3 Tahapan cara membuat Artikel SEO Friendly untuk content marketing 2020

Jika saat ini1)cara membuat artikel untuk content marketing dengan teknik SEO Friendly pada artikel ini dimulai sejak dari judul, tulisan ini merupakan bentuk pembelajaran berbasis pengalaman, dimana pada setiap judul dan sub judul, paragraf, dan gambar itu terkandung pendekatan SEO. anda tengah membaca artikel dengan judul “3 Tahapan cara membuat Artikel SEO Friendly untuk content marketing 2020” ini, yang didapatkan dari hasil pencarian dengan mengetikan salah satu dari tiga kata kunci yang di optimasi, yakni 1. cara membuat artikel, 2. content marketing, dan 3. SEO Friendly, maka teknik dan cara menulis artikel dengan pendekatan search engine optimization (optimisasi mesin pencari) ini mendekati sempurna.

Metode penulisan artikel pada postingan ini merupakan hasil penelitian yang penulis lakukan guna memenuhi kebutuhan akan teknik menulis artikel yang baik diantara yang baik dalam menulis content marketing, sehingga dapat bersaing di halaman 1 (satu) google, dapat meningkatkan branding perusahaan, merebut potensi pasar secara digital serta menaikan konversi atas situs https://highlandcamp.co.id dan menjadi standar dalam menulis pada setiap artikel didalam situs ini.

Bagi penulis, post inipun akan menjadi tolok ukur popularitas pencarian di halaman google untuk artikel – artikel yang ditulis sebelumnya, karena metode penyusunan judul dan sub judul, teknik dan cara membuat artikel content marketing, optimasi gambar, penelitian kata kunci dan teknik – teknik SEO Friendly lainnya telah diaplikasikan pada tulisan sebelum judul ini. Alhasil, bahwa semua content yang ada dalam postingan ini menjadi sebuah metode standar, sehingga perubahan akan terjadi ketika teknik SEO Friendly cara membuat artikel yang lebih baik, ditemukan lagi.

Menjadi sebuah informasi yang memberikan solusi bagi pembaca sekaligus disukai oleh mesin pencari web, merupakan kunci utama dalam menulis artikel sehingga mendatangkan kunjungan pada situs (web visitor) karena dipercaya oleh search engine, menaikan ranking situs dan  brand identity terlebih terjadinya konversi atas produk yang ditawarkan dalam situs.  

Whatsapp

Contoh internal link 2)Niche (ceruk) situs ini mengambil katagori camping ground dan tempat wisata, sehingga tidak memiliki content artikel dan tulisan literatur SEO dan Digital Marketing, link dibawah ini dimaksudkan sebagai contoh dalam penempatan internal link pada sebuah artikel yang harus memiliki keterkaitan :
Protokol Kesehatan New Normal di Highland Camp Bogor

Tahapan cara membuat artikel SEO Friendly untuk content marketing

Sebagai gambaran awal, saat ini (15/07/2020) situs Highland Camp baru berusia 86 hari, terhitung sejak pembelian domain, dengan jumlah postingan yang sudah berada dipublik digital sebanyak 37 judul, mengambil ceruk  (niche) pada camping ground dan tempat wisata.

Dengan fakta tersebut diatas, maka dirasa akan cukup berat untuk dapat mengoptimasi artikel pada post ini dengan kata kunci utama 1. cara membuat artikel, 2. content marketing, 3. SEO Friendly, hal ini karena situs yang baik dan dapat bersaing di mesin pencarian web untuk mendapatkan posisi halaman 1 google, mensyaratkan usia domain, jumlah artikel yang di posting secara kontinyu serta disiplin, serta tulisan yang relevan dengan ceruk (nice) yang menjadi kekhasan / penciri utama sebuah situs. Namun kesulitan ini akan menjadi tantangan dalam memecahkan teka-teki teknik optimasi untuk dapat bersaing pada mesin pencarian web, karena SEO itu sendiri adalah misteri.

Secara umum, terdapat 4 kepentingan dalam menulis artikel pada setiap situs, yakni tulisan jurnalistik, tutorial, referensi dan tulisan review produk dengan pendekatan tulisan narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Setiap tulisan baiknya didekati dengan psikologi bahasa, semantik dan pendekatan SEO Friendly. Dengan pendekatan ini maka akan didapatkan ceruk pembaca yang tepat sasaran pada setiap artikel yang ditarget. 

Penelitian kata kunci “cara membuat artikel SEO Friendly” dan sebarannya pada judul dan paragraf

Kata kunci menjadi kunci untuk menentukan target ceruk pembaca dan menjadi pondasi awal cara membuat artikel dengan teknik SEO Friendly, sebegitu pentingnya kata kunci atau keyword dalam tahapan membuat artikel yang dapat bersaing dan bermanfaat bagi pengunjung situs, sehingga penelitian atas kata kunci menjadi penting untuk dilakukan.

Dengan mengetahui kata kunci, maka akan dapat menentukan target pembaca atau pengunjung situs, sehingga dapat membuat proyeksi popularitas sebuah artikel yang dihasilkan. Dan, dengan begitu penulis dapat menentukan strategi SEO Friendly yang terbaik dalam merebut persaingan pada halaman 1 google.

Penelitian kata kunci menggunakan Keyword Planner, Ubersuggest dan Google Trend untuk Digital Marketing

Untuk melakukan research kata kunci, banyak alat-alat yang dapat digunakan secara gratis ataupun berbayar, seperti Keyword Planner yang dipunyai oleh penyedia situs mesin pencari Google,  Neil Patel (Ubersuggest), Google Trend, MOZ, SEMrush, Google Related Search, Soovle dan banyak lainnya. Dalam hal ini penulis menggunakan Keyword Planner, Ubersuggest dan Google Trend dalam melakukan penelitian kata kunci. Potensi pencarian atas kata kunci dan tren yang didapatkan sebagai berikut disetiap bulannya, dengan asumsi rata-rara pencarian dalam tiga bulan terakhir:

Research Keyword untuk Digital Marketing

KATA KUNCIKEYWORD PLANNERUBERSUGGESTGOOGLE TREND
cara membuat artikel10K–100K12,100turun
artikel SEO friendly100–1K90tidak terbaca
Cara menulis1K–10K27,100datar
content marketing 1K–10K1,000 datar
teknik seo 100–1K320 lemah
artikel10K– 100K49,500 turun
branding 10K– 100K18,100 datar
SEO10K–100K14,800 datar

Dengan hasil penelitian tersebut diatas, maka judul artikel utama (H1/Head one) yang memiliki potensi pencarian tertinggi pada search engine adalah “cara membuat artikel SEO Friendly content marketing” dengan perhitungan sebanyak 13.200 potencial visitor, kalkulasi pemisahan kata kuncinya yaitu 1. cara membuat artikel; 2. content marketing dan 3. teknik SEO Friendly. Dan, akan didapati sebanyak 91.000 potencial visitor dengan menggunakan keyword sinonim, pemisahan kata kunci terletak pada 1. cara menulis, 2. artikel, 3. content marketing, 4. SEO Friendly

Kata kunci “cara membuat artikel SEO Friendly content marketing “  dengan variasi  sinonim dan keyword sekunder

Setiap harinya, mesin pencari Google memiliki permintaan informasi dengan jutaan topik yang membutuhkan analisa tepat dan cepat. Menurut riset Google, sinonim memiliki efektivitas dalam pencarian sebanyak 70%. Mesin pencari website (web crawler) menggunakan sinonim (persamaan kata) dan variasi kata dalam jumlah jutaan frasa guna memudahkan mesin pencari menemukan situs, kendatipun user (pengguna internet) menggunakan kata yang berbeda yang diketikan pada situs mesin pencari. Dibawah ini adalah kata kunci, sinonim dan variasi kata yang di gunakan dalam artikel ini. 

KATA KUNCISINONIM-1SINONIM-2SINONIM-3
cara membuat artikelcara menulis artikelcara membuat tulisanteknik menulis artikel
Cara menulisteknik menuliscara mengarangmetode menulis
artikel SEO friendlytulisan pendekatan SEOcara menulis dengan SEOtulisan mengandung SEO
content marketingartikel pemasarantulisan marketingcontent penjualan
teknik seocara optimasi weboptimasi situsoptimasi web
artikeltulisankontencopy writer
brandingpencitraanmembangun citramembangun kesan
SEOsearch engine optimizationoptimasi weboptimisasi mesin pencari

Penyebaran kata kunci “cara membuat artikel SEO Friendly” pada paragraf dengan sinonim keyword

Jumlah kata yang baik pada sebuah artikel minimal sebanyak 1.200 kata, dalam penelitian lainnya, jumlah konten yang mendominasi dihalaman pertama mesin pencari  memiliki  8.313 karakter dan atau 975 kata (banyak versi tentang hal ini), namun penulis berpandangan bahwa semakin banyak kata yang menyusun kalimat dalam sebuat artikel, itu akan semakin baik. Karena dengan itu dapat memperlihatkan kualitas seorang penulis yang mengusai materi pembahasan secara detail, dampaknya dapat memberikan kepercayaan kepada pembaca atas kebenaran tulisannya.  Dan, artikel yang panjang itupun pun sangat disukai oleh mesin pencari.

Terkadang dalam menulis artikel pada situs-situs untuk kepentingan bisnis, seorang penulis (katakanlah ia berinisial Ade Zaenal Mutaqin) terjebak atas perebutan kata kunci yang ditarget, alhasil tulisannya tidak mengalir dengan indah terlebih tak memiliki jiwa, hal itu terjadi karena kepentingan kata kunci yang harus disisipkan pada setiap paragraf.

Untuk mensiasati hal tersebut, maka variasi kata kunci yang alami (Natural Variant) menjadi teknik penting yang harus dilakukan oleh seorang penulis agar tulisannya tampak indah mengalir, minimal dengan teknik ini dapat mensiasati kekakuan bahasa tulisan akibat penyusupan kata kunci, coba bandingkan dua (2) paragraf tulisan di bawah ini.

Strict Keyword

Mr. Udin memiliki cara membuat artikel yang tepat sehingga situs nya dapat bersaing di google halaman satu, cara membuat artikel nya memang rumit namun hasilnya memuaskan, pada saat dia mengajarkan cara membuat artikel yang baik pada teman seprofesi, temannya itu mengomentari bahwa cara membuat artikel gaya Mr. Udin sungguh jitu.

Natural Variant

Mr. Udin memiliki cara membuat artikel yang tepat sehingga situs nya dapat bersaing di google halaman pertama, teknis menulis content nya memang rumit namun hasilnya memuaskan, pada saat dia mengajarkan cara menulis artikel yang baik pada teman seprofesi, temannya itu mengomentari bahwa teknik membuat tulisan gaya Mr. Udin sungguh jitu.

Contoh internal link :
Protokol Kesehatan New Normal di Highland Camp Bogor

Arsitektur tulisan SEO friendly untuk Digital Marketing

Arsitektur dalam sebuah post meliputi judul dan sub judul, paragraf, image dan tabel yang harus bersambung serta memiliki keterikatan antara satu dengan lainnya, sehingga mesin mencari dapat mengenali topik yang ditargetkan oleh penulis. Begitupun dengan pembaca, dengan arsitektur tulisan yang baik, pembaca akan lebih mudah memahami setiap detail informasi yang dihadirkan didalam artikel.  

Struktur penulisan sebuah artikel dalam situs tak ubahnya seperti menulis sebuah karya tulis ketika di Sekolah Menengah Pertama (SMP), dimana didalam tulisan terdapat judul topik dan sub judul, bagian pendahuluan, inti pembahasan dan kesimpulan, stuktur tulisan harus terbentuk dengan susunan paragraf dan tata letak yang sesuai dengan standar ilmu menulis. Pada beberapa tulisan terdapat abstraksi yang ditempatkan di awal karya tulis sebagai sebuah ikhtisar (rangkuman) tulisan.

Faktor teknis pada 10 halaman pencarian website peringkat teratas di search engine memiliki kecepatan akses 0,99 detik,  98% halamannya memiliki tulisan meta deskripsi dengan 2.900 volume pencarian rata-rata didapat dari pencarian nama domain. Namun,  faktor teknis tersebut akan tidak berguna dan sia-sia ketika content berupa tulisan, image dan lainnya tidak relevan, terlebih tidak memiliki kualitas  yang memberikan solusi bagi pembaca. Dengan hal ini maka content yang baik adalah yang dapat memberikan solusi yang solutif, sekaligus disukai oleh mesin pencari. 

URL dengan menggunakan kata kunci cara membuat artikel SEO Friendly dan variasinya

Menurut beberapa penelitian, bahwa rata-rata jumlah karakter URL (Uniform Resource Locator) website yang berada pada peringkat teratas pencariaan di web search engine berjumlah 36 karakter, dengan kata kunci yang ditarget plus kata kunci sukunder sebagai elemen penyusunnya. URL pada post ini adalah  – cara membuat artikel seo friendly content marketing – dengan perhitungan  37 no spaces / 42 with spaces, tersusun atas kata kunci utama dan kata kunci sekunder.

Judul dan sub judul dengan keyword cara membuat artikel SEO Friendly dan sinonimnya

Hal yang umum dilakukan oleh seorang penulis pada saat merencakan penulisan, ia akan memulainya dengan membuat struktur tulisan yang mengambarkan sebuah alur atas topik-topik yang saling bersambung dan memiliki keterikatan antara satu dengan lainnya. Judul utama (H1) harus terdiri dari susunan kata kunci utama yang ditarget, dan harus mampu mengambarkan keseluruhan pembahasan dalam artikel, selanjutnya akan diurai pada sub judul (H2/H3/ dst) dengan menggunakan kata kunci sekunder, sinonim dan variannya yang disusun secara natural pada susunan sub judul maupun pada materi bahasannya.

Judul artikel yang menggelitik pembaca pada Digital Marketing

Judul sebenarnya artikel ini adalah – Cara membuat artikel SEO Friendly content marketing -, penggunaan frasa “3 tahapan” yang diletakan didepan judul utama dan angka tahun 2020 di akhir judul, tidak lain untuk menggugah / menggelitik  emosi visitor ketika pertama kali menemukan link di mesin pencari, sehingga memiliki ketertarikan untuk melakukan keputusan KLIK pada pada judul tersebut.

Hal yang menggugah atau menggelitik daya tarik tentunya harus dibarengi dengan fakta yang terkandung didalamnya. 3 Tahapan sebagai penguat judul yang memperkuat tulisan ini, meliputi tahapan 1. tentang penelitan kata kunci, 2. arsitektur dan struktur tulisan yang SEO friendly, dan 3. optimasi image/gambar. Adapun tahun 2020 itu merujuk pada tahun pembuatan artikel.

Banyak teknik-teknik bahasa yang dapat menggugah dan menggelitik emosi seseorang untuk melakukan keputusan KLIK ketika berselancar pada mesin pencari, salah satunya yang digunakan penulis adalah dengan menambahan angka dengan tidak mengubah essensi pemaknaan pada tulisan. Teknik lainnya adalah dengan membuat pertanyaan yang seakan jawabannya ada ketika visitor membaca artikel, dan banyak lagi teknik dalam menggelitik dan menggugah emosi.

Menulis meta description secara SEO Friendly

Meta description atau deskripsi meta adalah kata-kata rayuan agar seseorang  memutuskan untuk KLIK link situs dalam hitungan persekian detik, deskripsi meta berisi kalimat yang sifatnya mengundang dan atau memerintah yang sesuai dengan content artikel serta mengandung kata kunci utama dengan menggunakan  tata bahasa yang unik dan mengelitik untuk meng-KLIK. Deskripsi meta yang baik berkisar <130 karakter/150 kata dan >100 karakter/120 kata 

Gunakan Alur dan Bahasa Natural yang SEO Friendly pada Digital Marketing

Puisi, prosa dan karya sastra lainnya tidak akan mampu merebut posisi dalam google one atau halaman pertama di mesin pencari web, karena keindahan karya sastra akan rusak nilainya ketika dipaksa untuk bersaing dalam merebut popularitas di dunia digital, terutama berbasis search engine dalam perebutannya.

Ini adalah persoalan pelik yang banyak dihadapi oleh para penulis situs. untuk dapat memenangkan persaingan, mensyaratkan kata kunci yang tepat dan tertarget, sehingga mesin pencari akan mudah menemukan dan menampilkan informasi yang relevan. Dengan kata lain. artikel yang memiliki kata kunci yang tertarget akan menduduki peringkat teratas halaman pencarian, dengan begitu ia akan memenangkan persaingan.

Menulis untuk mesin atau menulis untuk manusia ? Prosa dan puisi dibuat untuk manusia namun ia tidak dapat memenangkan persaingan di mesin pencari web, dan sebaliknya jika menulis untuk mesin, maka akan hambar ketika dibaca oleh manusia, layaknya bahasa HTML yang tiada ada keromantisan dan keindahan didalamnya. (Pada artikel lainnya penulis akan membahas khusus tentang alur bahasa yang moderat.)

Jarak Semantik dan Hubungan Antar Istilah

Jarak semantik berkaitan erat dengan hubungan antara kata dan frasa yang berbeda pada kalimat dan atau dalam satu paragraf, semisal dalam sebuah kalimat “kemarin Mr. Udin membelikan baju anak sementara istrinya membelikan piyama untuk ulang tahun Nyi Icoh”.  Frasa “baju anak” dan kata “piyama” memiliki jarak semantik yang dekat. Mesin Pencari dapat menentukan hubungan antar kata maupun frasa dengan mengukur hubungan keduanya dalam sebuah konten. Semakin dekat hubungan semantiknya, semakin besar kemungkinan kata dan frasa tersebut saling terkait dan terikat.

Contoh internal link :
Review Buku Pariwisata

Optimasi image content marketing SEO Friendly pada Digital Marketing 

Image merupakan visualisasi suatu keadaan yang terkandung dalam deskripsi tulisan dalam bentuk photo, karikatur, sketsa, info grafis dan lainnya, memiliki hubungan keterikatan dalam memperkuat pesan yang ingin ditampilkan kepada pembaca. Image  adalah suatu bentuk komunikasi visual dengan menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan yang terkandung dalam tulisan dengan maksimal, keterikatannya ada pada hubungan tematik.

Bagi penulis content situs yang tidak memiliki data image primer atau tidak memiliki kemampuan untuk mendesain info grafis, skestsa, karikatur dan memotret, beberapa situs menyediakan image secara gratis ataupun berbayar dengan ribuan pilihan seperti situs Pixabay, Flickr, ISO Republic, Unsplash, ISO Republic, Morguefiles, Pexels, Freerange Stock, Unsplash dan banyak lainnya.

Faktor lainnya dalam image adalah dengan cara menambahkan Alt Text atau text alternatif  dan Title Image. Atribut yang ditambahkan pada TAG gambar dapat membantu mesin pencari untuk memahami target atau pesan yang yang terkandung dalam gambar tersebut, karena sesungguhnya mesin pencari web tidak mengetahui / tidak dapat membaca sebuah pesan yang dirangkai ribuan bahkan jutaan pixel yang membentuk image, search engine hanya dapat membacanya setelah diberikan deskripsi pada title image ataupun ALT Text. 

Ukuran dimensi image atau pixel

Fakta bahwa 10 website peringkat teratas yang berada pada halaman 1 mesin pencari memiliki kecepatan akses 0,99 detik, salah satu faktornya adalah dengan melakukan optimasi pada image.

Ukuran dimensi image dan pixel akan mempengaruhi kecepatan sebuah situs, terlebih pada situs yang menampilkan banyak image didalamnya ketika mempengaruhi masyarakat digital. Tidak ada ketentuan baku yang standar untuk  dimensi image (panjang x lebar) dalam sebuah situs, namun kenyamanan dalam melihat/memandang sebuah image didalam situs menjadi sesuatu yang harus dipikirkan. Dalam hal ini penulis kerap menggunakan teori fibonacci dalam rumusan komposisi fibonacci spiral / golden spiral, sehingga image yang ditampilkan akan terlihat enak dipandang mata.

Faktor lainnya adalah kompresi image, teknik ini sangat penting dilakukan untuk transmisi yang efisien (perpindahan data) dan penyimpanan gambar sehingga terjadinya kecepatan akses halaman/post disebuah situs. Image berupa photo dan lainnya di kompresi oleh sebuah sofware lalu direkonstruksi kembali setelah dikompresi. FILEminimizer adalah salah satu sofware kompresi untuk gambar dengan extention JPEG /JPG (Joint Photographic Experts Group) dan PNG (Portable Network Graphics). Beberapa situs berbayar menyediakan jasa kompresi secara ONLINE dengan kualitas lebih baik dibandingkan dengan situs gratisan, seperti situs TinyPNG, Yahoo Compressor.io, JPEGMini, Optimizilla, Smush.it yang dapat di install di situs dengan platform wordpress, dan lainnya.

Contoh internal link :
Glamping; pembiasan atas pakeman glamorous camping

Kesimpulan ; cara membuat Artikel SEO Friendly Content Marketing untuk memenangkan persaingan Digital Marketing

Artikel yang baik secara teknik dengan pendekatan Search Engine Optimization (SEO), psikologi bahasa dan semantik belum tentu posisinya akan berada di halaman satu mesin pencari dan mendapatkan jumlah kunjungan web yang signifikan, terlebih menghasilkan konversi jika tulisan itu ditarget untuk mendapatkan konversi.

Banyak faktor-faktor pendukung lainnya yang harus diperhatikan untuk dapat menjadi pemenang dalam dunia digital, yakni situs yang mengusung user experience dan user engagement, arsitektur dan struktur website yang memudahkan pembaca dan disukai mesin pencari, serta tulisan yang menjadi solusi yang solutif, serta masih banyak hal lainnya yang dapat mempengaruhi dalam memenangkan persaingan dalam dunia digital, baik secara teknikal SEO Friendly untuk kepentingan mesin pencari maupun dari sisi manusia (human) guna kepentingan pembacanya.

Dan perlu diingat bahwa pada setiap artikel / tulisan yang tersusun atas kalimat, kata dan hurup itu memiliki hak atas kebenaran dan rasa, dan ketika hak atas kebenaran dan rasa pada setiap huruf serta kata yang menyusun kalimat sengaja dilanggar guna kepentingan pengaruh dan mempengaruhi publik lebih kuat dibanding obyektivitas, maka penulis telah mewariskan kejahatan yang tak terbatas massa, karena tulisan sifatnya abadi.

Catatan kaki   [ + ]

1.cara membuat artikel untuk content marketing dengan teknik SEO Friendly pada artikel ini dimulai sejak dari judul, tulisan ini merupakan bentuk pembelajaran berbasis pengalaman, dimana pada setiap judul dan sub judul, paragraf, dan gambar itu terkandung pendekatan SEO.
2.Niche (ceruk) situs ini mengambil katagori camping ground dan tempat wisata, sehingga tidak memiliki content artikel dan tulisan literatur SEO dan Digital Marketing, link dibawah ini dimaksudkan sebagai contoh dalam penempatan internal link pada sebuah artikel yang harus memiliki keterkaitan