Curug Naga Camping Ground dan Highland Camp Puncak untuk gendre kemah keluarga

Akan ada banyak hal yang dapat dilakukan Ketika anda dan keluarga berkemah di Curug Naga Camping Ground atau Highland Camp Curug Panjang yang memiliki suasana, “nyaman, personal dan menenangkan”. Aktifitas berenang di air terjun curug Panjang, jelajah air terjun di komplek wanawisata Curug Naga, trekking hutan dan susur sungai, menikmati mentari pagi dengan segelas teh dan sebuah buku, atau pada malam harinya anda dan keluarga dapat mengangatkan diri disekitar api unggun selagi barbeque, itu semua merupakan sebagian kegiatan yang dapat dilakukan ketika berkemah di Curug Naga Camp atau Highland Camp Curug Panjang.

Whatsapp

Baca juga :
Curug Naga sebagai tempat wisata alam dan camping di Puncak Bogor

Memang, bagi sebagian orang camping classic dikesankan seperti aktivitas layaknya kegiatan kepanduan atau pramuka pada jaman sekolah SMA atau SMP, dimana bersusah-susah dan kotor (karena tidak didukung oleh fasilitas camp dan perlengkapan berkemah yang memadai ) menjadi penciri dari kegiatan camping classic, atau disangka-kan layaknya seperti para pendaki gunung dengan perlengkapan seadanya ketika berkemah di puncak-puncak gunung, dimana keterjangkauan spot mendirikan tenda harus dicapai dengan menempuh perjalanan jauh, mendaki dan melelahkan.

Pada akhirnya, para pebisnis camping mencari terobosan terbarukan, adalah glamour camping yang popular dengan “GLAMPING” dianggap sebagai solusi untuk mengakomodir masyarakat yang tidak terlahir dan memiliki kecenderungan minat yang dalam terhadap camping, namun mereka ingin menikmati suasana berkemah, namun sesungguhnya yang dianggap solusi, belum tentu menjadi solusi. Hal ini karena bagi sebagian orang suasana resort terasa lebih kental dibandingkan dengan suasana campingnya, dan bagi sebagian lainnya, glamping merupakan pengalaman yang menggabungkan suasana tenda masyarakat nomaden dengan kenyamanan hotel.

Video 1 : CNN Refortase

Classic Camp

Camping merujuk pada sebuah aktivitas berkemah yaitu membuat (mendirikan) kemah untuk bermalam dan sebagainya. Sementara, kemah adalah tempat tinggal darurat, biasanya berupa tenda yang ujungnya menyentuh tanah dan dibuat dari kain terpal dsb. (KKBI), Dan, camping classic adalah sebuah aktifitas berkemah dengan tenda sebagai tempat menginapnya dan beragam wisata minat khusus yang menjadi kegiatannya, dilakukan di bumi perkemahan dalam Taman Nasional, Taman Hutan Raya (Tahura) dan atau tempat-tempat yang di desain sebagai lokasi camping classic. Aktifitas membuat/mendirikan dan membongkar tenda dapat dilakukan oleh pekemping dan atau staff di sebuah camping ground.

Beberapa pandangan masyarakat yang menganggap bahwa camping classic harus memiliki perlengkapan berkemah sendiri dan pengetahuan tentang aktivitas berkemah, dibeberapa lokasi camping, telah banyak menyediakan tenda dan perlengkapan lainnya seperti kasur, matras, flysheet, pemanas air bahkan aktifitasnya seperti hiking/trekking, susur sungai, pengamatan biodersity, atau sebatas aktifitas barbeque di sekitar api unggun pada malam hari.

Glamour Camping atau Glamping

glamping di bogor
Figure 1 ; Glamping Tent

Glamour Camping atau yang popular dengan sebutan Glamping merupakan tempat menginap dengan menggunakan tenda yang didesain menyerupai tenda-tenda masyarakat nomaden pada zaman dahulu dan atau tempat menginap layaknya yang dipersiapkan oleh sebuah kerajaan ketika seorang raja melakukan kegiatan berburu ataupun perang dengan kemewahan fasilitas kerajaan pada zamannya. Pada saat ini, fasilitas tenda dalam glamping dilperlengkapi seperti sebuah kamar hotel yang mewah, kendatipun kemewahan itu sendiri sifatnya subjektif, dan tenda-tenda yang dibangunpun itu permanen.

Baca Juga :
Glamping; pembiasan atas pakeman glamorous camping

Curug Naga camping ground dan Highland camp Curug Panjang untuk kemah keluarga dengan genre classic camp

Highland camp Curug Panjang dan Camping Ground Curug Naga berada dalam kawasan wisata minat khusus Curug Panjang, terletak dilerengan barat daya Gunung Paseban Megamendung Bogor. Kedua tempat camping ground yang banyak menfasilitasi camping keluarga ini terpisahkan oleh sebuah aliran sungai Ciesek yang merupakan hulu sungai Ciliwung.

Karena berada dalam satu kawasan yang sama, Highland Camp Curug Panjang dan camping ground Curug Naga memiliki persamaan karakter perkemahan, dimana dominasi ruang-ruang hijau dan eleman air menjadi karakter khas sekaligus unik.

Selain aktifitas yang dapat dilakukan oleh keluarga disekitar tenda terbangun seperti barbeque, memasak, api unggun dan lainnya, kegiatan wisata minat khusus merupakan hal yang banyak di buru oleh penikmat camping keluarga ketiak berkemah di Curug Naga camping ground dan Highland camp Curug Panjang, kegiata tersebut adalah :

Hiking / trekking

highland camping ground
Figure 2 : Hiking

Hiking merupakan olahraga ringan dengan berjalan kaki dari Highland camp menuju air terjun Curug Panjang dengan melewati jalur interprestasi yang berada dalam hutan di kawasan camp curug Panjang dan melewati beberapa aliran sungai hulu ciliwung. Kegiatan hiking dapat dilakukan Ketika wisatawan berkemah di Highland Camp Curug Panjang.

Dalam perjalanan hiking / trekking, wisatawan akan diperhadapkan dengan beragam tantangan penjelajahan hutan berupa jalanan yang menanjak, menurun dan sebagian lainnya jalur datar. Dibeberapa spot, wisatawan akan memasuki lorong-lorong hutan yang dinaungi oleh tanaman perdu seperti pohon kaliandra, dls. Durasi perjalanan ini dapat memakan waktu tempuh sekitar 60 s.d 120 menit tergantung pada pilihan jalur hiking yang yang ditempuh dan kemampuan seseorang dalam menempuh aktifitas trekking dan hiking.

Susur sungai

Di Highland camp curug Panjang terdapat tiga aliran sungai yang melintas kawasan camping ground yang kerap digunakan sebagai lokasi kegiatan susur sungai, aktifitas susur sungai itu adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dengan hiking/trekking jika tujuan akhir susur sungai adalah venue air terjun curug Panjang. Dan, oleh beberapa keluarga pekemping, aliran sungai yang berada dalam kawasan Highland Camp Curug Panjang ini digunakan sebagai tempat bermain anak-anak.

Tempat Wisata di Bogor
Figure 3 : Susur sungai

Jelajah air terjun curug naga

Jelajah Curug Naga adalah sebuah aktifitas wisata minat khusus bergenre petualangan yang dilakukan pdi komplek air terjun Curug Naga. Aktivitas jelajah ini berupa hiking / trekking, susur sungai, body rafting, cliff jumping, dan berenang di kolam terjunan air terjun.

Kegiatan penjelajahan Curug Naga dapat dikuti oleh wisatawan dengan rentang usia 12 s.d 50 tahun dan dengan kondisi fisik yang prima. Tidak seperti susur sungai dan Hiking di Highland Camp Curug Panjang yang dapat di ikuti oleh beragam usia dengan perlengkapan tracking pole, pada penjelajahan curug Naga, wisatawan harus menggunakan body protector, helmet dan perlengkapan keselamatan standar lainnya.

Baca Juga :
Jelajah Curug Naga, wisata di Puncak Bogor berbasis Adventure

Wisata air terjun terjun curug Panjang

Tempat Wisata di puncak
Figure 4 : Wisata Curug Panjang

Berbeda dengan air terjun lainnya dalam komplek aliran sungai Ciesek yaitu curug Naga, Curug Barong, Curug Priuk yang diperuntukan untuk wisata minat khusus, Curug Panjang merupakan air terjun dengan terjunan bernetuk slope yang memiliki diameter kolam terjunan air 10 meter yang diperuntukan untuk wisata massal.

Dalam komplek wisata air terjun curug Panjang yang dapat ditempuh dari 2 pintu masuk yaitu Cilember dan Megamendung, memiliki beberapa fasilitas wisata seperti toilet, mushola, lapangan parker, spot-spot berkemah dan warung-warung penduduk yang meyediakan makanan dan minuman.

Baca Juga :
Wisata Alam Curug Panjang

Pengamatan tumbuhan hutan dan satwa liar

Tempat Wisata di Bogor
Figure 5 ; Taman dan Hutan untuk pengamatan biodersitas

Camping ground Curug Naga dan Highland camp yang berada dalam kawasan hutan pegunungn bawah memiliki banyak binatang yang bekeliaran di sekitar camp seperti burung, tupai, kupu-kupu, capung, bahkan primata berekor panjang.

Baca Juga :
Tempat wisata di Bogor | Taman Kunang-Kunang

Menanam pohon

camping di bogor
Figure 6 : Menanam pohon

Secara tidak langsung maupun langsung, sepanjang aktivitas berkemah di Highland Camp, semua anggota keluarga di hadapkan pada pembelajaran lingkungan. Hal ini karena alam merupakan tempat belajar dan materi pembelajaran yang baik. Namun akan berbeda sekali, ketika anggota keluarga dihadapkan secara langsung dengan menanam pohon di pinggiran hutan atau di area sekitar Camp. Heem, semua orang dapat menafsirkan kebermamfaatannya bagi keluarga dan alam sekitar….!  

Simpulan Curug Naga camp dan Highland camp untuk kemah keluarga di Puncak Bogor

Jelajah camp curug naga puncak
Figure 7 : Curug Naga Camp

Camping keluarga di Curug Naga Camping Ground atau di Highland camp Curug Panjang adalah solusi alternatif dalam berwisata yang berwawasan lingkungan. Kondisi camping ground yang “Nyaman, Personal dan Memenangkan” dengan lingkungan hutan dan elemen air dapat memberikan pengalaman wisata ramah.

Beberapa aktivitas camping keluarga di Curug Naga Camping Ground ataupun di Highland camp didesain dengan mengikuti kekayaan lingkungan yang ada dalam kawasan wisata curug Panjang, di lerengan barat gunung Paseban, Puncak Bogor, berupa hutan, sungai, air terjun dls.