Pesona Highland Camp | Review Camping Ground di Megamendung Puncak

Pesona Highland camp didirikan pada tahun 2009 dengan nama Highland Camp Megamendung, didesain untuk menfasilitasi pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dengan metode Experiential Learning (EL), outbound training dan gathering. Perubahan nama terjadi ditahun 2016 seiring dengan mulainya pembangunan dan pengembangan camp-2 (kedua) dengan brand Highland Camp Curug Panjang yang menguatkan pada layanan wisata minat khusus seperti adventure, educational camp, wisata keluarga pro-edukasi, gathering, outing dan dengan tetap berfokus pada training SDM berbasis experiential learning dan outbound training.

Pesona Highland Camp berada pada ketinggian 779-1003 mdpl dalam suasana tingginya puncak dan hijaunya hutan. Di pesona Highland camp, akan terlihat megahnya gunung Gede Pangrango dan gunung Salak dan indahnya tebingan alun-alun Suryakencana yang menampakan ceruk-ceruknya ketika tersorot oleh hangatnya matahari pagi. Dan, pada malam harinya, gemerlap lampu kota akan memeriahkan suasana berkemah. Kemegahan dan keindahan tiga gunung dihadapannya, serta kemeriahan lampu-lampu kota (citylight) pada malam harinya adalah pesona ketika berkemah sebuah didataran yang tinggi di kawasan pariwisata Puncak Bogor.

Whatsapp

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Review Pesona Highland Camp Megamendung Puncak

Pesona Highland berada di Cipendawa blok-L Sirnagalih, memiliki luas areal sekitar 5,4 hektar. Lansekap alam Pesona Highland terdiri dari perbukitan dan lembahan dengan dataran tertingginya digunakan sebagai campsite. Kawasan hijau yang mendominasi lingkungan pembentuk camp, ditumbuhi dengan beragam vegetasi dengan dominasi pohon damar (agathis SP), dan disekitar lembahan di dominasi oleh beragam jenis bambu (bambuseae) dan tanaman perdu-perduan.

Pesona Highland Camp dapat menampung 120 orang (ideal) dengan tenda sebagai tempat menginapnya, dan sebagiannya menginap di kamar dengan bangunan pembuatnya yang materialkan kayu dan bambu. Beragam kegiatan yang kerap dilakukan dan menjadi kekhasan adalah pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia seperti LDKS dan outbound training, kegiatan lainnya berupa gathering, kepanduan, MOS dan lainnya. 

Campsite Pesona Highland

Terdapat dua dataran terbuka hijau  untuk mendirikan tenda, yang masing-masingnya berkapasitas 15 unit tenda dome ukuran 3,5 x 2 meter double layer. Jika setiap unit tenda di isi dengan 4 unit kasur dan perlengkapannya untuk 4 orang, maka akan didapatkan daya tampung dua lapangan berkemah di highland camp mencapai 120 orang, dan jika setiap unit tenda diisi dengan matras dan sleping bag untuk 7 orang per unit, maka akan didapatkan sebanyak 210 orang. 

Disekitar lapangan utama terdapat beberapa dataran kecil yang berada di kanan pada setiap campsite nya, lapangan-lapangan kecil tersebut kerap di fungsikan sebagai tempat untuk meng install games ketika kegiatan outbound dan terkadang pula itu untuk mendirikan tenda jika kapasitas tampung lapangan utama sudah penuh dengan tenda.

Area hijau tempat berkemah yang dikelilingi oleh perbukitan disebelah timur dan barat laut, memiliki pemandangan yang menghadap gunung gede pangrango di sebelah selatan Pesona Highland dan di sebelah barat daya nya adalah gunung salak.

Jalur sungai dan treking

Terdapat 2 (dua) rute jalur jelajah, setiap rute jelajah memiliki tantangan kesulitan yang berbeda-beda dengan waktu penjelajahan pun yang berbeda, terjauh dapat ditempuh dengan perjalanan kaki sekitar 2-3 jam, melewati lembahan dan perbukitan, rute pertama ini akan melewati ringtangan sungai kecil yang berada di lembah dan sungai sedang. Sementara, rute kedua dapat ditempuh dengan durasi waktu sekitar 1 s.d 1.5 jam melewati dua lembahan dan 1 sungai sedang.

Sarana Pendukung Kegiatan di Pesona Highland Camp 

Dalam aktivitas luar ruang, selain tenda sebagai tempat tinggal sementara untuk menginap, beberapa fasilitas pendukung kegiatan harus terpenuhi agar program-program terlaksana sesuai dengan perencanaan, fasilitas tersebut berupa aula, toilet/WC dan lainnya.

    1. Aula terbuka ; sebuah aula terbuka yang dapat menampung 120 orang peserta kegiatan berada tepat diantara lapangan utama. Aula ini diperuntukan sebagai ruang pertemuan yang sekaligus ruang makan.
    2. Toilet/WC : terdapat 16 toilet/WC yang tersebar di dua bangunan, satu bangunan memiliki 8 unit kamar mandi sebagai fasilitas lapangangan -1, dan bangunan satunya memiliki  8 unit toilet/WC untuk menfasilitasi lapangan-2.
    3. Lapangan parkir: terdapat 3 titik  lapangan parkir, terluas dapat menampung 12 kendaraan berjenis truk TNI atau minibus, dua titik lainnya untuk kendaraan pribadi dengan daya tampung s.d 8 mobil pada setiap tempat parkirnya.
    4. Saung : disekitar jalur treking terdapat saung-saung bermaterialkan kayu dengan berbagai ukuran, saung-saung yang menyebar ini di gunakan sebagai pos atau cek point ketika aktivitas penjelajahan.

Kamar / Cottage Pesona Highland Camp

Sebuah bangunan bermaterilkan perpaduan antara kayu dan bambu dengan ruang terbuka ditengahnya berlantai kayu, memiliki 4 kamar-kamar menginap di kiri dan kanannya. Ruang terbuka ditengah bangunan cottage ini difungsikan sebagai base kepanitiaan ketika berlangsungnya aktivitas berkemah ataupun program training dan outbound.

Aksesibilitas menuju Pesona Highland

Pesona Highland Camp berada di Cipendawa Jalan Sirnagalih V No. 4, Kampung Cipendawa, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju Pesona Highland Camp dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 8,6 kilometer. Dari persimpangan Gadog, melewati jalan Raya Puncak, lalu belok kiri di Megamendung / Masjid jami Nurul Huda Cipayung, selanjutnya melewati Jl. Pusdik Polri menuju arah kiri yang ke Cipendawa. dari Masjid Jami Nurul Huda ke Pesona Highland berjarak 3,8 km.

Aktivitas di Pesona Highland Camp

Highland camp Megamendung yang berubah nama menjadi Pesona Highland Camp, hadir di Megamendung untuk menfasilitasi kegiatan-kegiatan luar ruang, terutama pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia berbasis pengalaman (Experiential Learning methode) dan gathering perusahaan / family gathering dengan muatan outbound dengan tenda sebagai tempat menginapnya. Kegiatan lainnya yang difasilitasi adalah Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Orientasi Kampus, MOS, kegiatan kepanduan / pramuka dan lainnya.

Training Sumber Daya Manusia berbasis EL

Experiential Learning adalah sebuah metode pada pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia yang sebagian besar aktivitasnya dilakukan dialam terbuka, programnya meliputi team building, leadership, character building, management development program, personal development, serta program berbasis edukasi dan petualangan, dan lainnya (sumber : HEXs Indonesia).

Gathering dengan muatan outbound di Pesona Highland

Outbound merupakan salah satu satu metode pembelajaran yang unik dengan permainan-permainan edukatif dan rekreatif sebagai media dalam menyampaikan materi pembelajarannya. Saat ini outbund (terutama permainan-permaianan outbound) kerap dijadikan sebagai muatan dalam acara gathering perusahaan / family gatheriing.

Di Pesona Highland Camp, gathering perusahaan / family gathering muatannya di isi oleh kegiatan fun outbound dan journey (yaitu aktivitas treking hutan dan telusur hutan). Acara gathering yang kerap lakukan di Highland, banyak di ikuti oleh perusahaan swasta, lembaga pemerintah dan beragam komunitas dengan tenda sebagai tempat tinggal sementara selama kegiatan.
.

Highland Journey : treking hutan dan susur sungai

Journey merupakan perpaduan antara aktivitas penjelajahan hutan dan susur sungai yang dilakukan pada kawasan Pesona Highland camp. Kegiatan ini merupakan satu dari banyak aktivitas ketika event gathering dilakukan di Pesona Highland Camp. 

Baca Juga :
3 aktivitas favorit di Highland Camp

Resume tempat camping Pesona Highland camp untuk Gathering, Outbound dan training

Highland camp merupakan salah satu pioneer tempat berkemah di Megamendung selain kampung awan camp yang letaknya berada di utara dan Eagle Hills yang terpisah oleh dua kawasan Mega Indah Villa Estate.

Sejak zaman kolonialis Belanda, kawasan Megamendung sudah menjadi tempat untuk berkunjung kaum borjuis dari Negeri Kincir Angin, sebagian besarnya untuk menikmati wisata alam pegunungan, hal ini telah diwariskan sampai sekarang pada masa kemerdekaan. Salah satu cara menikmati keindahan alam pegunungan dengan cara berkemah dengan beragam kegiatan sebagai muatan dalam acara berkemah.

Beragam aktivitas bertemakan luar ruangan dengan tenda sebagai tempat menginap menjadi penciri produk Pesona Highland Camp, kegiatannya berupa training, outbound, LDKS, Orientasi kampus dan kepanduan / kegiatan pramuka