Family Gathering Perusahaan dan Paket Outbound di Bogor

Diadakannya family gathering perusahaan adalah sebuah bentuk perhatian dan apresiasi perusahaan terhadap karyawan, selain untuk menjalin hubungan yang lebih erat antar sesama karyawan, manajemen maupun keluarga dari karyawan. Saat family gathering, karyawan bisa berbagi banyak hal, bukan sebatas pada pekerjaan semata namun sharing mengenai hobi, kehidupan sehari-hari, dan lainnya.

Sebagai tempat gathering dalam nuansa alam yang masih asri dan dalam balutan suasana camping, Highland camp curug panjang telah banyak menyelengarakan event gathering perusahaan, baik perusahaan nasional maupun international.

Kegiatan employe gathering, family gathering (gathering yang dilakukan untuk keluarga karyawan) maupun customer gathering, yaitu bentuk kegiatan gathering yang diselenggarakan oleh perusahaan untuk para pelanggannya sebagai bentuk apresiasi terhadap loyalitas konsumen, programnya diselengarakan dalam muatan outbound dan petualangan.

H o t l i n e

+62 819-1005-4000

Whatsapp

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Alur aktivitas gathering dengan muatan outbound dan adventure

Event gathering dan outing programnya dapat didesain dengan memadukan antara program journey dan outbound dalam sebuah rangkaian kegiatan guna membangun kebersamaan, mempererat kekerabatan dan menghadirkan suasana santai (relaksasi).

Outbound1)Menurut Gass (1993) (Ancok, 2013: 3) bahwa metode pelatihan dengan cara permainan di alam terbuka yang kemudian dikenal dengan outbound training juga dapat digunakan untuk kepentingan terapi kejiwaan. Aktivitas outbound training dilakukan menggunakan unsur olahraga dan permainan yang cenderung membuat peserta terlibat langsung secara kognitif (pikiran), afektif (emosi) dan psikomotorik (gerakan fisik motorik). Sehingga secara psikologis dapat dijumpai keterangsangan emosi dan fisik motorik pada diri peserta (Ancok, 2013: 6); Kegiatan outbound mempunyai arti kegiatan di luar ruangan tersebut mengandung unsur permainan, edukasi, serta rekreasi. Melalui permainan-permainan ringan yang menarik, peserta dihadapkan pada suatu tantangan untuk dipecahkan secara bersama- sama dengan sejenak melepaskan atribut masing-masing. Sehingga diharapkan tercipta suasana keakran, kebersamaan serta kerjasama tim yang nantinya bermanfaat dalam mengatasi permasalahan yang lebih besar (Umar, 2011); Bahwa outbound training bermanfaat dalam membangun kerjasama tim maupun pembentukan sifat sosial yang berperan dalam dukungan sosial. Susilo (2005: 15) merupakan salah satu metode pembelajaran yang unik, bermanfaat untuk membangun karakter kesuksesan dalam kehidupan, baik kesuksesan pada tingkat individu maupun kesuksesan tim/kelompok. Metode dalam pembelajaran outbound dilakukan dengan cara yang unik dan efektif untuk mengakomodasi / kebutuhan akan tuntutan terhadap hasil suatu pembelajaran, bentuknya berupa game-game yang ringan mengandung makna yang dalam, filosofis, dan sarat akan pesan-pesan simbolik. Pembelajaran dengan menggunakan metode Outbound cukup efektif dalam membangun pemahaman terhadap suatu konsep dan membangun prilaku karakter individu. Karakter akan tertanam dan akan menjadi pribadi individu yang lebih baik.

Sementara itu, journey adalah aktivitas penjelajahan dalam kawasan punggungan barat daya gunung paseban dari tempat berkemah menuju curug panjang dengan kegiatan hiking/treking hutan, menelusuri sungai/susur sungai, mendaki air terjun curug sainah dan di akhiri dengan wisata air terjun, atau melakukan penjelajahan di dua air terjun dalam aktivitas jelajah curug.

Secara garis besar, aktivitas gathering dalam yang kegiatannya diselenggarakan di Highland Camp pada kawasan pariwisata curug panjang, terbagi dalam tiga kegiatan utama yang masing-masing kegiatan memiliki muatannya tersendiri, yaitu fun outbound, perpformence dan journey / petualangan.

Outbound (fun Outbound)

Outbound ataupun fun outbound merupakan bentuk pembelajaran di alam terbuka dengan pendekatan yang unik untuk menghadirkan pengalaman sebagai muatan pembelajaran, sederhana dan menyenangkan. Secara umum, outbound memiliki empat tahap rangkaian proses, yaitu:

a. Ice Breaking dalam outbound

Adalah proses adaptasi, bentuk kegiatannya berupa permainan pengenalan diri untuk mencairkan kekakuan melalui cara interaktif dan menyenangkan dengan permainan-permainan yang melatih konsentrasi, kecermatan dan fokus..

b. Group Dynamic dalam outbound

Adalah pengkondisian kohesivitas kelompok dengan mengembangkan rasa kebersamaan dan keterbukaan. Bertujuan agar para peserta dapat merasakan proses terbentuknya kelompok, pentingnya semangat dan rasa memiliki kelompok. Materi dalam group dynamic adalah permainan-permainan yang dapat melatih kepemimpinan, kerjasama tim, komunikasi efektif, pengendalian diri, kesabaran, disiplin, tanggung jawab, kecermatan, kreatif dan kepercayaan.

c. Adventure Team Challenge

Pada tahap ketiga, peserta akan dihadapkan pada tantangan demi tantangan agar dapat belajar dan menyadari potensi yang dimiliki, mengenali dasar-dasar dalam bersikap, memotivasi diri dan orang lain serta memahami perubahan paradigma untuk mencapai sasaran bersama.

d. Final Project dalam outbound

Adalah Interaksi antar kelompok, para peserta akan dibagi menjadi dua kelompok besar, lalu dihadapkan pada tantangan inter-group problem solving untuk mengembangkan saling tergantungan (interdependensi) dan persaingan secara positif guna meningkatkan kualitas kelompok, sehingga mencapai sasaran yang lebih berkualitas dan prestatif.

Hiburan dan Performance

Adalah malam kebersamaan dengan berbagai aktivitas santai dan menyenangkan seperti menghangatkan diri didepan api unggun, aktivitas berbeque, pembagian doorprice, bermain musik atau melakukan pengamatan binatang malam seperti kunang-kunang. 

Baca Juga :
Jelajah Curug Naga, Wisata Air Terjun Berbasis Adventure yang Seru Abis..!

Journey atau jelajah air terjun

Adalah sebuah petualangan bergenre wisata minat khusus di wisata alam curug naga. Pada sesi jelajah 2 curug, peserta gathering plus akan menelusuri jalanan setapak yang penuh tantangan, menyusur arus sungai dan jeramnya, akan berenang dalam kesegaran air berwarna hijau tosca ditengah eksotisnya formasi tajuk tegakan, dan akan melakukan lompatan lompatan dari tebingan air terjun (Cliff Jumping) dan Body Rafting di Curug Barong, Naga, Orok dan Curug Priuk.

Dalam petualangan ini, alam akan menjadi untaian symponi yang menakjubkan dimana aktivitas fisik dan olah emosi wisatawan akan berpadu peran dengan instrumen hutan, dengan elemen air dan bersama nyanyian binatang penghuni curug lerengan gunung Paseban.

Paket outbound Bogor dan gathering di Highland camp

Paket Outbound Bogor – Dibawah ini adalah link paket – paket gathering, outbound, camping dan paket adventure yang kegiatannya dilakukan di Highland Camp Curug Panjang dan kawasan pariwisata curug panjang Puncak Bogor – Jawa Barat.

Catatan kaki   [ + ]

1.Menurut Gass (1993) (Ancok, 2013: 3) bahwa metode pelatihan dengan cara permainan di alam terbuka yang kemudian dikenal dengan outbound training juga dapat digunakan untuk kepentingan terapi kejiwaan. Aktivitas outbound training dilakukan menggunakan unsur olahraga dan permainan yang cenderung membuat peserta terlibat langsung secara kognitif (pikiran), afektif (emosi) dan psikomotorik (gerakan fisik motorik). Sehingga secara psikologis dapat dijumpai keterangsangan emosi dan fisik motorik pada diri peserta (Ancok, 2013: 6); Kegiatan outbound mempunyai arti kegiatan di luar ruangan tersebut mengandung unsur permainan, edukasi, serta rekreasi. Melalui permainan-permainan ringan yang menarik, peserta dihadapkan pada suatu tantangan untuk dipecahkan secara bersama- sama dengan sejenak melepaskan atribut masing-masing. Sehingga diharapkan tercipta suasana keakran, kebersamaan serta kerjasama tim yang nantinya bermanfaat dalam mengatasi permasalahan yang lebih besar (Umar, 2011); Bahwa outbound training bermanfaat dalam membangun kerjasama tim maupun pembentukan sifat sosial yang berperan dalam dukungan sosial. Susilo (2005: 15)