TREKKING DI PUNCAK ; Paseban – Curug 7 Cilember

Trekking di Puncak – Salah satu jalur trekking di puncak yang moderat adalah ngais pasir hutan Paseban serta menapaki puncak-puncak kaki gunung Gedogan menuju destinasi wisata air terjun curug 7 Cilember yang berada di sebelah selatannya titik awal perjalanan.

Jalur trekking dengan mengambil titik awal perjalanan di Highland camp, rute dan lingkungannya memiliki kemiripan dengan jalur trekking menuju puncak Kencana via puncak gunung Gedogan dan puncak Karvak, yang membedakannya hanyalah jarak tempuh yang lebih pendek dibandingkan trekking menuju puncak Kencana.

Dalam perjalanan, dibeberapa spot anda akan disuguhkan dengan pemandangan kota berupa jalan raya puncak dan Sentul Bogor dari ketinggian puncak kaki gunung gedongan diantara tajuk-tajuk tegakan hutan pegunungan bawah, Jika beruntung, elang jawa akan terlihat terbang mendekat “mungkin ia sedang mencari mangsa, atau sengaja terbang untuk menunjukan kepada anda akan kemampuannya dalam menjelajah angkasa raya”.

Whatsapp

Baca Paket Trekking :
4 Paket trekking di Puncak Bogor

Trekking di Puncak – Sejak jaman kolonialis Belanda, Puncak merupakan tempat wisata berbasis alam pegunungan dengan beragam destinasinya. Puncak yang identik dengan pemandangan yang menawan, hawa nan sejuk dengan beragam destinasi alam yang begitu menggoda untuk dijelajahi seperti air terjun, hutan pegunungan bawah dan puncak-puncak gunung nya.

Trekking di Puncak merupakan salah satu cara guna menikmati keindahan bentang alam Puncak Bogor dengan segala pesona estetikanya. Terdapat beberapa jalur trekking di Puncak dengan beragam karakter jalur untuk pengalaman wisata di Puncak yang berkesan. Adalah jalur menuju puncak Kencana dari Paseban via puncak gunung Gedogan dan puncak Karvak, rutre kedua adalah rute Paseban menuju destinasi air terjun Curug 7 Cilember, dan ketiganya adalah jalur trekking khusus keluarga dari Highland camp menuju air terjun curug Panjang.

Jika beruntung, elang jawa akan terlihat terbang mendekat “mungkin ia sedang mencari mangsa atau sengaja terbang untuk menunjukan akan kemampuannya dalam menjelajah angkasa raya”

-Kiade-

Rute trekking di Puncak dan destinasi ; Jalur Paseban – Curug 7 Cilember

Image 1 : Puncak kaki gunung Gedogan

Trekking di Puncak – Jalur trekking dari Highland camp menuju destinasi wisata air curug 7 Cilember merupakan rute moderat yang dapat di jangkau oleh trekker pemula maupun expert, memiliki durasi perjalanan sekitar 2-2.5 jam perjalanan dengan melewati kaki gunung Gedogan yang merupakan hutan pegunungan bawah.

Hutan pegunungan bawah

highland camp
Image 2 : Hutan dalam kawasan Highland camp

Trekking di Puncak – Jalur trekking rute Highland – curug 7 Cilember berada pada hutan pegunungan bawah atau submontana / sub-pegunungan pada ketinggian antara 1.000—1.500 m dpl, sementara itu jalur trekking rute Paseban – puncak Kencana via gunung Gedogan dan puncak Karvak berada pada hutan pegunungan atau montana, hal ini karena jalur tempuh melintasi level ketinggian antara 1.000—1.803 m dpl, (Montana forest berada pada ketinggian antara 1.000—2.400 m dpl).

Hutan pegunungan merupakan formasi hutan tropika basah yang terbentuk di wilayah pegunungan. Salah satu penciri hutan yang dikenal sebagai hutan montana adalah kawasannnya kerap diselimuti oleh kabut. Dan, salah satu faktor penting pembentukan hutan pegunungan dan hutan pegunungan bawah adalah :

  • Suhu yang rendah serta terbentuknya kabut yang kerap menyelimuti atap tajuk tegakan. Kabut ini meningkatkan kelembaban udara, menghalangi cahaya matahari masuk dan dengan demikian dapat menurunkan laju evapotranspirasi.
  • Seiring dengan meningkatnya elevasi pada hutan pegunungan, pohon-pohon cenderung akan memendek dan banyak bercabang.
  • Dalam hutan pegunungan, terdapat tumbuhan epifit berupa lumut,  jenis-jenis anggrek, dan pakis yang tumbuh melimpah diatas tanah maupun di batang-batang pohon.
  • Presipitasi turun dalam wujud pengembunan kabut pada dedaunan, yang kemudian jatuh menetes ke tanah.
  • Kondisi tanah pada hutan montana maupun submontana sangat subur namun cenderung bergambut.

Seseorang trekker ketika melakukan pendakian ke puncak gunung dapat melihat perubahan-perubahan serta perbedaan pada karakter tumbuhan hutan yang sejalan dengan meningkatnya ketinggian. Pohon-pohon mulai banyak ditumbuhi lumut, angrek dan lainnya, tajuk-tajuk tegakannya mulai memendek, cabang dan ranting pohon membengkok dan ukuran daunnya pun mulai mengecil.

Hutan pegunungan atau hutan montana (montane forest) adalah salah satu formasi hutan tropika basah yang terbentuk di wilayah pegunungan.

Wikipedia

Highland Camp

curug naga camp highland
Image 3 : titik awal trekking

Trekking di Puncak – Highland camp curug panjang adalah tempat berkemah terluas di Puncak Bogor dalam nuansa hutan pegunungan, lokasinya dilingkar oleh 3 aliran hulu sungai aliran sungai dan disekitarnya terdapat 5 air terjun yang eksotis. Highland camp terbentuk dari keindahan lanskap buatan diantara pesona lanskap alam yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat berkemah yang hadir diantara pesona hutan pegunungan bawah (sub-montana) serta elemen air. Highland camp berada pada ketiggian berkisar antara 949 – 1086 m dpl, terletak di Jl. Curug Panjang, Paseban Desa / kecamatan Megamendung Puncak Bogor – Jawa Barat. 

Lokasi Highland Camp :

Highland Camp berada di Jalan Curug Panjang atau jalan Situhinag pada ketinggian 949 – 1086 m dpl, terletak di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, 16770.
Peta dan Koordinat GPS:
ttps://goo.gl/maps/sQunywbb83ydVbQF8h
8WXW+J4 Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga :
Review Highland Camp Curug Panjang

Curug 7 Cilember

Curug 7 Cilember di Puncak Bogor
Image 4 : Trekking ke curug 7 Cilember

Trekking di Puncak – Curug Cilember memiliki daya tarik wisata air terjun yang tersusun sebanyak tujuh tingkat dalam aliran air yang sama dan sekaligus memiliki sejarah legenda masyarakat yang diceritakan secara turun menurun. Curug Cilember terletak di desa Jogjogan Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berada dalam kawasan lindung di sebelah utaranya Taman Nasional gunung Gede Pangrango, dalam kawasan pariwisata Puncak.

Curug Cilember memiliki luas efektif kawasan wisata Curug 7 Cilember sebesar 5,8 Ha, Sumber air yang melimpah, panorama pemandangan  dengan kawasan hutan yang masih alami menjadi daya tarik utama wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani sejak tahun 1990 ini.

Curug Cilember memiliki tujuh terjunan air yang bertingkat-tingkat, sehingga dikenal juga dengan sebutan curug 7 Cilember. Curug Cilember mengambil asal nama dari kata dalam bahasa Sunda yaitu lember, yang merujuk pada jenis jamur berwarna kecoklatan yang tumbuh di pepohonan atau batang kayu yang sudah mati yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama jamur kuping,

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat setempat dan menjadi cerita secara turun menurun, konon  curug 7 Cilember merupakan tempat putri Kerajaan Pajajaran mandi mandi, Masyarakat mempercayai bahwa dengan mandi di curug Cilember akan membuat awet muda, keluarga menjadi bahagia, enteng jodoh, karier meninggi, dan menyehatkan tubuh.

Lokasi Curug Cilember :

Jl. Raya Puncak – Gadog No.KM. 15, Cisarua, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16750
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/iMqQxoQf6t9GPsUt7
8WQW+PF Cisarua, Bogor, Jawa Barat.


Trekking ke puncak Kencana via Gunung Gedogan dan Puncak Karvak

Ade Zaenal Mutaqin Trekking di Puncak
Image 5 : Jalur trekking Puncak Kencana dari sebelah barat

Trekking di Puncak – Selain jalur trekking Highland – Curug 7 Cilember yang memiliki rute moderat dan dapat di jelajahi oleh trekker pemula maupun expert, di Puncak terdapat jalur trekking yang paling eksotis dengan destinasi puncak Kencana sebagai tujuan utamanya. Jalur trekking ke puncak Kencana via Paseban, gunung Gedogan dan puncak Karvak ini memiliki durasi perjalanan sekitar 3-4 jam terhitung dari pintu hutan Paseban yang berada di Cibeurem desa Megamendung kecamatan Megamendung, Puncak Bogor, sementara itu jika dari Highland maka akan ada penambahan durasi waktu sekitar 45 menit – 1 jam untuk mencapai pintu Hutan Paseban dengan melewati destinasi air terjun curug Panjang.

Selama trekking, para trekker akan memasuki hutan hujan pegunungan bawah menuju puncak Gedogan (1.688 mdpl), dilanjutkan puncak menuju puncak Karvak pada ketinggian 1.796 m dpl dan berakhir di puncak Kencana yang memiliki ketinggain 1.803 m dpl. Dari puncak Kencana trekker akan menuju lagi ke Telaga Warna dan perkebunan teh Tjiliwung atau Ciliwung untuk kembali ke base awal dengan menggunakan kendaraan Jeep. 

Puncak gunung Gedogan

trekking di puncak
Image 6 : Puncak gunung Gedogan

Trekking di Puncak – Penduduk sekitar menyebutnya dengan puncak Gedogan yang memiliki arti kandang kuda atau istal. Pada Peta Rupa Bumi Indonesia Lembar 1209 – 142 CISARUA edisi : 1-1990 tertulis gunung Gedongan. Puncak Gedongan memiliki ketinggian 1.671 merupakan batas antara submontana (sub-pegunungan atau disebut juga hutan pegunungan bawah) dengan montana (hutan pegunungan atas). Sementara itu ketinggian yang tertera pada penanda yang terpasang pada pohonyang berada di Puncak Gedogan tertulis 1.688 m dpl.

Disekitar puncak gunung Gedogan terdapat campsite Gunung Gedogan dan Pos yang terbuat kayu dengan titik koordinat 48 M-0717688 UTM 9264271, pada ketinggian 1564, sementara itu campsite berada antara Pos dengan Puncak gunung Gedogan yang berada pada ketinggian 1.668 m dpl.

Lokasi puncak Gedogan :

Puncak Gedogan  berada pada ketinggian 1.688 m dpl terletak di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/qRfwGX5JGhsUYtMX7
8XXG+V2 Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Puncak Karvak

Treking di Puncak Kencana
Image 7 : Dua penulis di Puncak Karvak

Trekking di Puncak – Puncak Karvak berada pada ketinggian 1796 m dpl dengan titik koordinat 48 M 0718756, UTM 9263510. Penyebutan Puncak Karvak untuk dataran ini merujuk pada kotak-kotak yang ada di peta, Karvak atau kotak merupakan koordinat geografis sebagai koordinat utama, satu kotak atau sering disebut satu karvak,  lebar karvak pada peta Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan (Bakosurtanal) pada skala 1:25.000 adalah adalah 3.7 cm. Satu karvak sama dengan 30 detik (30″), dan pada peta skala 1:50.000, satu karvak sama dengan 1 menit (60″).

Lokasi puncak Karvak :

Puncak Karvak berada pada ketinggian 1.796 m dpl terletak di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS:
48 M 0718756, UTM 9263510.

Puncak Kencana

Image 8 : Puncak gunung Kencana

Trekking di Puncak – Menurut peta Rupa Bumi Indonesia Lembar 1209- 142 ketinggian gunung Kencana berada pada 1796 m dpl, sementara itu yang tertera ada monumen di puncak Kencana itu tertera 1803 mdpl. Puncak Kencana berada pada 48 M 07187990, UTM 9263482.

Gunung Kencana berada di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Namun sesungguhnya gunung Kencana tidak dapat dikatakan gunung, Kencana hanyalah sebuah bukit yang menjulang tinggi dengan ketinggian 1803 meter diatas permukaan laut. Ketika puncak Kencana akan terlihat pemandangan Gunung Gede, Gunung Pangrango dan hamparan perkebunan teh Tjiliwung   

Lokasi puncak Kencana :

Puncak Kencana berada pada ketinggian 1803 m dpl terletak di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/XzQYqLiMuNHS6ozQ8
8XRH+8Q Megamendung, Bogor, Jawa Barat.
48 M 07187990, UTM 9263482.

View Gunung Gede Pangrango dan Perkebunan teh

Trekking puncak kencana
Image 9 : Pemandangan di puncak Kencana

Trekking di Puncak – Disebelah selatan puncak Kencana akan terlihat megahnya gunung Gede Pangrango yang menjulang pada ketinggian 2.958 m dpl dan 3.019 m dpl serta hamparan perkebunan teh Ciliwung nan menghijau. Pemandangan gunung Gede Pangrango dan perkebunan teh Ciliwung menjadi pesona yang di buru oleh para trekker, selaian keindahan hutan pegunungan dan kekayaan biodiversity yang terkandung didalamnya ketika menapaki jalanan setapak demi setapak antara Paseban, gunung Gedogan sehingga sampai di Puncak Kencana.

Gunung Gede Pangrango :

Gunung Gede Pangrango dapat di jangkau dari jalur pendakian Cibodas ataupun Sukabumi.
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/JXBMYMKUjT6hTwDj7
6XJ7+8X Tugu Sel., Bogor, Jawa Barat.

Talaga Warna

Image 10 : Telaga Warna Puncak Bogor

Trekking di Puncak – Taman Wisata Alam (TWA) Telaga Warna Puncak Bogor merupakan salah satu lokasi  wisata alam berbasis danau atau telaga sebagai daya tarik utama wisatanya, berada di Jalan Raya Puncak KM. 364, Desa Tugu Utara, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan ketinggian di 1400 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Telaga warna adalah kawasan pelestarian alam dengan tujuan konservasi dan pariwisatase dan merupakan salah satu obyek wisata alam berbasis konservasi, selain untuk menjaga kelestarian alam dan ekologi. CATWA Telaga Warna ditetapkan dengan fungsi melindungi keanekaragaman jenis dan sumberdaya genetik, taman wisata alam telaga warna difungsikan sebagai kawasan untuk kepentingan pariwisata.

Kawasan Hutan Telaga Warna ditetapkan sebagai Cagar Alam (CA) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 481/Kpts/Um/6/1981 tanggal 9-6-1956, seluas 268,25 Ha. Kemudian sebagian areal yang meliputi sebuah telaga, berubah fungsinya menjadi Taman Wisata Alam (TWA) seluas 5 Ha.(Huda, 2011).

Pesona telaga warna hadir karena air telaga yang dapat berubah warna menjadi hijau cokelat, kuning gelap, hingga kuning terang di waktu-waktu tertentu, hal ini dikarenakan terdapatnya algae danau,. Tumbuhan ini memenuhi danau dan dapat berubah warna. Sehingga, warna air pada danau pun seakan berubah warna sesuai dengan warna algae. Selain pesona air yang di timbulkan oleh tumbuhan algae, di telaga warna wisatawan dapat wisata berbagai habitat fauna seperti babi hutan, kera, surili, serta lutung, bahkan kabarnya terdapat fauna langka seperti macan tutul, elang jawa dan lainnya. Keistimewaan lainnya yang menjadi daya tarik wisata, di kawasan hutan sekitar telaga dapat ditemukan beberapa jenis flora asli hutan tropika seperti pohon Puspa dan Kihiur serta beberapa tanaman tingkat rendah, seperti pohon Rame, Rotan- rotanan dan Paku Tiang. Sumber : Highland camp 

Lokasi Talaga Warna :

Telaga Warna berada di Tugu Sel., Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat
Peta dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/4cia8yzMoudT6yNj7

Baca juga :
Trekking Puncak Kencana via Gunung Paseban dengan jalur paling EKSOTIS

Resume trekking di Puncak jalur paseban menuju destinasi curug 7 Cilember

Trekking di Puncak – Jalur trekking Highland camp menuju Curug 7 Cilember merupakan rute moderat trekking di Puncak Bogor yang digunakan oleh para trekker pemula maupun expert. Jalur trekking ini menghubungkan antara bumi perkemahan Highland camp dengan destinasi wisata air yang memiliki 7 terjunan air dalam satu aliran sungainya. Jalur trekking di Puncak Bogor ini menembus hutan pegunungan bawah yang berada dikaki gunung Gedogan dengan jarak tempuh berkisar antara 2 – 2.5 jam perjalanan.


This entry was tagged in hiking di puncak and trekking di puncak, jalur trekking di puncak, rute trekking di puncak, trekking di sentul, hiking di sentul, trekking puncak, tempat trekking di puncak, tempat hiking di sentul, paket trekking puncak, paket trekking sentul, harga trekking di puncak, trekking adalah, harga trekking di sentul, jalur trekking di puncak, rute trekking di puncak, open trip trekking di puncak, harga paket trekking di puncak.