dua) bagian campsite yang dipisahkan oleh sungai Ciherang. Bumi perkemahan dengan latar hutan dan pesawahan ini dapat dicapai melalui pintu gerbang Wanawisata Cangkuang dan area parkir Javana Spa dengan berjalan kaki sekitar 15 menit melalui jalanan setapak tanah dan berbatu, melewati sawah, rumah penduduk dan sungai.

Baca Juga :
Review Suaka Elang Loji Camping Ground di perbatasan antara sukabumi dan Bogor

Resume Camping Ground Batu Tapak dan tempat Wisata di Sukabumi untuk liburan keluarga

Kecamatan Cidahu merupakan salah satu spot area tempat wisata di Sukabumi yang berbatasan langsung dengan kabupaten Bogor dengan penciri kawasannya adalah lansekap alam hutan tropis pegunungan bawah dan kekayaan yang terkandung didalamnya berupa kekayaan hayati dan fisik bumi. Di kawasan wisata Alam Cidahu terdapat beberapa tempat berkemah seperti Cidahu Camping Ground Sukabumi, Camp Bravo Cidahu, Batu Tapak Camping Ground dan tempat berkemah lainnya yang menyebar disekitar kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan zona-zona penyangganya.

Dan, Camping Ground Batu Tapak terintegrasi pada kawasan Wisata Alam Cidahu di zona penyangga Taman Nasional Gunung Halimun Salak memiliki tempat berkemah yang ditata secara apik dengan beragam fasilitas alam dan buatan untuk camping keluarga, layaknya Highland Camp yang terintegrasi dengan kawasan wisata alam curug panjang dipunggungan barat daya gunung Paseban sebagai zona penyangga kawasan Taman Nasional Gunung Gede pangrango untuk kemah keluarga.
.