Griya Sawah Lega Camp | Review Camping Ground dan Resort di Puncak

Tempat berkemah Griya Sawah Lega memanfaatkan ruang terbuka hijau yang berada di area sekitar komplek resort. Suasana perkemahan yang hadir diantara bangunan – bangunan bermaterialkan tembok, kayu dan bambu serta keramaian wisatawan yang menginap diresort, layaknya berkemah disebuah taman. Inilah suasana yang membedakan Griya Sawah Lega camp dengan Bumi Perkemahan lainnnya yang secara khusus hanya menyediakan tempat berkemah, seperti Tanakita Camp di Sukabumi, Highland Camp di Kawasan Wisata Curug Panjang, Bumi Perkemahan Ciputri di Punggungan Barat Gunung Salak, Bumi Perkemahan Sukamantri, dan lainnya.

Kendatipun tidur didalam tenda dan melakukan beragam kegiatan bertemakan oudoor activities, Griya Sawah Lega menawarkan fasilitas resort ketika berkemah. Hal ini akan berbanding terbalik dengan Bumi Perkemahan Highland Camp yang berada di Curug Panjang atau Camp Tanakita yang berada di kaki gunung Gede Pangrango Sukabumi, keduanya hanya sebatas menawarkan keindahan dan kemegahan alam sebagai daya tarik, dengan fasilitas yang dikhususkan dan didesain hanya untuk berkemah dan kegiatan-kegiatan yang bertemakan alam serta petualangan.

H o t l i n e

+62 819-1005-4000

Whatsapp

Baca Juga :
Review Highland Camp Curug Panjang Megamendung Puncak Bogor Jawa Barat

Review Camping Ground Griya Sawah Lega yang berada di komplek Resort

Griya Sawah Lega Camp merupakan salah satu fasilitas untuk berkemah yang berada dalam komplek Griya Sawah Lega Resort and Camping. Selain fasilitas untuk menginap dalam kamar-kamar dan barak, terdapat beberapa area hijau yang dimanfaatkan sebagai lokasi mendirikan tenda dan kegiatan yang bertemakan outdoor activities. Lokasi camp dan resort ini berada di  Kopo, Kecamatan  Cisarua, Puncak, Bogor, memiliki luasan area sekitar 3 hektar, dengan pemandangan pegunungan dan persawahan yang indah, Pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede-Pangrango menambah suasana nyaman ketika berkemah. 

Fasilitas Camping Ground Griya Sawah Lega

Terdapat beberapa fasilitas untuk berkemah yaitu tenda dome double deck yang berukuran 350 cm x 250 cm x 180 cm / 350 cm x 200 cm x 190 cm. Jika menggunakan unit-unit kasur, maka akan didapati 4 orang pada setiap tendanya, dan jika menggunakan matras dengan menggunakan sleeping bag, setiap unit tenda dapat di isi oleh 5-7 orang dewasa.

Selain tempat menginap didalam tenda, fasilitas pendukung lainnya untuk berkemah  adalah :

    1. Lapangan kegiatan ; terdapat dua buah Lapangan utama untuk menfasilitasi berbagai kegiatan luar ruang. 
    2. Campsite ; untuk area mendirikan tenda terdiri dari 3 lapangan besar dan beberapa lapangan kecil, memiliki total daya tampung sekitar 100 tenda.
    3. Kamar mandi dan WC ;  terdapat 20 kamar mandi / WC khusus untuk para pekemping yang menyebar disekitar area berkemah. 
    4. Flying Fox ; terdapat wahana permainan ketinggian yang memiliki lintasan sepanjang 250 meter yang melintas  di areal persawahan.
    5. Kolam pancing ; diperuntukan bagi pengunjung yang hobby memancing disela-sela berkemah, kolam pancaing memiliki lingkungan yang bersih dengan suasana alami.

Fasilitas Resort Griya Sawah Lega

Layaknya sebuah hotel, Griya sawah lega resort memiliki kamar-kamar untuk  menginap  dengan fasilitas yang beragam. Suasana resort akan mulai terasa kental ketika pertama kali memasuki kantor (front office) yang letaknya tidak jauh dari gerbang utama. dibawah ini adalah fasilitas Resort nya :

    1. Room ;  Kamar-kamar untuk menginap, bermaterialkan beton / tembokan. setiap kamar memiliki fasilitas telivisi, air panas dengan pemandangan menghadap taman dan kolam renang.
    2. Cottage ; terdapat 4  unit cottage dengan bangunan bermaterialkan dari kayu. Setiap cattage dilengkapi oleh fasilitas TV, air panas, teras, balkon dengan pemandangan menghadap lapangan dan taman
    3. Rumah Bambu ; terdapat 4  unit rumah bamboe, setiap rumah bamboe (rumah 1 dan 2)  masing-masingnya terdiri dari 2 kamar tidur, sedangkan rumah bamboe ke 3 dan 4, masing-masing memiliki daya tampung 15 dan 18 tempat tidur. disetiap rumah bambu memiliki fasilitas TV, air panas dan teras yang menhadap persawahan dan lapangan berkemah.
    4. Bungalow ;  Terdapat sebuah bangunan bungalow yang bermaterialkan kayu,  mempunyai 4 kamar dengan daya tampung sekitar 29 tempat tidur. Pemandangan di bungalow menghadap taman dan kolam,  Fasilitasnya anatara lain TV, air panas, balkon dan dapur lengkap dengan peralatan memasak.
    5. Barak ; memiliki daya tampung 30 tempat tidur dengan kelengkapan nya yaitu TV, air panas dan teras yang menghadap sawah, kolam renang dan gunung.
    6. Fasilitas lainnya adalah kolam renang, tempat billiar, taman yang sejuk, gazebo, Mushala, lapangan parkir, aula pertemuan, dan lainnya.

Aktivitas di Griya Sawah Lega Resort dan Camp

Beragam kegiatan dapat dilakukan di Griya Sawah Lega yang bertemakan kegiatan luar ruang meliputi kegiatan berkemah, outbound, paintball, gathering perusahaan / lembaga pemerintah atau swasta dan lain sebagainya. Adapun aktivitas dalam ruangan (indoor) yaitu menginap di resort  dan metting perusahaan, lembaga pemerintah maupun lembaga swasta lainnya.

Aksesibilitas menuju camp dan Resort Sawah Lega

banyak jalan untuk menuju Sawah Lega Resor and camp, jika dari jalan raya puncak (lembah Nyiur) dapat dijangkau dengan perjalanan sekitar 3,4 km melewati komplek perhotelan dan pervilaan, dan jika masuk dari Cisarua dapat dijangkau sekitar 3.4 km

Baca Juga :
Review program berkemah di Highland Camp Curug Panjang

Camping Ground dan Resort disekitar Griya Sawah Lega

Beberapa resort yang memiliki ruang terbuka hijau, kerap digunakan sebagai area berkemah, namun ada beberapa yang memang mengkhususkan diri sebagai resort sekaligus tempat berkemah, diantaranya yaitu.

    1. The Forest ; merupakan tempat Glamping, resort dan Hotel dengan luas areal 3 Ha yang lingkungannya dikelilingi oleh hutan, The Forest memiliki fasilitas Infinity Pool, Cable TV, Bonfire area, berbeque area, Gathering Hall, Gazebo event, Panoramic deck, Pool Deck dan Lobby hotel. The Forest berada di desa Cidokom, Jl. Lembah Nyiur / Jl. Alternatif Cisarua No.65, Kopo, Cisarua, Bogor.

Resume berkemah ditengah resort Griya Sawah Lega 

Pada kawasan Pariwisata Puncak Bogor, sebagian resort dan hotel yang memiliki ruang terbuka hijau kerap difungsikan sebagai campsite atau tempat mendirikan tenda bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman menginap didalam tenda, dengan tetap menggunakan fasilitas hotel dan resort, salah satunya adalah Griya Sawah Lega Resort. Kendatipun menginapnya didalam tenda, namun terdapat perbedaan nuansa, suasana dan experience ketika berkemah di lokasi yang didesain khusus dan diperuntukan untuk aktivitas berkemah.