6 tempat camping di Bandung untuk kemah keluarga, lainnya tempat Glamping

Kalau di Bogor memiliki Highland Camp sebagai tempat kemah keluarga[1] berbasis petualangan dan wisata minat khusus dengan keindahan alam pegunungan serta pesona elemen air. Dan kalau tempat camping di Bandung yang sepadan dengan Highland camp adalah Ranca Upas campground dengan rusa timor nya, Taman Wisata Grafika Cikole camp, Pine Forest Camp Lembang dan Green Grass Cikole camp.


Whatsapp

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Camp di Bandung – Pesatnya pertumbuhan venue (lokasi) wisata minat khusus di Bandung, itu terjadi karena adanya pergeseran pasar pariwisata massal (mass tourism) yang beralih kepada pasar wisata minat khusus dengan menekankan aspek penghayatan dan penghargaan lebih terhadap  kelestarian alam, lingkungan dan budaya.

Dan, Bandung dengan iklim yang sejuk serta lembab, wilayahnya  dikelilingi oleh pegunungan,  membentuk morfologi Bandung bagaikan sebuah mangkok raksasa dengan segala pesona yang hadir karena lingkungan pengunungan yang mengitarinya.

Saat ini, di Bandung banyak tempat camping, taman wisata alam, Taman Hutan Raya dan aktivitas wisata minat khusus berbasis petualangan yang kepopulerannya sudah pada tingkat Nasional, hal ini ditandai dengan banyaknya kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke Bandung, dan lainnya.

Berjamurnya lokasi wisata berbasis alam pegunungan seperti camping ground, dls, ini dikarenakan kuatnya daya dukung lingkungan Bandung dan semakin digandrunginya wisata minat khusus sebagai alternatif wisata, dls.

6 Tempat camping di Bandung untuk family camp

Camp di Bandung – Family camp merupakan solusi pro-edukasi dalam mengisi liburan, sekaligus untuk membangun komunikasi efektif dan kualitas sebuah kebersamaan dalam keluarga. Kegiatan berkemah merupakan salah satu alternatif liburan keluarga berjenre petualangan yang memiliki banyak manfaat, terutama bagi anak-anak. “Camping keluarga adalah kegiatan rekreasi keluarga yang dilakukan di alam terbuka dengan tidur menggunakan tenda, bertujuan untuk mendapatkan pengalaman petualangan di alam bebas dan pembelajaran tentang lingkungan hidup serta membangun kualitas kebersamaan dalam keluarga”. Read More ; Tempat Kemah Keluarga di Bogor dan aktivitas wisata minak khusus

Di Bandung terdapat banyak tempat berkemah untuk camping keluarga, sebagian banyak venue  berada diwilayah pegunungan dan kawasan hutan, seperti Ranca Upas camping ground, Taman Wisata Grafika Cikole, The Lodge Maribaya, Green Grass Cikole camp, Pine Forest Camp dan banyak lagi lainnya.

Ranca Upas camping ground (kampung cai Rancaupas)

ranca upas camping ground bandung
Camping di Ranca Upas camping ground

Camp di Bandung – Ranca Upas camping ground atau kampung cai Rancaupas merupakan bumi perkemahan, tempat penangkaran rusa, kolam pemanduan air panas  dan tempat wanawisata  yang berada Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM. 11, Bandung selatan, atau sekitar 50 Kilometer arah selatan pusat Kota Bandung dan 6 Km arah tenggaranya Kawah Putih.

Kawasan Ranca upas memiliki luas area sebesar  215 hektar, berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, Ranca Upas merupakan hutan pegunungan yang banyak didapati sejumlah pohon yang sudah tergolong langka seperti Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kitambang, Kurai, Pasang, pohon Puspa, dan banyak lagi.

Sebagai hutan lindung, Ranca Upas menjadi rumah bagi satwa liar yang mendiami kawasan hutan lindung seperti monyet dan berbagai jenis burung. Dan, Salah satu yang menarik adanya komplek  konservasi rusa yang sekaligus dijadikan sebagai tempat wisata, dimana pengunjung dapat mengamati dan berinteraksi secara langsung dengan rusa yang mendiami hutan Rancaupas Bandung Selatan.

Sejarah Ranca Upas di Bandung

Camp di Bandung – Ranca Upas yang berupa hutan belantara dengan rawa yang luas, awalnya merupakan tempat pelatihan Kopassus, kemudian dijadikan hutan lindung oleh Perum Perhutani dan kemudian dijadikan sebagai bumi perkembahan atau camping ground.

Secara bahasa, Ranca Upas terambil dari dua suku kata dalam padanan bahasa Sunda, yaitu Ranca yang berarti rawa dan Upas adalah sosok petugas yang namanya melegenda di kawasan gunung Patuha. Banyak yang mengisahkan, bahwa Upas merupakan sosok petugas berbadan kekar setinggi 198 cm, dia berkebangsaan Belanda yang meninggal pada saat menjelajahi rawa di kawasan yang sekarang dikenal sebagai Ranca Upas.

Rancaupas Camping Ground Bandung

Camp di Bandung – Awalnya, kawasan yang saat ini dikenal dengan sebutan kampung cai Rancaupas, dibangun sebagai tempat camping, pusat pelatihan berbasis luar ruang (outdoor activities) dan tempat penangkaran rusa. Dengan karakteristik alam dan geografi yang dimiliki oleh Ranca Upas, kawasan ini kemudian berkembang menjadi taman alam yang menawarkan aktivitas wisata untuk keluarga, dan yang terpopuler adalah camping ground dan komplek konservasi Rusa, selain pemandian air panas.

Komplek Konservasi rusa Rancaupas Bandung

penangkaran rusa di rancaupas bandung
Rusa spesies Cervus timorcnsis de Blainville

Camp di Bandung – Spesies rusa timor (Cervus timorcnsis de Blainville) yang memiliki bulu berwarna cokelat kemerahan, dengan bagian leher dan kaki yang berwarna lebih terang. yang ditangkar oleh PT. Perhutani Unit III Jawa Barat,  KPH Bandung Selatan di komplek konservasi Rancaupas Bandung, awalnya berjumlah 11 ekor rusa, 5 diantaranya adalah rusa betina. Dan dengan seiring waktu, sebelas rusa tersebut beranak pinak sehingga menjadi kelompok besar di Ranca Upas Bandung.

Taman Wisata Grafika Cikole camping ground Lembang Bandung

taman grafika cikole camp bandung
Gerbang camping ground grafika Cikole Bandung

Camp di Bandung – Terminal wisata grafika cikole camping ground  berada di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Taman Wisata Grafika Cikole ini merupakan tempat berkemah di Lembang,  terletak dikaki kaki gunung yang dikelilingi hutan pinus di area seluas 9 hektar, pada ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut.

Selain  merupakan tempat camping, Taman Wisata Grafika Cikole camping ground merupakan tempat wisata, restoran serta penginapan dengan beragam fasilitas pendukungnya yaitu Grafika Bird Park, Urban Camp, Spot Photograph / Pre-Wedding Spot, Jungle Trekking, tempat Penangkaran Rusa Timor, dan banyak lainnya.

Urban camp Grafika Cikole Lembang Bandung

grafika cikole camp ground bandung
Taman Wisata Grafika Cikole Camping Land Bandung

Camp di Bandung – Urban camp merupakan akomodasi gaya Taman Wisata Grafika Cikole dengan memadukan stukture pondok pada badan badan dan unsur tenda yang ditempatkan sebagai atapnya.  Urban camp diperuntukan bagi penggemar wisata alam bergendre camping, lokasinya berada di zona “Taman Wisata Grafika Cikole Camping Land”. unit-unit urban camp terletak di hamparan rumput diperbukitan, berada diantara sela pepohonan pinus merkusii dengan udara yang sejuk menyegarkan. Grafika Cikole Lembang Bandung berada di di kaki Gunung Tangkuban Perahu.

The Lodge Maribaya camp Bandung

The Lodge Maribaya camp Bandung
Model tenda di The Lodge Maribaya

Camp di Bandung – The Lodge Maribaya yang berada di Jalan Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, adalah destinasi wisata yang menyediakan fasilitas untuk berkemah dengan tenda-tenda yang khas dan unik. Setiap tenda yang berbentuk layaknya seperti “setengah botol bagian atas” memiliki fasilitas yaitu :

  • 2 Single Bed / 1 Double Bed (queen size)
  • Shower Aminities (towel, shampoo, soap, tooth paste, tooth brush)
  • slippers
  • electricity
  • sharing mini bar (coffee & tea)
  • sharing toilet (shower & heater)
  • sharing bonfire. Sumber :  thelodgemaribaya.com

The Lodge Maribaya yang sebelumnya lebih dikenal dengan sebutan The Lodge Earthbound & Adventure Park, awalnya hanya mengakomodasi kegiatan outbound dan berkemah saja. Dan dengan seiring waktu, The Lodge Maribaya meningkatkan pariwisata kreatifnya dengan membangun dan mengadakan berbagai fasilitas menarik diruang terbuka seperti Hot Air Balloon The Lodge Maribaya, Zip Bike Maribaya The Lodge, Gantole The Lodge Maribaya, Ayunan Sky Wing The Lodge Maribaya dan Bamboo Sky The Lodge Maribaya.

Green Grass Cikole camp Bandung

Green Grass Cikole camp Bandung
Camping di Green Grass Cikole camp Bandung

Camp di Bandung – Green Grass Cikole yang dahulunya lebih populer dengan nama zona 235 Cikole Lembang, berada di Cikole Jaya Giri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Dengan luas area sekitar 24 hektar yang terbagi dalam 4 blok ini dapat menampung s.d 2000 orang pekemping. Di Green Grass Cikole terdapat area meeting outdoor dengan nuansa alam pepohonan pinus.

Green Grass Cikole yang dikelola oleh Perhutani Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Divre Janten, berada dalam wilayah wisata alam Cikole, berdekatan dengan Cikole Jaya Giri Resort, Bandung Treetop, Orchid Forest dan Tangkuban Perahu.

Pine Forest Camp Lembang Bandung

Pine Forest Camp Bandung
Tenda di Pine Forest Camp Lembang Bandung

Camp di Bandung – Pine Forest Camp berada di perbukitan Bandung Utara pada ketinggian 1200 m dpl dengan udara yang sejuk  dan lingkungan yang asri karena beradad dalam kawasan hutan yang memiliki vegatasi dan tutupan yang lebat dengan dominasi oleh pohon pinus merkusii. Pine Forest Camp terletak di Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.,

Pine Forest Camp Lembang Bandung merupakan bumi perkemahan yang berada di atas areal seluas empat hektar yang didesain untuk memberikan kenyamanan dalam melakukan aktivitas di alam bebas seperti kegiatan kemah keluarga / family camping dan wisata minat khusus lainnya dengan tenda sebagai tempat menginapnya. .

Eagle camp dusun bambu Bandung

Dusun Bambu Camping Ground; tesyasblog

Camp di Bandung – Eagle Camp adalah tempat camping keluarga yang diperlengkapi dengan sarana air dingin serta air panas, perapian untuk barbeque, dls. Fasilitas standar tenda Eagle camp diperuntukan bagi dua orang di setiap tendanya, dengan fasilitasnya yaitu dua bed beserta selimut dan sleeping bed, dua handuk, welcome drink, peralatan mandi dan dua voucher untuk sarapan.

Camping Ground Eagle camp dusun bambu berada di Jl. Kolonel Masturi No.KM, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Camping Ground ini berada dalam kawasan wisata Dusun Bambu merupakan taman rekreasi berbasis ecotourism dengan Konsep Wisata Sehat.

Tempat Glamping Bandung


Glamping di Bandung – Glamping atau glamorous camping dalam pikiran sebagian banyak orang, merupakan fasilitas berkemah dalam balutan kemewahan tenda yang interior serta fasilitas pendukung lainnya yang didesain guna memberikan kenyamanan dan prestise bagi para pengunjung. Desain yang sengaja dibuat apik, indah dan semewah mungkin oleh penyedia fasilitas glamping, mulai dari tempat untuk tidur, kamar mandi, hingga tersedianya TV cable dan pendingin ruangan telah menjadi presepsi publik atas brand glamping. Read Morepembiasan atas pakeman glamorous camping.

Dan, di Bandung terdapat banyak venue yang menyediakan konsep Glamping atau glamorous camping, seperti Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey Bandung, Glamping Legok Kondang Lodge, Trizara Resorts Lembang, dan banyak lagi yang sebagainnya berkonsepkan resort dengan element tenda sebagai karakter utama pembangun untuk tempat menginapnya.

Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey Bandung

Glamping Rancabali bandung
Tampak atas Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey Bandung

Glamping di Bandung – Venue yang di buka pada awal Juli tahun 2016 ini berada di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.Km, RW.39, Situ, Patengan, Kececamatan Rancabali, Bandung. Dalam kawasan Glamping Rancabali dengan pemandangannya menghadap situ Patengan ini memiliki Resto Pinisi yang merupakan restauran, selain unit-unit tenda glamorous camping  sebagai tempat menginap wisatawan.

Baik tenda maupun resto Pinisi yang lokasinya berada di disamping situ Patengan dan berdekatan dengan areal batu cinta, keduanya menyatu dengan keindahan situ Patengan, lansekap alam pegunungan Patuha dan perkebunan teh Rancabali.

Berbagai aktivitas outdoor yang sudah dipersiapkan dalam kawasan Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey Bandung ini berupa tempat meninap dengan kemah mewah, berperahu dengan menggunakan kano ataupun menggunakan paddle boat di situ Patengan, trekking di sekitar perkebunan teh Rancabali, mandi lumpur, bersepeda dan lainnya. sementara itu wahana wisata yang ada sekitar kawasan glamorous camping Rancabali diantaranya adalah :

  • Wahana Teras Bintang;
  • Wahana Taman Kelinci;
  • Wahana Taman Angsa;
  • Wahana Jembatan Pinisi;
  • Wahana Floating Brigde;
  • Wahana Batu Cinta;
  • Kawah Rengganis;
  • Wahana Mandi Lumpur Belerang
  • Wahana Perahu di Danau Rancabali, dan masih banyak lainnya.

Sementara itu, objek wisata terdekat dari Glamping Rancabali antara lain adalah Kawah Putih yang memiliki jarak tempuh sekitar 5,4 km dan Kawah Rengganis (2,6 km), Pemandian air panas natural hot spring, air panas Ciwalini, Rancaupas, Ciwidey Valley Resort dan lainnya.

Glamping Legok Kondang Lodge

Glamping Legok Kondang Lodge
Suasana malam di Glamping Legok Kondang Lodge

Glamping di Bandung – Tempat glamourus camping yang mengusung konsep “different way to stay” ini berada di Jalan Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Bandung, berjarak tempuh sekitar 60 menit dari kota Bandung. Glamping Legok Kondang merupakan sebuah penginapan dengan tenda modern yang memiliki fasilitas yang lengkap selayaknya resort, antara lain:

  • Kolam renang;
  • Area Parkir yang luas;
  • Water heater;
  • Toilet modern;
  • Televisi Kabel dan Wifi;
  • Shuttle dari area parkir;

Trizara Resorts Lembang Glamping Bandung

Trizara Resorts Lembang Glamping Bandung
View Trizara Resorts Lembang Glamping Bandung

Glamping di Bandung – Tempat glamping dengan pemandangan tebing dan gunung ini memiliki fasilitas kamar nan mewah, juga memiliki ball room meeting, restoran dan fasilitas pendukung kegiatan dalam area Trizara Resorts. Begitupun dengan kelengkapan untuk melalukan kegiatan luar ruangan seperti area kegiatan outbound dan banyak lagi fasilitas lainnya tersedia di areal Trizara Resorts yang lokasinya berada di Jl. Pasir Wangi, Gudang kahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Trizara Resorts merupakan tempat menginap di Bandung Barat dengan mengunakan tenda besar yang memiliki fasilitas lengkap didalamnya berupa kamar mandi, sandals, handuk, water heater, teh atau kopi dan pemanas air listrik. .

Simpulan tempat camp Bandung untuk family camp

ranca upas camp bandung
Tenda eiger di tempat camp Bandung

Camp di Bandung – Terjadi pergeseran wisata massal menuju wisata minat khusus, salah satunya berimbas kepada genre berkemah. Camping atau berkemah yang dahulunya merupakan aktivitas yang hanya dikenal oleh kelompok kepanduan dan kepecinta-alaman, kita telah digandrungi oleh lintas sosial, pendidikan dan strata ekonomi.

Potensi pergeseran pasar pariwisata ini telah di lirik oleh berbagai kalangan pelaku pariwisata, salah satunya adalah pelaku bisnis jasa akomodasi, dan dalam hal ini adalah akomodasi yang menyediakan tempat berkemah. Sejak tahun 2013, beberapa tempat camping di Bandung  sudah mulai dikembangkan, baik oleh BUMN seperti Perum Perhutani, perusahan swasta ataupun kelompok-kelompok masyarakat yang bergerak dibidang pariwisata.

Adalah Ranca Upas camping ground atau kampung cai Rancaupas, Taman Wisata Grafika Cikole camping ground Lembang Bandung, Urban camp Grafika Cikole Lembang Bandung, The Lodge Maribaya camp Bandung, Green Grass Cikole camp Bandung, Pine Forest Camp Lembang Bandung, Eagle camp dusun bambu Bandung yang telah populer sebagai Taman Wisata Alam dengan didalamnya terdapat tempat berkemah untuk family camp.

Sementara itu Trizara Resorts Lembang Glamping Bandung, Glamping Legok Kondang Lodge, Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey Bandung adalah tempat wisata yang menyediakan tempat menginap (akomodasi) dengan konsep Glamping atau glamorous camping di Bandung Jawa Barat. 


This entry was tagged in tempat camp di bandung and ranca upas camping ground, kampung cai rancaupas, taman wisata grafika cikole camping ground lembang bandung, urban camp grafika cikole lembang bandung, dusun bambu camping ground bandung, the lodge maribaya camp bandung, ciwidey valley camping ground bandung, puncak bintang camp bandung, pine forest camp lembang bandung, glamping lakeside rancabali, glamping legok kondang lodge, glamping lakeside ciwidey bandung, trizara resorts glamping bandung, tempat camp di bandung, camping di bandung, camp di bandung, glamping bandung, glamping ciwidey bandung, the lodge maribaya, orchid forest cikole camp.

Catatan kaki[+]