19 tempat Wisata di Bogor dan Puncak terhit, satunya untuk genre kemah keluarga…

Bogor dan kawasan pariwisata Puncak telah menjadi tempat berlibur warga Jakarta dan sekitarnya, beragam tempat wisata di Bogor dan Puncak banyak menyuguhkan nuansa wisata alam, wisata pegunungan dan wisata pedesaan dengan beragam Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) dan segala pernak-pernik aktivitas wisata.

Belakangan ini, Genre kemah keluarga banyak diminati oleh wisatawan domestik kelas menengah atas. Kegiatan family camp merupakan solusi wisata pro-edukasi dalam mengisi liburan bersama keluarga, sekaligus membangun komunikasi efektif dan kualitas sebuah kebersamaan dalam keluarga. Kegiatan camping  bersama keluarga merupakan salah satu alternatif liburan keluarga bergenre petualangan yang memiliki banyak manfaat, terutama bagi anak-anak.

Kemah keluarga adalah kegiatan rekreasi bersama keluarga yang dilakukan di alam terbuka dengan tenda sebagai tempat tinggal sementaranya, bertujuan guna mendapatkan pengalaman petualangan dialam bebas dan pembelajaran tentang lingkungan hidup, serta membangun kualitas kebersamaan dalam keluarga. Salah satu tempat wisata di Bogor yang menfasilitasi kemah keluarga adalah Highland Camp, lokasinya berada dalam kawasan pariwisata Curug Panjang. Dan beberapa tempat camping lainnya pun secara khusus menyediakan spot berkemah untuk keluarga, karena genre wisata kemping keluarga memiliki kekhususan tersendiri, baik  fasilitas maupun aktivitasnya.

Selain tempat wisata untuk camping keluarga, dibawah ini terdapat 19 tempat wisata di Bogor yang cukup populer dengan kekhasan venue dan beragam aktivitas wisata yang dihadirkan pada setiap tempat wisata nya.

Whatsapp

Baca Juga :
Review Aktivitas Family Camp di Puncak Bogor

Tempat Camping di Bogor untuk genre kemah keluarga

Selain dapat menfasilitasi kegiatan kemah keluarga, tempat camping Curug Naga, Bumi Perkemahan Ciputri dan Kampung Rimba camp merupakan tempat camping yang berada dalam kawasan hutan pegunungan bawah dengan dominasi tutupan pinus merkusii untuk beragam aktivitas berkemah, seperti gathering dan outing dengan tenda sebagai tempat tidur sementaranya dan dengan balutan nuansa petualangan.

Camp Curug Naga

Tempat Wisata di Bogor – Camp Curug Naga merupakan tempat wisata di Bogor Puncak dengan akomodasi kemah sebagai penciri utama kegiatannya. Camp Curug Naga merujuk pada 3 (tiga) tempat camping yang lokasinya berada dan berbatasan dengan curug naga yaitu Highland Camp, TAM camp dan Samara Camping Ground.

Camp Curug Naga berada di kawasan Pariwisata Curug Panjang, dipunggungan barat Gunung Paseban.  Curug Naga itu sendiri merupakan komplek air terjun yang sangat eksotis, yang merupakan satu kesatuan utuh dari ke-empat terjunan air yang berada di aliran sungai Ciesek / Cirangrang, komplek air terjun curug naga meliputi curug orok, curug priuk, curug barong dan curug naga.

Bumi Perkemahan Ciputri

Tempat Wisata di Bogor – Berada pada kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, di Desa Tapos I di Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor – Jawa Barat. Dinamai Camping Ground Curug Ciputri karena adanya curug Ciputri disekitar area berkemah. Selain air terjun Curug Ciputri, disekitar bumi perkemahan terdapat pula 27 air terjun lainnya yang menyebar dengan beragam kharakter terjunan airnya, dan yang terdekat dengan campsite adalah Curug Padalarang dan curug Goong .

Kampung Rimba Camp

Tempat Wisata di Bogor – Kampung Rimba camp merupakan perkemahan yang lokasinya berada di Jl. Ciburial Kampung Baru Jeruk, Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Memiliki  karakter perkemahan dengan dominasi vegetasi pinus merkusii sebagai tutupannya. di Kampung Rimba camp terdapat aliran sungai dan hutan yang berpadu padan dengan fasilitas buatan, didesain dengan pendekatan natural untuk beragam kegiatan seperti kemah keluarga, gathering dan outbound dalam balutan suasana kemping dan wisata petualangan.

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Bogor Jawa Barat

Tempat Wisata Alam di Bogor yang dilingkar dua Taman Nasional

Bogor yang dilingkar oleh Gunung Gede-Pangrango serta gunung Salak dan pegunungan Halimun, banyak memiliki tempat wisata bernuansa alam dan pegunungan dengan keindahan lansekap alam, fisik bumi dan kekayaan yang terkandung didalamnya.

Agro Wisata Gunung Mas

Tempat Wisata di Bogor – Agrowisata Gunung Mas1)Referensi : “DISCOVER BOGOR” Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kabupaten Bogor berada pada ketinggian 800 – 1200 meter diatas permukaan laut, memiliki suhu udara rata-rata berkisar 12-22 derajat celcius, sehingga tempat wisata di Bogor Puncak ini terasa segar, sejuk dan nyaman untuk beristirahat atau sekedar relaksasi guna melepas kepenatan rutinitas kehidupan di kota modern.

Tempat wisata di Bogor dengan kekhasannya adalah perkebunan teh di punggungan utara gunung gede pangrango di desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat memiliki beragam macam fasilitas dan aktivitas wisata alam pegunungan baik untuk wisata keluarga, perorangan ataupun wisata berkelompok.

Beberapa aktivitas wisata yang dapat dilakukan di kawasan Agrowisata Gunung Mas Puncak Bogor adalah wisata berkuda ditengah hamparan perkebunan teh yang menghijau, teawak, berkemah, dan lain sebagainya. Aktivitas wisata di Gunung Mas inipun didukung dengan fasilitas buatan penunjang wisata yang cukup memadai dan dikelola secara baik seperti penginapan, area berkemah, fasilitas umum seperti toilet/WC dan lainnya.

Bukit Gantole

Tempat Wisata di Bogor – Bukit Gantole2)Lihat 1 merupakan tempat wisata di Bogor yang menyediakan olahraga paralayang dengan Fly Indonesia Paragliding sebagai pengelolanya. Bukit Gantole berada Jl Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Olahraga Paragliding dikawasan pariwisata alam Puncak Bogor ini di prakarsai oleh para atlit olahraga paralayang.

Untuk menikmati petualangan angkasa laksana seekor elang yang terbang membelah angkasa Puncak dengan sayap-sayapnya, wisatawan akan terbang dengan didampingi oleh seorang profesional semenjak lepas landas dari spot bukit Gantole.

Seorang wisatawan akan menikmati terbang bebas diatas ketinggian pesona perkebunan teh agrowisata Gunung Mas selama 5 – 20 menit semenjak, terhitung dari semenjak lepas landas sehingga menuju tempat pendaratan (landing), lama durasi penerbangan dipengaruhi oleh keadaan cuaca yang terjadi di jalur penerbangan atau pada kawasan Agrowisata Gunung Mas. 

Wisata Alam Cibalung

Tempat Wisata di Bogor – Wisata Alam Cibalung Happy Land adalah sebuah tempat wisata di Bogor bergenre agrowisata, Lokasi wisata Bogor ini menggabungkan antara wisata alam, water park, berkemah, wisata edukasi, dengan beragam fasilitas akomodasi dan kuliner yang disajikan di Kampung Cibalung, Kecamatan Cijeruk, kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan luas areal wisata sekitar 6 hektar.

Tempat Wisata di Bogor yang berada di timur laut gunung salak  menawarkan pengalaman liar yang memompa adrenalin, di Cibalung Happy Land Tourism memiliki berbagai wahana yang dapat memacu adrenalin, seperti buggy, tranpoline, ATV rider, flying fox, paint ball dan rafting. Selain wisata yang dapat memacu adrenalin, Wisata Alam Cibalung memiliki fasilitas untuk kegiatran agrowisata sebagai bagian daripada wisata pedesaan berbasis edukasi, bentuk kegiatannya seperti memerah susu sapi, menanam padi, membajak sawah, menangkap bebek dan ikan di kolam tangkap, dan lainnya.

Taman Safari Indonesia

Tempat Wisata di Bogor – Taman Safari Indonesia adalah salah satu tempat wisata di Bogor Puncak yang terpopuler, Taman Marga Satwa di Puncak ini berada di zona penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango pada ketinggian 900 -1800 mdpl, dengan suhu rata-rata berkisar 16-24 derajat celcius, didirikan pada tahun 1980, berlokasi di Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Taman Safari Indonesia ditetapkan sebagai obyek wisata nasional Indonesia oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada era tahun 1990-an. Dan, pengelolaan kawasan Taman Safari Indonesia dipercayakan kepada Yayasan Taman Safari yang merupakan pemilik sekaligus pengelola obyek Wisata Taman Safari Indonesia.

Taman Safari Indonesia menyediakan beragam fasilitas dan aktivitas pariwisata seperti trek, karavan dan hotel, wild wild west, safari malam dan beragam fasilitas dan aktivitas lainnya untuk wisata keluarga, perorangan dan wisata dalam kelompok.

Kawah Ratu

Tempat Wisata di Bogor – Kawah Ratu3)disadur dari Buku “Panduan 5 Destinasi Wisata Alam di Taman Nasional Gunung Halimun Salak” ; Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak ; 2016 merupakan tempat wisata di Bogor yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, memiliki obyek wisata alam dengan fitur yang cukup lengkap. Di lokasi ini, anda dapat menikmati indahnya air terjun, area berkemah atau camping ground one day visit barbeque outbond yang cukup luas, dan tentunya anda dapat menikmati pemandangan bekas letusan dahsyat Gunung Salak, berupa Kawah Ratu. Bagi anda yang ingin berwisata beserta teman sekolah, teman kantor ataupun keluarga menikmati indahnya alam hutan dan sejuknya hawa pegunungan, baik bermalam di tenda ataupun hanya sekedar untuk bersantai, atau , lokasi ini sangat tepat untuk dikunjungi.

Kawah Ratu merupakan salah satu Resort (RPTN) yang ada di SPTN Wilayah III Sukabumi, Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lokasi ini sejatinya adalah kaki Gunung Salak dari sisi lereng selatan Gunung Salak. Sedangkan secara administratif pemerintahan, lokasi wisata berbatasan dengan Desa Cidahu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Vegetasi tumbuhan yang ada di lokasi wisata Kawah Ratu cukup unik. Di sebelah bawah, kita bisa menikmati gugusan pohon Damar (Agathis dammara) dengan batang yang lurus, berdaun menyerupai jarum. Tanah dibawah tegakan pohon ini relatif bersih dari vegetasi bawah, sehingga banyak dijadikan sebagai lokasi berkemah (camping ground). Pada bagian hutan bervegetasi homogen ini, masih dijumpai beberapa satwa liar seperti Monyet ekor panjang (Macaca fasicularis), Jelarang (Ratufa bicolor), jenis-jenis musang, burung dan lainnya. Pada bagian atas menuju jalur hiking ke Kawah Ratu, kita akan mendapatkan suasana hutan belukar alami khas pegunungan tropis.

Di area ini kita dapat menjumpai satwa liar yang lebih beragam, baik secara visual, dari jejak maupun suaranya. Pada kawasan bervegetasi hutan hujan tropis ini, anda berkemungkinan untuk melihat Surili (Presbytis comata), Monyet Ekor Panjang (Macaca fasicularis), Owa Jawa (Hylobathes moloch), Lutung (Trachypithecus auratus), Macan Tutul atau Macan Kumbang (Panthera pardus melas) melalui perjumpaan tidak langsung dari kotoran, jejak kaki, pada batang pohon dan tanah, serta tentu saja kita dapat mendengar beragam suara k as dari serangga dan berbagai burung kecil. Sebagai catatan tambahan, selama ini tidak pernah terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh serangan binatang buas terhadap manusia.

Objek Wisata Alam

    1. Area Berkemah/ Camping Ground ; Di Resort Kawah ratu, terdapat fasilitas area berkemah (camping ground) yang sangat luas. Area ini terbagi kedalam 3 (tiga) blok, yang dilengkapi dengan fasilitas MCK/toilet. Terdapat juga warung-warung yang menyediakan makanan berat dan ringan. Ketiga blok ini terletak bersusun, mulai dari blok paling bawah sampai blok 3 di lokasi yang paling atas. Antar blok area berkemah, dihubungkan dengan sarana jalan beraspal yang cukup baik, dapat dilewati kendaraan roda dua maupun empat. Dari lokasi ini anda dapat menyaksikan matahari terbit di puncak Gunung Gede. Lokasi ini banyak dikunjungi, terutama pada akhir pekan dan hari libur, terutama pada saat malam perayaan tahun baru.
    2. Air Terjun ; Resort Kawah Ratu memiliki 7 (tujuh) air terjun dengan lokasi yang cukup tersebar. Namun demikian, air terjun yang mudah dan biasa dikunjungi hanya berjumlah 5 air terjun, yaitu Curug 1, 2, 3, Curug Dua Undak dan Curug Ngumpet. Pengunjung biasa menikmati keseruan bermain di bawah air terjun dan mengambil foto. Gemuruh suara air dan angin yang tercipta dari aliran air terjun ini menambah suasana alami yang seru.
    3. Kawah Ratu ; Kawah Ratu merupakan bekas letusan Gunung Salak, yang terakhir kali terjadi pada tahun 1938. Dari letusan gunung ini terbentuk area kawah yang dinamai Kawah Ratu dengan luas sekitar 2 hektar, yang sampai saat ini masih mengeluarkan air dan uap panas serta gas belerang. Kawah ini sudah sering dijadikan lokasi tujuan atau pendakian, sebagai suatu fenomena alam yang menarik. Kawah Ratu dapat dicapai melalui perjalanan pendakian selama sekitar 1,5 jam (3,5 Km) dari kantor Resort Kawah Ratu di Cidahu. Di tengah jalur pendakian, terdapat suatu lapangan dengan luas sekitar 0,75 hektar, yang dapat digunakan untuk berkemah maupun sebagai area penerbangan . Karena kandungan belerang bisa sangat tinggi, para pengunjung dilarang untuk turun ke kawah dan hanya diijinkan.

Wisata Air Panas Ciparay

Tempat Wisata di Bogor – Wisata Air Panas Ciparay merupakan salah satu tempat wisata di Bogor dengan obyek Daya Tarik Wisatanya adalah kolam pemandian Air Panas, berada di Kawasan Taman Nasional Halimun, Ciparay, Gunung Sari, Pamijahan,  Bogor, Jawa Barat.

Untuk mencapai lokasi pemandian air panas yang airnya langsung mengalir dari gunung salak, pengunjung harus menuruni sekitar 400 anak tangga sehingga mencapai kolam pemandian. Lokasi disekitar lingkungan pemandian Air panas Ciparay masih asri dan alami, kondisi lingkungan inipun menjadi salah satu penyebab daya tarik wisatawan untuk berkunjung.  Wisata air panas ciparay merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang cukup favorit untuk memanjakan badan di kolam air panas. Disekitar kolam pemandian air panas terdapat saung-saung untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam pegunungan.

Kebun Wisata Pasir Mukti

Tempat Wisata di Bogor – Tak ayal, bahwa rutinitas kehidupan kota modern yang dilakoni setiap harinya secara monoton kerap menjenuhkan, sehingga membutuhkan sebuah suasana yang baru dan berbeda, semisal mengunjungi wilayah dipedesaan dimana alamnya yang masih segar dengan kehidupan masyarakat yang ramah tamah.

Kebun wisata pasir mukti adalah solusi untuk melepas rutinitas kehidupan kota modern dengan aktivitas wisata agro, Tempat Wisata di Bogor yang memiliki  luasan sekitar 15 hektar merupakan kawasan wisata ramah lingkungan dengan panorama hamparan sawah diantara kebun buah dan kolam pancing ikan.  Kebun Pasir Mukti berada di Kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

Di kebun wisata Pasir Mukti, wisatawan dapat berperan sebagai petani desa yang melakukan aktivitas selayaknya seorang petani desa, seperti membajak sawah, berkebun dan lain sebagainya, di Kebun Wisata Pasir Mukti pun, wisatawan dapat belajar bagaimana cara bertanam dengan beragam bibit dan media tumbuh.

Baca Juga :
Tentang wisata Berkemah

Desa Wisata di Bogor ; Wisata Pedesaan yang ramah lingkungan

Sebagian besar kharakteristik dan penciri desa wisata di Bogor menyuguhkan wisata alam, wisata budaya dan wisata pertanian, hal itu karena masyarakat desa di Bogor merupakan masyarakat agraris dengan lingkungan yang asri. Itulah yang menjadi daya tarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berwisata ke desa.

Desa Wisata Malasari

Tempat Wisata di Bogor – Lanskap buatan berupa pesawahan terasering yang indahnya laksana terasering di Bali dan perkebunan teh Nirmala Agung yang ditata sedemikian rupa oleh para leluhur penduduk Malasari dan Pemerintah kolonial Belanda, telah menampilkan pemandangan indah nan eksotis. Keelokan Desa Wisata Malasari semakin mempesona di tambah dukungan kondisi geografi dan fisik Desa Wisata Malasari yang memiliki banyak terjunan air serta aliran sungai dengan berbagi variasinya. Element air yang menyebar di kawasan Desa Wisata Malasari kerap menghadirkan pelangi, hal inilah yang di sangkakan oleh sebagian orang bahwa “Pelangi itu ternyata adanya di Desa Wisata Malasari“. Dan, sangkaan ini pula yang menjadi taqline promosi Desa Wisata Malasari4)dikutip dari situs Wisata Halimun.

Desa Wisata Kiarasari

Tempat Wisata di Bogor – Berada di Bogor kecamatan Sukajaya, dengan alamnya yang berkontur, berundak dan dikelilingi oleh Hutan Halimun. Masyarakat Desa kiarasari menginduk pada kasepuhan Cipatat kolok dan Kasepuhan Urug yang menjadi puser dayeh Kasepuhan Halimun di tiga kabupaten. Ketaatan masyarakat Desa Kiarasari terhadap adat sampai saat ini masih mempengaruhi pola perilaku kehidupan sehari-hari, gaya arsitektur pada pembangunan rumah dan cara bertani serta cara berpikir masyarakat dalam kesehariaannya. Dan, hal inilah yang menjadi daya tarik wisata Kiarasari selain suguhan hamparan persawahan dengan segala aktivitas masyarakat agraris.

Desa Wisata Ciasihan

Tempat Wisata di Bogor – Desa Wisata Ciasihan berada di Kecamatan Pamijahan Bogor – Jawa Barat, yang sebagaian besarnya ada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Dan, di sebelah timur Desa Wisata Ciasihan terdapat Kawah Ratu. Obyek Daya Tarik Alam untuk wisata petualangan ini  merupakan salah satu unggulan wisata di Ciasihan Bogor yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik ataupun wisatawan mancanegara. Daya tarik desa wisata Ciasihan lainnya adalah air terjun yang eksotis yang menyebar di sekitar desa wisata, suasana perkampungan dan lainnya.

Di Desa Wisata Ciasihan terdapat tempat berkemah untuk menginap wisatawan ketika berkunjung, selain menginap di homestay yang tersebar disekitar desa wisata Ciasihan. Ketika berkunjung, wisatawan akan dipertunjukan beragam kesenian alat musik tradisional pukul Celempung dan alat musik petik Kecapi, seni alat musik tradisioanal tersebut merupakan atraksi kesenian masyarakat pendukung pariwisata di desa wisata Ciasihan.

Desa Wisata Tugu Selatan

Tempat Wisata di Bogor – Desa Wisata Tugu Selatan merupakan desa dengan pesona keindahan alam pegunungan sebelah timur laut gunung gede pangrango, berada di Kecamatan Cisarua Bogor Jawa Barat. Desa Wisata Tugu Selatan yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango banyak menghadirkan wisata alam bernuansa pegunungan.

Desa Cimande

Tempat Wisata di Bogor – Sejarah telah mencatat bahwa seni bela diri Cimande merupakan salah satu kekayaan warisan budaya bangsa Indonesia yang berasal dari Desa Cimande kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor – Jawa Barat. Desa Cimande yang berada di barat laut gunung gede pangrango memiliki daya tarik wisatanya berupa seni silat Cimande dan seni pengobatan patah tulang yang terlahir dari kearfian lokal warga Cimande di masa lampau.  

Kampung Wisata Djampang

Tempat Wisata di Bogor – Kampung Wisata Djampang terletak di kawasan zona Madina Bogor yang memberikan pengalaman lebih ketika berwisata di Bogor. Kampung wisata Djampang dikelilingi oleh beberapa danau yang cukup besar, dengan wisata peternakan menjadi salah satu unggulan wisata Djampang.

Ketika berwisata di Kampung wisata Djampang, wisatawan akan diajak secara langsung bersentuhan dengan lingkungan sekitar. Anak-anak dapat merasakan bermaian sambil mengikuti pelatihan budidaya jamur atau Ikan, pelatihan silat praktis dan aktivitas wisata lainnya yang bertemakan eduwisata.

Baca Juga :
Wisata Air Terjun Berbasis Adventure yang Seru Abis..!

Resume Tempat Wisata di Bogor yang paling populer untuk camping keluarga, Wisata Alam dan Wisata Desa

Tempat wisata di Bogor banyak menyuguhkan wisata alam, wisata desa dan wisata pegunungan, hal ini terkait karena letak geografis Bogor yang di kelilingi oleh 3 gunung yaitu gunung Salak dan Gede Pangrango dan sebuah pegunungan Halimun. Beragam kegiatan dalam balutan nuansa alam pegunungan dan suasana desa telah menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berwisata ke Bogor.

Catatan kaki   [ + ]

1.Referensi : “DISCOVER BOGOR” Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kabupaten Bogor
2.Lihat 1
3.disadur dari Buku “Panduan 5 Destinasi Wisata Alam di Taman Nasional Gunung Halimun Salak” ; Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak ; 2016
4.dikutip dari situs Wisata Halimun