Curug Naga Camping Ground ; Tempat berkemah di komplek air terjun curug Naga

Curug Naga Camping Ground adalah tempat berkemah yang berada disekitar komplek air terjun curug Naga yang memiliki suasana “Nyaman, Personal dan Menenangkan” dengan aroma pinus merkusii, hal ini sepadan dengan campsite zona Ciputri yang berada di kawasan bumi perkemahan Highland Camp Curug Panjang dengan ikonic campsite adalah kendeng.

Whatsapp

Baca juga :
Curug Naga sebagai tempat wisata alam dan camping di Puncak Bogor

Camp curug naga atau camping ground curug naga merujuk pada tempat berkemah yang berada disekitar komplek air terjun curug naga yaitu campsite samara yang berada di utara air terjun curug naga, camping ground Taman Alam Matahari adalah tempat berkemah yang berbatasan langsung dengan lembahan curug Naga dan Highland camp yang berada di bagian barat nya. Untuk memudahkan penyebutan dalam tulisan ini, ketiga tempat camping tersebut diatas merujuk pada penyebutan camp curug naga atau camping ground curug naga atau tempat berkemah disekitar curug naga.

Dan, sebagian banyak kegiatan ketika berkemah di camp curug naga adalah wisata air yang kegiatannya dilakukan di komplek air terjun curug naga dan curug panjang, berupa jelajah curug naga, cliff jumping, body rafting, berenang di air terjun curug panjang dan journey yaitu wisata petualangan yang dilakukan di Highland camp yang meliputi aktivitas jelajah hutan dan menyusuri sungai.


Baca Juga :
Jelajah Curug Naga, Wisata Air Terjun Berbasis Adventure yang Seru Abis..!

Curug Naga Camping Ground


Curug naga merupakan komplek air terjun yang sangat eksotis di sepanjang aliran sungai cirangrang / ciesek, dan merupakan satu kesatuan utuh dari ke-empat terjunan yang berada di tebingan barat gunung Paseban selain air terjun curug panjang dan air terjun curug bulao. Komplek air terjun curug naga terdiri dari curug orok, curug priuk, curug barong dan curug naga yang masing-masing karakter jatuhan air nya berbeda antar satu dengan curug lainnya.

Curug naga diperuntukan untuk wisata minat khusus bagi pekemping yang memiliki kecenderungan minat serta tujuan dan motivasi khusus dalam berwisata dikawasan wisata alam curug panjang, seperti aktifitas body rafting, river trekking, cliff jumping, free falling, dan lainnya. Aktivitas wisata minat khusus ini dilakukan ketika berkemah di camp curug naga / curug naga camping ground.

Terdapat beberapa camping ground yang ada disekitar air terjun dan berbatasan dengan lingkungan curug naga yaitu highland camp, campsite samara dan taman alam matahari camping ground. Selain berkemah dan kegiatan-kegiatan yang menjadi penciri aktivitas camping, sebagain besar kegiatan yang dilakukan pada saat kemping di curug naga camp adalah wisata air di curug panjang, wisata petualangan di highland camp (journey) dan jelajah curug naga. Lainnya adalah outbound, edukasi dan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia berbasis luar ruang atau dengan metode experiential learning.

Baca Juga :
Camp Curug Naga, Tempat camping di Puncak Bogor berbasis Adventure

Campsite Curug Naga

Tajuk tegakan pinus merkusii yang menutupi sebagian besar areal camp curug Naga, memiliki 8 campsite (spot mendirikan tenda). Setiap site dapat ditempati maksimal oleh 2 unit tenda dome gede pangrango yang berukuran outside 3,5 x 2,5 meter. Dan, Sebagian besarnya site menghadap ke lembahan, disanalah air terjun curug Naga berada.

Kemegahan  perbukitan dan hutan pegunungan bawah dilerengan barat gunung Paseban, merupakan bonus lingkungan Curug Naga Camp. Perbukitan hijau yang memanjang dari barat daya ke tenggara merupakan hutan pegunungan bawah yang banyak ditumbuhi oleh beragam pepohonan khas hutan setengah bagian atasnya, sementara sebagian bawahnya adalah vegetasi pinus merkusii yang mendominasi.

Diarah barat, pemandangan kota dengan latar gunung Salak hanya dapat dinikmati oleh pekemping yang mendirikan tendanya di ujung timur camp curug Naga, itupun sedikit terhalangi oleh pepohonan rimbun yang menanungi tempat berkemah.

Fasilitas camping ground Curug Naga

Seperti tempat camping di lainnya, terdapat fasilitas-fasilitas dasar yang dimiliki oleh Camping ground curug Naga berupa toilet, lapangan parkir, lapangan berkemah, aula kegiatan, dan warung yang menyediakan beberapa kebutuhan ketika berkemah.

  1. Lapangan parkir ; berada di ujung jalan curug Naga memiliki daya tampung sampai 20 mobil.
  2. Toilet ; terdapat 1 unit toilet dengan 6 pintu
  3. Aula ; dapat menampung sekitar 20 orang, terbuat dari kontruksi kayu. Aula ini kerap digunakan sebagai tempat untuk santai memiliki warung kecil didalamnya.
  4. Warung  ; disekitar camping ground curug Naga terdapat warung penduduk dengan jarak +15 meter dari lapangan parkir.
  5. Site ; daya tampung Camping Ground Curug Naga sekitar 50 orang (maksimal), terbagi dalam 8 campsite yang sangat reprentatif untuk camping keluarga
  6. Untuk menuju sungai Ciesek dari camping ground curug Naga dapat ditempuh sekitar 150 meter dengan menuruni tangga.

Aksebilitas camp Curug Naga

Terdapat dua jalan menuju camp curug naga, campsite samara hanya dapat di jangkau dengan melewati jalan desa Megamendung menuju arah pusdik Serse Megamendung. Sementara itu, Highland camp dan Taman Alam Matahari hanya dapat dijangkau dengan melewati jalan desa Cilember. Kedua akses tersebut terputus oleh aliran sungai Cirangrang / Ciesek, sehingga kendaraan yang parkir di campsite cemara tidak dapat ke lapangan parkir TAM camp, begitupun sebaliknya.

Bumi Perkemahan disekitar Curug Naga

Terdapat beberapa bumi perkemahan di sekitar curug Naga, yang terbesar adalah Highland Camp Curug Panjang, Samara Camping Ground, Taman Alam Matahari Camping Ground dan beberapa spot-spot berkemah yang ada di tempat wisata curug panjang dan sekitarnya.

Highland Camp Curug Panjang

camping keluarga
Figure -3 ; Highland Camp Curug Panjang

Adalah tempat berkemah yang didesain sebagai minatur Halimun, terbentuk dari keindahan lanskap buatan yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat camping yang hadir diantara pesona hutan pegunungan dan elemen air. Terdapat sembilan campsite di dua zona dengan karakter yang berbeda pada setiap campsite-nya, 4 (empat) campsite di zona Halimun didesain untuk kegiatan dalam skala kelompok, sementara di zona Ciputri yang sebagian besar campsite-nya berada dibawah tajuk tegakan, suasananya terasa lebih sejuk dan teduh diperuntukan guna memenuhi kebutuhan camping keluarga dan camping mandiri. Terdapat tiga aliran sungai yang membelah kawasan highland camp dan kerap digunakan sebagai jalur untuk telusur sungai, sungai-sungai tersebutlah yang menjadi pembatas alam antara setiap zonanya.

Journey merupakan salah satu kegiatan yang khas dan menjadi penciri ketika berkemah di Highland Camp, aktivitas ini memadukan kekayaan lingkungan berupa hutan, sungai dan kekayaan biodiversitas dengan kemampuan tour leader dalam memandu wisata petualangan.

Baca Juga :
Highland Camp Curug Panjang | Review Camping Ground di Puncak Bogor

TAM Camp;  Camping Ground yang berbatasan dengan lembah Curug Naga

Taman Alam Matahari
Figure -4 ; TAM Camp

Berada di enclave dalam kawasan pariwisata alam curug panjang yang langsung berbatasan dengan lembahan curug naga, Taman Alam Matahari camp memiliki campsite yang menghadap gunung salak dengan pemandangan kemeriahan lampu kota pada malam harinya, campsite ini telah menjadi brand identity atau identitas yang diunggulkan dibandingkan perkemahan lainnya dalam areal camping ground curug naga, campsite lainnya memiliki keunggulan pemandangan hutan, perbukitan dan lembahan

Taman Alam Matahari camping ground memiliki daya tampung sampai 100 unit tenda dome pangrango dengan ditunjang oleh fasilitas-fasilitas pendukung untuk kegiatan luar ruang. Tempat berkemah dengan ruang terbuka hijau diantara perbukitan dan lembahan yang mengitarinya, ini untuk menfasilitasi kegiatan gathering perusahaan / family gathering, outing kantor dan outbound dalam suasana dan nuansa berkemah.

Baca Juga :
Taman Alam Matahari camp

Samara Camp; tempat berkemah di sebelah utara Curug Naga


Samara campsite adalah tempat camping yang memiliki sebuah dengan lapangan berkemah yang datar dan sangat luas, tempat camping yang berada di utara air terjun curug naga ini sebagiannya di lingkar oleh hutan dengan pemandangan mengagarah ke gunung salak. Lokasi berkemah yang hanya dapat ditempuh dengan menggunakan akses jalan desa Megamendung, lapangan berkemahnya berbatasan dengan jalan aspal yang menuju ke curug panjang.

Baca Juga :
Samara Camp; Tempat berkemah yang bersebelahan dengan curug Naga dan Curug Panjang


Baca Juga :
Camp Curug Naga, Tempat camping di Puncak Bogor berbasis Adventure


Camping Ground Curug Naga ; Resume tempat berkemah dalam kawasan wisata Curug Panjang

Keindahan komplek air terjun curug naga dalam kawasan pariwisata curug panjang yang menghadirkan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara untuk beragam aktivitas wisata alam dan wisata petualangan, melahirkan potensi berkembangnya jasa akomodasi disekitar curug naga, salah satu yang pesat perkembanganya adalah tempat berkemah di sekitar air terjun curug naga. Camping ground curug naga hadir untuk menjawab tantangan atas kebutuhan jasa akomodasi dengan jenre berkemah di sekitar komplek air terjun curug naga dan curug panjang.


This entry was tagged in camp curug naga, curug naga camping ground, curug naga, jelajah curug naga, wisata curug naga, jelajah air terjun curug naga, air terjun curug naga, body rafting curug naga, bumi perkemahan curug naga, camping di curug naga, curug naga camping ground, curug naga camp ground, curug naga megamendung, curug naga puncak, wisata alam curug naga, wanawisata curug naga, curug naga adventure, camping keluarga di curug naga.